Pasang Turbo di Honda CBR!!! Siapa mau?? Cekiprut gan!!

Honda CBR pasang turbo?? Emang bisa ki?? hehehe…

Turbo?? Apaan sih Turbo…turbo bukan turun bero lho…tapi alat pemampat udara yang berfungsi sebagai penambah tenaga!! Gimana sih Prinsip kerja Turbo??

Kalo begawan sih gak setuju kalo namanya turbo…tapi karena masih yunior yah ngikut ajah…hehehe…turbo sebenernya adalah 2alat yang digabung jadi satu dalam 1poros (shaft)….seperti mata uang (koin) disatu sisi turbo ini adalah turbin/diffuser dan disisi lainnya adalah kompressor…tapi anehnya alat ini digabung dalam 1 poros….!!

pada sisi turbin/diffuser, alat ini dialiri gas buang dari header knalpot…karena kecepatannya tinggi dan bersuhu panas maka sudu2/baling2 dalam turbin ini mampu menggerakkan shaft/poros turbo. setelah tak terpakai..waste gas dari header knalpot tadi direlease (dibuang)….nah disisi sebelahnya ada kompresor kan….??!! sudu2/baling2 dalam kompressor ini menghisap udara dari luar dan mengkompresikan-nya kedalam mesin!! karena dalam keadaan setimbang berlaku rumus PV=nRT….maka temperatur udara dari kompresor akan naik…..

jika dipaksakan langsung masuk kedalam mesin, maka kadar oksigen dalam udara yang terkompresi akan berkurang, karena efek pemuaian…untuk mengatasi kerugian tersebut, maka udara dimasukkan dalam Heat ex-changer…ato dalam istilah pabrikan adalah inter-cooler!! sehingga ketika udara akan masuk dalam mesin…setidak2nya temperaturnya mendekati temperatur ambien (normal)….

skema turbo secara simpel

apakah Turbo cocok buat mesin kecil??

pertanyaan ini pasti terdapat membayangi setiap pecinta speed freak…bisa sih bisa…tapi material/bahan mesin harus joss…kalo material yang dipake abal2, mesin akan rompal ketika terjadi lonjakan kompresi dan proses lag (telat adaptasi)…mesin jebol dan tentu saja handling akan liar…(kata nenek berbahaya)!! BBM sejenis premium haram…karena butuh oktan gede agar tidak detonasi…pendinginan juga harus di upgrade agar tidak terjadi kegagalan akibat part yang bergerak macet gara2 kepanasan!!

Tapi ada kok Honda CBR pasang Turbo…kalo gak percaya kirim email ke sini ya..cbr1137tic@turbo-bike.com

dari header honda CBR masuk ke turbo copotan Volvo s60R

 

mesin dipasang pada frame...inlet kompressor dipasangi filter!!

memasang plenum ke karburator!! Kagak pake inter-cooler

merancang jalur waste gas....

jalur waste gas dah jadi dibuat!!

posisi radiator yang ngalah

hoose dan connecting harus rapet..gak boleh bocor, material dipilih tubing 316 seamless dia 2.5"

setelah kumplit..boost @ 1.2bar...cek pressure gauge di panel....

semoga bagi yang pengin pasang turbo bisa terbantu!!

Iklan

44 thoughts on “Pasang Turbo di Honda CBR!!! Siapa mau?? Cekiprut gan!!

  1. yahonsuwakanja

    kwkwkwkwkwk…
    itu standar paddocknya kok dari kayu ya…
    radiator dapat udara pendingin dari mana tuh…
    duarrrr…njeblug ..

    Balas
    1. martini Penulis Tulisan

      radiator dingin dari kipas elektrik…fuel pump juga make model elektrik!!
      itu bukan standar pak dhe…tapi pallet buat box mesin..sisa pengiriman!! lebih kuat dari pada standar yang sok racing….dan harganya mahal!!

      Balas
      1. azizyhoree

        setuju dimana2 kalo bongkar engine pasti pake landasan kayu…. bukan begitu begawan? standart pabrikan pun begitu, coz, material lunak tidak mengkhawatirkan cacat pada block engine saat pengerjaan di workshoop 😀

      2. martini Penulis Tulisan

        asline eman2 bro..kayune ki apik2..wis di oven!! tapi mesin harus mulus gak boleh lecet….getoknya aja pake palu karet (nek dong lego) ato dipukul pake balok kayu!!

  2. blognyamitra

    Like this gan !!!
    Mesin turbo bisa koq pake Premium (cuman gak optimal), kan kompresinya terbilang rendah. Rata2 mesin turbo kompresinya di bawah 10. Kalo di atas itu bisa jebol karena tekanan (boost) turbo. Di samping itu turbo punya kelemahan yakni hanya bekerja di putaran menengah hingga atas, sedangkan putaran bawah lemot. -cmiiw-

    Balas
    1. martini Penulis Tulisan

      iya om…..biasanya berkisar 8.2:1 ato 8.6:1…kalo pake punya Mitsubishi TD04HL-16T .
      dalam posisi rpm rendah premium no problemo…kalo red line mulu ya minimal pake oktane 92!! nah boost nya sendiri rata2 7-13 psi ato 0.5 sampe 0.9 Bar…tapi tiap mesin mintanya lain2…tregantung sama amal dan perbuatan ….wekekekekeke……..

