halooo..kembali lagi bersama begawan kolor ijo…kali ini postingan tentang ilmu besi….bukan tentang mesin, meski kaitannya sangat erat dengan permesinan itu sendiri…walaupun akan susah dicerna oleh kebanyakan orang semoga bisa menjadi pencerahan…karena akhir2 ini banyak temen2 yang nekat dongkrak performa motor tapi belum genap enam bulan mesin yang di korek bubar jalan!!!
Heat treatment…….
opo sih heat treatment?? ada hubungannya dengan mesin yak?? hehehehe…kira2 begitu!!
KASUS…ada temen yang punya jupi z dan sudah di korek….ganti piston, ganti cam, karburator, knalpot ,kopling set juga valve….setelah 3bulan berselang mesin ambrol yang diawali suara mesin kasar…abis itu di standarin trus dijual…dia berkata?? “Mas apa ada yang salah??” ketika dibongkar profil cam standar yang sudah di bubut rusak/tergerus….disebabkan pemakaian per valve/klep racing yang keras…untuk menghindari floating tentunya…
kenapa cam bubutan cepat rusak yang mengakibatkan bukaan klep kacau dan akhirnya klep membentur piston?? padahal di cam standar hal tersebut tidak terjadi bahkan untuk waktu yang lama!!
Pembahasan:
pada cam standar…setelah proses permesinan (membentuk LSA dan profil cam) selesai..maka cam dimasukkan dalam tungku/oven pembakaran untuk di heat treatment. tujuan heat treatment untuk megubah struktur mikro baja…dimana ketika mencapai suhu 850 derajat..baja posisinya tidak stabil dan berada di fase austenit!! jika pada suhu ini cam tersebut disiram dengan karbon/arang…dan didinginkan maka akan mengakibatkan permukaan logam keras dan tahan aus (tidak mudah tergores) proses ini dinamakan karburising….setelah dingin…akan dilakukan normalising…yaitu memasukkan cam yang sudah di karburising ke dalam ditungku pada suhu 120 derajat selama 1bulan…agar struktur mikro yang didapat berprofil halus!!
Material heavy duty..
cam adalah salah satu komponen mesin yang penting dan punya kinerja berat…jantung mesin diatur oleh cam ini..selain tahan gesek cam harus ulet!! jika cam getas…maka cam akan mudah patah…sudah banyak kejadian dilapangan lah bahwasannya cam patah jadi 2…hehehe!! untuk mendapatkan cam dengan karakter ulet dan tahan gesek dipermukaanya sangat sulit….karena material yang ulet pasti lunak (gampang tergesek)…jika material itu kuat dan tahan gesek dipastikan punya sifat getas….kok bisa?? itu sudah dalil alam (jangan tanya masalah ini…karena ini inti masalah yang mesti diakali)…untuk mengakali sifat baja ini…maka bahan cam harus lunak…baru strukturnya dikeraskan pada bagian permukaannya…sehingga didapat cam dengan permukaan licin dan tahan aus sementara liat/ulet dan tidak mudah melintir dibagian dalam!!!
Ketika anda membubut ulang profil cam…lapisan tahan aus tersebut telah habis terkikis batu gerinda…dan akhirnya…profil cam baru tidak mampu bertahan lama…karna yang tertinggal cuma cam yang berprofil lunak…sifat tahan ausnya telah ilang……..
so bagi yang korek mesinnya main bubut cam..jangan lupa di heat teratment….tentu pake cara karburising + normalising…..jangan sekali2 menggunakan sistem quench…karena cam akan berubah jadi getas dan rawan patah!!
smoga bisa membantu dan dapat mencerahkan……….
Pertamax begawan..
kira-kira kalau cam HRP udah di heat treatment belum ya begawan, riris pake cam HRP je. 😀
dia kan import dari thailand…biasanya dah ditreatment mas….meski gak di normalising
weh menyimak ajah.. …. kelas tehnik nih… (manggut2 tanda gak mudeng…) 🙂
salah room mas…ini kelas IPS..sosiologi hehehehe…..
nais inpoh begawan…
agak ga mudeng, baca sing alon2 mengko juga mudeng dewe
matur nuwun..
sami-sami………
forumnya mesin nih.. ikutan ah…
salam kenal..
heheh rasain tuh yg suka korek racing biar pada ancur mesinnya 😛
tips : jangan beli motor bekas (orang yg suka modip korek mesin) 😀
Mesin standar wae lah, biar awet 🙂
setuju bro, sebagai sesama rider standart, pakenya motor standart saja..
Salam standart…
dilengkapi SSS, biar aman
hmm.. *manthuk-manthuk
aku punya oven, siapa yg mau nunut meng-heat treatment? tapi roti saja, jangan cam..
alhamdulillah dapat ilmu lagi dari begawan.
keep brotherhood,
salam,
cuma ini mas yang bisa dibagikan….jadi senang kalo berkenan
ra wani ngoprak gak duwe duit
Salam kenal kang,,,
Wong anyar kie aku hahaha,
Ngomeng2 cam termasuk High, medium, opo low carbon stell ya kang??
gabung ajah bro…
kalo secara actual begawan gak bisa ngomong…toh gak ada uji laborat yang menyatakan sebuah cam adalah baja karbon dalam grade apa….tapi yang jelas baja yang dipake bukan low carbon steel…soalnya begitu dipanaskan trus di quench materialnya berubah sifatnya……hal ini tidak terjadi pada low carbon steel
nais inpoh
nais bejo
Ooooooo maksude di HARDENING to
ada juga metode lain, yaitu kebalikan dari dipanaskan, justru didinginkan……..jenenge lali, pokokmen ben materiale susunan molekule rapet dan teratur
namanya kriogenic….tapi gak semua matrial bisa di kriogenic….dan harga yang jauh lebih mahal…soalnya membekukan sesuatu barang 70derajat dibawah suhu normal membutuhkan energy sangat besar……..lha wong cuma menyimpan air disuhu 4derajat dalam kulkas ajah butuh listrik tinggi tho?
masyaAllah- satu bulan normalising nya????
kalo yang harganya mahal..normalising minimal 4 bulan mas bro…rata2 buat komponen heavy duty normalising berada dirange 2tahun!!
neng saerah isoh po ra yo mas?
sak ngertiku iso….dah lama gak kesana sih…bilang ajah hardening dianya dah ngerti
ck.ck.ck…. tahap “normalising” dipanasin 1 bulan 😯
Kalo cam racing lokal macam ahrs gmna bro?
http://aiiefz.wordpress.com/2010/12/13/honda-nova-sonic-sekarang-nasibmu
ane gak berani menjudge…itu product orang bro…tanya sama juragan asep hendro ajah…….
kelasssssssss
manteb infonya meski lumayan ruwet,
hmm..
Wah, gak bisa dilakukan modifikator rumahan ya gan, kalo untuk hardeningnya aja harus secara rata pemanasannya biar materialnya gak melintir, ini ditambah harus dipanaskan suhu 120 selama 1bulan full, oven rotinya siapa yang bisa dipakai ya…?
hehe… Salam kenal gan, kapan bikin jaket neh….
edisi kaus kehabisan je…
oven roti mana sanggup…baru seminggu ane jamin fillamen pemanas jebol…hehehehe