[https://5osial.wordpress.com] Seperti biasa..hari ini begawan bangun kesiangan (padahal sudah bener2 siang)….Sambil bengong2 bego, begawan baca2 rubrik tune-up mesin!! Pendek kata…begawan terprovokasi jugak!! Karena dirumah cuma tersisa Bajaj…yo wis bersama junior dan bermodalkan beberapa kunci menurunkan mesin!!
Soalnya terakhir kali begawan bongkar Bajaj akhir tahun 2005…dah mau lima tahun!! tanpa serpis, tanpa ke bengkel itu motor bisa jalan sampe hari ini. bahkan buat digeber ke solo pun masih bisa jalan kira2 80 kpj berboncengan dengan enteng….
Bagi yang belum pernah tahu daleman bajaj (scooter) pasti akan heran!! inilah penampakannya…
setelah melihat bongkaran mesin…pasti penegn tahu dong tool apa yang di pake?? Begawan mah, ibarat gak ada rotan akarpun jadi…ala mac-giper kayak di tipi2 pokoknya deh…..lihat ya bro penampakan alat2nya
hem…kira2 begitu deh…!! tetep semangat untuk menjalani hari2 anda….kemauan yang kuat adalah modal utama, soal kemampuan dan alat belakangan!! hari ini juga mesin dah nyala kembali….dan tenaganya dahsyat…hehehe..bukan apa2..gasket di head dan di crank-case begawan lepas…sehingga kompresi naik.sebagai pengganti cukup lem ajaib!!
bismillah…pertamax!!!
3
2 kali om!!??!!
salah ya………wkwkwkkwwwkwk
mesakne motore diudel edel
ben penak je mas….nek mesakne aku sing bongko!!!
pantesan ym offline seharian
ini tak bongkar abis luhur mas…setelah turun tak tinggal jalan2….beli aki dapat murah 7AH cuma 90rebu….abis magrib tak naikin lagi mesinnya….udah deh…kagak sampe 1jam kok!!
gosokan panci??????
kenapa emang?? are you shock??!!
kok nduwe wkwkwkwkwk, ngembat punya tetangga mesti ! 😛
itulah mas….mencoba melakukan sesuatu yang tak pernah dipikirkan orang lain…murni dan orisinel…ora koyok manusia kebanyakan!! isone mung tiru2…nek ora ngunu mencela dan berprasangka…..(nyepam di blog orang)….hehehehe….
oh iya..maslah gosokan panci…tinggal beli ama ibu2 penjual sayur yang lewat..900 perak!!!
ini yg penting “kemauan yang kuat adalah modal utama, soal kemampuan dan alat belakangan!!” Bonek tanan.. ik..ik.. nitip http://triyantobanyumasan.wordpress.com/2010/11/30/ketemu-senior/
monggo…kalo mo nitip jemuran!!
Baru tau dalemannya vespa kyk gitu to, paragraf terakhir, george pak! 🙂
absolutly….beda tipis to ama cibier….hehehe
Hmmm ingat 10 tahu yang lalu waktu punya PX… juga gak pernah ke bengkel… di edel2 dhewe… emang ada kepuasan tersendiri kalau ditangani sendiri… tapi kalau 4 tak gak berani aku :)… kalau R4 malah dah biasa turun mesin…
haduh bang…bukannya R4 juga 4tak, baik bensin/dieel……cuma kalo R4 pake belt..ini pake rante!! eh tapi kalo ford laser 1300 masih pake chain & timing gear kok yak?!
yah motor khan kecil2 partnya….aku pernah ikut bengkel R4 ortu…turun mesin,ganti body pokoke bergelimang olie-lah…bukan gelimang uang loh… cuma yah itu nyesal aku setengah2 belajarnya… maklum waktu itu masih SMA…. kalau gak bantu gak ada uang jajan 😆
haduh…coba kalo saya dikasih kesempatan kayak gitu…bisa merajalela di R4..dulu pas LAGA PANTURA (lomba irit panter) kan dikasih kesempatan jadi mekanik…weleh seneng banget!!
Ada lagi cerita lucu bro… aku dulu pernah belajar di BLK otomotif bensin… nah ada teman sekolahku kerja dibengkel..tiap hari tanya terus ke aku tentang teori mesin… nah sekarang dia buka bengkel sendiri di desanya… wuahh laris banget… kalau aku ada masalah R4 balik sering tanya ke dia, jadi dia yang pinter,punya anak buah…alat2 komplit… gak nyangka dulu gak tau apa2 sekarang juragan bengkel…
padahal enakan mesin mobil..yang penting punya chain block untuk ngangkat mesin ajah..ama kunci torsi..dijamin beres deh.part2nya gede2…gantinya gamapang dan gak pake ribet!!
wah kalau bicara teknik gak ada habisnya… aku lihat di youtube cara ganti shock system Mcpherson…klo disana ada tools dan pengaman… nah kalau disini pakai kawat baja,diikat beres.hmmm pertama baca jadi tertarik mengenai cara berfikir orang kita (praktis seadanya sefety..? ) atau orang luar yang mengutamakan safety… 🙂 wah bisa jadi bahan artikel nih …
kalo aku pribadi milih yang sederhana dan gak pake uang….its simple for life..tapi safety jelas dikorbankan…pernah kecantep obeng lancip sampe tangan tembus gara2 spy meleset…padahal harga tang spy cuma 30 rebu…mahal ongkos ke dokternya!! tapi ada baiknya jugak…bisa ketemu dokter yang cantik diruang praktek pribadinya…hehehehe….
kakakakakakaka…. wah pasiennya genit neh 😆
maksud saya tools untuk nekan per model mcpherson itu kita bikin sendiri bisa di bengkel las.. prinsipnya kalau baut dikencangin per akan tertekan dan shock bisa diambil…tapi kalau pakai kawat baja diikat kawat,mobil didongkrak beres dah shock bisa diambil…lebih praktis cara bengkel kita…
Ngerbersihkan kerak lebih enak pake gosokan panci ato ampelas alus (nomor 1000 yah kalo gak salah) ???
enak pake gosokan panci!!! soalnya tidak mengikis logamnya!! kayaknya dah di desain gitu, sehingga panci emak2 yang tipis gak habis!!
wuihhh isih platina yooo…pasti yen settingannya pas, larinya bisa nggilani kuwi, yen mung honda grand wae lewat, tapi ya itu kalo udah tipis permukaannya, kalo pas digas malah nembak2 gak jelas, makanya semua scooterku tak ganti cdi, minim perawatan..oiiii, tapi larinya ya segitu-gitu aja 😀
barusan tak tes….gigi 3 isa tembus 80kpj…gigi 4…hahaha….suaranya enak..tenaga gak ketahan kayak kemaren!!
lhoh, porting’e yo kotak?
Koyo bajajku je..
bajaj punyakmu tiru2 gonaku…wekekeke kan lebih senior….tapi ya itu bro…model squishnya harus high compresi….kalo model biasa tenaga ilang….
makanya penampangnya ajah a-simetris…model bulan sabit
setubuh ki, modal semangat, walaupun alat seadanya, sing penting ati dadi lego !!
baru sabtu kemarin juga nekat mbongkar vario sing baut bodyne sak gambreng..padahal cuma pingin nguras tangki bensin, hehehe..
berhubung sik pemula, saiki meteran bensin dadi gak normal, setingan karbune juga gak tepak, bret bret bret,,,,hehehe…tapi tetep lah, puas iso ngebyak motor !!
maturnuwun wes ditulari semangat koyane Ki!
paling pelampungnya nyantol bro…..
kotornyaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa xixixixixix
ipin-upin mode-on
Pak dulu waktu bersihin kerak si karismanis sama warung Dohc disuruh pake drei min malahen…?
lha..sing bagian ex-haust port juga pake obeng min..soalnya kerak yang disitu dah kayak batu!!
pingin jg bongkar biar puas
Wah lagi bongkar-bongkar ya mas….. numpang lewat takut ngeganggu…sampeyan…..hehehehe……
wis rampung mas…wis tak nggo jalan2 tadi pagi…..siap turing pokoknya!!!
Aku minggu wingi belah total 2 mesin smash, mindah jeroan,dpilihi sing apik didadeke siji.hasile sing siji halus n yg 1 tambh koyo diesel. Kmrn jg bis ngganti seher f1z. Semua punya temen dan ga sempat mengabadikan.
yo ikie..sing marai smash ora payu didol…hahahahaha….wis tambah laris koyone……..
wih, gasket dilepas? masih aman pak?
kalau mbongkar mbongkar lagi saya bantu pak… tapi masange lagi nyerah… xixixi..
hehehe…block-silinder ketemu crank-case gasket tak lepas…soalnya permukaan beber2 flat…bagian silinder-block ketemu silinder head juga sami mawon…..gak pake gasket!! dah dites gak bocor dan tenaga mak-nyos….
bagus katanya dikasih cat sebagai pengganti lem……….
mantep kih pelajarane
wes diganti mesin bajaj pulsar 200 wee…hajar dah motor2 yg ngenyek..xixiixix
pada kaget ntar kalo head-setnya bajaj 200 nemplok di skuter…hehehe…tinggal nempelin chain-timing gear
salut dah. . .
dengan alat seadanya bisa turun mesin 2 tak ,
kalau 4 tak gimana ya mas kan silinder head lebih rumit tuh?
gosokan panci kayaknya di bengkel resmi ndak ada
keep brotherhood,
salam,
4tak juga sama saja bro…next time lah..sudah lama juga gak ngedel-edel mesin2 4tak….
pengin vespa 4 tak……………………………..ono ora tho?
bikin sendiri ato bener2 yang versi 4tak?? ada tuh yang versi piagio ET genah 4tak!! displacement 125 cc
kelingan jaman SMA mbiyen. belajar utak-atik motor 2 tak. tapi nek 4 tak.. angkat tangan. ra iso aq mas.
gampang jugak..cuma masang timing gear..padahal mudah!! 2kali kruk-as muter 1kali cam muter!!
menyimak aja . . .
menunggu sang begawan berbagi ilmu. . .
keep brotherhood,
salam,
monggo….kalo ada dana mungkin akan ada korban lagi…!!!!
JOSSSSSSSSSSSSS TENAN
gila tu kipas dudukannya uda pecah aje
aman kang?