BEDA AVTUR dan AVGAS…awas jangan sampe mesin siap tempur meleduk!!!

motor balap identik dengan kenceng dan kenceng…hehehe…kompresi tinggi, cam racing, big valve, knalpot free flow, karbu gede, bore-up/stroke up, cdi tanpa limiter dan disertai koil tegangan tinggi + busi iridium…katanya sih kenceng….katanya lho…tapi ada juga yang merintih pasrah karna motor hancur…”padahal sudah pake bensol lho mas….itu bengsin buat pesawat, jare oktannya tinggi..kok mesinku tetep njebluk??!!” habis itu anak SMA tersebut nangis…”nanti kalo babeh tahu mesin hancur gimana….gak berani pulang aku mas…mana motor kreditan jeee…” glodakkkk…njur semaput bocahe…..

pasti yang pernah jadi mekanik mesam-mesem….kalo pernah mengalami kejadian seperti itu…”lha udah dikasih avtur ki begawan!!!”    ….. “whaaa….avtur???? kok gak dikasih kuku bima energi  sekalian sih…biar “roso-roso” haduh…pantes njeblug!!….kalo begawan jelas prefer petromax plus….meski oktan gak nyampe cepek….genah2 Mogasnya khusus buat mesin rpm tinggi dan asumsi tekanan udara ambient = tekanan atmosphere…..

Ternyata ada beda antara AVGAS (Aviation Gasoline) dan AVTUR (Aviation Turbine)

ini murni petikan dari prinsipal pembuat ke-2 BBM ini…sesuai standart ASTM tentunya

Aviation Gasoline

Sejak mesin yang pertama kali digunakan untuk menggerakkan pesawat terbang menggunakan/berbasiskan mesin otomotif, bahan bakarnya pun menggunakan bahan bakar untuk otomotif. Dewasa ini beberapa pesawat terbang masih menggunakan mesin otomotif/mesin piston, walaupun dalam jumlah yang tidak banyak. Untuk jenis pesawat inilah PERTAMINA Aviation menyediakan Aviation Gasoline (AVGAS). AVGAS adalah bahan bakar dari fraksi minyak tanah yang dirancang sebagai bahan bakar pesawat terbang yang menggunakan mesin yang memiliki ruang pembakaran internal (Internal Combustion Engine), mesin piston atau mesin yang bekerja dengan prinsip resiprokal dengan pengapian/pembakaran. AVGAS merupakan suatu campuran komponen-komponen yang berasal dari minyak mentah dengan hidrokarbon sintetik yang di blending dengan additive tertentu yakni unsur/bahan kimia seperti tetraethyl lead, inhibitors dan dyes dalam jumlah kecil. AVGAS adalah bahan bakar dengan nilai oktan sangat tinggi yang spesifik digunakan untuk mesin pesawat terbang yang memiliki tingkat kompresi tinggi.

Performa AVGAS terutama ditentukan oleh karakteristik anti-knock yang ditunjukkan oleh bilangan oktan untuk nilai di bawah 100 dan juga capaian performa di atas 100. Tingkat/grade AVGAS pada prinsipnya ditentukan oleh nilai oktan yang mengindikasikan tingkat performa/kinerja bahan bakar. Grade AVGAS yang disediakan oleh PERTAMINA Aviation di Indonesia adalah AVGAS 100/130. Serupa dengan bensin yang merupakan bahan bakar untuk mesin piston, AVGAS memiliki sifat sangat mudah menguap dan sangat mudah terbakar pada temperatur normal. Oleh karenanya prosedur dan peralatan yang digunakan dalam menangani produk ini secara aman haruslah mendapat perhatian serius. AVGAS harus memiliki titik beku (freeze point) maksimum -58°C dan memiliki kandungan Sulfur maksimum 0.05 % m/m.

AVGAS kami memenuhi standar British Ministry of Defence, Defence Standard 91-90/latest issue (Aviation Gasoline 100/130), DERD 2485 and ASTM D 910, the Standard of Specification for Aviation Gasoline

 

Aviation Turbine Fuel

Aviation Turbine Fuel (AVTUR) atau secara internasional lebih dikenal dengan nama Jet A-1 adalah bahan bakar untuk pesawat terbang jenis jet atau turbo jet (baik tipe jet propulsion atau propeller). AVTUR diproduksi sendiri di kilang-kilang PERTAMINA.

Di samping sebagai sumber energi penggerak mesin pesawat terbang, bahan bakar penerbangan juga berfungsi sebagai cairan hidrolik di dalam sistem kontrol mesin dan sebagai pendingin bagi beberapa komponen sistem pembakaran. Hanya terdapat satu jenis bahan bakar jet-yakni tipe kerosene (minyak tanah), yang digunakan untuk keperluan penerbangan sipil di seluruh dunia. Oleh karenanya sangatlah penting bagi perusahaan penyedia bahan bakar penerbangan untuk memastikan bahan bakar yang disediakannya bermutu tinggi dan sesuai dengan standar internasional.

Check list mutu produk berisi persyaratan-persyaratan utama dari spesifikasi bahan bakar. AVTUR/Jet A-1 yang disediakan oleh PERTAMINA Aviation memenuhi standar Britsh Ministry of Defence, Defence Standard 91-91/latest issue (Turbine Fuel, Aviation Kerosine Type, Jet A-1, NATO Code F-35), DERD 2494 and ASTM D 1655, the Standard of Specification for Aviation Turbine Fuel.

AVTUR adalah bahan bakar dari fraksi minyak tanah yang dirancang sebagai bahan bakar pesawat terbang yang menggunakan mesin turbin atau mesin yang memiliki ruang pembakaran eksternal (External Combustion Engine). Kinerja/kehandalan AVTUR terutama ditentukan oleh karakteristik kebersihannya, pembakaran, dan performanya pada temperatur rendah. Berdasarkan spesifikasi tersebut, AVTUR harus memenuhi persyaratan yang dibutuhkan, seperti memiliki titik beku (freeze point) maksimum -47°C dan titik nyala (flash point) minimum 38°C (100° F)

 

dah gitu ajah…semoga bisa bermanfaat meskipun sekedar petikan!! maap-maap kalo akhir2 ini agak ra mutu postingannya, maklum eksperimen tentang mesin butuh kejelian…dan banyak errornya dari pada suksesnya…

Iklan

34 thoughts on “BEDA AVTUR dan AVGAS…awas jangan sampe mesin siap tempur meleduk!!!

  1. damhar

    artikel tingkat tinggi maneh…

    wong indonesia sugih, minyak tanah yg notabene bahan bakar pesawat, malah dipakai nggodok indomie.. :mrgreen:

    Balas
  2. sabdho guparman

    standar kurang puas, bore up stroke up, kurang kenceng lagi pake turbo, kurang lagi pake nos memang sudah sifat dasar manusia ndak ada puasnya. . . . dan itulah pemicu inovasi

    keep brotherhood,

    salam,

    Balas
  3. Cyber™

    Yg gila temen saya,kompresi padet bgt,cam kompetisi,big valve,busi iridium,fcr30,knalpot freeflow,cdi rextor adjustable,koil racing(tau merek apa)
    dikasih premium…
    Lha ya tiap blan ato kurang mesin jebol!!
    Untung orang kaya…

    Balas
  4. rbk

    dulu pas saya masih sekolah taon 98 an ada agip racing fuel, tapi harganya mahal banget, 200 rb per liter. mungkin itu sebabnya mobil drag kalo masuk pedok mesti ditarik mobil lain ya. gak tau sekarang masih ada pa nggak

    Balas
  5. Ping balik: BEDA AVTUR dan AVGAS…awas jangan sampe mesin siap tempur meleduk!!! « Forum OJT/Magang PT ARUN LNG

  6. Aircraft Engineer

    broooo…mesin pesawt jet itu jg termasuk internal combustion engine…yg termasuk eksternal comb. eng. itu yaaa mesin uap yg dipake keareta api yg masi make batubara n ketel uap jaman doeloe…
    La trus skrg apa coba yg ngtebedain mesin otomotif ma mesin jet (mau yg turboprop, turbojet n turbofan prinsip dasarnya sama aja)?
    KLo yg mesin otomotif umumnya pake mesin piston (ada juga sih yang make jenis mesin rotary) dan klo mesin pesawat tuh umumnya ya pake mesin turbin (turboprop, turbojet, n turbofan).

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.