GL naik stroke…silinder block di ganjel aja…murah….

lama juga gak nulis2….yo ben…soalnya kerjaan gak cuma nulis saja…hahahaha

malem2 menjelang pagi sms berbunyi….”Bro…aku pengin naik stroke..biar ngirit gimana caranya…harga silinder block bikin shock…mosok 450-500ribu yang punya tiger phantom thailan??” piye iki…dibales ya…….”

nih jawaban asal mangap…..hehehehe

diganjel pake paking alumunium saja…nih gambar2nya….

paking alumunium ini setebal 5mm….jika gl/megapro naik stroke jadi 62mm…cocok lah..

blok yang mau diganjel packing…jangan lupa siapin baut ancer/tusuk sate yang panjang….rante keteng set, sentrig+timing gear punya tigi

sleep….masuk dan ngepas

cek clearen dari piston pake filler gauge….pastikan tidak oblak ato seret…sedang2 saja

woke mas bro…sekian jawaban asal mangap…semoga modifnya bisa ngirit dan enak dipakenya nanti………salam….

Iklan

58 thoughts on “GL naik stroke…silinder block di ganjel aja…murah….

  1. debu biru

    di Jawa timur yg lagi ngetrend pake blok Tigi merk MPM masbro,, cuma 300ribuan. Tinggal plek tinggal plek..

    Balas
    1. martini Penulis Tulisan

      matur tengkiu infonya mas..merk MPM ato china harganya berikisar 290-350 mas…tapi kadang orang itu kalo gak ori gak mau….hehehehehe

      Balas
      1. martini Penulis Tulisan

        namanya stroke up kan gak harus ganti crank-shaft om…..posisi big end pen digeser keluar….namanya juga modal cekak….soalnya copotan tiger lumayan harganya…bisa 900an…ato lebih…geser ditukang bubut cukup 350…hehehehe

      2. Yoshi

        “posisi big end pen digeser keluar”
        Nah ini baru saya setuju bro. Saya tanya masalah crankshaft, karena belum dibahas di artikel di atas. Jadi yang menaikkan stroke adalah penggeseran “big end” ini, bukan pengganjelan cylinder.

        peace

  2. gc133hijrah

    Brader, kebetulan ane juga mau ganti blok, karna megilama ane mesinnya udah brisik abis. Sekalian upgrade mesin tp ga mau bore up, biar serasa naik tiger,
    Kira2 di depok yg bisa ngerjain dgn bagus dmana kang, trus kira2 biayanya brapa, dgn blok tiger ori…
    Makasi seblumnya…

    Balas
  3. bengs

    Yang bener ini naikin stroke apa malah nurunin kompresi ya? setahu saya naikin stroke mega/gl pro hanya geser posisi big end aja. gak perlu ganjel2 kek gt.

    Balas
  4. Joko

    Mohon pencerahan gan !!! 😀

    Saya punya mesin GL 100 mau saya ganti cylinder blok & kop GL Pro..
    Sudah ready blok MPM + Silinder Kop pny GL Pro CDI (New)…
    Biar ongkos gak bengkak gak perlu pake TiGi… :p

    Piston Kit, Rantai Keteng, Stationer Keteng saya belum beli…

    Kira2 apa saja yg harus disiapkan utk bahan2/spare partnya?!

    Mohon bantuan urutan pengerjaannya dari awal sampai siap di ajak touring… 😀 he he

    Balas
    1. topeak

      Om Bro..blh ni ane tanya2 jg,,motor ane GL 100 mesin pingin ane upgrade lah yg ringan2 aja n pas di kantong..pencerahannya..no hape agan blh ane minta no nya??
      thanks bang bro..

      Balas
  5. riyan

    gan..
    ane punya mesin megapro
    ane pngen ganti dgn kruk as tiger namun tidak pake ganjel di buring
    gimana mengakalinya??pake stang seker CB ato scorpio??

    Balas
      1. riyan

        utk lebar stang seker scorpio = mega pro ga masbro??
        kalo stang CB tebalnya ga sama ma mgapro.. kalo ngakalinya harus di ganjel dlu. .

      2. martini Penulis Tulisan

        kan tinggal bawa stang seker ke toko bos kalo mau nyamain…daripada ribet…saya juga sering gitu…ntar kalo gak bisa dipake minta ditukar….

  6. aan

    gan
    motor ane glmax habis kehujanan kok mogok ya ,ane startter kaya gak ada setrum,trus trus ane starter bisa tapi di gas kok malah mati ,,,,,,,,pusing ,,,,,pusing kira kira apanya ya gan yang harus ane lakukan ,CDI udah aku ganti masih tetep gak isa ..mohon bantuannya

    Balas
  7. gl-r

    mas mw tnya unt msin gl series ccokny pk karbu tiger pa nsr,oya knp ya anak2 yg pk cb lbih bnyk pk karbu tiger ktmbang nsr,klbhan krbu tiger ap ya mas??swun mas,ma’v klo sdikt menympang dr topik

    Balas
  8. agung

    sy sudah terlanjur beli blok piston tiger,gimana nih apa ja yg perlu diganti?
    dana tinggal 1juta lagi ini.

    Balas
  9. agung kurniawan

    saya dah beli blok tiger,apalagi yg harus sy beli biar gl max sy tenaganya besar?tiap hari bw beban berat om
    dana tinggal 1jt.

    Balas
  10. andik

    bang mau nanya, motor honda GL 96 supaya tarikan mantap tapi ngirit BBMnya gmn caranya ??,trus biayanya kira-kira skitar berapa ?.blz bang ya….

    Balas
  11. panji

    pak martini.. aku pengen bgd kui ganjel platnya… trus mesisan baut ancer e iku piroan!? iso kirim ke kediri!?

    Balas
  12. Agus Benche Wonogiri

    aku punya gl pro cdi sdh kuhitung bonkar ganti piston stang ring dah 5 kali pertama mang mantap.ternyta di bahan boring yang jelek,sekrng bukan keluar asap lagi yg keluar oli dr knalpot.kalo di ganti blok tiger apa yng perlu disiapkn piston pake apa,stangnya pake apa,tolong ya mas bro kalo sdh paten mau kubawa dari pekanbaru ke solo jawa tengah,biaya 1,5 juta cukup belum

    Balas
  13. depras

    aku punya GL 100 tapi blom ngerti apa2 soal mesin 😦
    biasa naek vespa,, klo vespa saya HATAM sudah segala daleman mesin nya…
    nah masalahnya saya tuh otodidak,, ndak ngerti nama2 parts mesin2 GL 100 dll,,

    klo belajar sambil servis motor sm bengkell,, takut di kadalin saya nya….
    yah belajar lewat internet saja ^_^

    Balas
  14. DarthVader

    cuma mau share aja…..mungkin berguna……Biasanya kalo blok bawah diganjel biasanya diikuti dengan pemotongan pantat/skirt piston, karena posisi pantat piston saat TMB agak nongol dari silinder…..tujuannya sih supaya tidak getar dan oli tidak disapu oleh kelebihan pantat piston itu tadi

    Balas
  15. Hendrik Gultom

    om ane mau nanya motor gl 100 ane mau ganti blok+head tirev tp make kruk as asli gl 100 tp pen struk kira2 bsa dpt gak om cc naik 200,mohon info atau beberapa masukan om,thx,,

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.