[https://5osial.wordpress.com] Suatu sore Begawan Kolor Ijo Touring Pake Honda S90z kesayangan…meski suara seperti mesin Gilingan padi, tetep saja digeber!!! Beuh…sampe di daerah kalasan Hujan tiba2 mengguyur seluruh jalan…dan Ujuk-ujuk si Oranye mati!! Padahal belum pernah kejadian si oranye mogok..meski sudah ngaspal selama 40tahun!!!
Begawan Langsung berteduh di emperan toko dan membongkar busi NGK yang bersarang di head mesin…dan ternyata tidak ada nyla api dari busi!!!…sebagai seorang biker begawan gak langsung membawa motor ke bengkel..tapi di coba untuk diperbaiki dewe!! Cup busi dicopot dan kabel di tempelkan pada blok mesin…wew Api dari koil sangat besar ketika mesin diengkol…Genah dan pastinya busi tua ini mati!!
APAKAH PERLU GANTI BUSI BARU?? jelas tidak perlu..cukup melepas pantat busi dari ulirnya dan memasukkan serabut kabel kedalam busi…jreng…jreng…busi kembali menyala..trik sementara ini bisa dipakai untuk sementahun….untuk lebih jelasnya cekibrot gan!!!
Nah itulah sedikit tips dari Begawan Kolor Ijo..Tips sederhana dari seorang begawan yang sederhana!! Wah, cuma 10ribu aja masih diakali…xixixixi….jika ada yang berpikir seperti itu..berarti sampeyan belum pernah punya motor CBU yang ornderdilnya susah atau sampeyan biker baru yang belum pernah pegang motor2 Inggris( Tua/antik) yang onderdilnya harus diakali…sampeyan juga belom pernah mengalami motor mogok gara2 busi mati pas adventure ditengah hutan ato gunung…xixixixi…mugo2 sharing ini bermanfatdan ilmunya bisa ditularkan kepada yang lain!!
like this. Apik neh. Teruskan tips jalanan ngene.
Cah2 saiki ra tau ngrasakke piston gancet, soale 4 tak.
Dhisik numpak alfa/f1zr mlayu satus trus mandeg.
mlayu satus trus ngooook…!!
piston gasruk 😀
ketelatan oli samping ato nek gak oli samping liter-an 😀
wew….
like thiss!!
aihihihihi……..
sipp… sedikit kata-kata, tapi gambar yang cerita, paham pak guru
Siiiipppp….
njupuk kabel ngendi kui?
diarea speedo meter (lampu speedo!!!)
jadinya semen-terus 😀
Hem…. Bnr juga 10rebu mzt te2p d akali.
Tapi kl gk cpt d ganti (sementaun=bertahun2) bsa mati d jalan itu (pengalaman pribadi)
busi cara kerjanya seperti sekring bro…so dalam body itu ada bubuk sejenis konduktor..kalo udah rusak maka sifat konduktornya ilang..makane diganti serabut kabel..aku dah make cara itu lebih dari 10 tahun….so motor dari baru gak pernah ganti busi, lha wong bodynya yang besi aja sampe karaton kok…xixixi…….
Mending beli baru,lbh aman
kalo motor bebek, toko juga banyak mas…tapi kalo motor sport sejenis cbr ato R6..yang businya ada hmbatannya (R)…kalo cuma dealer ato bengkel tingkat RT kagak ada yang jual…xixixixi…….
kalo motor bebek, toko juga banyak mas…tapi kalo motor sport sejenis cbr ato R6..yang businya ada hmbatannya (R)…kalo cuma dealer ato bengkel tingkat RT kagak ada yang jual…xixixixi…….
Lah ini udah tau businya khusus tipe R (Resistor), kok mau pake cara dikadali kayak ngono? Kalo busi R diganti kawat, ya hambatannya R = 0 alias blong! Sampean mau sistem injeksinya motor muahal jadi ngebul? Modyar tenan rek…
Dulu pas single touring pake vespa ke nganjuk, sesampainya dihutan daerah ngawi tiba-tiba busi juga mati, tidak kalah akal, lepas busi dari head silinder, tunggu dingin dulu lalu pecah batang keramik yang menyelimuti head busi pake bantuan tang dan obeng, walhasil nyala api busi keluar lagi setelah dicoba, tapi sesampainya caruban langsung beli baru 😀
kalo dipecah insulatornya khusus sementara, tidak melayani mentahun…xixixixixi………
kalo dipecah insulatornya khusus sementara, tidak melayani mentahun…xixixixixi………
ngelmune begawan kolor ijo kok yo akehmen mas bro
ah pak haji bisa ajah……..
yaqiiin
kulino nyimpen busi dan sekring aki spare di bagasi,,lek sido ganti tubeless bakal nambah maneh, lem alteco !
good job!!
Durung tau busi mati, tapi semua motor di rumah ada busi cadangan di bawah jok. Sedia busi sebelum koit.. 🙂