beberapa waktu lalu..starlet item yang sudah usang mesinnya aneh…waktu stasioner rpmnya mengayun….kadang 900 kadang bisa 1100..padahal setting awal diposisi 850…sesuai dengan manual book!! Karna idle up Ac juga bermasalah..bingung….kerusakan bersumber dari mana….
Tobat pokoknya…”kalo Ac mati rpm ngayun…kalo ac nyala rpm drop ke 500″….untung nih gerobak punya mesin joss…di rpm 350 saja mesin masih nyala dan gak mati…..cuma bergetar saja….hehehehe….akhirnya meluncur ke forumnya Ford Mustang GT….nanya2 disana…!! maklum, tanya di forumnya starlet indonesia gak ada respon….dari chit-chat ngalor-ngidul akhirnya didapat pemahaman baru….di beberapa mesin v8 saja hal tersebut sering terjadi…hal ini disebabkan kabel2 busi udah udzur….delco dan coil juga terdapat karat berwarna putih ato cokelat!! coba ganti dengan kabel busi yang baru, gak perlu tipe racing ato zerro resistant….begitu anjuran dari salah satu member disana…
akhirnya milih2 kabel busi….dapat juga Seiwa Japan!! Harganya Murah cuma 150ribu….apa langsung dibawa pulang?? hehehehe….tentu tidak, tapi langsung check pake AVO meter….setelah ditest yang pendek punya R 3K Ohm…yang Panjang Punya R 5-7K Ohm…..wow!! Perfect…lalu dibandingkan dengan Kabel busi yang katanya Racing dengan harga satu jutaan….setelah dicek setiap kabelnya punya Resistansi Rata2 2-3K Ohm!! Wuuuu….menang merek doang, tapi gak usah disebut mereknya!!
Nah..sesampe dirumah langsung bersih2 delco + colokan di coil…ternyata benar…banyak karat seperti diterminal aki…..setelah kabel busi lama dilepas…langsung dicek satu per satu….ternyata 1kabel punya R 80K Ohm…2kabel punya R 50 K Ohm dan satu kabel lainya punya R 100K Ohm…..padahal kabel busi tersebut adalah merek racing yang terkenal…weleh!!!
Setelah bukak2 buku manual ternyata kabel busi cuma diperbolehkan punya R sebesar 20-25K Ohm….Lewat dari itu wajib diganti….Nah Efek dari penggantian kabel busi cukup signifikan…dari konsumsi BBM/jarak tempuh yang biasanya ngisi 50 rebu untuk 100KM…setelah ganti kabel busi konsumsi BBM jadi 50ribu premium untuk 140KM….hehehehe…mayan!!
Trus bagusan mana, kabel busi racing ato yang biasa??? Bagusan yang biasalah…soalnya Murah dan Nilai R nya terpaut selisih yang sedikit!! Jika Nekat pake yang oK Ohm, biasanya tape dan audio jadi noise…berisik dan suaranya jadi aneh….kalo pake ECU dikawatirkan gelombang yang ditimbulkan akan menginterfensi pengiriman data dalam ECU….percuma tho..kalo kabelnya sudah zerro resistance tapi businya harus pake yang model R!!
Sak weruhku ki pt.seiwa indonesia gaweni sabuk(belt,timing belt,cvt belt,fan belt) tok ki..xixixi.wis gawe improvement kali y?
ikie seiwa japan lek…import koyone!!
nice info
nek wes duwe mobil iso takon takon
catet sik…
Yup, nganggo kabel busi sing ono R-nya.
wow,,keren, murah cocok, forum mustang,,keren,,,,,starlet mustang
http://pertamax7.wordpress.com/2012/02/04/yamaha-byson-ndlosor/
nice info, sesuk cek ah
bandel juga ya,…
naksir sutar…*apa daya
perawatan R4 memang mahal
. jarang-jarang wong ndue mobil sing gelem buka-buka manual book, salut buat begawan 
begawan, di box kabel busi seiwa serinya apa? Misal Toyota 072, atau apa? , ataukah subtitusi dari mobil lain?
begawan tu seri di box seiwanya apa? Tadi cari tokonya bingung, misal toyota 072, atau seri subtitusi mubil lain?