Mesin2 Honda dengan CC 89 ini emang tangguh….gak jauh beda dengan sang adik yang mengusung mesin 110cc. jadi jika ada yang beranggapan honda 110cc baru di aplikasi pada honda sekarang ini (versi thailand)…mungkin belum kenal ama cc 110 jaman dulu atau malah belum lahir kaleee…
back to bahasan…karena mesinnya yang tangguh..maka varian c90 ini nempel pada hampir semua model/varian …apa aja yang ditempeli mesin c90?
1. ada ct 90..diproduksi dari tahun 1966-1979 pakai kopling sentifugal dengan ban model kembangan buat lumpur dan knalpot scrambler…pelindung kaki di knalpot juga modis!!
2. C90 /cm90. diproduksi tahun 1966-1969. varian paling langka di indonesia..jumlahnya cuma beberapa biji…dengan 3 speed kopling sentrifugal dan sudah dilengkapi electric stater.
3. CL 90. diproduksi tahun 1967-1969. sama plek dengan s90…beberapa bagian saja yang membedakan..seperti tangki yang kotak, ban belakang 2.75 kenalpot scrambler juga lengan ayun model pipa..bukan plat seperti punya s90
4. SL 90…diproduksi tahun 1969 saja!! mirip honda win. inilah cikal bakal honda win yang sangat merajai jalanan buluk di indonesia
5. Honda CD90. diproduksi tahun 1965-1871…correct please if year of bulit wrong!! saya lebih suka nyebutnya honda mini dream….hohoho..sebab basic motor ini buat body C201/c200 yang dijual di canada,US ama UK. muncul dengan 2 model yaitu jok panjang dan single seat mirip punya CT90….
6. Honda ST90 1973-1975..mempunyai gear 3speed dengan ban ring 14 inchi….inilah mbahnya honda APE
7. Honda AT90. diproduksi tahun 1970-1978. karena sistem starter model pull start, maka honda ini cuma memiliki CR 7.5:1…cukup premium…kalo dikasih pertamax malah jadi kerak semua bensinnya…xixixi. inilah ATV mini buatan honda di era 1970-an
Honda Benly segaja tidak saya masukkan karena memiliki penggerak model push-rod….jika ada yang mo nambahin versi 90cc monggo di share!!
pertamax ga dapet apa-apa 😀
kalo ga salah tipe CT90 mempunyai semacam shift knop diblok mesin sebelah kiri untuk memindah dari mode kopling otomatis ke mode kopling manual, teknologi yang belum terpikirkan pada jamannya 🙂
honda nyebutmya dual range bos…di AT C90 juga berlaku model yang sama…beda cara staternya saja!!! pisss
endi sing model CT90 😯
penasaran aku!
wehehe lutu lutu bentuk’e
Jaman segitu paling top dah n gaya, kalo skrg dah sistem ecu kalee
Wah blasss ora ngerti aku