Checking Kelistrikan…yang masalah Accu apa Kiproknya sih…….

akhir2 ini motorku sering ngadat..air accu-nya habis mulu..ujung2nya motor gak bisa dipake buat electric-starter! klakson gak kenceng dan sein redup….trus apanya yang rusak yo?? Bengkel memvonis kiproknya yang rusak…kalo tukang accu ngomong accunya minta ganti…sing bener sing endi???

Lihat dulu deh skema kiprok/rectifier..lihat2 di kaskus ternyata dapat gambarnya doang….akhire mreteli motor buat ngerunut jalur kabel dan hasilnya

1. Merah menuju terminal positif accu, arus DC
2. Kuning dari spull penerangan, arus AC
3. Putih dari spull pengisian, arus AC
4. Hijau menuju massa atau negatif accu

Saiki di cek satu per satu..mana nih biang kerok-nya!

1. Copot dulu accunya..trus ambil multitester..putar kenop multitester pada mode DC dan atur pada posisi 50 volt. Pengukuran voltase kiprok dilakukan dengan menempelkan jarum positif multitester pada kabel positif accu (kabel Merah). Sedangkan jarum negatif mulitester ditempelkan di bodi (kabel Hijau) atau kutup negatif accu,  lanjut dengan menghidupkan mesin pake kick-starter. Buka gas hingga putaran mesin 3000 rpm atau lebih, perhatikan jarum penunjuk multitester. Jika angka yang ditunjuk melebihi 13.8 – 14.4V, itu tandanya kiprok memang bermasalah. idealnya sih 13.5V

2. Trus kalo tegangan  kurang dari 12V gimana yak?? Jika tegangan cuma 12V atau kurang bersihkan socket kiprok..kalo perlu pake cleaner khusus buat elektrical..sapa tahu banyak kerak ngumpet disana…cek juga massa (kabel Hijau yang nempel di body motor) atau kabel massa pada spull ….amplas dan bersihkan jika karatan dan cek juga sekring (fuse). Baru nyalakan mesin dan cek kembali tegangan yang masuk..jika yang terukur tetep kurang dari 12V…gulung ulang sepulnya..mungkin korslet atau dah rusak!!

3. Nah sekarang baru kita check accunya…jika di ukur tegangannya kurang dari 12V..disetrum dulu deh….setelah balik menjadi 12V/12.6V pasang ke motor…jika beberapa hari kemudian electric-stater tidak nyala, cek ulang voltage-nya….. jika kurang dari 8V ganti baru ajah…

* ada beberapa hal yang bikin accu cepet mati…beban lampu yang over-load (dipake buat H.I.D dan klakson/accesoris)…kalo air accu habis suka kelupaan ditambah…terjadi short/korslet akibat wiring yang tidak rapi………kalo mujur accu dapat dipake  dalam kondisi woke selama 2tahun…..

dan setelah dirunut ternyata sekring/fuse bubar kena air accu yang tumpah…soale waktu ngisi terlalu penuh………

makasih buat kaskus yang dah nyediain gambar kiproknya..hehehe…

Iklan

40 thoughts on “Checking Kelistrikan…yang masalah Accu apa Kiproknya sih…….

  1. gajah_gendut

    tegangan 13.8-14.4 kiprok rusak?

    justru kiprok yg sehat bisa memberikan tegangan 13-15V. dibawah atau diatas itu pasti gak geres.

    Balas
  2. andy sai

    udah ganti kiprok spul sama aki ori yamaha, kenapa ane ngecek tegangan yang keluar dari kiprok cuman 6vdc ya, padahal input nya 13vac dan 10vac,, kalo ngecek di aki karena akinya masih baru 12vdc,
    tapi kenapa cuman 6vdc dari kiprok

    Balas
  3. ghanyonk

    Gan,kl scorpio sudah dirubah ,spull nya pake kiprok tiger ,tp out put dc nya diatas 15-30 v dc,kenapa Ɣª ,
    aƥǟ bsa merusak accu , aƥǟ kiproknya Ɣªήğ rusak

    Balas
  4. fikri

    Knp smash 2005 saya jika akinya drop motor ga bisa lari ? Mohon jawabannya apa yg harus saya lakukan? Terimakasih sebelumnya.

    Balas
  5. fikri

    Knp smash 2005 saya jika akinya drop motor ga bisa lari ? Mohon jawabannya apa yg harus saya lakukan? Terimakasih sebelumnya.

    Balas
  6. harahap

    gan mau tanya…
    kenapa ada seperti suara kosleting (crik-crik) dibawah tangki jika rpm rendah.
    setelah dicek tegangan keluaran aki tetap standar 12 v.dan jika diputuskan hubungan arus dc yang ada si bawah stang maka suara crik-crik nya hilang…
    mohon dengan sangat pencerahannya
    trims…

    Balas
  7. Doy

    Bos saya ngcek kiprok motor saya arus keluarnya cuma 7volt
    kira- kira permasalahnya di kiprok/ sepulnya ya bos.
    Terimakasih

    Balas
  8. Nicholas Anderson

    Gan mau nanya nih , motor gua New Vixion Lightning , Kronologinya : Lampu diganti HID , tapi cmn dikasih Elco , bisa nyala , tapi jalan 5Km.an Aki ngadat motor mati , bawa balik ke bengkel , aki charge , terus coba sampe di rmh berhasil sampai , terus mau brangkat bengkel buat benerin ni motor , aki ngadat lagi terus gua coba beli aki 3V , akhirnya jalan , gk jauh dari bengkel , motor ngadat lagi , aki di charge , terua ganti aki 6V punya GS , terus dikasi tambah Realy , hasil pun sama , jalan 7km.an aki ngadat , motor gmau jalan , terus balik lagi bengkel , aki di charge lagi (6A) terus dikasih kiprok sementara (abal”) seharga 70K , sukses deh aman sampe di rmh , gw coba muter” lumayan aman , kecepatan naik dibawah Rpm 5 terus seusai ganti kiprok abal” , terus ane coba tarik sampe rpm 8 , galama jalan ga ada 1km , motor ngadat ,.solusi gimana ini gan ? Biaa contact ke 081249659988 / 7C9DC817 Thx

    Balas
    1. martini a.k.a Gora emon Penulis Tulisan

      Hid itu ballast nya makan setrum cukup gede…butuh aki 9ah atau 10ah mas…vixion yg paling pake aki 5ah gak sanggup nyuplai hid sekaligus pompa injeksi…jangan percya hid cuma butuh 35watt…ballastnya saat on bisa nyedok daya diatas 100watt

      Balas
      1. gunawan

        gan mau nanya apa ada solusinya? bilaregulator motor saya mega pro jalursirkulasi (kabel hitam) bila kondisi normal di hidupin normal bila di gas malah redup tapi kalau jalur sirkulasi (kabel hitam) di copot di gas lagi malah lebih terang (di pantau dari lampu netral tanpa accu)mohon di respon gan trims

  9. Christian MDC_

    Gan mau nanya mtor satria RU aku nih,flasher nya sering meleleh(korslet)..udah ku ganti aki baru(basah) tetap aja tiap motor pas jln psti bunyi kyak jangkrik d bagian flashernya (bau kabel angus) jdi lngsung ku lepas aja socket nya biar ga trlnjur parah hngusnya,spertinya ada yg korslet tpi aku ga tau sumbernya dri mna,.trus klakson jga udah ku ganti kadng suaranya kuat kdang redup,trus sekring cepat putus,lampu rem mati total,…tolong info nya gan(khusus sistem listrik)..trima kasih

    Balas
  10. jono

    mas bro aq mau tnyak y kalau motor q di geber2 lampu putus q mati n kalau lampu dpnx kalau rmp rendah redup n kalau rpm tinggi terang n itu kira2 apa penyebabx mas bro (motor q cb)

    Balas
  11. iwan

    Om mau tanya. motor beat fi saya . Kemarin saya hidupkan/starter tangan langsung .. tidak menunggu lampu orange injeksi mati dulu. Lalu tiba tiba motor langsung mati . Lampu indikator spedo mati . Sen tidak hidup klakson mati . Padahal kunci sudah on. Itu kenapa ya om? Apa ada pengaruhnya sama kalimat pertama diatas. Starter tangan langsung sebelum lampu injeksi mati. Tolong penjelasannya om. Saya bingung

    Balas
  12. doni

    Gan..motor saya thunder..fuse aki tiap bentar putus mulu..napa ya..?..trus kemarin baru ganti aki dari 9amp di ganti 5 ampere..ada pengaruhnya ya gan?..thnks

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.