akhir2 ini motorku sering ngadat..air accu-nya habis mulu..ujung2nya motor gak bisa dipake buat electric-starter! klakson gak kenceng dan sein redup….trus apanya yang rusak yo?? Bengkel memvonis kiproknya yang rusak…kalo tukang accu ngomong accunya minta ganti…sing bener sing endi???
Lihat dulu deh skema kiprok/rectifier..lihat2 di kaskus ternyata dapat gambarnya doang….akhire mreteli motor buat ngerunut jalur kabel dan hasilnya
1. Merah menuju terminal positif accu, arus DC
2. Kuning dari spull penerangan, arus AC
3. Putih dari spull pengisian, arus AC
4. Hijau menuju massa atau negatif accu
Saiki di cek satu per satu..mana nih biang kerok-nya!
1. Copot dulu accunya..trus ambil multitester..putar kenop multitester pada mode DC dan atur pada posisi 50 volt. Pengukuran voltase kiprok dilakukan dengan menempelkan jarum positif multitester pada kabel positif accu (kabel Merah). Sedangkan jarum negatif mulitester ditempelkan di bodi (kabel Hijau) atau kutup negatif accu, lanjut dengan menghidupkan mesin pake kick-starter. Buka gas hingga putaran mesin 3000 rpm atau lebih, perhatikan jarum penunjuk multitester. Jika angka yang ditunjuk melebihi 13.8 – 14.4V, itu tandanya kiprok memang bermasalah. idealnya sih 13.5V
2. Trus kalo tegangan kurang dari 12V gimana yak?? Jika tegangan cuma 12V atau kurang bersihkan socket kiprok..kalo perlu pake cleaner khusus buat elektrical..sapa tahu banyak kerak ngumpet disana…cek juga massa (kabel Hijau yang nempel di body motor) atau kabel massa pada spull ….amplas dan bersihkan jika karatan dan cek juga sekring (fuse). Baru nyalakan mesin dan cek kembali tegangan yang masuk..jika yang terukur tetep kurang dari 12V…gulung ulang sepulnya..mungkin korslet atau dah rusak!!
3. Nah sekarang baru kita check accunya…jika di ukur tegangannya kurang dari 12V..disetrum dulu deh….setelah balik menjadi 12V/12.6V pasang ke motor…jika beberapa hari kemudian electric-stater tidak nyala, cek ulang voltage-nya….. jika kurang dari 8V ganti baru ajah…
* ada beberapa hal yang bikin accu cepet mati…beban lampu yang over-load (dipake buat H.I.D dan klakson/accesoris)…kalo air accu habis suka kelupaan ditambah…terjadi short/korslet akibat wiring yang tidak rapi………kalo mujur accu dapat dipake dalam kondisi woke selama 2tahun…..
dan setelah dirunut ternyata sekring/fuse bubar kena air accu yang tumpah…soale waktu ngisi terlalu penuh………
makasih buat kaskus yang dah nyediain gambar kiproknya..hehehe…
pertamak
lem biru ae bro motornya
keduak
ketigak
aki kering opo bro
keempat
akinya udah aki-aki
atau kiproknya udah aki-aki
atau orangnya udah aki-aki
@ aseen : hehehe….sopo sing gelem nuku….arep tak ijolke scoopy…
tuh akinya khan Maintenance Free…kok airnya sampe habis…khan isinya gel…
tegangan 13.8-14.4 kiprok rusak?
justru kiprok yg sehat bisa memberikan tegangan 13-15V. dibawah atau diatas itu pasti gak geres.
sangat membatu, tak simak oom 🙂
motor saya pake aki basah selama 9 tahun brati termasuk mujur banget bin untung dong om ??
kiprok punya’ RC 100,,,,,,,,,bisa ga’ diganti punya’ astrea grand….??????
bisa saja asal tahu wiring RC…fungsi kiprok cuma penyearah saja kok
udah ganti kiprok spul sama aki ori yamaha, kenapa ane ngecek tegangan yang keluar dari kiprok cuman 6vdc ya, padahal input nya 13vac dan 10vac,, kalo ngecek di aki karena akinya masih baru 12vdc,
tapi kenapa cuman 6vdc dari kiprok
gan kalo kiprok nya sering eror itu gimana gan solusinya
ganti mas…regulatornya dah mati biasanya
Gan,kl scorpio sudah dirubah ,spull nya pake kiprok tiger ,tp out put dc nya diatas 15-30 v dc,kenapa Ɣª ,
aƥǟ bsa merusak accu , aƥǟ kiproknya Ɣªήğ rusak
kiproknya rusak
Megapro saya wktu melaju kenceng,bila lampu di nyalakan tenaganya menurun dratis,apanya yg bermasalah?trims
spulnya ada yg botjor bro
Knp smash 2005 saya jika akinya drop motor ga bisa lari ? Mohon jawabannya apa yg harus saya lakukan? Terimakasih sebelumnya.
Knp smash 2005 saya jika akinya drop motor ga bisa lari ? Mohon jawabannya apa yg harus saya lakukan? Terimakasih sebelumnya.
kalo cdi dc ya aki harus sehat to bro….apalagi mesin injeksi…aki itu nyawa motor…istilah kasarnya bensin saja tidak cukup
gan mau tanya…
kenapa ada seperti suara kosleting (crik-crik) dibawah tangki jika rpm rendah.
setelah dicek tegangan keluaran aki tetap standar 12 v.dan jika diputuskan hubungan arus dc yang ada si bawah stang maka suara crik-crik nya hilang…
mohon dengan sangat pencerahannya
trims…
diurut saja kabelnya….pastikan tdk ada kabel leleh atau nempel ke body…
Bos saya ngcek kiprok motor saya arus keluarnya cuma 7volt
kira- kira permasalahnya di kiprok/ sepulnya ya bos.
Terimakasih
spin saya berebet klo di gas, masalah nya dimana y klo soal karbu/filter ga ada masalah, mohon bantuan ny
roler cvt bisa jadi penyebab…atau ada korsleting pada jalur kabel
Gan mau nanya nih , motor gua New Vixion Lightning , Kronologinya : Lampu diganti HID , tapi cmn dikasih Elco , bisa nyala , tapi jalan 5Km.an Aki ngadat motor mati , bawa balik ke bengkel , aki charge , terus coba sampe di rmh berhasil sampai , terus mau brangkat bengkel buat benerin ni motor , aki ngadat lagi terus gua coba beli aki 3V , akhirnya jalan , gk jauh dari bengkel , motor ngadat lagi , aki di charge , terua ganti aki 6V punya GS , terus dikasi tambah Realy , hasil pun sama , jalan 7km.an aki ngadat , motor gmau jalan , terus balik lagi bengkel , aki di charge lagi (6A) terus dikasih kiprok sementara (abal”) seharga 70K , sukses deh aman sampe di rmh , gw coba muter” lumayan aman , kecepatan naik dibawah Rpm 5 terus seusai ganti kiprok abal” , terus ane coba tarik sampe rpm 8 , galama jalan ga ada 1km , motor ngadat ,.solusi gimana ini gan ? Biaa contact ke 081249659988 / 7C9DC817 Thx
Hid itu ballast nya makan setrum cukup gede…butuh aki 9ah atau 10ah mas…vixion yg paling pake aki 5ah gak sanggup nyuplai hid sekaligus pompa injeksi…jangan percya hid cuma butuh 35watt…ballastnya saat on bisa nyedok daya diatas 100watt
gan mau nanya apa ada solusinya? bilaregulator motor saya mega pro jalursirkulasi (kabel hitam) bila kondisi normal di hidupin normal bila di gas malah redup tapi kalau jalur sirkulasi (kabel hitam) di copot di gas lagi malah lebih terang (di pantau dari lampu netral tanpa accu)mohon di respon gan trims
Kabel item strip merah pengapian mas bro
Gan mau nanya mtor satria RU aku nih,flasher nya sering meleleh(korslet)..udah ku ganti aki baru(basah) tetap aja tiap motor pas jln psti bunyi kyak jangkrik d bagian flashernya (bau kabel angus) jdi lngsung ku lepas aja socket nya biar ga trlnjur parah hngusnya,spertinya ada yg korslet tpi aku ga tau sumbernya dri mna,.trus klakson jga udah ku ganti kadng suaranya kuat kdang redup,trus sekring cepat putus,lampu rem mati total,…tolong info nya gan(khusus sistem listrik)..trima kasih
mas bro aq mau tnyak y kalau motor q di geber2 lampu putus q mati n kalau lampu dpnx kalau rmp rendah redup n kalau rpm tinggi terang n itu kira2 apa penyebabx mas bro (motor q cb)
Izi COPAS
Om mau tanya. motor beat fi saya . Kemarin saya hidupkan/starter tangan langsung .. tidak menunggu lampu orange injeksi mati dulu. Lalu tiba tiba motor langsung mati . Lampu indikator spedo mati . Sen tidak hidup klakson mati . Padahal kunci sudah on. Itu kenapa ya om? Apa ada pengaruhnya sama kalimat pertama diatas. Starter tangan langsung sebelum lampu injeksi mati. Tolong penjelasannya om. Saya bingung
tunggu dulu sensor2 injektor menyala…setelah beres..baru distater bro…kalo keseringan main hajar bakal rusak ecu nya
Mau nanya om,kenapa kabel kuning yg dari sepul kalu di stater dan kabel nya di gosok ke masa kok tidak keluar setrum,, mohon infonya
kabel kuning itu spul lampu..kalo dipercikkan kok gak keluar api dicek dulu massanya…kalo massa ok..berarti sepul mati
Gan..motor saya thunder..fuse aki tiap bentar putus mulu..napa ya..?..trus kemarin baru ganti aki dari 9amp di ganti 5 ampere..ada pengaruhnya ya gan?..thnks
Walah….fuse putus karna ada kabel (+ ) yg nempel body/ngeground…
megapro saya akinya nggak mau ngecas ,kemungkinan itu apanya mas ,trus ukuran standar sekring berapa mas?