Honda grand/supra gak bisa ngebut!! ini dia masalahnya…..

woke mas bro….lanjut ke artikel yang lain moga2 bermanfaat dan bawa berkah!!

Honda grand dan supra dijaman dulu memang moncer…bahkan meski sudah uzur memiliki penggemar fanatik…gak terkecuali ibu2 yang berjualan sayur dipasar!! Jarene roso-roso…kayak iklan alm.mbah marijan…..tapi sekarang banyak muncul keluhan…meski udah di serpis tetep aja kayak keyong larinya…dah gitu tarikan berat….

sepertinya bagian kopling honda grand perlu di rekondisi..baik kopling utama maupun kopling ganda perlu dicek!!

bongkar dulu bak kopling…tapi sebelumnya oli wajib ditap…biar gak tumpah kemana-mana..

nah..kedua spare part yang berbentuk piringan ini wajib dibongkar!!

dan lihatlah bagian dalamnya….wuuuuu….anda akan terperangah karena bagian metalnya yang kalah dan sudah membentuk alur!!

buset....hasil dr pemakaian buat angkut2 sayur kepasar!!! parah...sadis....

trus kepiye kalo sudah begini….hem…intip dulu duit di dompet!!! kalo dompet lagi tipis cukup bawa ke tukang bubut dan ratakan alur pada mangkok kopling….biaya tukang bubut cuma 20ribu….akali profil kampas sentrifugal bagian ujung belakangnya dengan menambahkan daging kemudian digerinda ulang sesuai profil aslinya…trik ini hanya untuk jangka pendek saja sembari menunggu dompet tumbuh lagi duitnya…hehehehehe…

kalo sudah ada dana tebuslah 1set kopling ganda….tapi harga dipasaran memang cukup mahal…..

1 set kopling seperti ini jika ori harganya cukup mahal.....

jika memang mendesak beli saja kopling set versi KW buatan thailand…..dengan harga 170ribu sudah dapat part baru..sedangkan kampas koplingnya dibandrol 60ribu…cukup murah bukan…..

 

Iklan

73 thoughts on “Honda grand/supra gak bisa ngebut!! ini dia masalahnya…..

    1. martini Penulis Tulisan

      yo delok2 spare-partnya tho mas….itu masuk slow moving!!! harga ori satu set depan belakang kalo gak salah 800 ribu!!! nah kalo ngeteng separo punya KW buatan tahiland cukup 170+60…nah murah tho?? lha kalo merek lain 1lembar kampasnya ajah 35ribu, gimana kalo ganti satu set?? iso memperkirakan dewe….lak yo luwih murah tho???

      Balas
    1. martini Penulis Tulisan

      kampasnya utuh….memang kalah keras materialnya…karena yang berputar kampasnya dan yang diam mangkoknya…sama kayak grinda…yang bergerak yang bakal menang..meskipun beradu dengan besi…

      Balas
  1. Kurnia1prorider

    Wuih…kui podo nggonè Eyang Putri (astrea Prima-ku), biyen mung tak sok’é kopling sentrifugal karo tuku kampas fkym sekitr 30n rbu,total ga hbs 50rb. Saiki wis dienggo angkut2 suket karo gabah, ganti olinè ngalahkè cbr250, 1 tahun lebih baru ganti oli tapi gumunè kok yo ra rusak2!!

    Balas
  2. ajikz

    persis seperti punya shogun saya, mangkokan kopling udah terkikis kedalam dan kalo diputar kok keliatan peyang ya?? langsung ganti mangkokan KW aja, tarikan jozzz kayak motor baru.

    Balas
  3. damhar

    Kebetulan nih Wan,
    waktu baca artikel Knalpot Racing yg dulu, ada soal modif plat kopling yg membantu meningkatkan performa motor..
    Saya masih belum dapat gambarannya, sebenarnya fungsinya kopling itu apa ya? prinsip kerjanya gimana, koq dgn ganti/menambah jumlah per kopling bisa menaikkan performa? Yg saya tahu cuma kopling itu berfungsi saat terjadi perpindahan gigi, tapi gak tahu mekanismenya seperti apa

    Newbie ijin menyedot ilmunya begawan. Maturnuwun

    Balas
    1. martini Penulis Tulisan

      yakin kopling dapat meningkatkan performa?? batasan meningkatkan gimana?? misal tenaga motor di kruk-as 20dk…nah kopling yang bagus bisa menyalurkan 80-90% tenaga motor tersebut!! tapi perlu diketahui bahwa kopling di sepeda motor tidak menggunakan sistem kopling/kopel…sistem yang diterapkan sebenarnya adalah clutch!! clutch dalam transfer tenaganya tidak sebagus kopel…karena ada mekanisme roda gigi dan sistem pegas…baik berupa cakram(model matahari) ataupun sistem per penekan….sehingga kemampuan clutch bertumpu pada lembaran plat dan kanvas….
      dengan ditambahnya per atau ditambahnya lembaran kanvas diharapkan bidang gesek akan bertambah…atau minimal koefisien gesek dapat meningkat…tapi hal tersebut menimbulkan efek hentakan yang keras pada mesin,perpindahan gigi terasa kasar atau damper/karet penahan getaran cepat aus….kesalahan/ketidak cocokan dalam pemilihan oli terhadap model kanvas yang dipake juga akan mengurangi besarnya daya yang ditransfer!!
      jika ingin meningkatkan performa motor bisa dilakukan dengan merubah rasio pada roda gigi yang ada pada kopling

      Balas
      1. damhar

        maap baru online lagi wan,,

        Kebetulan nih Wan,
        waktu baca artikel Knalpot Racing yg dulu, ada soal modif plat kopling yg membantu meningkatkan performa motor..
        ———————————————
        Yang soal plat koplingnya di ketrik itu lho wan, trus juga sering lihat di FJB yg jualan kopling GL dgn 6 per (aslinya 4), katanya buat naikin performa gitu..

        baca komen sampean sampe 3 kali baru mudeng, hehehehe…maturnuwun Wan

  4. vyzex

    Ada juga yang lebih muraha..cukup 100 ribu..gak tau thailand apa bukan…
    Dulu juga punya shogun 110..penyakitnya sama, ganti kampas (abis 350 rb) gak sembuh..ternyata itu dia..mangkoknya dah rusak..total biaya juga 800 ribu..skalian skir klep..ganti paking, sama laher kruk as..(Ceritanya turun mesin) hehehe

    Balas
    1. yoww

      suara ngik ngik bs jg karena shockbreakernya kudu waktunya di ganti. Mtr ane ngik ngik. service tune up msh ngik ngik. akhir nya ketauan ama teknisinya shockbreaker nya dah kena. stlh ganti shockbreaker ga ada lg suara ngik ngik.

      Balas
  5. faeshol

    om,,
    supra ku kalo jalan, bunyi nguk nguk nguk..
    kmrin ce udh d benerin, yg kena koplingnya, d ganti kopling, mgkok, pkxnya smwa nya total 650rb..
    tp msih tetep, kta bengkel nya, hrus gnti kopling depannya juga, kira2 hbis brapa ya untk nyerviz iv

    Balas
  6. bimo

    aq mau ganti rumahan kopling ganda untuk suprax 2001,,tp cari yg asli AHM impor susah,,,klu ada yg tau tolong di info,,,trus itu rumahan kopling ganda namanya apa yah klu di dunia sparepart honda?

    Balas
  7. Novan Ardiyantara

    saya mau sharing2 aj, saya punya motor sanex tahun 2000, udah gado2 pake sakher jupiter 115cc, keprasan noken di kurangi 1,5, kampas kopling gl, peer kopling shogun, kopling tangan.
    kok larinya sm kayak supra 100cc, apa rasio sm karburatornya harus ganti juga biar larinya tambah enteng…?
    mhon masukannya

    Balas
  8. bajaj

    akali profil kampas sentrifugal bagian ujung belakangnya dengan menambahkan daging kemudian digerinda ulang sesuai profil aslinya. mohon di perinci berikut gambarnya yg jelas dan besar thnks

    Balas
  9. asep

    mas…..kenapa ya honda grand masih mengeluarkan asap putih walau sudah dibuat oversize 50? apa ada masalah lain? trus mesinnya juga jadi cpat panas. yang lain-lain ga ada yang diotak atik. mohon bantuannya y!!! terima kasih

    Balas
  10. kang agung

    gan? aku pnya grand 97 di gas awal abot,.. terkandang nyendal nyendal,.. kalau udah gas separo jalan lancar cuman suara berisik apane yo gan? tulung matur nuwun

    Balas
  11. kustomboy

    Astrea PRITUNGku yo koyo kui kasuse, omah sentrifugale wis kw gerong sisan nek kecepatan tetep iso mlaku 80km/jam tapi nek di selah mlusut, karo kadang selip2. tenaga tetep ra maksimal tersalur nang roda mburi mula rencana meh tak ganti. iki mau bar entuk tuku bekas seko pasar loak 40k….tambah bensine dadi boros mergo sing sok selip

    Balas
  12. yeye

    top speed supra x 2004 ane hanya mentok di angka 100 km/h….n gk bisa nambah lagi…kira2 koplingnya perlu diservis gk gan???

    Balas
  13. Yus

    Emang mulai seri c 50-c 800 kasusnya sama,engkol stater sering los,biar gak los ganti kampas ama kampas honda astra/c90 dipasaran sekitar 30rb,bongkar rumah kopling,da per 4 biji,per di ganjal pake ring per,bintik 2 plat kopling biasane dah pada aus lha itu di titik lg biar bs nggigit kampas kopling,ni dah tak coba di honda c 50.alhamdulilah tokcer engkol gak ngelos lg tarikan jg maknyus

    Balas
  14. Luka Dan Dendam

    mas saya punya supra fit,,udah sya ganti kpling ganda,,pir kopling recing,noken as recing,,n bobin recing,,magnetx pun sdah sya bubut+kop blok jga dah di bubut…pi knpa larinya ga bsa kenceng..pas tarikan pertama memang enak pi slanjutx malah ngedrop?

    Balas
    1. martini Penulis Tulisan

      torsinya ilang…karna suprs fit rasionya tidak close(rapat)….sementara magnet sebagai pembangkit torsi dah dipangkas….nah pas pindah gigi kan rpm ngedrop…kalo pemberat(magnet sebagai pembangkit torsi) dikurangi ..untuk menaikkan rpm bakal sulit…makanya begitu sehabis dioper maka motor ngedrop larinya

      Balas
  15. dede

    gan kmarin ak böngkar sndiri.sukses.tp pasang tvtup mesinya susah.tolong penjlasaya soal pasang batok mesin biar lebih mudah,trimaksh

    Balas
  16. heru

    Bos motor gw legenda, baru ganti knfas kopling di bengkel, kalo masuk gigi 1sd4 di tekan
    Kox panggah mblusus mlaku ki piye solusine.

    Balas
  17. kliwon

    boss kalau kopling gan nya bautnya di kencengin kok kampas gandanya ikut berputar ya bolak balik kalau di kendorin dikit normal apa gotrinya di mahkoannya itu ada yang rusak ya?

    Balas
  18. ogin

    bos ciri” plat besi kopling yang jumlahnya tiga lembar motor honda supra double x, yang sudah aus apa yah

    Balas
  19. Ari yudha

    Misi numpang tanya
    aku punya motor supra tahun 2001.
    Motor aku kan sudah pakai kopling tangan per sudah pakai per racing, kampas tiger, tpi kok larinya masih segitu-gitu aja, oversize udh 50. Gasnya masih sering tertahan, solusinya gimanaya? Supaya lari motornya ces pleng

    Balas
  20. Pri

    Mas.
    Minta tolong, saya gagal buka baut tengan kopling utama.
    Bagaimana caranya?
    Pakai kunci apa/cukup diketuk pakai obeng dan palu.
    Atau, menggunakan alat apa, soalnya waktu saya ketuk/pukul, kopling dalam masih ikut berputar, walo gerigi luar sudah saya ganjal (sudah tidak berputar).
    Terima kasih banyak.

    Salam,
    Pri.

    Balas
  21. Hadi Klum

    Kalo honda win sama ya? Max cuma 70 kpj, kalo gas ditambah mesin langsung meraung. Kata orang bengkel perlu ganti spare part, tapi orang bengkel juga ragu2 nama part nya, pokoknya yg berhubungan dgn kopling.

    Balas
  22. jojo

    Permisi Mas numpang tanya,motor saya supra 2001. permasalahannya :1.sya pernah ganti bambu skok depan cmn dalamnya per sama sulingannya tdk diganti ktnya bkl msh bagus.setelah diganti oli skok dipasang trus klo lewat polisi tidur atau jln tdkvrata sdkit saja selalu terdengar hentakan kyak kandas dn tdk nyaman ditangan.padahal sekrup2nya kuat semua.sya coba tanya bkl lain ktanya hrs disenterkan pipa sulingnya.smp disini sya gak ngerti gimana solusinya krn 4 bkl gk bisa ngatasin.2. saya pernah ganti kones dn bearng stang.trus gak brapa lama klo lg jalan di jalan lurus gitu stir bisa gela-gelo sendiri atau zigzag sendiri.jd td stabil serasa reot motornya.trus dibkl stang di goyang2,roda jga digoyang maju mundur untuk cari kocaknya bearing gak ada yg longgar.bklnya bilang stang gpp.ctt.ban depan baru pelg tdk peang.gimana mas saya stres ngrasakno iki.gak mari2 blunder ae.apa hrs ganti bearing lg? trims

    Balas
  23. setiawan

    motor granku malah rusak.

    aduh bingung ini harus turun mesin kayaknya. tpi perkiraanku rusaknya itu pada katup valve sama rantai keteng/kamrat. sedih aku

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.