Asal-KOYA!! Membongkar jeroan Bajaj..modal Nekat!!

[https://5osial.wordpress.com] Seperti biasa..hari ini begawan bangun kesiangan (padahal sudah bener2 siang)….Sambil bengong2 bego, begawan baca2 rubrik tune-up mesin!! Pendek kata…begawan terprovokasi jugak!! Karena dirumah cuma tersisa Bajaj…yo wis bersama junior dan bermodalkan beberapa kunci menurunkan mesin!!

Soalnya terakhir kali begawan bongkar Bajaj akhir  tahun 2005…dah mau lima tahun!! tanpa serpis, tanpa ke bengkel itu motor bisa jalan sampe hari ini. bahkan buat digeber ke solo pun masih bisa jalan kira2 80 kpj berboncengan dengan enteng….

Bagi yang belum pernah tahu daleman bajaj (scooter) pasti akan heran!! inilah penampakannya…

mulai melepas kipas...

melepas head-silinder...tampak piston gede tertanam dalam block-cilinder

bentuk ceruk/squish sampe tidak terlihat!! kerak 5tahun bro...

inilah jeroan dari mesin..crank-case dimana BBM diolah jadi tenaga!!

 

setelah melihat bongkaran mesin…pasti penegn tahu dong tool apa yang di pake?? Begawan mah, ibarat gak ada rotan akarpun jadi…ala mac-giper kayak di tipi2 pokoknya deh…..lihat ya bro penampakan alat2nya

tidak ada spesial tool...ala kadarnya saja!!

untuk melepas baut tanam, digunakan dobel Mur!!

melepas spi..cukup pake peniti..kagak perlu tang....

membersihkan kerak di piston dan head...cukup pake gosokan panci!!!

ciri-khas porting ex-haust bajaj...Kotak!! yang ini sulit direamer..soale besi cor!!

bentuk squish a-simetris (bulan sabit)..membuat aliran gas turbulen!! for competition use only...

hem…kira2 begitu deh…!! tetep semangat untuk menjalani hari2 anda….kemauan yang kuat adalah modal utama, soal kemampuan dan alat belakangan!! hari ini juga mesin dah nyala kembali….dan tenaganya dahsyat…hehehe..bukan apa2..gasket di head dan di crank-case begawan lepas…sehingga kompresi naik.sebagai pengganti cukup lem ajaib!!

Iklan

59 thoughts on “Asal-KOYA!! Membongkar jeroan Bajaj..modal Nekat!!

    1. martini Penulis Tulisan

      ini tak bongkar abis luhur mas…setelah turun tak tinggal jalan2….beli aki dapat murah 7AH cuma 90rebu….abis magrib tak naikin lagi mesinnya….udah deh…kagak sampe 1jam kok!!

      Balas
    1. martini Penulis Tulisan

      itulah mas….mencoba melakukan sesuatu yang tak pernah dipikirkan orang lain…murni dan orisinel…ora koyok manusia kebanyakan!! isone mung tiru2…nek ora ngunu mencela dan berprasangka…..(nyepam di blog orang)….hehehehe….
      oh iya..maslah gosokan panci…tinggal beli ama ibu2 penjual sayur yang lewat..900 perak!!!

      Balas
  1. ridertua

    Hmmm ingat 10 tahu yang lalu waktu punya PX… juga gak pernah ke bengkel… di edel2 dhewe… emang ada kepuasan tersendiri kalau ditangani sendiri… tapi kalau 4 tak gak berani aku :)… kalau R4 malah dah biasa turun mesin…

    Balas
    1. martini Penulis Tulisan

      haduh bang…bukannya R4 juga 4tak, baik bensin/dieel……cuma kalo R4 pake belt..ini pake rante!! eh tapi kalo ford laser 1300 masih pake chain & timing gear kok yak?!

      Balas
      1. ridertua

        yah motor khan kecil2 partnya….aku pernah ikut bengkel R4 ortu…turun mesin,ganti body pokoke bergelimang olie-lah…bukan gelimang uang loh… cuma yah itu nyesal aku setengah2 belajarnya… maklum waktu itu masih SMA…. kalau gak bantu gak ada uang jajan 😆

      2. martini Penulis Tulisan

        haduh…coba kalo saya dikasih kesempatan kayak gitu…bisa merajalela di R4..dulu pas LAGA PANTURA (lomba irit panter) kan dikasih kesempatan jadi mekanik…weleh seneng banget!!

      3. ridertua

        Ada lagi cerita lucu bro… aku dulu pernah belajar di BLK otomotif bensin… nah ada teman sekolahku kerja dibengkel..tiap hari tanya terus ke aku tentang teori mesin… nah sekarang dia buka bengkel sendiri di desanya… wuahh laris banget… kalau aku ada masalah R4 balik sering tanya ke dia, jadi dia yang pinter,punya anak buah…alat2 komplit… gak nyangka dulu gak tau apa2 sekarang juragan bengkel…

      4. martini Penulis Tulisan

        padahal enakan mesin mobil..yang penting punya chain block untuk ngangkat mesin ajah..ama kunci torsi..dijamin beres deh.part2nya gede2…gantinya gamapang dan gak pake ribet!!

      5. ridertua

        wah kalau bicara teknik gak ada habisnya… aku lihat di youtube cara ganti shock system Mcpherson…klo disana ada tools dan pengaman… nah kalau disini pakai kawat baja,diikat beres.hmmm pertama baca jadi tertarik mengenai cara berfikir orang kita (praktis seadanya sefety..? ) atau orang luar yang mengutamakan safety… 🙂 wah bisa jadi bahan artikel nih …

      6. martini Penulis Tulisan

        kalo aku pribadi milih yang sederhana dan gak pake uang….its simple for life..tapi safety jelas dikorbankan…pernah kecantep obeng lancip sampe tangan tembus gara2 spy meleset…padahal harga tang spy cuma 30 rebu…mahal ongkos ke dokternya!! tapi ada baiknya jugak…bisa ketemu dokter yang cantik diruang praktek pribadinya…hehehehe….

      7. ridertua

        maksud saya tools untuk nekan per model mcpherson itu kita bikin sendiri bisa di bengkel las.. prinsipnya kalau baut dikencangin per akan tertekan dan shock bisa diambil…tapi kalau pakai kawat baja diikat kawat,mobil didongkrak beres dah shock bisa diambil…lebih praktis cara bengkel kita…

  2. dnugros

    wuihhh isih platina yooo…pasti yen settingannya pas, larinya bisa nggilani kuwi, yen mung honda grand wae lewat, tapi ya itu kalo udah tipis permukaannya, kalo pas digas malah nembak2 gak jelas, makanya semua scooterku tak ganti cdi, minim perawatan..oiiii, tapi larinya ya segitu-gitu aja 😀

    Balas
    1. martini Penulis Tulisan

      bajaj punyakmu tiru2 gonaku…wekekeke kan lebih senior….tapi ya itu bro…model squishnya harus high compresi….kalo model biasa tenaga ilang….
      makanya penampangnya ajah a-simetris…model bulan sabit

      Balas
  3. damhar

    setubuh ki, modal semangat, walaupun alat seadanya, sing penting ati dadi lego !!
    baru sabtu kemarin juga nekat mbongkar vario sing baut bodyne sak gambreng..padahal cuma pingin nguras tangki bensin, hehehe..
    berhubung sik pemula, saiki meteran bensin dadi gak normal, setingan karbune juga gak tepak, bret bret bret,,,,hehehe…tapi tetep lah, puas iso ngebyak motor !!

    maturnuwun wes ditulari semangat koyane Ki!

    Balas
  4. kurniaprorider

    Aku minggu wingi belah total 2 mesin smash, mindah jeroan,dpilihi sing apik didadeke siji.hasile sing siji halus n yg 1 tambh koyo diesel. Kmrn jg bis ngganti seher f1z. Semua punya temen dan ga sempat mengabadikan.

    Balas
    1. martini Penulis Tulisan

      hehehe…block-silinder ketemu crank-case gasket tak lepas…soalnya permukaan beber2 flat…bagian silinder-block ketemu silinder head juga sami mawon…..gak pake gasket!! dah dites gak bocor dan tenaga mak-nyos….

      Balas
  5. sabdho guparman

    salut dah. . .
    dengan alat seadanya bisa turun mesin 2 tak ,
    kalau 4 tak gimana ya mas kan silinder head lebih rumit tuh?

    gosokan panci kayaknya di bengkel resmi ndak ada :mrgreen:

    keep brotherhood,

    salam,

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.