motor kenceng bukan karna besarnya CC…sepakat gak ama begawan kolor ijo??? Contoh..BSA 350cc vs honda GL pro.160cc…kok pembandingnya beda benget..motor tahun tua ama muda!! disini terlihat jelas kalo desain mesin berpengaruh …..mesin dengan kitiran tinggi lebih woke!!
apa sih yang bikin mesin bisa berkitir tinggi?? apakah karna DOHC…hehehe..tentu bukan, mitos ini udah ditepis pada artikel awal tahun….profil cam-lah yang menentukan power-band sebuah mesin!! trus gimana kalo profil cam oke tapi desain porting jelek?? kata bapak2 sih zedotannya kurang greng!! nah di mesin dengan desain valve train ini profil cam bisa dibuat woke, lifting jelas main soale kan menjadi teknologi andalan….nah gimana sudut valve to porting??
Angle valve to porting pada mesin Valve train
mesin diatas dipastikan susah kenceng..soalnya belokan porting terlalu sadis!! efeknya bahan bakar tidak lancar mengalir…begawan, kalo klep ikut dimiringkan terhadap sumbu tegak piye?? weleh…kompresi gak bisa dipatok tinggi2 mas bro..bubar mesine entar…trus kepala silinder bakal segede bagong!! soalnya space yang dibutuhkan lebar!! gak percaya?? lihat head satria FU sak bonggol pisang tho?? wekekeke….
wew..sory kalo gambar penjelasane agak kacau!! nah inilah keunggulan valve train!! klep bisa disetting nyaris tegak!! akibatnya porting muanteb!! kurang piye jal…porting lancar, nariknya cam enteng, mesin gak berisik, lifting bisa main!! ujung2nya didapat mesin powerfull yang kompak!! jare tuner mesin istilah porting kayak gini jenenge down drought porting…weleh embuh artine opo…maklum dulu pas kuliah ditinggal pacaran ama embok-emban!! dadine ra mudeng….tahunya mesin kenceng ajah!! contoh head yang woke, cekibrot gan!!
gimana gan, masih sangsi mesin sohc?? mari yang lebih tahu bagi2 ilmu disini..biar tambah berkah………..
pertamax asli.!
waduh…cantrik yang atu inih kagak belajar apa yak?? bang aziz..nih adiknya ngenet mulu nih…wekekeke…..jangan2 juga lupa mandi kayak si Aziz nih…
betul begawan, downdrought ato apa itulah, pernah baca di m+, waktu itu penjelasnya pake motor hsx 125 e BRT yg lubang inletnya digeser mendekati tutup penyetel klep po opo kae,
alhasil inletnya meluncur lancar jaya, kayak plosodan e anak anak 
+ karbu yg terpasang fcr po opo gak ngerti.
wis pak, kulo badhe sinau rumiyin. Artikel e mantab! 😀
monggo!!
ini dia artikel khas ki ijo..
Nais share ki
ternyata ada yang mengenali ciri2 artikel begawan kolor ijo…wekekeke….matur tengkiu kang!!
like this…
matur teng-kyu!!
wah……nek bebek 100 cc nganggo sistem iki iso ngalahkan sing 150 cc ora?
iso lah…tapi mesin pastinya konstruksi tegak!!
wes wes..
Unicam CRF emang josz gandoz!!
Downdraught, kompresi tggi, roller rocker arm, desian compact, enteng (cuma muter 1 cam) n yg ga kalah penting ya busi di tengah 😀
oh ya, mantap lg yg injeksi, cz bs bener2 nancep lurus sama sudut inlet
kalo karbu kan ga mgkin dimiringin to?
pake TMR yang khusus buat downdrought mas…hehehe..ning regane ra kalah karo injeksi!!
kalo yang doble camshaft memang gak bisa dibuat downdrought ya?
ya bisa bro..tapi susah!!ntar posisi busi yang dikorbankan…gak lagi ditengah/center!!
hm..betul juga..konsekuensinya butuh konstruksi lebih untuk mengatur posisi cam agar tetap mengakomodasi busi tepat di center.
hehehe..tetep segede bagong gan kalo busi nyengir ditengah!!
yang menarik adalah kompresi tinggi itu mas, kalau dikasih minum premium udah pasti batuk-batuk.
kualitas bbm kita kan tahu sendiri sebelum lebaran berapa banyak mobil yang jebol gara-gara premium .
bagi yang ada dikota besar desain mesin downdraugt itu woke banget karena bisa dapet mesin yang kenceng dan gampang memperoleh bbm kualitas baik , namun bagi yang agak pelosok gimana coba . . . ?
mungkin karena alasan itu juga pabrikan tidak berani membuat mesin dengan kompresi ekstreem seperti diluar negeri , disamping harus riset lagi juga harus menghadapi komplain dari konsumen yang tidak bisa menemui pertamax keatas.
keep brotherhood,
salam,
kalo ada switch tambahan untuk positioning waktu pengapian gimana?? misal nih, kompresi 11:1..nah jika pake pertamax pake switch 1 yang on…nah kalo kepepet pake switch 2…switch yang no 1 di matikan!! yah kayak model2 mobil eropah gitu mas…jadi jangan heran kalo mobil harga milyaran kompresi tinggi minum premium…soalnya ada switch pengatur pengap[ian!!
Salam kenal..
Kalo tidak mau ribet bisa aplikasi pakai CDI BRT yang dual band..
Kl pake premium bisa pake kurva pengapian 1,kalo pake pertamak bisa pake kurva pengapian 2..
tuh pak dhe..ada yang ngasih solusi…hehehe…
Mbahas unicam mengko dikiro fbh lho, koyo aku. La wong tekan siki sing pinter gawe mesin H, kok ora entuk seneng.
UNICAM itu untuk istilah honda mas…tapi untuk tipe Valve-train, hampir semua pabrikan otomotif juga punya..contoh bmw punya bivanos…diterapkan di varian r4 juga r2….
yang pertama kali menerapkan mesin tipe valve train adalah mesin diesel mas, soale dia gak pake busi + perlu kompresi tinggi!! kalo mesin bensin adaptingnya repot..soale masih perlu busi yang idealnya harus kepasang di center!!
La wong gambare head unicam kan?
wis njalukmu opo..ntar tak posting wis!!
manteb gan…… bensol….
pake bahan bakar pesawat jet bisa ga? weleh…weleh…
bensol mengandung xylene mas…oktan boleh diatas seratus (118) tapi xylene lambat untuk respon high rpm!! jadi bensol cocok untuk mesin mobil…dipake motor dengan rpm diatas 10 ribu.getaran terasa hebat..ujung2nya life-time dikorbankan….
Ping balik: lintas-oto.info