Air sebagai pendingin mesin…jadi biang karatan gak yah???

Kalo kemaren sudah tahu konten dalam radiator coolant…sekarang coba membuka-buka seluk beluk air jika dipakai sebagai cairan pendingin!!

biasanya orang menggunakan air ledeng, air mineral juga air suling (air penambah accu)

1.air ledeng…..air ini sebenernya merupakan air tanah (air permukaan) yang ditampung dan di saring…untuk mematikan bakteri biasanya air ini ditambahkan kaporit yang baunya bikin eneg….diminum ajah gak sehat apalagi buat pengisi radiator….

2. air mineral….kalo air mineral kemasan biasanya merupakan air bawah tanah…sayangnya begitu menjadi komoditi air ini ditambahkan beberapa mineral yang dibutuhkan oleh tubuh…sebagian orang menggunakan air ini untuk pengisi radiator…

sedang air galon isi ulang sih masuk katagori air RO…atau air baku…melalui proses reserve osmosis dan disaring ulang dengan catridge hexagon dengan ukuran mikron….air ini lumayan bagus untuk isi radiator karena partikel2 logam sudah tersaring…

3. air aquadest..atau air murni…karena di proses dengan penyulingan maka air yang diperoleh sangat tawar dan tidak memiliki kandungan apa2…sangat cocok untuk pendingin….

Hal2 yang dihindari jika ingin menggunakan air sebagai pendingin……..

1. Air Sadah….mas bro, kok radiatorku berkerak yah??…akhirnya over heat karena jalur pipa tersumbat kerak!! kerak terjadi karena ada partikel logam yang mengendap. setelah air kena panas (mencapai titik didih) pengotor air akan terurai…jika air mengandung banyak Mg+ ataupun Ca+ akan membuat air keruh…kadang tidak terlihat..tetapi begitu dipanasi partikel ini mengendap dibawah dan menimbulkan kerak…gak percaya?? lihat ketel air simbok dirumah deh..pasti keraknya tebal….itu karna air yang dipakai merupakan air sadah…air ledeng punya potensi yang cukup tinggi..karna PDAM terkesan ecek2 dalam memberikan kualitas air pada konsumen…air seperti ini mudah dikenali…jika dikasih detergen tidak berbusa…bisa dipastikan kandungan mineral cukup tinggi…so jangan dipakai.

2. Mas…setelah pakai air..radiatorku karatan…yo wajarlah…namanya besi ketemu air…tapi ada penyebab yang menjadikan radiator karatan…sebenernya bukan airnya…tapi derajat keasaman dari air….air murni memiliki PH 6.8 ataupun 7…nah karna berbagai hal PH air jadi turun ataupun naik…jika PH turun maka air akan menjadi asam…inilah biang kerok radiator berkarat..untuk mengecek PH air yah gunakan saja cara konvensional…mencelupkan kertas lakmus dalam air…jika fine2 ajah maka air bisa dipakai

ada lagi catatan jika menggunakan air sebagai pendingin…sewaktu mengisi radiator pastikan tidak ada udara yang terjebak didalamnya…udara yang terjebak akan menjadi pemicu karat jika suhunya naik…karna patikel udara akan mudah terurai pada suhu tinggi dan menimbulkan reaksi katoda-anoda dengan air dan siap2 memakan radiator ataupun mineral besi yang terlarut dalam air menjadikan partikel karat Fe2O3xH2O….

jika beberapa brother menanyakan…”Bagusnya pake apa??” ada lagi yang bertanya “Kalo motor baru pake apa bagusnya??”

jika kendaraan baru saya sarankan pake anjuran pabrik saja, toh coolant sanggup bertahan sampe 20ribu Km…tapi jika kendaraan bekas begawan sendiri prefer pake air…selain daya hantar (konduktifitas termalnya) 3x lipat coolant..air kan bisa dibeli dengan harga murah…….air juga menghindarkan over-heat pada kendaraan yang kipasnya lemah…karena daya hantar panas air yang oke dibanding coolant………

so..harus bijaksana dalam menerapkan teknologi…jangan asal saja (hantam kromo)…penginya gaul biar dibilang eksis..tapi malah kacau kan gak woke….

Radiator Coolant beracun (mengandung limbah B3)…masih yakin pabrikan motor care terhadap lingkungan???

Mungkin kalo begawan menulis tentang radiator coolant udah basi kali yak….tapi yo wis ben…buat catatan pribadi saja…sapa tahu ada yang membutuhkan!!! Bukan memojokkan pihak2 yang masih menggunakan…agar tahu sama tahu saja bahwa bahan yang satu ini berbahaya jika tertelan anak kecil….hehehehehehe………

apa sih bahan radiator coolant???

dari literatur yang pernah begawan baca radiator coolant sebenarnya juga air….cuma ditambahi zat2 tertentu….zat2 penting tersebut berupa

1. anti freeze…alias anti beku …untuk menghindari kebekuan dibawah nol drajat maka coolant ditambah Ethylene Glycol…bahan ini berbahaya karna bersifat beracun..aromanya yang wangi dan agak manis akan menarik hewan peliharaan untuk menjilat..ataupun yang lebih parah anak anda meminumnya…wis tobat bakale!!! so mirip2 arsenik ….akhir2 ini Ethylene Glycol di ganti dengan Propylene Glycol…di negara2 yang aturan B3 nya sangat ketat senyawa ini yang dipakai…sayangnya kemampuan tidak sebagus Ethylene Glycol dan bersifat karsinogen….

oh iya..minyak rem juga mengandung bahan yang satu ini lho…so hati2

2. lanjut ke zat aditif berikutnya yaitu Silikon….selain bisa membuat dada cewek gembung…silicon juga dimanfaatkan sebagai inhibitor….pencegah karat…trus kalo sebelum dikasih coolant radiatornya sudah berkarat gimana?? yo tetep saja karat akan berlanjut!!! korosi atau bahasa kerennya Fe2O3.xH2O terjadi karena adanya reaksi redoks…dimana ada yang bersifat sebagai katoda dan anoda….penyebab korosi sendiri adalah Uap air (bukan air lho) dan Oksigen…..So selama bahan dasar coolant adalah air tetap saja potensi korosi terjadi….untuk meminimalkan korosi hanya dengan menambahkan inhibitor/penghalang yang berupa silikon dan memastikan tidak adanya udara yang terjebak dalam shielding jacket mesin…bukan pada radiator lho..saat coolant dituang

3.zat aditif lain adalah senyawa garam (bukan garam dapur lho)…senyawa ini ditambahkan untuk menaikkan titik didih…kenapa titik didih harus dinaikkan…dengan berbagai tambahan aditif maka daya handar panas coolant menurun drastis…jika air memiliki konduksiĀ  sebesar o.6 kal/g dan konveksi sebesar 1829 kal/g maka coolant dengan kadar Ethylene Glycol 50% hanya memiliki konduksi sebesar 0.4 kal/g dan konveksi sebesar 897 kal/g…..so pake air murni jelas lebih adem………..trus gimana begawan, kan air mudah menguap?? dari tabel yang ada didapat bahwa penguapan air sebesar 1gr/cm3 dan coolant dengan kadar Ethylene Glycol 50% sebesar 1,06gr/cm3…so bisa dibandingkan sendiri….

trus senyawa garam tersebut apa saja yak…biasanya coolant mengandung senyawa phospate,nitrat juga borat…weleh….

nah akhir2 ini sounding pabrikan motor tentang bahan2 ramah lingkungan nyaring terdengar….”jarene” pabrikan Z pake kampas rem dari bahan non asbestos…biar ramah lingkungan…efeknya rem gak pakem……pabrikan motor X menggunakan sistem injeksi O2 pada knalpotnya sehingga kadar CO yang diproduksi rendah…tapai kenapa masih pake radiator coolant mengandung racun???? Pembodohan gak sih kalo kayak gini??? Apa teknologi diterapkan untuk meloloskan standar yang telah ditetapkan pemerintah saja..misal pada Emisi gas buang…yang efeknya harus nambah catalic converter lah pake o2 injeksi lah…giliran yang gak disorot publik kok tetep lanjut yak??? kalo menurut agan2 gimana nih??? monggo di share…tapi ojo SARA lho ya…hehehehehe

Radiator coolant atau air murni??? Apa pilihan pendingin mesinmu???

gak mobil gak motor….sekarang sudah pada pake radiator….dulu pas jamannya mazda b600 atau vw kodok…mobilpun cuma pake oil cooler….

pertanyaan sekarang banyak muncul, bahkan jadi perdebatan…..bagusan mana sih air murni atau radiator coolant…….banyak testimoni yang saling bertentangan….bikin pusing lagi…soalnya semua ada dasar teorinya!!!

Ethylene Glycol dan Propylene Glycol adalah senyawa yang ditambahan pada radiator coolant….penambahan zat tersebut berfungsi sebagai zat anti beku pada radiator coolant!! Di negara2 otomotif pembuat mobil…rata2 memiliki cuaca 4musim…dimana ketika musim dingin suhu lingkungan bisa dibawah nol derajat…..diketahui pula bahwa air akan mengalami anomali pada suhu 4 derajat celcius….air akan memiliki volume yang lebih besar sementara massanya cenderung tetap…jika hal ini terjadi dalam blok mesin…bisa dipastikan blok mesin akan pecah terkena anomali…..

nah di negara tropis kan tidak ada musim dingin….perlukah kita juga memakai radiator coolant?? atau cukup pake air saja…..perlu diketahui bahwa ethylene Glycol dan Propylene Glicol adalah termasuk limbah B3 yang sangat berbahaya bagi lingkungan……so pilihan ada ditangan anda masing2……jangan sampai ketidak tahuan kita menjadi petaka bagi orang lain maupun lingkungan!!!

sering bikin pusing...begitu meleduk....mesin melengkung!!!

salah satu jenis coolant yang mengandung limbah B3...

 

monggo di share…mungkin next time akan diulas untung rugi coolant vs air

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 160 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: