GL naik jadi 200 cc part 2!!!

sebelumnya….terima kasih buat sedulur2 CB dari jakarta,klaten,karang-anyar dan tempat2 lain yang lupa darimana asalnya..yang telah menyempatkan dan meluangkan mampir ke kediaman begawan di bantul….pada heran ya…ternyata kok tidak meyakinkan…hehehehehe…………..

dan tentu saja kami mohon maaf atas rekan2 lain yang kecele/kecewa…karena telah jauh2 datang ke jogja…sing diparani gak dirumah!!! maklum orang pengangguran luntang-luntung gini suka kabur se-enak hati…jadi kalo tidak janjian sebelumnya kemungkinan bisa bertemu dan ngobrol2 paling hanya 50% saja….hehehehehe….

untuk komentar yang belum dijawab atau gak masuk2….juga minta maaf…..karena koneksi inet yang kadang on..kadang impoten membuat komunikasi 2arah menjadi buntu…..

Lanjut ke topik bahasan…jika dalam tahap 1 digambarkan tentang mem-bore up crank-case…di acara ke 2 adalah

1. Membuat squish di head STD GL

kenapa harus dibuat squish???….mesin sudah naik 200cc…kalo ceruk tidak dibesarkan…nasi sepiring juga bakal habis buat menstater mesin, maklum generasi GL gak ada teknologi dekompresi….kayak dimotor2 gede/moge¬† ato dimotor2 bebek

antara boring dan ceruk kubah pembakaran gak sama….

keluar dari tukang bubut….bubutan squish yang baru mentok sitting klep

setelah dibereskan pisau tuner…..cerukan gak begitu tajam…dah lebih landai kedalam….lumayan..kompresi bisa turun dikit

2. Menyamakan panjang as sebelah kiri

as sebelah kiri antara CB/GL dan tiger punya beda panjang yang cukup jauh….maka perlu dimasukkan ke tukang bubut!! ini dia sumber dari masalah….bagian luar as ternyata di hardening sehingga mata pisau bubut dengan spek HSS gak mempan makan as dari kruk-as….perlu mata pahat tungsten-carbida untuk memotong as yang telah dihardening….dugaan awal biaya akan murah…ternyata buat motong doang harus merogoh kocek 100ribu….xixixxixixxixixi….

ada beda panjang yang cukup banyak antara kruk-as asli GL (kiri) dan kruk-as tiger (kanan)

setelah merogoh kocek 100 ribu dan waktu pengerjaan 10hari….panjang as akhirnya sama…..

masih harus ngerogoh duit didompet lagi…karna gigi sentrig harus pake punya GL pro series….yang ukuran as-nya besar…kalo pake aslinya GL….kena biaya bubut lagi….

nah….setelah melakukan beberapa proses dari…corter bagian crank-case, corter boring, bubut squish head dan terakhir menyamakan panjang as….mesin bisa dirakit…dan hasilnya

mesin GL 200 cc…siap dikirim ke semarang

mesin sudah jadi, pengapian dari awal sudah CDI, jadi gak perlu capek2 setting pengapian…tapi dengan spek seperti ini…ada 2 kekurangan

1. mesin akan terdengar kasar karna noken/cam masih belum dirubah (dilaker bagian kanan)…sehingga akan terdengar berisik…apalagi kalo mesin sudah panas dan oli yang dipake jenis sintetic….bikin kuping geli

2. tenaga motor akan liar dan laju kendaraan kurang kentjang…..soalnya reduksi gigi primer-sekunder masih mengandalkan bawaan….motor punya tenaga lebih tapi larinya kalem….

yah kira2 begitu dulu share tentang mesin GL jadi 200cc…sudah ada gambaran kan??!!

About these ads

Perihal martini
5osial.wordpress

26 Responses to GL naik jadi 200 cc part 2!!!

  1. ipanase mengatakan:

    . sip lek, totale?

  2. #99 bro. mengatakan:

    blar blar blarr

  3. kurniaprorider mengatakan:

    golek bahan ra nemu2, paling bis lebrn maen kstu lg …. Kui yen wis oleh bahan

    • martini mengatakan:

      hahaahahaha……….

  4. botjah_doesoen mengatakan:

    payung klep gak di besarkan skalian om begawan ?
    kruk as cina d hardening ? lbih bagus dri yng ori donk

  5. kurniaprorider mengatakan:

    yen misal Kruk as tigeré ga dipotong piye?? Biso dipasang ra?

