For Sale..Sepeda Bermesin….

kali ini pak camat mau nitip…jual sepeda bermesin

frame ducati cuciolo dah modif

front fork  ducati luxor

engine blower ex japan 2tak 40cc

penampakan

cuciolo dipotong2 jadi sepeda

cuciolo dipotong2 jadi sepeda

setelah selesai dibangun

setelah selesai dibangun

sepeda ini adalah properti pribadi….monggo dihubungi saja pemiliknya…pak camat..hape 088806027710 bisa via whatapps di nomor yang sama…harga langsung nego dengan beliau….barang ada digarasi 5osial blog…aman terkendali……..

 

Jap(s) style….Blarrrrr…..

hadew…badan mriang gini ada aja masalah…sepuluh hari terakhir search engine gugel rese….gara2 menambahkan sebuah kategori untuk artikel2  makan-makan…..web ini dihapus dari mesin pencari!! akibatnya pengunjung setia 5osial wordpress ilang dari peredaran….mati sih enggak…tapi sudah tidak numberone di halaman pertama search engine….yo wis….aku ora popo..niatnya kan sharing

akhir2 ini kayaknya heboh banget dengan peluncuran kawasaki ninja single piston 250cc….beritane heboh..omongane do muluk2..yang inilah..yang itulah….tapi saya yakin 90%…itu sekedar omongan..sing do omong dirumah cuma punya supra atau jenis bebek yang lain….atau matik…kalo suruh beli moge mikir meneh….

kuwi po kawasaki 250cc single silinder...apik banget yo.....

kuwi po kawasaki 250cc single silinder…apik banget yo…..

alah mbuh lah….jadi lupa mo ngomongin apa….oh iya..akhir2 ini saya kok keranjingan jap style gimana gak keranjinagn….modelnya gak pasaran…suaranya blaaarrrr…larinya enak handling mantab….ragat sesuai dompet…hehehehe…. ini hasil garapan gl neotech bro muksin….sing nduwe nganti mumet….

jap style basic glpro neotech

jap style basic glpro neotech

lampu sein mahal bos...500ribu sepasang

lampu sein mahal bos…500ribu sepasang

mesin 200cc ++ marai mumet sing nduwe

mesin 200cc ++ marai mumet sing nduwe

modifnya simpel...sing modif ngganteng....

modifnya simpel…sing modif ngganteng….

woke….sorry to say…bro muksin…sing nggarap motore sok aras-arasen….hasil akhir sebelum dikirim ya seperti difoto tersebut…kondisi mesin joss…cuma karbu memang minta ganti…..uupps…sang owner ini bukan pecinta motor didunia maya…hehehe…mbangun motor buat daily use..ragat yo serius….salam blar…blar…..

Nyekehke klep….mengganti klep std bawaan motor dengan klep yang lebar

buat dulur2 yang ada dijakarta dan sekitarnya…ikut berdoa saja…semoga banjirnya cepat surut…anak istri dan keluarga selamat dan moga2 motor tidak ikut kelelep kerendam banjir……

berbahagialah yang pake CB blar2…..meski motor kerendam banjir gak masalah kok…cukup kuras karburator,belah mesin dan kuras tangki….dijamin siap jadi blar2-rian lagi…..bagi yang pake injeksi cuma bisa turut berdoa….semoga stok ECU dan injektor kit+tortel bodi melimpah……..gak usah gembor2 pake EURO segala…ini indonesia bos..alamnya liar…teknologi harusnya dibuat memudahkan…bukan membikin pusing pemilik teknologi……

cukup dulu inter mezzo nya….balik ke  topik “nyekehke klep”….ini mungkin istilah bengkel2 diseputaran jogja-jateng….yaitu menggunakan klep lebar buat motor std….memakan banyak biaya…tapi cukup puaslah kalo lari motornya bisa blar2…..cukup sediakan klep lebar dan bawa head ke tukang bubut….disana proses nyekehke akan dikerjakan…meliputi memperbesar sitting klep….memahat ulang kubah ruang bakar….re-shaping klep sampe ganti valve guide jika memang diperlukan…..oh iya setelah dipahat ulang perlu dikepras lagi/diratain agar kompresi padat merayap….

dari pada banyak ngalor – ngidul ini gambarnya

bentuk kubah std dengan klep Daisho 31/26 (std tiger/megapro/neotech)

bentuk kubah std dengan klep Daisho 31/26 (std tiger/megapro/neotech)

klep lebar 34/28 merek vtc siap dibenamkan

klep lebar 34/28 merek vtc siap dibenamkan

Klep sudah di re-shaping

Klep sudah di re-shaping

pasang sitting baru, guide valve baru, bikin ulang kubah bakar dan kepras....licin bos

pasang sitting baru, guide valve baru, bikin ulang kubah bakar dan kepras….licin bos

klep 34/28 duduk manis....tinggal skir dan porting ulang inlet/exhaust

klep 34/28 duduk manis….tinggal skir dan porting ulang inlet/exhaust

 

Nyekehke klep sudah selesai….PRnya bikin Noken-as sesuai dengan permintaan mesin….karna si owner maunya mesin blar2 tapi masih nyaman buat harian….ekspektasinya gak usah muluk2 lah….kalo sparing dengan FU monggo…kalo ninja 250 mending gak usah….eman2 duitnya….bikin mesin mahal soalnya….kalo cuma beli motor baru….emak2 juga bisa……

 

Batok lampu harley…lagi ngetren di honda CB blar-blar

saking banyaknya motor dan mobil dijalanan…membuat lampu std motor apalagi yang udah tua sama sekali gak enak buat jalan malam….CB dan GL yang emang pada dipake turing juga mengalami masalah serupa…..fiuh…setelah papasan dengan mobil gaya Alay dengan HID abal2…mata jadi burem dan akhirnya nubruk ato nyosor aspal jalanan…

tapi bagi para mekanik2 CB itu tidak jadi soal….karna sekarang lagi ngetren lampu HD yang bisa dipasang lampu2 dengan watt gede…kalo mau pasang yang 130watt juga bisa….dijamin aki tekor…hheehehehehe….apasih yang perlu disiapkan untuk membuat lampu terang benderang…cekidot bos!!!

lampu harley di honda CB begawan....dijamin ternag benderang

lampu harley di honda CB begawan….dijamin ternag benderang

reflektor besi krom dengan penutup kaca yang socketnya H4...pilihan bolamnya banyak

reflektor besi krom dengan penutup kaca yang socketnya H4…pilihan bolamnya banyak

batok lampu krom....mantab

batok lampu krom….mantab

soket lampu

soket lampu

reflektor

reflektor

 

semua merek lampu terkenal menyediakan jenis lampu H4

semua merek lampu terkenal menyediakan jenis lampu H4

 

 

CB jadul jadi keren kan

CB jadul jadi keren kan

 

Agenda Koboys di liburan akhir tahun….di dunia maya saling adu argumen…di kehidupan sehari2 kami keluarga….its broother…siiiiiiiiiiiiiippppp

Koboys sebelum terbentuk memang sekumpulan komentator pada beberapa blog/media otomotif di portal dunia maya…seperti di tmc, cafe motor ato seraya dan mod.com…karna seringnya saling adu argumen akhirnya ketemuan juga….sayang..setiap kali bertemu gak semua anggota bisa hadir…cuma beberapa saja…maklum…domisili koboys yang ngakunya jogja…ternyata menyebar dari Uni emirat arab, Qatar, Jepang….dan seluruh penjuru jawa dan beberapa kawasan asia lainya…..parah…wkwkwkwkwk!!!

pada liburan Natal dan akhir tahun…ketika anggota yang bekerja pada menghabiskan liburan cuti…malah bisa berkumpul bersama….maka di setiap akhir tahun..koboys melakukan acara sante dan having-fun….

di awali tahun 2010 yang mengambil tempat di magetan dan tawang mangu…wew…rame banget yang datang …di tahun 2011 acara dilakukan di daerah batu malang…..lebih rame lagi….hehehehe…..dan di akhir 2012 acara dilakukan di jogja…..pada acara di jogja banyak perubahan terjadi….karena semua anggota kebanyakan dah pada punya anak ataupun istri…acaranya jadi acara keluarga…hehehehehe….

ini juga yang menjadikan alasan blog gak terurus, jarang up-date de-el-el…malah beberapa ada yang bilang koboys tidak lagi kritis dan sudah tidak obyektif lagi dalam menilai produk otomotif pabrikan….padahal koboys eksis di portal yang lain….karna memang koboys telah mengubah cara bloggingnya dengan mikro blogging….baik via fb dan whats-up…..hehehehehehehe….parah…gak bakal dibaca orang diluar grup…

untuk blog sendiri cuma sebagai penghilang kangen kalo ingin menulis…meskipun begitu koboys telah meregenerasi anggota sehingga anggota2 baru cukup handal dalam mengkritisi suatu produk….mereka2 yang kritis selalu meminta pendapat yang lebih senior..apakah ini..itu..layak dan bakal jadi LPG dalam menghimpun opini dan kesimpulan….so..kami masih seperti dulu…jika dahulu ada juragan bekicot dari semarang…maskur dari banyumas…mercon dari bali…..warung DOHC dan banyak lagi …….sekarang ada juragan pertamax dari wonogiri, duo ali.amama ali dan ali tiger revo dan anggota2 baru yang tidak bisa disebut satu2…..entah besok yang akan datang siapa yang bakal menjadi ujung tombak…mereka ini tidak mewakili pendapat koboys……tapi pendapat dan kupasan mereka selalu kami dukung…baik itu kontra dengan pendapat pribadi ataupun sejalan……tidak ada “melik” ataupun pamrih apa2 dalam terbentuknya koboys….Kami sekedar berkumpul berbagi dan bercerita..kami sekedar menceritakan apa yang kami pahami dan sesuatu yang baru kami ketahui……

**mengenai link jemuran…kami selalu saling mengingatkan…mbok jangan asal njemur artikel….apalagi yang tidak relevan dengan bidang otomotif….tapi keputusan tetep 100% ditentukan oleh owner blog masing2…..

halah…malah kebanyakan ngelantur…..ini aja gambar kumpul2…yang edisi terakhir………

masih seperti pertama kali bertemu.....

masih seperti pertama kali bertemu…..

anak2 menjadi kesibukan baru yang cukup menyenangkan

anak2 menjadi kesibukan baru yang cukup menyenangkan

para junior sudah pecicilan pengen merasakan 4x4....

para junior sudah pecicilan pengen merasakan 4×4….

kami berkembang..dari membicarakan R2 menjadi ngomong soal masakan,tempat makan...juga keluarga...

kami berkembang..dari membicarakan R2 menjadi ngomong soal masakan,tempat makan…juga keluarga…

so..koboys tidak melulu otomotif…karna slogan yang kami benamkan pada para junior adalah “kanggo ngraketke paseduluran”………..koboys dan family sama2 suka otomotif baik r2 dan r4….karna kami berawal dari tempat dan forum yang sama………sedangkan isi dalam artikel adalah pendapat pribadi yang tidak terwakili dalam forum dan portal dunia maya…di alam nyata kami guyub….heheheheheh

SUGENG WARSO ENGGAL 2013 M…..semoga ditahun ini bisa lebih baik lagi…………

2 tahun dengan vario techno….adakah keluhan???

sebelumnya….kami selaku penulis 5osial.wp mengucapkan turut berduka cita atas meninggalnya ibunda bonsai (warung motuba) dan di susul ayahanda yang menemani kepergian ibunda tercinta……semoga amal ibadah ayahanda dan ibunda diterima disisi allah…amiiiin……..

back to topik………

kebetulan dirumah ada vario tekno yang inden desember 2010….meski baru diantar maret 2011 dengan acara ngomel2 segala…..wekekkekekeke…nah selama (hampir) 2tahun pemakaian ini….apa saja sih yang telah diganti dan kira2 berapa biayanya???!!

1. waktu datang selang bensin langsung dipotong ditengah dan di sumpal dengan filter bensin….maklum..motor bawaan gak ada filter bengsinya

2. ganti oli di KM 450…dan penggantian waktu setelahnya setelah interval 2000KM (jarak tempuh)

3. ganti busi di KM 6000…bukan karna mati…cuma pengen ganti busi yang laen saja

4. bongkar roda, rem dan cvt setelah menempuh jalur jogja-candi cetho PP…dengan kondisi hujan deras dan jalan naik turun ekstrim sekitar 60 derajat (selepas karang pandan-candi cetho)…kondisi ban belakang kempes..motor di gledek sampe jogja…(dalam kondisi dingin gak tau kalo motor habis anginya)…parah bgt yang punya…wkwkwkwkwkwkw

5. Ganti ban dalam 2kali (bagian belakang semuah)

6. KM sekarang sampai di 14.600…dengan konsumsi BBM bengsin eceran pinggir jalan …rata2 konsumsi BBM 1liter untuk 50KM perjalanan…..

karena vario ini motor baru…sampe sekarang belum pernah masuk bengkel untuk servis rutin…..mbuh didalem mesin ato karburatornya udah kotor ato belum yo gak tahu….kalo dikendarai juga normal2 saja dan bisa jalan sampi 90kpj (dari baru segitu2 aja gak nambah…wkwkwkwk)

dan sampe sekarang juga gak kepikiran kalo garansi hangus nanti gimana…hehehehehe…soalnya gak ngarep adanya garansi….soalnya garansi itu mirip fenomena fatamorgana….kalo dari kejauhan ada…giliran di dekati menguap entah kemana………..

so….pengeluran selama 2tahun pake vario techno adalah

1. beli filter bensin 5ribu

2.beli busi 34ribu

3. biaya bongkar roda,rem dan cvt karna rasanya geal-geol setelah di geladak…35 ribu

4. ban dalam +jasa (2kali)….@ 35 ribu…jadinya 70 ribu

5. beli bensin dan oli lupa…soalnya gak ngitung…misal bensin 1liter menempuh 50 KM…maka di KM 14.600 dah habis bensin 292 liter ato 1.4600.000 (1liter 5ribu di bengsin eceran)  untuk oli dah ganti oli 8kali…1kali gratisan dan 7kali biaya sendiri ….jika 2 kali pake castrol matic seharga 35ribu…dan 5kali pake pertaminah enduro racing yang sebotol seharga 40 ribu…maka untuk oli habis..270 ribu……….

sehingga pengeluaran buat perawatan vario selama 2tahun…..1.87juta….(diluar pajak kendaraan)…………

so…menurut saya masih terhitung irit….dan wajar…

berapakah pengeluaran unutk motormu???

Mesin tiger di rangka GL…gerinda dulu bos..biar bisa masuk!!

sebenernya ini sudah agak lama..pas lebaran haji kemaren….ngerjain GL yang dipasangkan mesin tiger….ditungguin sesepuh BTN (Bocah Tua Nakal) dari purwakarta…kebeneran pas ngerjain mesin ini om Yahon (owner RYS Motor)  datang….

karena dah lama fotonya dah pada ilang….sekedarnya aja ya….mesin CB dan Gl dibelakang kick stater profilnya rata…sedangkan di seri neotek dan tiger masih ada jendolan dibelakang as kick stater…nah bagian ini yang gak bakal masuk pada rangka CB/Gl kalo tidak digerinda….setelah diratakan dengan gerinda rangkanya…baru deh blok tiger bisa bersemayam …efeknya per pembalik pedal rem gak bisa dipasang….

rangka  pemegang mesin bagian belakang perlu digerinda/disesuaikan

rangka pemegang mesin bagian belakang perlu digerinda/disesuaikan

per pada pedal rem harus pindah posisi

per pada pedal rem harus pindah posisi

mesin yang dipasang alakadarnya....hehehehe

mesin yang dipasang alakadarnya….hehehehe

setelah dimal...masuk deh mesin dengan elektrik stater punya meong

setelah dimal…masuk deh mesin dengan elektrik stater punya meong

hihihihi..pemegang mesin bagian atas belum dipasang…bener kata juragan motor garuk tanah purwakarta…mesin tidak anteng (getar)….

Make over honda Gl 100 menjadi CB Blar-blar

awal bulan ini secara tidak sengaja saya mendapat tawaran mbayari Gl 100 82 dengan harga murah….keadaan memprihatinkan….ckckckckck…jok aja dikaretin ban…hadew….

gl 100 yang memprihatinkan

gl 100 yang memprihatinkan

karena dana untuk restorasi terbatas…akhirnya dipilihlah modif super hemat biar tampilan berubah jadi CB….apalagi istri ngajakin hunting spare part CB dipasar klitik-an…..”aku kasih duit sejuta…jadiin CB buat nganter anak2 yah…please…!!” begitulah rengeknya….tanpa ba-bi-bu langsung bawa gerobak kepasar klitik-an buat borong spare-part….

1. tangki press + tutup

2. jok tebal

3. refektor lampu depo+ batok

4. kupingan lampu

5. kancut aki

6. handel pegangan tangan

7. stop lamp

8. Gas spontan Day-Tono…hehehehe….kalo pake magura ato domino mahal….

sampe dirumah hari sudah larut malam…dan ketika dipasang…wew…gak ada yang pas!! Damn….akhirnya dengan modal muka tebal dipinjamlah gerinda tangan dan pemotongan rangka pun dilakukan…..setelah beres…motor dibawa ke tukang las buat ngelas bagian2 tertentu seperti dudukan tangki yang gak matcing dan dudukan jok…..

handel pegangan juga gak bisa terpasang…akhirnya kabur ke tukang bubur…eh bubut buat membuat slot/oval…..bekas las2an dan gerinda dicat alakadarnya…dan pemasangan dilakukan dalam tempo sesingkat2nya……wekekeke….

akhirnya make over ngasalpun jadi….

make over  tahap 1 selesai

make over tahap 1 selesai

modif simpel dengan dana mefet

modif simpel dengan dana mefet

motor emang belum kumplit…seperti sein dan spion….lampu juga belum menyala…cuma mesin saja yang menyalak kentjang….hehehehehe…..surat2 didapat utuh meski mati beberapa tahun….kalo mau jalan ya baca surat alfatihah…dah cukup…kalo ditanya pak polisi tinggal nyengir…xixixixixixi…..plat nomor juga masih kafirin…karena emang belum dimutasi……setelah mutasi dan membereskan kaki2+ lampu besok diposting lagi…sekian dulu sahrenya…..soalnya selama ini jarang share masalah body

 

 

2 tahun memakai starlet…berapa ya biaya buat perawatan???

starlet bersanding dengan honda CB versi terbaru....

starlet bersanding dengan honda CB versi terbaru….

dulu pas membeli rongsokan starlet dari gudang …keadaan mobil masih utuh dan dengan sedikit sentuhan mobil sudah siap ngaspal tanpa ada masalah dijalan….ditahun pertama biaya buat perawatan gak banyak

daftar belanjaan ditahun pertama

Head unit …..500ribu

Timing belt+jasa 450ribu

2kali ganti laher roda depan+jasa @ 185ribu = 370ribu

ganti 2 seal roda @45ribu = 90 ribu

Ganti 1set busi denso = 45ribu

ganti oli 2kali @115ribu= 230 ribu

oli transmisi rored 90 = 75rebu

Platina = 50rebu

kabel platina = 10rebu

Oring delco +packing delco =35 ribu

Lampu head lamp osram 2biji @55ribu = 110ribu

soket head lamp keramik = 35 ribu

lampu panel philips = 15ribu

filter oli = 65 ribu

filter bensin = 40ribu

ganti shift-knop = 50ribu

pasang oil catch-tank (dari filter bensin vitara sgp)= 50ribu

untuk service/perbaikan

karna pintu ada yang penyok (meski sekarang ada penyokan baru) akhirnya masuk tukang cat….bugdet yang keluar 600rebu

untuk service…tune-up 2kali @50ribu = 100ribu

service kelistrikan 40 ribu

service hand-brake (termasuk jasa bubut tromol karna dah gak rata) 50ribu

Nah ditahun ke-2 apa saja ya yang diganti dan biaya perawatannya

belanjaan tahun ke-2

Kabel busi 125 ribu

tutup radiator 30 ribu

Platina 35 ribu

filter bensin 25 ribu

tutup reservoir PS 8 ribu

condenser platina 25 ribu

paking delco 10 ribu

Seal booster rem 45 ribu

C/m kit 60 ribu

oli rem 18 ribu

Laker roda depan 215 ribu

tie rod 115 ribu

rack end 130 ribu

boot rack steer 45 ribu

lampu 2kaki  1set (led) 80 ribu

lampu plafon (led) 20 ribu

aki 45A 400 ribu

3kali ganti oli @ 120 ribu = 360 ribu

rored 90 = 83 ribu

redex cleaner 2botol 50 ribu

6biji salng buntu 30 ribu

Untuk Jasa perbaikan di tahun ke 2

kenteng pintu karna disenggol motor 150 ribu

cat 1panel pintu 200 ribu

service ac 100 ribu

ganti mufler kanlpot+ las 250 ribu

service radiator 80 ribu

service ganti tierod + laker roda depan 170 ribu

spooring 50 ribu

setting rem depan belakang 135 ribu

 

oke …jika di total pengeluaran selama 1tahun pertama yaitu 3juta 10ribu rupiah……

sedangkan ditahun ke-2 pengeluaran sebanyak 3juta 39ribu rupiah………..

dengan total biaya perawatan+ jasa service selama 2tahun  sebanyak 6juta 50 ribu...nih rongsokan tidak pernah menyusahkan selama dijalan,  pernah mengalami 2kali mogok di dekat rumah karena aki tekor….setelah aki  diganti baru penyakitnya sudah hilang……

oh iya…mobil ini dipakai buat harian …pas pertama kali beli odometer di angka 262.000 KM…sedangkan sekarang odometer menyentuh angka 284.200 KM…mobil dipakai dengan kecepatan yang wajar…rata2 80kpj di 3000 rpm gigi 4 (jarang banget pake gigi 5)….dengan konsumsi BBM 1:12….cukup iritlah untuk mesin 1.3liter keluarana tahun jebot…..

 

GL neotech naik stroke 18mm…

mesin ini kiriman dari purwakarta….pengirimnya gak perlu disebut deh…rencana mesin buat macul alias grass-track  enduro…tapi ada keluhan mesin yang sekarang gak lari kentjang….

niatnya mau naik 200cc…eh setelah tahu bisa distroke-up 9mm alias naik 18mm…stroke si GL jadi 49.5+18 =67.5mm~68mm…

spek lainnya

* head ori neotech

* blok honda phantom

* piston set neotech

* rante kamrat  tiger

* kopling 6 per

mesin saat datang

kruk-as naik 9mm..stroke nambah 18mm….

kiriman dari purwakarta..berupa blok oem panthom,piston set ahm, rantai keteng ahm, kopling per 6

block panthom joss…tingginya pas dengan kruk-as yang telah naik 18mm…rante kamrat juga gak terlalu panjang ato pendek…teplek-teplek….

lubang2 siap diporting

ruang bakar sedang diporting ulang

klep nutup gak sempurna…ada basah oli meski tipis…kalo dari luar ditetsi bensin ternyata merembes….???

setelah di skir…klep tetep bocor…ternyata yang in bengkok dideket payung dan yang ex gompal di bibir payung…puncak cuping noken kemakan 0.7mm….

gompal dikit di bibir klep…bensin kok tetep rembes setelah di skir

head setelah diporting…noken as baru dan klep baru….

mesin selesai dirakit….

hem…biasanya masalah terjadi saat pemasangan blok+ rante kamrat…selain sudah stroke-up ekstreem…posisi TMA dengan magnet perlu di atur ulang. tapi kasus pada mesin ini beda…piston…rante bisa pas dengan boring..tapi bukan kebetulan sih…sudah dihitung sebelumnya…hehehehe,  setelah melakukan porting+skir klep…bensin tetep merembes masuk…dan setelah dicek dengan teliti ada gompal dibibir klep dan di klep lain terdapat bengkok di belakang payung…..

untuk noken as juga dah kemakan di cuping dan pinggang noken….sebenernya masih bisa dipasang..tapi akan berpengaruh pada lift bukaan klep dan derajat bukaan klep…hal ini memungkinkan klep yang dipasang bakal bengkok seperti klep isap saat ini…..

so its a simple…bisa diganti….sekian dulu up-date pengerjaan mesin…sori memang jarang on-line…kalo ditanya bengkelnya dimana…5osial blog..tidak buka bengkel..cuma iseng2 maen bongkar pasang digarasi kalo ada waktu luang…semoga bisa bermanfaat

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 160 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: