tulisan ini dibuat..karena beberapa waktu lalu ada pengguna CB yang mau pasang kopling 6per….barang sudah diorder, mesin sudah dibelah..begitu mau dipasang….wew…masalah malah timbul…laker bawaan CB yang versi lama…beda dengan CB versi terakhir (tutup bak kopling seperti GL 100)….
laker CB versi lama adalah 1-6001…sedang GL ataupun kopling yang mau dipasang punya kode 1-6003…jelas saja outter diameter ke-2 laker ini beda…sebenernya di ring (bos) gak masalah sih…tetapi end-usernya gak mau karna kuatir kalo nantinya bos bakal lepas malah berabe…
sebenernya ada drek laker pengganti…agar kopling bisa bekerja normal…tapi gak semua bengkel punya…kayaknya barang ajaib….akhirnya diubeklah juragan spare-part di seputaran 5osial.wp…..nemu juga…
Bagi yang ingin CB lamanya tampil klasik memang susah agar tuh CB jadi kenceng…karna detail part2 memang beda ukuran…seperti rasio gigi, primer-sekunder dan beberapa jalur oli beda dengan neotech/GL ato tiger…jadi tampil klasik dan kenceng butuh kejelian lebih…semoga bisa membantu………….
cepet banget nih responnya
Jozzzzz
mantap yg blok cylinder ama crankcase boreup 69mm berapaan gan?
Ada pic pas udah dipasang di cb? pengen liat gedenya semana?
begawan, kenapa ya, tiger saya pas mau ngelepasin tuas kopling pelan2, pasti ada bunyi ribut/keras disertai kopling terasa slip. tapi kalo tuas kopling dilepasin cepat2, agak berkurang bunyi dan slipnya. udah ganti kampas baru dan karet rumah koplingnya jg baru serta per kopling baru, tetap nggak ilang penyakitnya ini. kira2 apa masalahnya ya ? thanks.
biasanya bantalan/damper koplingnya mas…wis oblak
maksudnya karet rumah kopling, begawan ? yang bentuknya agak bulat2 gitu kan ?
udah diganti baru jg. tetap gak ilang penyakitnya.
kira2 apalagi sebabnya, begawan ?
kalo plat koplingnya diganti gak?? apakah ring pada kopling juga dipasang?? ring yang tipis..istilah ahass judder spring? trus kelingan pas mengganti damper kelingannya kuat/gak oblak….soalnya penyakit kopling seputar itu2 saja
mas bos,ni abis bongkar2 tigernya bpkq,ternyata yang model lama tahun 94-95an tiger jg pake drek laker kaya punyae mas bro…plek gak beda soale as(main shaft) rasionya bolong kyak punyae cb.
klw mw pasang bak kopling+bak magnet cb 100 di gl 100 (th 95) bsa gk ya bro? Apa lgsng pnp..
bisa mas…
Bos, mau nanya. Motor GL 125 pake kopling gl pro. Hbs bongkar mesin tp pas masuk gigi motor ga mau jalan. Jarak maen kopling udh diatur. Mesin mati,masuk gigi tp motor tanpa tarik kopling bisa jalan. Apa masalahnya ya bos? Butuh pencerahan nih…udh 2x turun mesin blm nemu masalahnya..
Thanks ya klo bisa respon 🙂
ngrakit gigi rasionya kliru kayaknya boss
Sblm mesin naek mau nyangkut klo masuk gigi. Tp begitu udh naek eh malah los. Apa pengaruh pasang gir depan diketok?
Tolong ya…pusing bgt nih. Udh bolak balik bengkel. Di bengkel biasa. Masalahnya di ratio salah apanya ya?
gan minta info nih . . . . spek cb saya (as krek, transmisi, ratio primer/skunder n pompa oli bawaan cb 100/1974) . . . kalo mo pasang kopling set neotech bisa plek endak ya ? . . . maturnuwun sebelum n sesudahnya gan
kalo satu set ya langsung plek…..cuma dudul koplingnya/dreknya harus di modif….soalnya beda ukuran laker…tapi kalo tutup koplingnya mau pake bawaan ya langsung plek….
nggih gan . . matur nuwun penjelasannya . . . .
mas kalo pasang di gl 100 th 88
apa bisa langsung pasang?
mas nanya donk.., klu masang kopling per 6 d cb 100 draf gir ny ganti juga ga si.., matur nuwun mas..
masbro dmn beli drek laher untuk tiger?