MOTOR STANDART GANTI BUSI RACING, PERCUMA!!

sebenarnya…banyak yang ingin di share/dibagi dalam blog ini. terutama masalah technologi motor, maklum-lah motor sudah menjadi teman sehari-hari. dan biasanya orang ingin mendongkrak performa motor tapi asal, tidak ada dasar pengetahuannya! karena penasaran hal yang dilakukan cenderung mubadzir danbersifat coba-coba. hal tersebut dimanfaatkan pedagang untuk menjual dagangannya, efeknya motor gak kenceng tapi mesinnya malah jebol.

kali ini penulis akan membahas masalah busi racing dipakai untuk harian pada motor standart! banyak temen yang minta saran, busi racing apa sih yang cocok untuk motor bebekku? (motor baru keluar dari dealer, pengennya langsung upgrade)!! mungkin pertanyaan tersebut juga sering terdengar di telinga sobat semua…

kalo dari sisi teknis motor standart pake businya ya yang biasa aja! gak uasah racing-racingan…selain harganya mahal performanya gak keluar pada motor STD, ah ….masak sih?! Dalam pengapian, busi tidak bekerja sendiri. ada komponen lain yang menunjang kinerjanya, mulai dari pulser/sensor, CDI juga koil. kalo komponen-komponen yang lain saja masih standart berarti api yang di umpan dari koil juga segitu-segitu aja! nah disini busi racing tidak bisa menerima perlakuan yang standart, karena busi racing sendiri di desain para engineer-nya untuk kompetisi.

BUsi memiliki proses kerja(pembakaran) self-cleaner! bahasa simpelnya yaitu pembersihan -sendiri. Nah disini banyak orang tidah ngeh(paham)! Busi racing dan busi es-te-de memiliki angka self-cleaner (SC) yang berbeda. busi racing bekerja pada range temperatur yang tinggi. hal tersebut tentu saja diperoleh pada putaran mesin yang tinggi. nah pada rpm yang tinggi ini SC busi racing bekerja, so kalo  rpm-nya rendah self-cleaner gak jalan, businya ngupil (berkerak), tenaga drop dan busi mati! gak jadi kenceng deh tuh motor! Kalau mau nekat pakai busi racing buat harian,  Pilih seri busi yang paling sesuai dengan kompresi motor STD.  Sampeyan bisa lihat dari kode busi. Misalnya ND atau NGK, rumusnya semakin kecil kode, maka semakin rendah pula SC-nya. Kan di serinya ada angka 6, 7 dan seterusnya.

Tapi kalo ngotot mau pakai busi racing dan dompet tebel juga gak papa, saya akan kasih solusi! Busi racing/tipe dingin bekerja pada termperatur yang tinggi. untuk mencapai hal tersebut banyak cara yang bisa dilakukan. dari langkah pertama yaitu menaikkan kompresi. bisa ditempuh dengan berbagai cara, mulai dari over size,mengurangi packing atau mengurangi ketinggian ruang bakar(memapas head silinder). langkah kedua adalah menyesuaikan pengapian. karena kompresi sudah naik maka pengapian juga harus advance, yaitu dengan mengganti CDI standart dengan CDI yang programmable. CDI ini juga memiliki angka limit yang tinggi, biasanya diatas 12000rpm. langkah ketiga yaitu menyesuaikan octane BBM. hal ini dilakukan untuk menghilangkan gejala detonasi. Pilih yang angka RON dan MON-nya tidak terpaut jauh! untuk lebih jelasnya next time bisa disambung lagi.

jadi jelas, kalo motor STD pake busi racing pasti cepet mati dan seperti ndut-endutan. kalo ada yang bilang aku pake busi tipe iridium tapi oke-oke saja, berarti sampeyam beli yang elektrodanya iridium tapi yang buat harian! karena elektroda busi sendiri ada bermacam-macam dari tembaga, platinum, iridium, silver/gold (yang terakhir disebut harus order). elektroda tersebut memiliki daya hantar yang berbeda, semakin bagus daya hantarnya ya semakin mahal. tapi sayang juga jika beli busi iridium yang harganya 90rb baru dipakai sehari trus korslet! karena gak ada garansi dari pabrik jika busi korslet akan ditukar baru!

About these ads

Perihal martini
5osial.wordpress

13 Responses to MOTOR STANDART GANTI BUSI RACING, PERCUMA!!

  1. A.J.I mengatakan:

    bener banget bro,…

  2. dugal ngupoyo mengatakan:

    nais info

  3. Deede mengatakan:

    Pertanyyaanya…, andai ada yg berharap hanya dengan ganti busi, ada kenaikan performa motor. Busi apa yg mesti dipilih ya?

    • martini mengatakan:

      tergantung cara bawanya mas! kalo seneng rpm tinggi setelan kering pake iridium yang tipe dingin ya gak papa. kalo seneng pelan/jalan biasa setelan basah pake saja platinum yang tipe standart

  4. Gendutpanda mengatakan:

    Brad, mo nanya nih,, mtor ane karisma masi std, busi pke yg pltnum.. Lari’y dh lumayn? D trek lurus bsa mpe 120km/h.. Nah, skrg dah ovrsize 50.. Klo Pen naikin topspd kra2 gnti cdi rcing(brt,misal) doang bsa gk? Ato bgs’y gmn?

    • martini mengatakan:

      CDI cuma kuncian akhir mas….nyesuaikan kompresi sama bensin yang dibakar saja…kalo pengen jos harus ubah durasi cam,sudut porting + kenalpot yang oke

  5. yoga mengatakan:

    mtr ku supra 125R pngen ubh bs racing tp cdi tetp standar,,,kcepatnx nmbah ap tetp…..?

  6. jezy mengatakan:

    jd lw motor vario mw pke busi racing pha jh yng hrus dgnti….

  7. antoniobandreas mengatakan:

    bro mtorq megy,cdi unlimiter n coil racing.aku suka touring.lo pake busi racing aman gak ya?tkute mati di tengah jalan.malah nyusain..thanks b4..

  8. anom.S mengatakan:

    kalau busi racing untuk medan tanjakan…..cocok apa gak…soalnya saya pakai motor l;ama “honda GL 100″ th 80..sering saya pakai tuk medan tanjakan….makasih jawabannya..

  9. bagas presetya mengatakan:

    om ane motornya udah ganti CDI brt dual band busi yang bagus apaan?
    kalo make denso iridium bagus ga?

  10. dimas mengatakan:

    Aku mau tanya bang….? Mohon bantuan dr agan2 semua
    Aq pake busi iridium denso type IU24 buat satria f,cdi aq pake brt power max dualband bbm slalu pertamax bang sejak dr baru, yg ingin saya tanyakan….
    Kenapa bila mesin masih dingin tenaga nya terasa banget,tapi bila mesin panas atau di tempat macet,serasa berat gitu bang….? Yg ndk bagus cdi nya atau busi iridiumnya bang….???? Mohon pencerahan nya dr teman2 semua,atas sgala info dan bantuannya yg sekecil apapun buat saya,saya sangat mengucapkan terimakasih skl sblmnya

  11. Aldo mengatakan:

    bro. mohon bantuan.. saya pake ninja 250
    udah ganti CDI BRT DualBand
    Koil & Busi enak pake apaan yah ? cari di google gak ada yg ngebahas yg di ninja
    adanya di bebek2… klo ada yg tw tlg email/jwb in di sini ya ^^

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 160 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: