Bismania….hem!!! dari kecil emang udah kecanduan bis…jaman masih kecil karna tinggal disemarang begawan ngefan banget sama Karya Jaya…eh setelah gede suka ama gaya ngeblong Rosalia Indah, Nusantara, Senja Furnindo dan tentu saja ESKA (Sumber Kencono).
Di seputaran Jogja-Solo-Madiun-Surabaya…ESKA punya musuh bebuyutan MIRA…keduanya begawan sangat suka..malah pernah begawan disuruh duduk samping supir MIRA “Rek..longgoh kene wis…Ben Sok dadi sopir jempolan tha….” begitu selorohnya..saya juga seneng banget duduk didepan..soalnya sebagian besar keluarga begawan jadi driver heavy vehicle…..
Semenjak Mira mengeluarkan 150 Unit ATB (Ac Tarif Biasa) dari karoseri tentrem (Malang) Inspiro dan Laksana Legacy / Nucleus 3…ESKA juga mengeluarkan ATB dari karoseri Laksana type Legacy…Tapi pas kemaren naik ESKA kok ada siulan yang sangat kenceng dari area mesin…wew, apakah ESKA pake mesin turbo?? wekeke….tanya2 ama kondektur ternyata mesin AK di jejali turbo type intercooler. AK8JRKA merupakan mesin rilisan HINO tahun 2007 punya tenaga 215 PS (Pferde-Staarke…std JIS adopsi German) dengan kubikasi 7684cc Jo8E-UH. Mesin AK merupakan paporit sopir2 ESKA..selain enak diajak ngebut mesin Hino terkenal dengan tarikan spontan…cocok banget dengan gaya nyopir driver ESKA yang ngeblong poll. mesin HINO bandel dan tentu saja irit BBM. Jika juragan pengen sensasi naik ESKA, naik ajah yang budal dari giwangan abis jam 9 malam…di seputaran Ngawi- Nganjuk driver2 ini akan ngetrek di posisi kanan dengan kecepatan full…pokoknya Joss..kayak naik jet coaster….Jika ketemu bang jo (lampu merah) rem serasa blong dan jika ada penumpang melambaikan tangan..kecepatan diatas 100kpj bisa berenti tepat dimana penumpang berdiri…wekekeke….
Berapa sih tarip Jogja_SUrabaya kalo naik ESKA ATB?? Cukup murah rek..kalo tidak punya KL (kartu Langganan) cukup bayar 38ribu, nah jika punya KL cukup 34ribu…tempat duduk nyaman, kecepatan kayak setan..pull musik lagi..weleh2, lagu2nya juga pas dengan lagu2 jaman begawan masih teenager, kayak NIKE ARDILA, U’CAMP, POPPY, Doel sumbang, Iwan Fals, Anang (Kidnap)..wis pokoknya slow-rock era tahun 90-an lah….
Nah kenapa bus trans jakarta tidak sejago menejemen MIRA, EKA dan ESKA?? Kagak perlu study banding ke brasil coy!! cukup ke Sidoarjo ajah….jiwa melayani yang patut ditiru..Meski kagak pake jalur khusus Jogja-Surabaya ditempuh dalam waktu 7-8jam…manteb tho!! Next-time begawan akan posting suka-duka rakyat kecil yang mengais rejeki diatas jet darat ESKA!!
pertamax racing ajah….(dilempar bata gak yah)???
diuncali knalpot racing bro! 😆
endi oleh2 seko suroboyo? mosok mung dicritani bis SK 😥
arep njaluk opo??
komentarku adalah bahwa begawan menemukan habitat sesungguhnya di sektor kitab skati ajian turbo
hehehe..ESKA pake mesin bandrek-an..engin swap gitu!! berarti benar kata dosenku kalo ESKA punya begawan mesin diesel…soalnya beliau juga salh satu suhu mesin bookingan ESKA…wekekeke…
jet darat? hehe artikel nya turun gunung juga, tak pikir kmaren lama di surabaya, ape diparani, walah sudah mau balik ke jogja
mberesi maslah kaos KOBOYS mas….sekalian belajar dari juragan kaos….ntar tak posting deh artikel tentang MOMOJO clot.ind
Nyong absen begawan,
kaose ukuran M, arep pesen 2 go kernet ESKA sekalian rasido, soale aku siki betah numpak PURWOJAYA atawa TAKSAKA…. *keretamaniac.whuzzzzzzz pokoken
Taksaka…ibu martini sing ngefan!!! kalo begawan cukup RI..patas AC jam 1.30 dari bitung…pokoknya wuzzz…..rosalia Indah kalo VIP ato eksekutif lambat !!
jangan2 ikut oknum yang cuma bayar 20-rebuan nih kalo malem minggu!! ayo ngaku…duduk di kereta makan…wekekeke….
lebih baik tidur yen wis bar lewat perbatasan Jawatengah
ngeri dab!
nice artikel bro!!! gila aja kalo pake siulan turbocharger+intercooler…130kph mah…eces aja kalik ya 😆
130kph-nya speedomter bua ama motor selisih gak ya?
faktor koreksi speedo mobil ama motor beda mas!! kalo bis jalan 80kpj udah kenceng beneran!! ohya…kalo tidak dioprek mesin AK8 turbo-intercooler bisa full speed di 105kpj pada kemiringan 35 degree!! kalo jalan datar monggo dihitung dewe…..apalagi kalo pake engine swap thailand…..ewes2….
pokoknya siulan AK8 (FE/Front-Engine) emang joss…..
hahaha, nyat sopir eSKa kui wes radue roso wedi kok mas, mbayare murah tepat waktu…
Lebih suka naik SK AC tarip biasa soale bebas pengamen & copet 😀
sumber bencanah.
Bis2 patas karo bis2 malam roto2 nganggo mesin turbo. Pas nang Suroboyo sempet mampir nang Suramadu ???
iki mah, langganan ku jaman 2007-2009 rekor tercepat, mojokerto 23:30 – solo 03:00 tekan jogja 05:30 gendeng, cen nan…… sayang chassis klas ecek2 gemblodak 😀
yup…masih pake chassis type A…gardan kaki2 juga kurang woke!!!
waduoh, iki kan PO sing diobong warga soale sering nabrak wong ki!!
pas lebaran wingi malah sempat ditahan polisi nang bungur soale warga krian dan sekitarnya wes podo nyegat pinggir dalan, pokoke lewat yo diuncali watu,,mungkin karena saking mangkele !!
PO dengan belasan korban jiwa di 2010 thok !!
Ak8 jrka twin turbo abang supir ESKA
MANTAP
Teman2,saya kernet sk..aq cuman ngasih tau perjalanan malam dr surabaya-bra’an/kertosono,bgtu juga sebaliknya harap hati2 copet membayangi perjalanan kita.operasi copet jam 11.00malam-04.00pagi.aq kernt sk w7721uy.okey..
Jiah
Pada heran yak. Wa dah kbiasaan pake ni mbus riwa-riwi tiap ari.
thank’s bro….. salam wusssssssss