Just my two-cents………
dirumah ada beberapa motor yang memang jarang dipake…meskipun begitu tiap 2bulan oli motor tersebut diganti!! Anehnya meski kilometer jarang sekali nyentuh 1000km…tapi kok oli mesin yang keluar dari baut pembuangan mesti kurang…entah 100ml ato bahkan sampae 300ml….
beberapa waktu lalu simbok ngomong…”Le..mbok motor yang satu itu dibawa ke bengkel…ben agak enakan dikit kalo dipake!!”…karna simbok ngasih mandat sekalian ngasih duit…perintah langsung di eksekusi..!!!
Langkah pertama langsung menurunkan head mesin…ternyata fine2 ajah!! cuma numpuk kerak karbon yang membatu di permukaan piston dan di ujung valve/klep…Lha…kemana yak larinya oli?? Ternyata teka-teki akhirnya kejawab…Pas mencoba ngepasin posisi top-piston…terlihat kalo magnet berminyak!! dan ketika blok di bagian magnet turun…ada oli dalam jumlah banyak tumpah!!…aneh juga, motor bebek yang biasa menganut sistem elektrical type kering kok berkubang olie??…ternyata seal2 penyekat pada magnet telah membatu….hehehehe….dikarenakan karet2 yang berada di bak magnet masih bagus…maka oli tertampung didalam dan tidak menunjukkan adanya rembesan….
So…jika dalam jarak tempuh pemakaian yang cukup dekat tetapi oli banyak berkurang…seal2 penyekat patut dicurigai sebagai biang kerok masalah yang ada…apalagi tidak ada tanda2 oli mesin naik ke piston ataupun ngebul….sebab pada usia pemakaian diatas setahun karet2 seal akan mengalami pengerasan karena sering terkena panas mesin…jika sudah kaku..maka kemampuan dalam menyekat oli…akan jauh berkurang!!
jika semua oke dan oli masih habis2 juga…baru patut dicurigai kalo olinya memang jelek….
klo motornya baru yg Vartech kemaren piye? berarti bener MPX emang jelek?
bisa disimpulkan sendiri lah…soalnya semua serba baru….
Seal kaku dan retak2
Suwun infone Kang Gora. Nggonaku pas ngetap belum ada 2000km, eh oli sing metu mek sethithik.
inpo ajipp
ooooo begitu,,nice one
http://motomotif.wordpress.com/
sealnya keras, getas, olinya kemana mana, bocor
Hemm.ini motor yg sekarg kupake malah terakhir ganti oli itu bulan nopember tahun lalu..rencana sih genap setahun baru ganti oli..hahahahaha…
Utk skutik pake mpx2..tp gak pernah ngeliat pas ganti oli..coba nanti kalo dah 8000 km saya ganti oli sendiri.mau ngeliat berkurang atau tidak…
Kalo berkurang juga, wah…komplen nih-komplen
masuk akal
disinyalir ada tuyul usil yg lagi kehausan..ujug nyedott gitu aja tuh oli 😀
http://asmarantaka.wordpress.com/2011/08/15/beberapa-faktor-yg-membuat-r-15-ngk-diproduksi-di-sini/
btw itu motornya umur berapa om?
ada saran bagusnya ganti seal2 itu brapa tahun sekali?