      Balas
      1. Darmawan

        hihihi Mitsubishi TD04HL-16T .tu sepertinya diaplikasikan mesin diesel macem Strada triton, PS wow boost nya lebih dari 1 bar 15 psi CMIW , kayaknya ki ijo tertarik mo masang ginian ini ya ? selain turbo Down Pipe, Piping, Injector oli line siapin perlengkapan tambahannya deh, kayak intercooler, boost controller, external wastegate,turbo timer, boost meter oil cooler haduuh siap-siap nguras kantong brow ( cerita dari temen bengkel siih hehehe )

      2. blognyamitra

        @ Pak Darmawan
        Nambahin lagi pasang piggyback ato ECU stand alone, ganti piston yang low dome, ganti setang piston, pasang fuel pressure regulator dsb hehehe…. tapi NA (Naturally Aspirated) is best lah 😀

      3. martini Penulis Tulisan

        bang mitra ini suka yang std tapi power full kayaknya (bisa buat harian yang macet)….kalo yang di bejeli motor pake injeksi…mumet!!! turbo memang menang di torsi + power…cocok buat DOHC…kalo N/A meski high power torsinya gak segede kalo pake turbo!! nek tarik-an jelas kalah….hehehehe kecuali cc gajah…

  3. Kop.plax

    Btw,masalah radiator ning samping,honda vtr1000sp ne aaron slight n c.edwards ndisik soko pabrik malah dideleh ning samping mbah.eh,udarane ko knalpot mau mlebu ning karbu yo(intake manifold)?

    Balas
    1. martini Penulis Tulisan

      udara dari knalpot yo bablas lek….lihat skema turbo diatas lek!!! ada anggapan sebagian besar orang kalo turbo itu udara dari knalpot masuk karburator lagi……weleh ….mesine bakal mlepek!! dalam turbo ada 2 alat/mesin yang dari mesin dibuang buat ngisep/ngompresi udara masuk dari luar (bukan dari knalpot)!!!

      Balas
  4. Ping balik: lintas-oto.info

  5. satria_merah

    di majalah apa ya.., kalo ga salah M+ atau otomotif.., saya lupa…, yang membahas tentang fu yg pasang turbo.., 😦 🙂

    Balas
  6. Tafridefreez

    Wah, emang dasyat kl moge+turbo charger.

    Kalau nggak salah dulu saya d kasih tau temen komunitas Thunder 250, katanya daytona bikin turbo charger bwt 250cc, kalau di pasang di ninja 250r kyaknya mantap y…

    Ki ada rumus buat ngitung lonjakan tenaganya gk? Hubungan antara udara yg msk sama lonjakan tenaga.

    Balas
    1. martini Penulis Tulisan

      kalo ngetung tenaga yang dihasilkan kayaknya lom ada softwarenya, tapi kalo ngetung tekanan bost berdasar parameter mesin dah da yang bikin…orang bule tentunya!! kalo mo ngetung tenaga yo harus dicolok ke dyno!!

      Balas
  7. Ping balik: lintas-oto.info

  8. bima

    gan gw mau nanya nih, kalo mega pro pasang turbo iasa g? lo isa pake turbonya apa?intercoolernya apa?? terus kompresinya berapa?? dan budgetnya harus berapa??hehe maaf banyak tanya soalnya gw penasaran nih ma motor guwe lo dibuat nyalip bus yang mesinnya mer-c yang udah pake turbo pada kecepatan 100km/jam g ngangkat e, jadi waktu touring kalo ketemu bis pada kecepatan itu gw mesti mundur..hahaha
    tolong bales di email gw aja moel_ia@ymail.com
    makasi gan sebelumnya…

    Balas
    1. martini Penulis Tulisan

      bisa….gan…bisa gila yang masang maksud ane!! turbo identik dengan high rpm mas…nah kalo megapro diset ama engineer pabrikan buat rpm menengah(bisa dilihat dari perbandingan bore x stroke, durasi cam, limiter cdi dll)…so bisa dipastikan motor lemot tidak bertenaga, karena compresi mesin harus rendah kalo pake turbo…..
      ninja 250 ajah ngos2an…apalagi megapro…..hehehehehe…dulu ada yang masang turbo starko buat tiger…bukannya lari malah chasis bergetar….wekekekeke

      Balas
  9. the.ant

    mantabs……
    tdk bisa berkata2 ane….
    pantesan klo liat di youtube ongtor yg pke turbo shifter aja ngangkat2 g karuan, akselerasi TOP bnged…….

    Balas
  10. setiaji

    selamat siang gan..ane lg cari turbocharger/supercharger yg versi motor mo ane tanam dmotor bebek suzuki arashi 125.mhon info serta bantuany.mksh

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.