Kata orang No picture = Hoax….Tapi kali ini begawan gak bakal menampilkan picture sebagai bukti…wong cuma sharing ajah…percoyo yo wis..ora yo urusanmu!!! Ini kan blog, bukan mahasisawa mo ujian skripsi ato mo desertasi…..hahahaha…………yang wajib melampirkan literatur jika menjawab pertanyaan penguji!!
Beberapa hari ini begawan sering nongkrong ditempatnya juragan kawos…di MOMOJO cloth.co!! Juragan KOYA ini ternyata fanatik Yamaha, dulu pas kami sama2 SMA, dia udah ngubek2 Yamaha FIZ , dipasangi kopling manual, kipas pendingin dilepas, ganti katub buluh, ganti knalpot juga pake karbu skep kotak….weleh..weleh!! Nah bulan kemaren..dianya beli Yamaha Mio…karna agak berat tarikannya dan boros, digantilah busi yang dipake dengan tipe panas…ujung2nya setiap 100KM dianya baru kembali ke POM bengsin untuk isi BBM sebanyak 10ribu…weleh ngirit banget!!
Berarti Klop dengan pengakuan adek begawan yang tiap hari menggeber MIO, dalam sehari dia menempuh perjalanan sejauh 14KM…nah setelah seminggu (7 hari) dia baru ngisi BBM sebanyak 10ribu berarti total perjalanan bisa 98KM….selisih 2KM saja…maklum, motor adek begawan kan MIO edisi gempa!! Belinya beberapa bulan setelah gempa…jadi ya udah waktunya untuk pergantian beberapa part…
dari 2motor tsb sama2 pake busi Denso seri 22!! kalo pake seri 20 apakah lebih ngirit ya?? bagi juragan2 yang punya pengalaman lain monggo dishare….
pertamax!!!!
yang bener bro? emang bisa ngirit pake busi type panas? 😯
semalam kemana aja?
ini kan cuma mengabarkan dari 2 orang pemakai mio yang saling tidak kenal dan memakai busi tipe yang sama!! cara geber juga beda…hasilnya mirip!!
Weh, ketepakan banget wayahe varioku ganti busi iki.. nggawe busi opo yo mas ben iso koyo Mio ne kang momojo? irit tur tarikane iso sip
setahuku busi2 honda udah pake tipe panas je……
Busi tipe dingin utk keperluan balap ato pemakaian jarak jauh.
kalo yg pernah njenengan bilang diwarung sebelah (lupa tepatnya warung ngendi), memakai busi dengan seri lebih kecil (memundurkan timing pembakaran) itu juga bisa dilakukan ke pario ora Ki?
tapi rodo susah juga mungkin yo, ngombene gonta-ganti Ki, tergantung isine dompet e :mgreen:
intinya di BBM yang dipake bos…BBM woke (oktan tinggi) kompresi bisa dinaikin…efeknya pengapian harus advance (maju) agar BBM yang dipasok bisa habis dibakar….karena panas yang dihasilkan tinggi maka harus diimbangi busi type dingin (bisa pake iridium)…supaya gak lumer tuh busi disengat kompresi tinggi…kalo BBM aja premium oplosan berlaku sebaliknya!!
kalo semua panel digital busi harus pake kode R…agar noise pada busi tidak mengganggu sinyal dipanel!! ribet!! so, CS1, SUSI PGMF1 ato Vixi gak bisa seenak udele dewe ganti busi….keakuratan komponen elektrik bakal terganggu!!
Sendiko dawuh Ki… Matur tengkyu advise-nya
makin panas itu makin kecil serine yo mas bro? po kepiye ❓
yup…berlaku untuk NGK dan denso….
makanya jangan terlalu percaya isu…buktikan sendiri…
Heran juga sama mio ini, seluruh dunia taunya dia matic paling boros, tapi laris manis.
Wah apa jadinya kalo mio bisa dibikin irit dan disebarkan infonya.
lebih hebohnya…cukup nguyup premium…kompresi cuma 8.xx:1…resikonya spare-part awet!!
MIAW… urung pernah ngetes
Kenapa Matik cocok pake busi panas!! Kipasnya kan integrated dengan putaran Kruk-as….nah mesin susah mencapai suhu ideal…belom panas aja udah dikipasin kok!! nah kalo suhu pembakaran gak ideal..proses pembakaran sedikit-banyak terpengaruh…akselerasi kurang dan suka mbrebet, bahkan kalo pagi susah starting!! Kata adek begawan…tuh mio lebih galak setelah ganti busi ki…kalo pagi juga jarang ngambek!! biasane susah banget…distrat..padahal aki masih joss!!
Gak cocok juga jarak dekat pake iridium, busi bakal cepet dut!! mesin kurang panas….dulu pas SMA langganan pake denso iridium buat harian soalnya…cuma enak dipake sebulan-duabulan..padahal harganya mahal!!
manteb banget ulasannya ki. . . .
sempet mau ganti iridium untuk pulsar yang kupakai harian setelah membaca ulasan begawan kupikir busi standar pabrik lebih pas untuk daily use. . .
keep brotherhood,
salam,
ak bar go supra 125 karo go mio selisihe yo ga beda jauh ik,,
parioku ben irit kudu di apakke yo ?
apo di dongkrokke wae ganti numpak ontel.
emang boros ya bro?? maklum…begawan lom pernah punya motor cc kecil radiator-an, jadi matik yang dirumah cuma mio ama beat…so lom pernah mbandingin ama pario atau xeon
padahal jeroan pario dah pake jetting cilik lho!! kalo masih boros berarti ganti supra fit ajah…kayak begawan…emang jauh dari kata keren dan kere sih….dompet utuh meski tampang alakadar…hehehe
logikanya gimana begawan kok bisa begitu, yang penjelasan di komen diatas itu saya tetep kurang gambalang
yang mana mbah?? semua diatas je??
bor bengawan kiro kiro kaose dadine kapan… arep ge neng jms we..
baru proses sablon bro…lom masuk ke tukang jahit….tapi kalo mo dibikin umbul2 bisa dikirim tuh…sorry yak..suasana hujan mulu!! mo sablon juga hasil gak maksi!!
Dah sering pake mio, vario, spin n beat, yang paling boros tuh spin sdangkan mio, vario, beat tuh 11-12 lah tingkat keborosannya meski mio terkenal boros n beat terkenal irit
si blade_us harus membaca ini..
nice post…
kalo untuk dipake jarak jauh kuat gak mas pake busi Denso 22 ???
salam kenal semua, saya punya xeon konsumsi bbmnya 1/35.kira2 cocoknya pake busi tipe apa ya gan