Modifikasi jalur porting inlet untuk mesin 4tak skutik (vario,mio, de-el-el)….edisi dua-rius

banyak sekali keluhan bahwa motor metic gak bisa lari kenceng…tarikan boleh spontan…cuman ya gitu mentok di 90kpj aja…banyak sekali yang beranggapan bahwa mesin sudah kena limiter CDI…oh ya??? yakin nih kambing hitamnya limiter….selama ini saya cuma beranggapan bahwa sebuah mesin dengan stroke tertentu cuma maksimal tenaganya di rpm tertentu pula…gak bisalah mesin dengan stroke panjang bisa maksimal tenaganya diputaran atas….kalo setahu juragan2 yang lain ada beda pendapat bolehlah….demokratis saja…lha kalo mesin tenaga maksimal di 7000rpm dan limiter bekerja pada 9000rpm…mosok yang disalahin CDI limiternya…coba dicek dulu lubang portingnya…jangan2 asal bisa nyala saja mesinnya………

saatnya bongkar2 mesin GY 6…mbuh iki mesin opo gak gitu paham…jalur portingnya nabrak2…jarene mekanik lulusan sarjana aliranya baur..saling tabrakan dan gak bisa turbulen….masak sih

head standar motor matic 4tak

ini adalah gambaran head ketika dipasang intake manifold karburator

jiah….ketika dilihat dari ujung intake…diameter intake lebih gede daripada lubang pada mesin…..

untuk itu lubang hisap digedein….sesuai lubang intake…

bagian dalam cukup dihalusin…karna belokan porting tidak terlalu ekstrem

ketika intake di longok kedalam…profilnya juga berbelok…tidak membentuk long radius…tapi turn L

lihat2 di situs cold wedl / lacing….turn L perlu ditambal agar membentuk long radius

ngaduk adonan resin….bukan bikin kue lho

intake ditablek lem tahan panas….

intake setelah di bubut/tuner

karburator kotak juga kurang gede …perlu direamer

jangan terlalu banyak…nanti jebol karbunya…

woke….kira2 untuk memperbaiki sistem porting lubang masuk/hisap..adalah seperti diatas….jika takut bubar mesinnya serahkan pada ahlinya atau datang ketukang bubut biar dibantu prosesnya…..semoga yang suka adu kebut dengan matic bisa terbantu…bagi para suhu2 kalo mau share juga bisa…

email by sussex

Iklan

12 thoughts on “Modifikasi jalur porting inlet untuk mesin 4tak skutik (vario,mio, de-el-el)….edisi dua-rius

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.