  6. joko mengatakan:

    ribrt, beli aja mesin tiger lawas, taroh di bodi gl, beres, no berisik, no repot, no gagal modif,,lagian harga tiger lawas juga paling cuma 6jt

    • martini mengatakan:

      kalo cuma beli….alay ingusan pun bisa bikin!!

      • Herman mengatakan:

        bener iku om kalo cm beli trus pasang anak kecil jg tahu

  7. dylan malang selatan mengatakan:

    Gan ono bandul tiger ga,nek ono piro?…

  8. awansan mengatakan:

    begawan tolong di share dong tentang primer sekunder generasi Cb , GL, Mega Pro , Dan tiger
    beserta saran2 buat modif prier sekunder

    • martini mengatakan:

      sudah pernah dibikin mas artikelnya beberapa bulan yang lalu

  9. sulis Muhammad mengatakan:

    bener bang mtor tarikanya masih pendek…kemarin baru tanya gigi primskon, katanya 250 tapi barangnya blm ada….mungkin hbs lebaran…ada saran g biar mtor larinya enak dan g terlalu getar…

  10. geipenko widayanto mengatakan:

    numpang nanya bro, saya habis ganti seher di CB, setel kelep segala macam. mesin sudah halus dan enak. tapi kog masih ngebul putih y?

    • martini mengatakan:

      bisa karna sil klep gak diganti padahal sudah getas atau ring kompresi bocor….biasanya pas oversize…korteranya(proses)nya gak bagus…misal miring sehingga hasilnya benjo(gak bulat)….makanya ngebul…kalo klep yang bocor ngebulnya item….

      • geipenko widayanto mengatakan:

        suwun bro, sangat mencerahkan….

      • geipenko widayanto mengatakan:

        satu lagi bro,
        masalah ngebul ini terjadi cuma saat pertama kali mesin dihidupkan,sesudahnya tidak ada kebul asap lagi.
        mesin halus tidak ada suara menggelitik sedikitpun, banyak orang ngiri dengan halusnya mesin CBku.
        kalo dibiarkan effectnya apa y, fatal g? suwun…

      • martini mengatakan:

        knalpotnya dikasih oli gak?…kadang kalo knalpot dikasih oli awal dinyalain juga ngebul…kalo ngebul efeknya gak fatal…tapi kalo sampe oli sering berkurang isinya …nah yang ini baru fatal

  11. asuke asolole mengatakan:

    mas broo numpang tanya nii..
    mator ku gl 100 head std klep. pkek pnya tiger noken neotech ..
    templar std ..
    tpi knpa ya kok setingan klep gk pas tngah yg klep in..
    tpi yg ex nya pas tengah…
    dan setinganya sring berubah2..
    tolong pencerahanya mass..
    maturr suwunn>>>

    • martini mengatakan:

      itu pas rubah sudut klep asal jadi kayaknya…yang digeser yang in saja..sedang yang ex gak dirubah jadinya ya gitu…harusnya 2-2nya digeser jadi bisa pas ditengah

      • Asuke asolole mengatakan:

        suwun mas bro ats pncrahane.
        Mesin kmelitik tros gk iso alus.
        Solusine piye lak ngno iku Mas bro?

  12. arif SULSEL mengatakan:

    Mas, aq puxa gl 100. Uda setahun sejak d over size (25).
    Tpi kmaren pas d starter kok blong, kompresinya hilang total. Kira2 permasalahannya d mana n tolong solusi nya…!

    • martini mengatakan:

      itu klep terganjal arang….skir klep aja pasti beres

  13. Excel mengatakan:

    Klep tidak mentok piston ya mas modif gitu,

  14. rendy zultera simanjuntak mengatakan:

    ass,,, mohon pencerahannya ya mengenai masalah di gl 100 ane, motor gl 100 thn 80 sudah di rubah cdi dan diboreup menggunakan piston tiger tp head masih pakek standar gl,carburator saya pakein rx-king ori nah yg menjadi masalah ketika mesin baru dihidupkan sering terdengar suara nyit,,,nyit,,, di mesin bagian blok piston dan kenapa klo dibuat ngebut tarikannye molor alias ngayun harus diurut baru bisa kenceng,,, mohon pencerahan dari suhu” skalian terima kasih,,,,ass

    • martini mengatakan:

      Suara nyit2…biasanya oli gak naik ke pelatuk….terlalu boros yg menjadikan tarikan motor gak spontan….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 160 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: