rangka pada motor kok identik dengan pipa yak? meski ada juga yang memakai model monokok ataupun model delta box…tetep aja material pipa pasti masih digunakan!!
disini begawan ingin sedikit share pengalaman saja tentang pipa….
ISTILAH…dalam perkembangannya istilah pipa di dunia perpipaan ada 2 yang familiar…pipa dan tubing…sebagian orang menyebut kalo semua pipa dibawah diameter 2 inchi disebut tubing dan yang dimaksud pipa adalah pipa yang berdiameter diatas 2inchi….ketika dilapangan orang2 menyebut pipa dengan ketebalan 1.2mm, 1.6 mm dan 2mm adalah tubing dan pipa dengan ketebalan sesuai tabel ANSI/ASME disebut pipa schedule…kedua istilah pipa ini punya kekuatan yang sangat jauh berbeda……
BAHAN PIPA/TUBING dipasaran ada macam macam bahan pipa/tubing…ada yang berbahan carbon steel, stainless steel juga galvanis….stainless steel tentu yang paling bagus. Grade..atau spesifikasi pipa sendiri macam2 baik untuk carbon atau stainless…tergantung kegunaanya misalnya 304,316 untuk stainless atupun ss400 , A53 untuk carbon
MOdel pipa…pipa memiliki 2 model berdasarkan cara pembuatannya…ada yang welded (dilas) dan ada yang seamless atau tanpa sambungan dengan cara (di ekstrusi)……
Bagaimana dengan pipa kotak?? sebagian rangka motor mempergunakannya..dalam bidang piping pipa kotak disebut square-tube…biasa dipake untuk frame mesin..tentu pipa ini memiliki sifat lebih rigid/kaku dibanding tubing biasa dan memiliki residual stress/tegangan sisa di ke-empat sudutnya….jadi ada kelebihan dan kekurangannya…..
begawan…kok frame motorku ada yang sender..tidak center…padahal gak dipake nabrak?? mungkin load/beban motor terlalu over dosis sehingga rangka berubah/terdeformasi….untuk mengecek ukuran frame dan tebelnya…bisa dilihat pada tabel ANSI/ASME….
tabel ini dulu yang dishare untuk kekuatan pipa akan dibahas lain kali…semoga bermanfaat!!
1st
monggo…….disini cuma ada minah dioplos thiner A..diemulsi aceton
yang jadi topik perbincangan semalam nih! 😆
hanya sharing…kebetulan pernah pegang barangnya….
weh opo iki ki??….pipo londo mlebu kategori ndi??..xixixiixix
pipo londo mah podo karo pipomu…nggowo racun…menyebabkan cewek sengsara….hohohoho….
wah siap2 produksi kucing ireng.
Wis ana pakare.
woo…
gara-gara byson
masih menyimak sambil manthuk-manthuk wae 😀
untung si Paijo 98% pake konstruksi square-tube yang kata begawan lebih rigid, setelah saya bongka2 + amati hanya ada beberapa bagian frame Paijo NCB serries, yang pake frame tube ,yaitu: komstir, letter -u pengikat monoshock, dan engsel pengikat swing arm… 😆 terbukti, di tabrak mio dari samping, ga jatuh, malah mio nya yg ringsek stir nya muntir 😆 sipaijo hanya luka2 fairing nya
khusus frame utama, yg dimotor laen digadang2 sbg delta box, saya rasa punya paijo masih yg ter ringan dan ter rigid dikelasnya selama ini xixixiixix ayo lempar lpg 😆
yo nggone dhewe diapik2no …wajar 🙂
juragan DOHC ki kok yo ono2 wae…..hehehe..ada RGR yang super ringan lho…coz dari almu….
nice info, tapi aq ra mudeng bahasa teknik mas. hiks..
podo… absen aja..
Maaf gan sedikit penambahan, untuk galvanishing sebenarnya adalah pipe base carbon metal yang dilakukan plating / pelapisan dengan bahan dasar zinc.
untuk carbon base sendiri terdiri dari berbagai macam ukuran dari mulai 1/2″ s/d >24″ dengan tebal mulai dari +_1mm s/d 16mm dengan spec yang beragam mulai dari bos, sni, a53a, a53b, api dengan grade yang beragam.
cmmiw.
matur tengkiu bos….ada pipa yang berdasar SNI kok sekarang ini….pilihan diameternya beragam…yang diupload kebetulan std ANSI/ASME…kalo di SNI tidak pake ukuran schedule…cukup tebal dinding ajah…tapi kalo sekelas R2 number 1 mosok pake SNI..prinsipal pasti mematokpada std JIS atopun std ANSI…..
memangnya lebh bagus mana antara pipa dengan deltabox?
bagus ato tidak tergantung usage/penggunaan mas….kalo tenaga gede dirpm tinggi tetap dibutuhkan frame yang kaku…delta box lebih megang lah…nah kalo tenaga kecil trus peruntukannya buat turing yang butuh nyaman..frame tubular ya pilihan bijak…setahuku dah ada aturan dalam desaining untuk mesin………
tambah Gombal anyes http://triyantobanyumasan.wordpress.com/2010/12/15/baru-tahu-klx-150-itu-21-700/
Begawan nanti tolong bikin artikel motor a pakai bahan rangka dari carbon steel, motor b dari glavanis, dlll
absen
mantap WAN, lanjutan kuliah di depan pegadaian kemarin nih.
tapi kenapa ya mayoritas motor (terutama di Indonesia) lebih banyak pake frame dengan model tube
***saikiyoseringberhubungandenganbesitapikanggomasangantennanengtower**
Mantafff artikelnya, pencerahan tentang pipa 🙂
iseng2..biar gak lupa kalo dulu sering ngrakit pipa
siip dah ulasannya, kalo satria ru tuh gimana ki? pernah denger dulu dijelasin bengkel serpis suzuki katanya rigid tuh rangka, tahan bengkong hehe
generasi satria emang bagus dirangka mas…cuma shock depan kurang mumpuni untuk tenaga segede satria….diatas 100kpj pasti liar……..
Ping balik: Koboys & Bro Saranto « kilaubiru >>>
mesti banyak belajar lagi ni sama begawan 🙂
manggut-manggut ndenger kuliah dari begawan. . .
keep brotherhood,
salam,
Ping balik: Koboys & Bro Saranto « Paguyuban Komentator dan Blogger
klo untuk mtr inggrisan klasik kan tubingnya pake tubing chromoly dari reynolds kq nggak dmasukin Mas Bro?
masuk kategory stainless soalnya….karena material stainless pake Cr-Ni-Mo…ada beberapa yan pake Cr-Ni-Ti…
chromoly 4130, lebih kuat, lbh lentur, lebih ringan, lebih tahan karat dan lebih bs meredam getaran daripada besi biasa
semua yang berbahan stainles 4xxx, 3xxx, 2xxx adalah tahan karat…beda peruntukannya saja…yang paling gampang dilas (tanpa meninggalkan cacat) tentunya yang dipilih…
numpang nanya, para juragan sekalian. anak baru nih, mohon dimaklumi keluguannya…
Kalau aku ingin membangun frame body (semacam buggy car), pipa jenis apa yang ringan dan kuat untuk keperluan semacam itu?
terima kasih ya…