Ternyata Mio Irit….ngisi 10 ribu bisa digeber 100 KM….

Kata orang No picture = Hoax….Tapi kali ini begawan gak bakal menampilkan picture sebagai bukti…wong cuma sharing ajah…percoyo yo wis..ora yo urusanmu!!! Ini kan blog, bukan mahasisawa mo ujian skripsi ato mo desertasi…..hahahaha…………yang wajib melampirkan literatur jika menjawab pertanyaan penguji!!

belum genap 20ribu Km..padahal hampir 4tahun........

Beberapa hari ini begawan sering nongkrong ditempatnya juragan kawos…di MOMOJO cloth.co!! Juragan KOYA ini ternyata fanatik Yamaha, dulu pas kami sama2 SMA, dia udah ngubek2 Yamaha FIZ , dipasangi kopling manual, kipas pendingin dilepas, ganti katub buluh, ganti knalpot juga pake karbu skep kotak….weleh..weleh!! Nah bulan kemaren..dianya beli Yamaha Mio…karna agak berat tarikannya dan boros, digantilah busi yang dipake dengan tipe panas…ujung2nya setiap 100KM dianya baru kembali ke POM bengsin untuk isi BBM sebanyak 10ribu…weleh ngirit banget!!

Berarti Klop dengan pengakuan adek begawan yang tiap hari menggeber MIO, dalam sehari dia menempuh perjalanan sejauh 14KM…nah setelah seminggu (7 hari) dia baru ngisi BBM sebanyak 10ribu berarti total perjalanan bisa 98KM….selisih 2KM saja…maklum, motor adek begawan kan MIO edisi gempa!! Belinya beberapa bulan  setelah gempa…jadi ya udah waktunya untuk pergantian beberapa part…

 

ke-2 motor ini sudah lama mangkrak!! sang empu baru memberdayakan beberapa bulan terakhir!!

 

 

dari 2motor tsb sama2 pake busi Denso seri 22!! kalo pake seri 20 apakah lebih ngirit ya?? bagi juragan2 yang punya pengalaman lain monggo dishare….

Iklan

27 thoughts on “Ternyata Mio Irit….ngisi 10 ribu bisa digeber 100 KM….

    1. martini Penulis Tulisan

      ini kan cuma mengabarkan dari 2 orang pemakai mio yang saling tidak kenal dan memakai busi tipe yang sama!! cara geber juga beda…hasilnya mirip!!

      Balas
  1. damhar

    Weh, ketepakan banget wayahe varioku ganti busi iki.. nggawe busi opo yo mas ben iso koyo Mio ne kang momojo? irit tur tarikane iso sip

    Balas
      1. damhar

        kalo yg pernah njenengan bilang diwarung sebelah (lupa tepatnya warung ngendi), memakai busi dengan seri lebih kecil (memundurkan timing pembakaran) itu juga bisa dilakukan ke pario ora Ki?

        tapi rodo susah juga mungkin yo, ngombene gonta-ganti Ki, tergantung isine dompet e :mgreen:

    1. martini Penulis Tulisan

      intinya di BBM yang dipake bos…BBM woke (oktan tinggi) kompresi bisa dinaikin…efeknya pengapian harus advance (maju) agar BBM yang dipasok bisa habis dibakar….karena panas yang dihasilkan tinggi maka harus diimbangi busi type dingin (bisa pake iridium)…supaya gak lumer tuh busi disengat kompresi tinggi…kalo BBM aja premium oplosan berlaku sebaliknya!!
      kalo semua panel digital busi harus pake kode R…agar noise pada busi tidak mengganggu sinyal dipanel!! ribet!! so, CS1, SUSI PGMF1 ato Vixi gak bisa seenak udele dewe ganti busi….keakuratan komponen elektrik bakal terganggu!!

      Balas
  2. Maskur®

    makanya jangan terlalu percaya isu…buktikan sendiri…

    Heran juga sama mio ini, seluruh dunia taunya dia matic paling boros, tapi laris manis.
    Wah apa jadinya kalo mio bisa dibikin irit dan disebarkan infonya.

    Balas
  3. martini Penulis Tulisan

    Kenapa Matik cocok pake busi panas!! Kipasnya kan integrated dengan putaran Kruk-as….nah mesin susah mencapai suhu ideal…belom panas aja udah dikipasin kok!! nah kalo suhu pembakaran gak ideal..proses pembakaran sedikit-banyak terpengaruh…akselerasi kurang dan suka mbrebet, bahkan kalo pagi susah starting!! Kata adek begawan…tuh mio lebih galak setelah ganti busi ki…kalo pagi juga jarang ngambek!! biasane susah banget…distrat..padahal aki masih joss!!
    Gak cocok juga jarak dekat pake iridium, busi bakal cepet dut!! mesin kurang panas….dulu pas SMA langganan pake denso iridium buat harian soalnya…cuma enak dipake sebulan-duabulan..padahal harganya mahal!!

    Balas
    1. sabdho guparman

      manteb banget ulasannya ki. . . .
      sempet mau ganti iridium untuk pulsar yang kupakai harian setelah membaca ulasan begawan kupikir busi standar pabrik lebih pas untuk daily use. . .

      keep brotherhood,

      salam,

      Balas
    1. martini Penulis Tulisan

      emang boros ya bro?? maklum…begawan lom pernah punya motor cc kecil radiator-an, jadi matik yang dirumah cuma mio ama beat…so lom pernah mbandingin ama pario atau xeon
      padahal jeroan pario dah pake jetting cilik lho!! kalo masih boros berarti ganti supra fit ajah…kayak begawan…emang jauh dari kata keren dan kere sih….dompet utuh meski tampang alakadar…hehehe

      Balas
    1. martini Penulis Tulisan

      baru proses sablon bro…lom masuk ke tukang jahit….tapi kalo mo dibikin umbul2 bisa dikirim tuh…sorry yak..suasana hujan mulu!! mo sablon juga hasil gak maksi!!

      Balas
  4. Momod

    Dah sering pake mio, vario, spin n beat, yang paling boros tuh spin sdangkan mio, vario, beat tuh 11-12 lah tingkat keborosannya meski mio terkenal boros n beat terkenal irit

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.