kalo kemaren udah tahu perbandingan gigi primer/sekunder, gigi rasio, juga final gear…nah sekarang bisa dunk ngitung kecepatan motor berapa??!!! emang sih kagak pake GPS…tapi jelas lebih akurat dari pada gps dan speedometer bawaan motor
Rumus dasar
Power = Torsi x 2 π x Rpm…..
so ……Rpm = Power/torsi * 2π
jika rasio primer/sekunder tiger adalah 68/22 = 3.09
reduksi gigi rasio di gigi 5 28/31 = 0.903
final gear pake 44/15 = 2.933
karna memakai ring 18 dengan profil ban 110/80 didapat keliling ban = 1,7meter
maka pada rpm 8000 honda tiger memiliki kecepatan 8000/3.09*0.903*2.933 = 977.53 putaran roda/menit atau 16.29 putaran roda/detik
jika keliling roda adalah 1.7 meter maka didapat 1.7*16.29 = 27.69 meter/detik = 99.7 km/jam
so…jika tiger digeber pada 8000rpm dengan pake ring 18 ban profil 110/80 pada gigi 5 akan didapat speed hampir 100kpj….
berarti terbukti dunk kalo motor ber rpm -un limited bisa digeber sekenceng2nya!!! contohnya ya kalo aplikasi NOS atau turbo….jika mesin2 N/A mau ngebut ya harus mengganti profil cam/noken as!!! sekarang jika ada omongan seperti ini…”wah, motorku tambah banter gara2 ganti busi merek x yang harganya 100ribu….!!”…jika rpm mesin gak nambah…omongan kayak gitu cuma perasaan saja….wekekekekekeke
like this gan..!!!
ya kalo gak ganti gear ratio ya gak ngaruh…
*bikin formula excel rumus diatas..
njajal ngitung si p180 ah… 😀
oiya, ngaruh gak energi yang terbuang pada kampas kopling?
misalnya kalo kampas kopling habis, kan suka selip
ngaruh, meski cuma 1%……soalnya hitungan diatas indek pengali ditiadakan (keadaan kendaraan dianggap ideal)
diitungke bysonne mas, xixixiiii nyambat.com
aku rikues ngitungke p180 ug 4…
kalo buat revo 2007 klo buat kenceng apa ajah cc yg perlu di ganti ??
ganti busi 100 rubu, top sped jadi 200 km/jam
hebattttt
”wah, motorku tambah banter gara2 ganti busi merek x yang harganya 100ribu….!!”…jika rpm mesin gak nambah…omongan kayak gitu cuma perasaan saja….wekekekekekeke
IMHO : jika dikaitkan dengan RPM mesin, maka benar. tapi jika dengan ganti busi, plintiran gas untuk mendapatkan 8000 rpm, adalah lebih rendah…(asumsi pembakaran jauh lebih baik) maka “perasaan” motor lebih kencang (karena mlintir gasnya sedikit dah ngacir) bisa jadi benar…. pripun mas… 😀
iya mas…merasa kenceng karena akselerasi lebih baik…untuk mencapai 8000rpm misalnya lebih cepet…sementara top speed segitu2 saja…soalnya ada limiter pada cdi yang secara otomatis mematikan/cut-off putaran mesin pada rpm tertentu
ya tambah cepet sampe top speed.. bukan perasaan emang kenyataan 😀
tambah cepet….tapi top speed gak nambah…lha wong ada limiternya kok!!! kata anak bengkel napasnya cepet abis….padahal tenaganya masih sisa banyak
ya iyalah nafas cepet abis wong rpmnya jg cepet naek ampe batas limiter.. variabel waktu yang diperlukan untuk mencapai rpm max aja yg belum dimasukkan
tenaga masih sisa banyak cuma dibatasin limiter, sebelum atau sesudah ganti busi jg sama perasaannya ada yg ketahan 😉
gak bisa diterapkan di motor matik..
namanya juga itung2an o’on….
setubuh, semakin tinggi rpm yg bisa dicapai semakin tinggi juga speed nya…
salah satu motor yg bisa rpm nya tinggi adalah dgn stroke yg pendek dan klep yg gede..
tapi puteran bawahnya rada bolot.:)
PIss
Saya ga setuju boleh ya…. Hehe…
Menurut saya, penggunaan part2 performa kecil2 spt busi racing atau kampas kopling kompetisi pasti berpengaruh ke top speed motor tersebut. Maksud saya, biarpun RPM mesin ga bertambah tapi top speed bisa berubah. Kalau gak percaya, coba aja kompresinya sampeyan bocorin. Bocorin aja di klep atau di gasketnya. RPM tetep, putaran mesin enteng, tapi lari malah boyo…
kalo akselerasi mungkin tambah dgn pemasangan part2 kompetisi,tp utk top speed kayaknya perlu pembuktian…
mantap mas begawan
Rpm7000 old cbr gear 6 =100kpj (on speedo) Rpm 12.000 old cbr gear 3 =100kpj (on speedo# mendekati limiter )
RPM 12.000 gear 6 @ Paijo= …….. tergantung kondisi tunggangan #durung di itung nganggo rumus kui xixixixi
pusing gua bacanya
———————————————————————————————–
permisi, tama nitip jemuran nich!
kalo setuju tulis aja, kalo tulisannya ngaco hujat aja, kalo tulisannya jelek kritik aja,
biar tama bisa belajar
http://tama024.wordpress.com/2011/10/06/trotoar-hak-pejalan-kaki-yg-terjajah/
rumus yang sangat disangsikan kebenaranya.
rumus tersebut cuma cocok untuk menghitung putaran mesin dan putaran roda saat berada di mesin dyno atau semacamnya. layaknya pelajaran fisika kelas 2 SMA dulu.
pada kenyataanya banyak variable yang belum anda masukkan.
contoh:
berat
hambatan angin
gesekan yang timbul
power yang di hasilkan mesin juga tidak selalu sebanding dengan RPM.
kalau kita melihat pada grafik tes dyno suatu kendaraan, pasti di dapat bentuk kurva yang berbentuk parabola terbalik dengan titik puncak di rpm tertentu.
jadi mohon dikaji ulang rumus tersebut.
ah serius amat….ente itung ndiri deh…ini kan cuma itung2an ala anak TK…
Ninja std rpm bisa dipaksa nyampai 14 rb. Klo ganti cdi bisa 15rb~16rb. Tapi kok punyaku speednya mentok di 80kpj gara2 ada limiter cubitan perut. Kalo 100kpj limiternya jadi jitakan dihelm. Kqkqkq…
wuiih Canggih juga Limiternya Mas.. 😀 😀
*klo 120kpj limiternya gak kasih jatah..
PISS..
tergantung juga gan. klo yang dimaksud tambah banter adalah akselerasinya rpm masih sama berarti yang biasanya mencapai kecepatan xxx kpj pada xxxx rpm n pada gigi x biasanya ditempuh sekian detik, maka bisa di dapat dalam detik yang lebih cepat. Karena rpm gak meningkat top speed nya sama saja. tapi untuk menggapai top speed lebih cepat.
Kalau yang dimaksud top speednya bertambah memang secara logika rpm semakin bertambah.
Lha kalau gigi rasio di ubah bisa aja biasanya yang rpm segitu biasanya kec segini jadi bertambah tinggi kpj-nya. Kaya sepeda gunung, dengan kecepatan genjot sama tetapi kecepatan laju sepeda bisa berbeda-beda. tergantung posisi dan ukuran gigi-gigi depan belakang
http://temonsoejadi.wordpress.com/2011/10/09/kisah-seekor-semut/
begawan, kalo gir belakang dengan gir baru (dudukan gir pake yg lama) kemudian di las listrik… kira-kira kuat gak yah… kata tukang bubutnya sih kuat coz anak trail suka bikin seperti itu tapi saya butuh seken opini begawan…atur nuwun…
kolo makin panas makin kenceng, gi mana tuh!
wah baru tau korelasi RPM dan Speed
muannnnteppp ketambah wawasan
sorry, curhat dikit
http://mocinrider.wordpress.com/2011/10/13/taat-di-lampu-merah-ditabrak-alay-pacaran-ditantang-berantem-pula-aneh/
gatel juga nih sama komen FBM 😀
http://mocinrider.wordpress.com/2011/10/13/siapa-yang-berani-buktikan-minerva-buat-disain-motor-sendiri/
pusiiing, ada rumus yg lbh sderhana lagi ga? Bnyk yg ane ga ngerti, m4sal hub gear ratio dg rpm?
waduh bro, panjenengan pinter banget tibake….
amputasi jempol gae like article ikiii..hehehehe
Trimakasih share yg mantap, nanti coba dengan gigi 5 rpm 8000 dan ban 120/80/18 bisa dapat brp.
.. mangkane bengkel tutup kabeh, lha wong mekanik e nglumpuk mnyang kene kabyeh !! .. ora mbengkel malah dolanan ingkernet.. xD ~ hayo mbengkel .. golek duwit !
Salah bro ngitungnya Tiger tuuuhh, RPM x Rasio = Pergi ke bengkel yng ada Dynonya dijamin akurat hehehehe