DOHC kie opo tho…panganan dari mana itu?? Wooo..ternyata DOHC itu mesin yang memakai cam-shaft/poros bubungan dobel!! Trus bentuke mesine piye??
…itulah..biasanya yang ditanyakan mbok-e ketika sang anak merengek minta dibelikan CB-r ato satria-FU. sang anak menjelaskan ber-api2..tapi gak jelas ngomongnya…yang terdengar cuma kalo mesine kie apik mbok..pokoke banter…halah…kalo cuma pokoke banter, jelas lebih kenceng semut yang nempel dipesawat lah….weks…
Nah secara teori..untuk meningkatkan performa sebuah kendaraan/mesin bisa ditempuh melalui 3hal:
1.menaikkan effisiensi volumetris
2.menaikkan effisiensi thermal
3. menaikkan effisiensi mekanis/friksi
kenapa ya mesin A yang CCnya 150 kok lebih powerfull dibanding mesin yang B yang CCnya 160??…jawabnya ya cuma berdasarkan 3 teori diatas!
sebenarnya piye je…cara kerja mesin (internal combustion chamber)….ya..itu tadi dengan memasukkan bahan bakar/BBM + udara dan membakarnya dengan pemantik/busi. Trus seberapa banyak BBM yang dibakar??? NAh jawabannya udah menjurus ke effisiensi volumetrik!! Semakin banyak BBM dihisap….maka semakin besar pula effisiensi volumetriknya!!!
Bagaimana sih cara meningkatkan pasokan BBM ke mesin…apakah ganti karbu yang gede??? Tentu saja tidak sesederhana itu lah…… seberapa banyak mesin mampu menghisap bensin kan tergantung kevakuman mesin itu sendiri….semakin besar kevakumannya maka semakin banyak BBM dihisap!!
kalo di mesin SOHC…menaikkan eff.volumetrik diraih dengan membuat geometri ruang porting yang bagus..bahasa tunernya/bengkelnya dengan cara porting ulang saluran hisap/buang.
meskipun sudah di porting… apakah ketika piston turun ke TMB , BBM dapat 100% terhisap….nah tentunya tidak kan…..cara agar mendekati 100% bagaimana..ya tentu saja dengan langkah memperbesar luasan piston(nambah CC mesin)….tapi jika CC naik torsi juga melonjak..banyak kerugian tentunya disamping mesin yang bertambah berat….
Nah ada jurus rekayasa yang jitu diterapkan pabrikan, yaitu dengan menambah porting/valve…agar dengan CC yang sama(tanpa bore up) dapat tenaga setara mesin yang ccnya 1,5X lebih besar……
sehingga didapat mesin kecil yang power-full dan kalo dilihat dari segi bobot jelas enteng………kok bisa sih dapat tenaga gede tanpa diimbangi bobot yang cukup…yah karena dengan naiknya eff.volumetris kenaikan torsi tidak signifikan….sedangkan dengan menaikkan kapasitas mesin jelas2 torsi terdongkrak tinggi…kalo bobot gak menyesuaikan bisa seperti naik kuda lah (njondil-njondil)..untuk penjelasan yang lain bersambung ajah…..
untuk gambar..itu ilustrasi mesin boxer dual cam-saft..
pertamax 😀
mbak, efisiensi volumetris tuh artinya apa sih?
trus porting juga apa?
*ndeso
mbak, valve itu katup bukan sih? trus kalo untuk bebek, bagusan SOHC atau DOHC?
aprilia sportcity 125
http://otomercon.wordpress.com/2010/06/11/aprilia-sportcity-one-125-skutik-beraroma-balap/
ada rencana ganto 90Z merah dengan type DOHC ya bro?
maksudnya ganti! salah ketik!
@mercon : valve=klep=katub…bahkan untuk 2 tak juga pakai katub==>reed valve/katub buluh
sohc ato dohc..itu tergantung utility….
porting itu apa? jalur masuk/keluarnya BBM di mesin itu namanya porting
port=jendela/saluran
effisiensi volumetri kie opo??
mesin itu bekerja(dalam memasukkan bbm) berdasarkan kevakuman.dengan vakumnya mesin maka..ada bbm yang masuk!(seperti dihisap gitu…) nah pas piston turun sampai TMB ternyata gak 100% BBm itu memenuhi silinder…nah itulah nilai effisiensi volumetrik! dengan menambah port/klep..maka semakin banyak BBM yang dimasukkan…semakin tinggi eff.volumetrisnya……….buat ngebut makin enak…
@bang one: nek duwe duit pilih jadiin vespa ku jadi 4tak DOHC…hehehe…naikin oli ke mesin pake pompa elektrik ajah….trus nambah timing gear aja yang susah…soale..kruk-as vespa pendek banget!!
(ngayal mode on****)
ha ini dia nggak usah ngorek, nggak usah modip nggak usah mapras blog juga udah kenceng duluan
sssttt…tapi banyak juga kok yang DOHC masih dipermak eff.volumetrisnya! dengan menaikkan lift cam..it’s simple…kalo ubah durasi overlap…..bisa2 klep jontor di sogok piston…..dorrr..owor..owor…eh owos..owos…ngowos….
wahahahahahah ngowos
Wah2 aku gk mudheng mslh gnian, salam kenal ja ya 😀
wah jangan2. ntu pjelasan knapa meggeli tmc kmrn ngowos2.
kaosnya psen yg DOHC ngk bro??…xixixi
ra mudeng blasss, hahahahahaa 😀
@dhuwur : harus mudeng bro! siapa tahu nanti FU jadi nongkrong di garasi sampeyan!
tau njajal FU, serasa 2 tak
@martini
ow gitu toh,,, buat ngebut enak, tapi borosnya juga ampun-ampunan
saya masih tetap penasaran kalo porting di kecilin…biar high velocity hembusannya…
kayak steam gitu…
entar dibahas bro…bahasanya belum nyampe…kalo urut kan semua paham..dari yang basic dulu lah….itu nanti pada bahasan sudut porting vs sudut klep!!! karena saling bertolak belakang…jadi di kompromises…(tergantung engineer-nya)
Gak selamanya DOHC itu bisa mengalahkan SOHC. Disini yang megang peranan penting yaitu efisiensi mesin disamping faktor2 yg laen.
Thats why 2400cc v8 on a f1 car could produce up to 1200 hp 😀