HAdew….kok motor begawan kacau gini!! setelah muter2 100 + Km dalam beberapa jam suara mesin kemrotok…kasar dan ada suara ketukan/ngelitik dimesin (bukan suara klep ato setang piston oblak lho ya)….
ujug2 iseng buka2 kitab sakti ijo…..dan akhirnya dapat clue/bocoran tentang beberapa hal
1. bensin yang dipake beroktan rendah…jika oktan rendah sebelum busi memercik bensin udah kebakar…ber efek terjadi dua kali pembakaran…saat bensin terbakar dan saat busi meletik…akibatnya terjadi benturan energi…terdengarlah suara ngelitik
2. kompresi mesin terlalu tinggi!! bisa disebabkan beberapa hal, memang desain dari pabrik sudah high compresi atau memang banyak kerak yang menempel dipiston/ silinder head sehingga mengurangi volume head silinder, perlu perawatan rutin membersihkan ruang bakar nih…
3. Timing pengapian yang terlalu maju. beberapa motor std pabrikan menjejali cdi mereka dengan map yang advance, kalo BBM bagus susah didapat pengapian yang advance sama saja dengan memakai BBM oktan rendah!! Perlu dilakukan setting ulang pada CDI….
4. Proses pendinginan yang kurang yahud!! jika temperatur mesin diatas batas toleransi, bensin akan menyala sendiri sebelum dipantik busi….nah desain mesin berpengaruh banyak disini. material abal2 dan pengurangan sirip pendingin pada mesin akan menyebabkan mesin cepet panas. lihat saja blok keluaran sekarang..kayak gak ada siripnya!! Faktor lain adalah Oli kualitas buruk, oli yang jelek tidak mampu meredam panas mesin ujung2nya over-heat yang diawali ngelitik. pabrikan berusaha mengganti sirip pendingin dengan memby-pass jalur oli dan memasang oil-cooler…malah ada yang memasang radiator dan fan agar pendinginan maksi. perlu pertimbangan saat membeli motor ber-arti agar tidak rewel.
5. campuran bbm vs udara yang lean/miskin. disini jetting pada karburator sangat berperan..banyak motor keluaran baru yang sangat mencekek ukuran jetting/spuyer…kalo businya gak cocok akan terjadi detonasi….
apakah anda pernah mengalami hal yang sama??
setuju dengan dirimu…
setuju dengan dirimu…
ups
pake PERTAMAXXX
Bensin langka.
lha yen maca iki kok motore motor spek tinggi………..
motor apa iki?
Sependapat dgn yg punya warung 🙂
dpakelama, mesin panas komponen pada muai, pada longgar semua kompresi bocor, kopling selip dan ya gitu jadinnya
setuju ma yg ini :d
kalo sampe segitu analisanya, berarti dari kualitaas metalurgi bahannya sangat jelek yak..motor2 sekarang ini??!!
pernah mas
emang arahnya pertamax kali………..
njaluk ganti montor kui
iyo koyone lek!!
jadi inget radiator matic pak, kalo disamping kyk vario atau xeon itu apakah juga efektif? Kok gak dikasihkan di depan plat nomor yg dpn aja ya?
kan ada kipasnya…jelas epektip banget lah….kipasnya kan model kayak vespa..konek ke main shaft!!
Jadi inget ex vespaku dulu.dipake boncengan ke ketep,nyampe atas overheat kemebul hehe
motor sy supraxizss dikasih fan cpu cuma sayang ga bisa gede krn ruang mesinnya terlalu sempit beda ama karisma atw supra fit.
motor ku Revo Fit bulan Juni 2011.
belum genap 500km sdh ngelitik.
servis pertama kata mekanik AHASS biasa aja gak ada masalah.
apa mekanik AHASS nya yg gak mudeng ???
FYI: saya pake bensin premium (kaya’nya gak cocok buat mesin keluaran baru)
sejak dr dealer sdh diisi oli MPX-1 (oli encer yg mudah menguap kering)
mesin gak ada siripnya (gampang overheat)
karburator sdh pasti diseting irit bensin dr pabrikan AHM (miskin bensin)
biar gak ngelitik… solusinya apa ya…???
apa ganti spuyer (pilot jet & main jet) ???
aga ganti oli ??
yg jelas jangan ganti BBM… boros di duit.
yg jelas jangan ganti motor.. gak ada duit.