brrr…………sudah 1/2 bulan lewat…blog gak pernah di up-date lagi!! yah karena sekarang sudah tidak lagi jadi pengangguran yang luntang-luntung….baru sibuk jadi sopir buat sikecil yang sekolah….trus ngumpul2 bareng dengan ibu2 muda sembari nunggui sibuah hati selesai nyekul…….hehehehehe, ngerumpinya gak lagi masalah busi dan oli..tapi resep2 rahasia…xixixixixi…maksudnya resep rahasia didapur
lanjut ke bahasan…kruk-as menjadi kuncian jika motor ingin naik CC…pemilihan kruk-as yang berat+ punya langkah panjang menjadi andalan untuk mengail torsi di rpm bawah dan menengah….mesin tidak perlu meraung di rpm tinggi mesin sudah melaju kencang….
untuk itu kruk-as bisa digeser posisi big-endnya…sayangnya gak semua bengkel bubut bisa mengerjakan pekerjaan ini…mesin bergetar, tak ada tenaga, suara berisik adalah keluhan2 setelah melakukan stroke-up…padahal sudah di balance ulang….

posisi big-end telah bergeser 10mm…jadi total stroke 49,5 + 2 x10 = 69,5mm….jauh meninggalkan tiger yang punya stroke 62mm…
inilah contoh hasil stroke-up yang bagus buat turing…dengan bobot yang berat…maka tidak akan berpengaruh banyak ketika daun di bor sebagai fungsi untuk membalancing kruk-as….jika racikan primer-sekunder dan gigi rasio tepat…mesin model2 begini enteng untuk mengail 140kpj…maklum dengan memakai piston tiger over-size 0 (std)…cc motor sudah 220….gak heran banyak CB dan GL menjadi raja jalanan diusianya yang sudah tua
so kalo mau naik cc dengan part asli jepang…pake aja kruk-as std motor trus di stroke-up….jangan lupa stang-piston diganti dengan yang baru…biar gak oblak
edyan , teknik tinggi, ketahanane pie lek ?
wah iki le nentokke rumusan jarak lubang bor iku iso marai luwe kang begawan
stroke daerah lain jombang/nganjuk sekarang juga udah lumayan bagus kok, ane sering make GL temen stroke 8,5 mm nggak kerasa geter juga ( stroke di jogja ), salah satu rahasianya ditambah daging, mungkin begawan bisa bikin artikel ttg nambah daging di kruk as 😀
iya ada yang bikin buat head satria fu….dah lihat hasilnya….cuma kalo terlalu berat bandulnya mesinya kurang galak…mblebek…gak bisa teriak ringan
ndak pake kruk as cina saja ??
mending pake kruk as tigor! Aman!
dompetnya gak aman
punx ane pake’ honda cb k5 fine2 aje brow…
menyimak 😀
mantab lek,,
Lha racik’an gi2 rasio sing jos gandos kyok opo mz brow..Stroke ws 10mm,primer skunder standart CB..Cek perneleng 1 nganti 5 ngisi trus..,tlungono mz brow.,mtorku panggah cekak2 ws dganti ger ngarep 15 mburi 30.Matur thankyu….
primer-sekunder ganti tiger bro….sak kopling set+pompa oli yo…
oyi…due brange ta…..?piroan….?
melu menyimak
tolong dibocori ta,…..strukan sing terpercaya biar gak impoten !!!081345933048
nek robah stroek up….kiro2 iso awet koyo pabrikan ora??
trs nek nggo blok sheher ori pro neo tech iso ora..??
kalo di jawa timur sudah lama dipake Omm….
ane mau nyetroke as kruk ane..tolong kasi alamatnya ya gan..
69.5 opo ra nabrak gir rasio kwi????
nabrak bos kalo 6speed……
omahe sampean ng ndi mas brooo ???
nduwe bengkel tooo ???
nek nduwe aku tak dolan , ng jogja durung ngerti bengkel cb sg mantep
Standar juga udah enak,,,,, cari aman aja bro….. yang penting pengapiannya normal…
mas bro aq takok…. lek spda strukan harus di imbangi noken garapan…?
soale spdq tak struk 9 noken garapan suarane ngicik + kasar… lek noken e tak ganti tiger ori suarane isok alus gk trus nok pengaru e gk nang mesin… tolong mas bro yo…
gmana mz brow untuk gl max stroke 5mm tepat apa gk tlong infonya agar mtorku jadi lebih enak lg tunggangannya
hallo mas bro.
kalo gl pro neotech punyaku ku ganti as kruk tiger, stang sker tiger, seker tiger apa tinggal mengaplikasikan saja. ?
apa yg perlu dubah?
mohon pencerahannya. karna masih awam tentang modif.
ganti kruk as saja bos
mas mau stroke bandul yang bagus dimana mas?
La megapro q tk stroke 10,5 yo ga k po2 ki gawe seher tiger standart noken tk racing pir klep tk racing porting in 29 out 30…. ninja 250 yo tak ewer2… pdahal pengapian yo jek standart….
kalo stroke up tapi bandul nya masih punya gl100 bisa nambah cc kaga om?
gl pro neotex kalo pakek stang seker standar bagusnya di naikin brapa lurr???
experimen tmnku strok up 1,6cm stang pake scorpio rasio cb k5 primer sekunder 24:69 templar roler viar. ger ktmu 15/33 turing 14/33 balap. tarikan panjang2 hsilny tiger msuk 6 gas hbs mtor tmn q 4 gas gk sampek hbis blm pke gigi 5 gmn bro garang gk ne mtor 🙂
bro kalo udah di struk up 7 make bandul cb 100 trus stang make tiger
kalo di balikin lagi ke asal gmana bro ngaruh apa nggak ?
mas ane pny gL series standart tp jeroan ws gw MP, tp gk kbh.. Gor seker,stang,drap gear.. Ni kalau mau tmbh cc lg hrs pkek apa lg? ? Minta pencerahanya
Kruk as…
He cak mas pak,d… melu takok geh… sepedah,ku c70 mesin supra fit … lha piye kq pengapiane kebesaran… busi tewas mulu… buring blogcop pakek bliz + gandul.. magnit pakek bliz.. karbu rx king TKD koil tiger cdi BRT … seker tiger… tros manipol setengah dah ku potong ku rombak jadi pendek… 1x tarikan busi tewas… ganti… dari arus kabel koil kalo jarak 5 jari menyambar bak mesin … cetar2… besar…
cdi brt saya tdk rekomendasi….pake cdi lain saja…
mas minta saran, kalo motor Gl dibuat keperluan sehari hari itu enak di ganti kruk as/bandul tiger kan ccnya jadi 200cc atau di stroke 10mm yang diatas cc tiger. kalo dibuat sehari hari itu nyaman pakai yang mana mas?
suwun