Checking Kelistrikan…yang masalah Accu apa Kiproknya sih…….

akhir2 ini motorku sering ngadat..air accu-nya habis mulu..ujung2nya motor gak bisa dipake buat electric-starter! klakson gak kenceng dan sein redup….trus apanya yang rusak yo?? Bengkel memvonis kiproknya yang rusak…kalo tukang accu ngomong accunya minta ganti…sing bener sing endi???

Lihat dulu deh skema kiprok/rectifier..lihat2 di kaskus ternyata dapat gambarnya doang….akhire mreteli motor buat ngerunut jalur kabel dan hasilnya

1. Merah menuju terminal positif accu, arus DC
2. Kuning dari spull penerangan, arus AC
3. Putih dari spull pengisian, arus AC
4. Hijau menuju massa atau negatif accu

Saiki di cek satu per satu..mana nih biang kerok-nya!

1. Copot dulu accunya..trus ambil multitester..putar kenop multitester pada mode DC dan atur pada posisi 50 volt. Pengukuran voltase kiprok dilakukan dengan menempelkan jarum positif multitester pada kabel positif accu (kabel Merah). Sedangkan jarum negatif mulitester ditempelkan di bodi (kabel Hijau) atau kutup negatif accu,  lanjut dengan menghidupkan mesin pake kick-starter. Buka gas hingga putaran mesin 3000 rpm atau lebih, perhatikan jarum penunjuk multitester. Jika angka yang ditunjuk melebihi 13.8 – 14.4V, itu tandanya kiprok memang bermasalah. idealnya sih 13.5V

2. Trus kalo tegangan  kurang dari 12V gimana yak?? Jika tegangan cuma 12V atau kurang bersihkan socket kiprok..kalo perlu pake cleaner khusus buat elektrical..sapa tahu banyak kerak ngumpet disana…cek juga massa (kabel Hijau yang nempel di body motor) atau kabel massa pada spull ….amplas dan bersihkan jika karatan dan cek juga sekring (fuse). Baru nyalakan mesin dan cek kembali tegangan yang masuk..jika yang terukur tetep kurang dari 12V…gulung ulang sepulnya..mungkin korslet atau dah rusak!!

3. Nah sekarang baru kita check accunya…jika di ukur tegangannya kurang dari 12V..disetrum dulu deh….setelah balik menjadi 12V/12.6V pasang ke motor…jika beberapa hari kemudian electric-stater tidak nyala, cek ulang voltage-nya….. jika kurang dari 8V ganti baru ajah…

* ada beberapa hal yang bikin accu cepet mati…beban lampu yang over-load (dipake buat H.I.D dan klakson/accesoris)…kalo air accu habis suka kelupaan ditambah…terjadi short/korslet akibat wiring yang tidak rapi………kalo mujur accu dapat dipake  dalam kondisi woke selama 2tahun…..

dan setelah dirunut ternyata sekring/fuse bubar kena air accu yang tumpah…soale waktu ngisi terlalu penuh………

makasih buat kaskus yang dah nyediain gambar kiproknya..hehehe…

About these ads

Perihal martini
5osial.wordpress

16 Responses to Checking Kelistrikan…yang masalah Accu apa Kiproknya sih…….

  1. A Seen mengatakan:

    pertamak
    lem biru ae bro motornya

  2. A Seen mengatakan:

    keduak

  3. A Seen mengatakan:

    ketigak
    aki kering opo bro

  4. A Seen mengatakan:

    keempat
    akinya udah aki-aki
    atau kiproknya udah aki-aki
    atau orangnya udah aki-aki

  5. martini mengatakan:

    @ aseen : hehehe….sopo sing gelem nuku….arep tak ijolke scoopy…

  6. selaludidepan mengatakan:

    tuh akinya khan Maintenance Free…kok airnya sampe habis…khan isinya gel…

  7. gajah_gendut mengatakan:

    tegangan 13.8-14.4 kiprok rusak?

    justru kiprok yg sehat bisa memberikan tegangan 13-15V. dibawah atau diatas itu pasti gak geres.

  8. Oom pimpah as varioputiih mengatakan:

    sangat membatu, tak simak oom :)

  9. botjah_doesoen mengatakan:

    motor saya pake aki basah selama 9 tahun brati termasuk mujur banget bin untung dong om ??

  10. BOOT mengatakan:

    kiprok punya’ RC 100,,,,,,,,,bisa ga’ diganti punya’ astrea grand….??????

    • martini mengatakan:

      bisa saja asal tahu wiring RC…fungsi kiprok cuma penyearah saja kok

  11. andy sai mengatakan:

    udah ganti kiprok spul sama aki ori yamaha, kenapa ane ngecek tegangan yang keluar dari kiprok cuman 6vdc ya, padahal input nya 13vac dan 10vac,, kalo ngecek di aki karena akinya masih baru 12vdc,
    tapi kenapa cuman 6vdc dari kiprok

  12. doim mengatakan:

    gan kalo kiprok nya sering eror itu gimana gan solusinya

    • martini mengatakan:

      ganti mas…regulatornya dah mati biasanya

  13. ghanyonk mengatakan:

    Gan,kl scorpio sudah dirubah ,spull nya pake kiprok tiger ,tp out put dc nya diatas 15-30 v dc,kenapa Ɣª ,
    aƥǟ bsa merusak accu , aƥǟ kiproknya Ɣªήğ rusak

    • martini mengatakan:

      kiproknya rusak

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 179 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: