woke mas bro….lanjut ke artikel yang lain moga2 bermanfaat dan bawa berkah!!
Honda grand dan supra dijaman dulu memang moncer…bahkan meski sudah uzur memiliki penggemar fanatik…gak terkecuali ibu2 yang berjualan sayur dipasar!! Jarene roso-roso…kayak iklan alm.mbah marijan…..tapi sekarang banyak muncul keluhan…meski udah di serpis tetep aja kayak keyong larinya…dah gitu tarikan berat….
sepertinya bagian kopling honda grand perlu di rekondisi..baik kopling utama maupun kopling ganda perlu dicek!!
bongkar dulu bak kopling…tapi sebelumnya oli wajib ditap…biar gak tumpah kemana-mana..
dan lihatlah bagian dalamnya….wuuuuu….anda akan terperangah karena bagian metalnya yang kalah dan sudah membentuk alur!!
trus kepiye kalo sudah begini….hem…intip dulu duit di dompet!!! kalo dompet lagi tipis cukup bawa ke tukang bubut dan ratakan alur pada mangkok kopling….biaya tukang bubut cuma 20ribu….akali profil kampas sentrifugal bagian ujung belakangnya dengan menambahkan daging kemudian digerinda ulang sesuai profil aslinya…trik ini hanya untuk jangka pendek saja sembari menunggu dompet tumbuh lagi duitnya…hehehehehe…
kalo sudah ada dana tebuslah 1set kopling ganda….tapi harga dipasaran memang cukup mahal…..
jika memang mendesak beli saja kopling set versi KW buatan thailand…..dengan harga 170ribu sudah dapat part baru..sedangkan kampas koplingnya dibandrol 60ribu…cukup murah bukan…..
Sertamax..
mas honda grand saya tarikan berat. trus kalo ngoper gigi 1-4 ngedrop “molor” gimana mas
jangan2 supri ne bapaku jg njaluk ganti kopling set,mlayu 60 abot
ihiks…..
podo no karo hondaku
om kalo harga kopling ganda 800 ribu itu AHM yo……
itu ori merek federal bos….jaman dulu belum ada AHM….sebelum Federal nama partnya HM (honda Motor)
Lho katanya honda spare partnya murahhhhh…..
#kelingan bapak kost neng njakarta… 🙂 🙂
yo delok2 spare-partnya tho mas….itu masuk slow moving!!! harga ori satu set depan belakang kalo gak salah 800 ribu!!! nah kalo ngeteng separo punya KW buatan tahiland cukup 170+60…nah murah tho?? lha kalo merek lain 1lembar kampasnya ajah 35ribu, gimana kalo ganti satu set?? iso memperkirakan dewe….lak yo luwih murah tho???
lho kan ana sing membabi buta…pokokmen yen honda kuwi murah…..
#rung tau ngrumat tiger mesthi
mang dmn posisi om..
jos
kalo yg di foto itu, kemungkinan karena telat ganti kampas nya… akhirnya sampai mengikis didinding rumah kampas kopling…
sipppppp…….
http://jheren.wordpress.com/2011/09/13/makna-komunitas-community-adalah/
kampasnya utuh….memang kalah keras materialnya…karena yang berputar kampasnya dan yang diam mangkoknya…sama kayak grinda…yang bergerak yang bakal menang..meskipun beradu dengan besi…
Wuih…kui podo nggonè Eyang Putri (astrea Prima-ku), biyen mung tak sok’é kopling sentrifugal karo tuku kampas fkym sekitr 30n rbu,total ga hbs 50rb. Saiki wis dienggo angkut2 suket karo gabah, ganti olinè ngalahkè cbr250, 1 tahun lebih baru ganti oli tapi gumunè kok yo ra rusak2!!
beh temenan to kui,… ko yo enek ngunu kuwi
persis seperti punya shogun saya, mangkokan kopling udah terkikis kedalam dan kalo diputar kok keliatan peyang ya?? langsung ganti mangkokan KW aja, tarikan jozzz kayak motor baru.
hurung tau ngrumat motor honda
mantab ki …suka bongkar2…
joss..
http://motoisme.wordpress.com/2011/09/15/moto-gp-2013-moto-gp-digelar-di-argentina-dan-brazil/
Kebetulan nih Wan,
waktu baca artikel Knalpot Racing yg dulu, ada soal modif plat kopling yg membantu meningkatkan performa motor..
Saya masih belum dapat gambarannya, sebenarnya fungsinya kopling itu apa ya? prinsip kerjanya gimana, koq dgn ganti/menambah jumlah per kopling bisa menaikkan performa? Yg saya tahu cuma kopling itu berfungsi saat terjadi perpindahan gigi, tapi gak tahu mekanismenya seperti apa
Newbie ijin menyedot ilmunya begawan. Maturnuwun
yakin kopling dapat meningkatkan performa?? batasan meningkatkan gimana?? misal tenaga motor di kruk-as 20dk…nah kopling yang bagus bisa menyalurkan 80-90% tenaga motor tersebut!! tapi perlu diketahui bahwa kopling di sepeda motor tidak menggunakan sistem kopling/kopel…sistem yang diterapkan sebenarnya adalah clutch!! clutch dalam transfer tenaganya tidak sebagus kopel…karena ada mekanisme roda gigi dan sistem pegas…baik berupa cakram(model matahari) ataupun sistem per penekan….sehingga kemampuan clutch bertumpu pada lembaran plat dan kanvas….
dengan ditambahnya per atau ditambahnya lembaran kanvas diharapkan bidang gesek akan bertambah…atau minimal koefisien gesek dapat meningkat…tapi hal tersebut menimbulkan efek hentakan yang keras pada mesin,perpindahan gigi terasa kasar atau damper/karet penahan getaran cepat aus….kesalahan/ketidak cocokan dalam pemilihan oli terhadap model kanvas yang dipake juga akan mengurangi besarnya daya yang ditransfer!!
jika ingin meningkatkan performa motor bisa dilakukan dengan merubah rasio pada roda gigi yang ada pada kopling
maap baru online lagi wan,,
Kebetulan nih Wan,
waktu baca artikel Knalpot Racing yg dulu, ada soal modif plat kopling yg membantu meningkatkan performa motor..
———————————————
Yang soal plat koplingnya di ketrik itu lho wan, trus juga sering lihat di FJB yg jualan kopling GL dgn 6 per (aslinya 4), katanya buat naikin performa gitu..
baca komen sampean sampe 3 kali baru mudeng, hehehehe…maturnuwun Wan
mahal BGT
Ada juga yang lebih muraha..cukup 100 ribu..gak tau thailand apa bukan…
Dulu juga punya shogun 110..penyakitnya sama, ganti kampas (abis 350 rb) gak sembuh..ternyata itu dia..mangkoknya dah rusak..total biaya juga 800 ribu..skalian skir klep..ganti paking, sama laher kruk as..(Ceritanya turun mesin) hehehe
bang harga mangkoknya doang berapa yang ori?mhn di balas
bagus artikelnya…
http://daniwisnuwidiyanto.blogspot.com
ngolek sekennya ngone revo 100cc karo supra pit koyone jalan alternatif lainnye 😀
http://asmarantaka.wordpress.com/2011/09/22/beberapa-gambar-test-ducati-1199-panigale/
MAS SY PUNYA GRAND, MESINYA BUNYI NGIIK.NGIIK … PADAHAL PRODO GANDA. KAMPAS KOPLING BARU ? OPO YO MAS…?
otomatis elektric stater yang nempel di magnet mas…coba dicek…apakah masih bagus kondisinya
suara ngik ngik bs jg karena shockbreakernya kudu waktunya di ganti. Mtr ane ngik ngik. service tune up msh ngik ngik. akhir nya ketauan ama teknisinya shockbreaker nya dah kena. stlh ganti shockbreaker ga ada lg suara ngik ngik.
om,,
supra ku kalo jalan, bunyi nguk nguk nguk..
kmrin ce udh d benerin, yg kena koplingnya, d ganti kopling, mgkok, pkxnya smwa nya total 650rb..
tp msih tetep, kta bengkel nya, hrus gnti kopling depannya juga, kira2 hbis brapa ya untk nyerviz iv
apakah bisa supra pki knvas kopling taiger n sekalian ferx???
kalo pake kampasnya bisa…..tapi regane mahal
aq mau ganti rumahan kopling ganda untuk suprax 2001,,tp cari yg asli AHM impor susah,,,klu ada yg tau tolong di info,,,trus itu rumahan kopling ganda namanya apa yah klu di dunia sparepart honda?
saya mau sharing2 aj, saya punya motor sanex tahun 2000, udah gado2 pake sakher jupiter 115cc, keprasan noken di kurangi 1,5, kampas kopling gl, peer kopling shogun, kopling tangan.
kok larinya sm kayak supra 100cc, apa rasio sm karburatornya harus ganti juga biar larinya tambah enteng…?
mhon masukannya
tolong ajari cara nambah gading di ujung sentrifugalnya, dengan gambar yg jelas biar tambah sip, terima kasih
akali profil kampas sentrifugal bagian ujung belakangnya dengan menambahkan daging kemudian digerinda ulang sesuai profil aslinya. mohon di perinci berikut gambarnya yg jelas dan besar thnks
Gan masalahnya sama kayak motor supra ane..
Kira* bengkel di jogja yg rekomend bwt benerin kyk gt dmn ya??
Thankz ea.tz inf0x
gmn gan cra ngrubah rasio 3 n 4 biar enk
Sip sama kayak supra aku ya gitu sedikit lemot gk mau mak nyusssssss
tangyu boss infone
mas…..kenapa ya honda grand masih mengeluarkan asap putih walau sudah dibuat oversize 50? apa ada masalah lain? trus mesinnya juga jadi cpat panas. yang lain-lain ga ada yang diotak atik. mohon bantuannya y!!! terima kasih
sil klep bocor
gan? aku pnya grand 97 di gas awal abot,.. terkandang nyendal nyendal,.. kalau udah gas separo jalan lancar cuman suara berisik apane yo gan? tulung matur nuwun
Sob gmn sih mau nanya kalau piston honda gl di pasang di motor grand bisa gk
ukuran pen beda…jadinya ribet…enak pake kaze…tinggal over bos jadi…
Astrea PRITUNGku yo koyo kui kasuse, omah sentrifugale wis kw gerong sisan nek kecepatan tetep iso mlaku 80km/jam tapi nek di selah mlusut, karo kadang selip2. tenaga tetep ra maksimal tersalur nang roda mburi mula rencana meh tak ganti. iki mau bar entuk tuku bekas seko pasar loak 40k….tambah bensine dadi boros mergo sing sok selip
Bos.aku punya honda grend.95.suwara kampas kalau buwat jalan bunyi berdengung.solusinya gimana
kalo dengung itu gantinya satu set….soalnya gigi2nya dah aus…
top speed supra x 2004 ane hanya mentok di angka 100 km/h….n gk bisa nambah lagi…kira2 koplingnya perlu diservis gk gan???
Emang mulai seri c 50-c 800 kasusnya sama,engkol stater sering los,biar gak los ganti kampas ama kampas honda astra/c90 dipasaran sekitar 30rb,bongkar rumah kopling,da per 4 biji,per di ganjal pake ring per,bintik 2 plat kopling biasane dah pada aus lha itu di titik lg biar bs nggigit kampas kopling,ni dah tak coba di honda c 50.alhamdulilah tokcer engkol gak ngelos lg tarikan jg maknyus
bos grand ku suara mesin berisik……apa solusinya ya….
thx
mas saya punya supra fit,,udah sya ganti kpling ganda,,pir kopling recing,noken as recing,,n bobin recing,,magnetx pun sdah sya bubut+kop blok jga dah di bubut…pi knpa larinya ga bsa kenceng..pas tarikan pertama memang enak pi slanjutx malah ngedrop?
torsinya ilang…karna suprs fit rasionya tidak close(rapat)….sementara magnet sebagai pembangkit torsi dah dipangkas….nah pas pindah gigi kan rpm ngedrop…kalo pemberat(magnet sebagai pembangkit torsi) dikurangi ..untuk menaikkan rpm bakal sulit…makanya begitu sehabis dioper maka motor ngedrop larinya
gan kmarin ak böngkar sndiri.sukses.tp pasang tvtup mesinya susah.tolong penjlasaya soal pasang batok mesin biar lebih mudah,trimaksh
Bos motor gw legenda, baru ganti knfas kopling di bengkel, kalo masuk gigi 1sd4 di tekan
Kox panggah mblusus mlaku ki piye solusine.
mbladus ae kie
boss kalau kopling gan nya bautnya di kencengin kok kampas gandanya ikut berputar ya bolak balik kalau di kendorin dikit normal apa gotrinya di mahkoannya itu ada yang rusak ya?
per kopling seng enak gawe legenda iku nopo
bos ciri” plat besi kopling yang jumlahnya tiga lembar motor honda supra double x, yang sudah aus apa yah
Misi numpang tanya
aku punya motor supra tahun 2001.
Motor aku kan sudah pakai kopling tangan per sudah pakai per racing, kampas tiger, tpi kok larinya masih segitu-gitu aja, oversize udh 50. Gasnya masih sering tertahan, solusinya gimanaya? Supaya lari motornya ces pleng
Mas.
Minta tolong, saya gagal buka baut tengan kopling utama.
Bagaimana caranya?
Pakai kunci apa/cukup diketuk pakai obeng dan palu.
Atau, menggunakan alat apa, soalnya waktu saya ketuk/pukul, kopling dalam masih ikut berputar, walo gerigi luar sudah saya ganjal (sudah tidak berputar).
Terima kasih banyak.
Salam,
Pri.
pakai kunci mahkota yang dipasang pada kunci impact
mas kopling ganda saya tidak lurus lgi .
bunyi nya brisik.
gimana ngatasi a maz ..
by : cj iruel
beli aja yang bekasan…buat gantiin yang lama
Kalo honda win sama ya? Max cuma 70 kpj, kalo gas ditambah mesin langsung meraung. Kata orang bengkel perlu ganti spare part, tapi orang bengkel juga ragu2 nama part nya, pokoknya yg berhubungan dgn kopling.
ganti aja kampas koplingnnya mas…
Permisi Mas numpang tanya,motor saya supra 2001. permasalahannya :1.sya pernah ganti bambu skok depan cmn dalamnya per sama sulingannya tdk diganti ktnya bkl msh bagus.setelah diganti oli skok dipasang trus klo lewat polisi tidur atau jln tdkvrata sdkit saja selalu terdengar hentakan kyak kandas dn tdk nyaman ditangan.padahal sekrup2nya kuat semua.sya coba tanya bkl lain ktanya hrs disenterkan pipa sulingnya.smp disini sya gak ngerti gimana solusinya krn 4 bkl gk bisa ngatasin.2. saya pernah ganti kones dn bearng stang.trus gak brapa lama klo lg jalan di jalan lurus gitu stir bisa gela-gelo sendiri atau zigzag sendiri.jd td stabil serasa reot motornya.trus dibkl stang di goyang2,roda jga digoyang maju mundur untuk cari kocaknya bearing gak ada yg longgar.bklnya bilang stang gpp.ctt.ban depan baru pelg tdk peang.gimana mas saya stres ngrasakno iki.gak mari2 blunder ae.apa hrs ganti bearing lg? trims
grand yang melegenda, sayang honda legenda cuma nama tdk selegenda grand 😀
motor granku malah rusak.
aduh bingung ini harus turun mesin kayaknya. tpi perkiraanku rusaknya itu pada katup valve sama rantai keteng/kamrat. sedih aku
Nanya dikit bos, motor saya gran tahun 92
Bisa gak ganti dengan blok revo fit sama dikselnya terus apa aja yg hrs di ubah itu aja bos