woke….sebulan terakhir, pembaca 5osial.wp pada menanyakan tentang beratnya ngengkol CB/GL yang sudah di naikin cc-nya!! begitu nyala dan dipake ada saja masalahnya…kalo mesin gak jebol (klep bengkok,pecah ato malah njepat)…ya gir slah yang ambyar!!!
nah agar CB tetap enak dan gak rewel, moga2 langkah2 ini bisa membantu, mudah dipahami dan anda tidak dikibuli bengkel!!
1. Hitung dulu kapasitas volume/cc…rumusnya 3.14 x r x r x t
dimana 3,14 adalah konstanta
r adalah 1/2 dari lebar piston
t adalah langkah piston (stroke)
misalkan : CB awalnya punya langkah 49.5mm, lebar piston 51mm…maka volumenya/cc adalah 3.14 x 25.5 x 25.5 x 49.5 = 101119.62mc =101.11cc
jika rasio kompresi standar pabrik 9.5 :1….maka kita akan menganalisa dengan langkah ke 2
2. menghitung rasio kompresi mesin (rasio statis)
Vruang bakar + Vsilinder/ V ruang bakar= rasio kompresi statis
V rb + 101/V rb = 9.5
101/Vrb =9.5- Vrb/Vrb
101/Vrb=8.5
Vrb=101/8.5
Vrb = 11.89 CC….
dari sini ketemu bahwa ruang bakar (cekungan pada head mesin CB + tebal paking standar adalah 11.89 atau anggap saja 12cc)
3. Menghitung Volume jika stroke + piston naik seperti spek Tiger…piston 63mm dan stroke 62.2mm
Volume silinder = 3.14 x r x r x t
= 3.14 x31.5 x 31.5 x 62.2
= 193892.65 mc = 193,89 cc
***penting!!! jika kita menaikkan CC mesin CB dari 101 menjadi 193 tetapi ruang bakar tidak dirubah…maka kompresi mesin statis jadi berapa???
Kompresi mesin = Vrb+ Vs/Vrb
12+ 193/12 =16.15 : 1….nah sekarang ketemu bahwa kompresi yang baru adalah 16: 1!!! jika mesin ini menyala dengan menggunakan bahan bakar premium dan derajat pengapian standart…bisa dipastikan klep bengkok atau gir stater bakal ambyar!!
Jadi perlu adanya pembesaran ruang bakar jika mesin sudah naik volumenya!! cara yang ditempuh bisa bermacam-macam, bisa mengganti head dengan punya tiger atau menambah tebal paking pada silinder….
semoga sharing ini bisa menjawab pertanyaan para pengguna CB, hitungan diatas cuma itung2ngan sederhana diatas kertas….karna pada kenyataannya rasio kompresi dinamislah yang berperan dalam sebuah mesin!! nah yang beginian itu perlu ulasan lebih detail, karna hitungan cam/noken sangat diperlukan datanya!!
wooooooooooooooo, tanpa paking to?????????? pantes 16 ; 1, mau ikut drag to CB ne?? wkwkkw 😀
http://pertamax7.wordpress.com/2012/04/11/diy-membersihkan-rem-tromol-sendiri/
lho tebal paking kan wis diitung dengan kompresi std tadi…so asumsi paking yang sekarang juga sama tebalnya ketika sebelum di naikin CCnya
pie to?? jare rung di kei paking>>> pantes jebol
pertma kali ngitung kompresi CB 9.5: 1 kan wis sak paking-nya tho mas??? misalkan saja paking gak diganti (asumsi sederhana, ben gampang ngitungnya)…kan hasilnya segitu….dipikir sik…nek mumet engko takon meneh
0
modyarrr…. tulisan berat marai mumet! 😦
ooooooooooo ngono to
tiger diameter 63.5 gan…podo karo glpro neotech…total kapasitas 196cc
iki itung2an gampang mas….ben sing moco do mudheng…piston asli cb juga gak 51 kok…tapi 50.5mm…nah ngitunge mumet
Masih belum begitu paham dengan kompresi gan. Katakanlah perbandingan kompresi 9,5:1, apakah kompresi tersebut terjadi pada saat bukaan gas penuh saja atau terjadi di semua rentang bukaan gas ya?
kompresi rasia statis adalah itung2an diatas kertas mas, asline…yang terjadi adalah kompresi dinamis..dimana derajat bukaan klep + mekanisme dekompresi punya peran dalam sistem rasio kompresi sebenarnya. meski begitu rasio kompresi aman sepeda motor 4tak standar adalah 11:1…lewat dari itu ya wajib pake pertamax plus
mungkin ada hubungannya dgn tonjolan noken as itu kali mas..mungkin yg itu diambil yg paling gede kompresinya,saat katup semua menutup erat dan piston pada puncaknya(titik paling tnggi,TMA)
ketika mesin sudah langkah kompresi…klepnya hisapnya kan belum nutup sempurna…nah itu sebetulnya hitungan kompresi dinamis..tapi kalo itungan statis (klep gak floating) saja sudah tidak aman pas dinamis pasti bakal ambyar….
** itungan ratio kompresi dinamis ini..adalah itungan rasio kompresi pada mesin 2tak (jepang)…kalo itungan kompresi rasio 2tak eropa menganut sistem yang lain
*** biasane klep nutup sempurna ketika stroke udah jalan setengah…jadi sebenernya kompresi dinamis mesin 4tak lebih kecil dari 2tak…kalo 2 tak biasa main 6.5:1-7.9:1…nek dihitung dengan cara sama kompresi 4tak cuma berkisar 5-6: 1…..monggo jika saya salah mohon dikoreksi
rumus kompresi dinamis kira2 seperti ini
Rc = {Vrb + [R + L – (R x cos q) – (L x sin (arc cos (R x L x sin q)))]}/Vrb
Vrb = Volume ruang bakar
R = stroke/2
L = panjang ConRod
q = 180 – (klep in nutup)
tigerku mbiyen tak ganti seher megapro yo lumayan nendang.
akhirnya ambyar ketika LAT nya error.seher nampol klep.
wiiih.rumuse dowo…marai mumet.nek saumpomo diganti blok karo head vixion iso ora yo.ben dadi 4valve plus liquid cooled
kan ada yang pake bloknya CBR 150…true DOHC liquid cooling
Matematika ga begitu bagus nilaiku 😆
iki mung pelajaran ndudul kalkulator mas
hehe…like this mas bro… sing musmet ben kalkulatore ae… 😀 😀
penak mesin tiger sak glundung nyemplung nang rangka cb, wis ora mumet mikir jebol #mesin waras
nek kuwi sing jebol dompete
kalo masih jebol,tuku CB223S wae…
cara mengetahui volume ruang bakar gimana yach..? apa ada alatnya.?
TQ
16:1 modyar…. berarti JANGAN MAIN KOREK MESIN SEMBARANGAN
buset…kompresinya edan
http://extraordinaryperson.wordpress.com
Abuooootttt….otakku ndak sampe ki
http://karisnsz.wordpress.com/2012/04/14/pak-polisi-rasa-aman-koq-mahal-sekali-ya/
ya. . . . ya. . . . ya . . . .
no coment begawan. . . .
mung iso numpak montor ra ngerti mesine
keepbrotherhood,
salam,
lha untuk nurun in kompresi na gimana bosss ……..? nyuwun pencerahan
cb saya pake sehernya glpro,klep in sma out nya pke cb 125, stang sehernya di buat cembung soalnya mentok,tapi cuma jarak 1bln motornya jebol kira2 ap sebab nya mas? mohon d bantu…HE HE HE
biasanya kompresi terlalu tinggi..jadi ya jebol mesinnya
mumet q moco rumus.
gampangane wae,motorku gl max biar jadi tiger.
beli blok piston sj,sm piston +ring piston cukup ga?
klep ma tutup kepalanya msh punya gl max.
jawab lah..
lah yo mesti ambyar mesine ,lha kompresi 16:1.
kompresi sakmono kui cocoke gae mesin diesel
makane bro bar bore up di itung kompresi statis
gae suntikan diisi gae oli shock.blok kop kondisi terpasang.suntik lewat lubang busi.
kari ngitung V1+V2/V2
V1:volume ruang bakar
V2:volume cairan
tapi iso ae gae kompresi gedhe asal durasi kem digae gedhe jd klep intake lebih lambat nutup
klu XL 125 boring n piston diganti neotech, head nya standart.. kompresi yg aman brp banding brp bos…???
mas, megiku naik stroke 6,5 mm. dengan piston masih standrt, kira” cc nya jadi berapa ya mas ?
klo berdasarkan itung”an diatas ketemunya 197,8 cc nya. apa bener mas ? soale kata bengkel’e cc nya jadi 200 ke atas.
trimkasih
benngkele sing ngawur
gan, q mw tanya, mtr gl pro 94 ireng q kan pernah mogok gara2 klep’nya bengkok, trus q ganti tp waktu itu skalian q ganti seher’nya pake seher tiger standar sama ngegede’in boring’nya, ukuran wkt ngegede’in boring’nya q gk tau, tp cuma seher ama ring seher’nya doank yg q ganti, kira2 skrg cc ama kompresi mtr q brp ya gan,? Tlong dbls,
waduh dari pada mesin hancur mending pasrahin sama suhunya aja,Om martini alamat bengkelnya di mana/nmr tlp bengkel nya? kira2 berapa biayanya kl mau bikin cb 100 thn 80 upgrade ke tiger om?bls ke alamat email aja rdy.latief@yahoo.com.
Maz, aku minta alamt bengkel samean. Skalian no hpx maz. Tjuanku sch. Pingin memahami, materi yg d atas i2 maz. Bleh ya maz
kayaknya berexperimen jg kudu pengorbanan…
Alamat bengkel. Ma pin bb bos. Mw konsultasi aja. Ma nambah teman
jogja kontak di 0818 0272 1059