Stroke-up??? teknik menaikkan langkah piston….teorinya simpel…prakteknya banyak yang ambyar

brrr…………sudah 1/2 bulan lewat…blog gak pernah di up-date lagi!! yah karena sekarang sudah tidak lagi jadi pengangguran yang luntang-luntung….baru sibuk jadi sopir buat sikecil yang sekolah….trus ngumpul2 bareng dengan ibu2 muda sembari nunggui sibuah hati selesai nyekul…….hehehehehe, ngerumpinya gak lagi masalah busi dan oli..tapi resep2 rahasia…xixixixixi…maksudnya resep rahasia didapur

lanjut ke bahasan…kruk-as menjadi kuncian jika motor ingin naik CC…pemilihan kruk-as yang berat+ punya langkah panjang menjadi andalan untuk mengail torsi di rpm bawah dan menengah….mesin tidak perlu meraung di rpm tinggi mesin sudah melaju kencang….

untuk itu kruk-as bisa digeser posisi big-endnya…sayangnya gak semua bengkel bubut bisa mengerjakan pekerjaan ini…mesin bergetar, tak ada tenaga, suara berisik adalah keluhan2 setelah melakukan stroke-up…padahal sudah di balance ulang….

kruk-as GL yang telah di stroke-up….ada bolong2…ciri kas balancing ala jombang

posisi big-end telah bergeser 10mm…jadi total stroke 49,5 + 2 x10 = 69,5mm….jauh meninggalkan tiger yang punya stroke 62mm…

inilah contoh hasil stroke-up yang bagus buat turing…dengan bobot yang berat…maka tidak akan berpengaruh banyak ketika daun di bor sebagai fungsi untuk membalancing kruk-as….jika racikan primer-sekunder dan gigi rasio tepat…mesin model2 begini enteng untuk mengail 140kpj…maklum dengan memakai piston tiger over-size 0 (std)…cc motor sudah 220….gak heran banyak CB dan GL menjadi raja jalanan diusianya yang sudah tua

so kalo mau naik cc dengan part asli jepang…pake aja kruk-as std motor trus di stroke-up….jangan lupa stang-piston diganti dengan yang baru…biar gak oblak

 

Iklan

37 thoughts on “Stroke-up??? teknik menaikkan langkah piston….teorinya simpel…prakteknya banyak yang ambyar

  1. awansan

    stroke daerah lain jombang/nganjuk sekarang juga udah lumayan bagus kok, ane sering make GL temen stroke 8,5 mm nggak kerasa geter juga ( stroke di jogja ), salah satu rahasianya ditambah daging, mungkin begawan bisa bikin artikel ttg nambah daging di kruk as 😀

    Balas
    1. martini Penulis Tulisan

      iya ada yang bikin buat head satria fu….dah lihat hasilnya….cuma kalo terlalu berat bandulnya mesinya kurang galak…mblebek…gak bisa teriak ringan

      Balas
  2. Edwin

    Lha racik’an gi2 rasio sing jos gandos kyok opo mz brow..Stroke ws 10mm,primer skunder standart CB..Cek perneleng 1 nganti 5 ngisi trus..,tlungono mz brow.,mtorku panggah cekak2 ws dganti ger ngarep 15 mburi 30.Matur thankyu….

    Balas
  3. Cangab

    omahe sampean ng ndi mas brooo ???
    nduwe bengkel tooo ???
    nek nduwe aku tak dolan , ng jogja durung ngerti bengkel cb sg mantep

    Balas
  4. Aguest Spaniard

    mas bro aq takok…. lek spda strukan harus di imbangi noken garapan…?
    soale spdq tak struk 9 noken garapan suarane ngicik + kasar… lek noken e tak ganti tiger ori suarane isok alus gk trus nok pengaru e gk nang mesin… tolong mas bro yo…

    Balas
  5. ifvan

    hallo mas bro.
    kalo gl pro neotech punyaku ku ganti as kruk tiger, stang sker tiger, seker tiger apa tinggal mengaplikasikan saja. ?
    apa yg perlu dubah?
    mohon pencerahannya. karna masih awam tentang modif.

    Balas
  6. roi

    La megapro q tk stroke 10,5 yo ga k po2 ki gawe seher tiger standart noken tk racing pir klep tk racing porting in 29 out 30…. ninja 250 yo tak ewer2… pdahal pengapian yo jek standart….

    Balas
  7. eddy santoso

    experimen tmnku strok up 1,6cm stang pake scorpio rasio cb k5 primer sekunder 24:69 templar roler viar. ger ktmu 15/33 turing 14/33 balap. tarikan panjang2 hsilny tiger msuk 6 gas hbs mtor tmn q 4 gas gk sampek hbis blm pke gigi 5 gmn bro garang gk ne mtor 🙂

    Balas
  8. ikhwan

    mas ane pny gL series standart tp jeroan ws gw MP, tp gk kbh.. Gor seker,stang,drap gear.. Ni kalau mau tmbh cc lg hrs pkek apa lg? ? Minta pencerahanya

    Balas
  9. binto

    He cak mas pak,d… melu takok geh… sepedah,ku c70 mesin supra fit … lha piye kq pengapiane kebesaran… busi tewas mulu… buring blogcop pakek bliz + gandul.. magnit pakek bliz.. karbu rx king TKD koil tiger cdi BRT … seker tiger… tros manipol setengah dah ku potong ku rombak jadi pendek… 1x tarikan busi tewas… ganti… dari arus kabel koil kalo jarak 5 jari menyambar bak mesin … cetar2… besar…

    Balas
  10. Fakhrizal Akhmad

    mas minta saran, kalo motor Gl dibuat keperluan sehari hari itu enak di ganti kruk as/bandul tiger kan ccnya jadi 200cc atau di stroke 10mm yang diatas cc tiger. kalo dibuat sehari hari itu nyaman pakai yang mana mas?

    suwun

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.