sebelumnya….terima kasih buat sedulur2 CB dari jakarta,klaten,karang-anyar dan tempat2 lain yang lupa darimana asalnya..yang telah menyempatkan dan meluangkan mampir ke kediaman begawan di bantul….pada heran ya…ternyata kok tidak meyakinkan…hehehehehe…………..
dan tentu saja kami mohon maaf atas rekan2 lain yang kecele/kecewa…karena telah jauh2 datang ke jogja…sing diparani gak dirumah!!! maklum orang pengangguran luntang-luntung gini suka kabur se-enak hati…jadi kalo tidak janjian sebelumnya kemungkinan bisa bertemu dan ngobrol2 paling hanya 50% saja….hehehehehe….
untuk komentar yang belum dijawab atau gak masuk2….juga minta maaf…..karena koneksi inet yang kadang on..kadang impoten membuat komunikasi 2arah menjadi buntu…..
Lanjut ke topik bahasan…jika dalam tahap 1 digambarkan tentang mem-bore up crank-case…di acara ke 2 adalah
1. Membuat squish di head STD GL
kenapa harus dibuat squish???….mesin sudah naik 200cc…kalo ceruk tidak dibesarkan…nasi sepiring juga bakal habis buat menstater mesin, maklum generasi GL gak ada teknologi dekompresi….kayak dimotor2 gede/moge ato dimotor2 bebek

setelah dibereskan pisau tuner…..cerukan gak begitu tajam…dah lebih landai kedalam….lumayan..kompresi bisa turun dikit
2. Menyamakan panjang as sebelah kiri
as sebelah kiri antara CB/GL dan tiger punya beda panjang yang cukup jauh….maka perlu dimasukkan ke tukang bubut!! ini dia sumber dari masalah….bagian luar as ternyata di hardening sehingga mata pisau bubut dengan spek HSS gak mempan makan as dari kruk-as….perlu mata pahat tungsten-carbida untuk memotong as yang telah dihardening….dugaan awal biaya akan murah…ternyata buat motong doang harus merogoh kocek 100ribu….xixixxixixxixixi….

masih harus ngerogoh duit didompet lagi…karna gigi sentrig harus pake punya GL pro series….yang ukuran as-nya besar…kalo pake aslinya GL….kena biaya bubut lagi….
nah….setelah melakukan beberapa proses dari…corter bagian crank-case, corter boring, bubut squish head dan terakhir menyamakan panjang as….mesin bisa dirakit…dan hasilnya
mesin sudah jadi, pengapian dari awal sudah CDI, jadi gak perlu capek2 setting pengapian…tapi dengan spek seperti ini…ada 2 kekurangan
1. mesin akan terdengar kasar karna noken/cam masih belum dirubah (dilaker bagian kanan)…sehingga akan terdengar berisik…apalagi kalo mesin sudah panas dan oli yang dipake jenis sintetic….bikin kuping geli
2. tenaga motor akan liar dan laju kendaraan kurang kentjang…..soalnya reduksi gigi primer-sekunder masih mengandalkan bawaan….motor punya tenaga lebih tapi larinya kalem….
yah kira2 begitu dulu share tentang mesin GL jadi 200cc…sudah ada gambaran kan??!!
. sip lek, totale?
blar blar blarr
golek bahan ra nemu2, paling bis lebrn maen kstu lg …. Kui yen wis oleh bahan
hahaahahaha……….
payung klep gak di besarkan skalian om begawan ?
kruk as cina d hardening ? lbih bagus dri yng ori donk
yen misal Kruk as tigeré ga dipotong piye?? Biso dipasang ra?
ribrt, beli aja mesin tiger lawas, taroh di bodi gl, beres, no berisik, no repot, no gagal modif,,lagian harga tiger lawas juga paling cuma 6jt
kalo cuma beli….alay ingusan pun bisa bikin!!
bener iku om kalo cm beli trus pasang anak kecil jg tahu
Gan ono bandul tiger ga,nek ono piro?…
begawan tolong di share dong tentang primer sekunder generasi Cb , GL, Mega Pro , Dan tiger
beserta saran2 buat modif prier sekunder
sudah pernah dibikin mas artikelnya beberapa bulan yang lalu
bener bang mtor tarikanya masih pendek…kemarin baru tanya gigi primskon, katanya 250 tapi barangnya blm ada….mungkin hbs lebaran…ada saran g biar mtor larinya enak dan g terlalu getar…
numpang nanya bro, saya habis ganti seher di CB, setel kelep segala macam. mesin sudah halus dan enak. tapi kog masih ngebul putih y?
bisa karna sil klep gak diganti padahal sudah getas atau ring kompresi bocor….biasanya pas oversize…korteranya(proses)nya gak bagus…misal miring sehingga hasilnya benjo(gak bulat)….makanya ngebul…kalo klep yang bocor ngebulnya item….
suwun bro, sangat mencerahkan….
satu lagi bro,
masalah ngebul ini terjadi cuma saat pertama kali mesin dihidupkan,sesudahnya tidak ada kebul asap lagi.
mesin halus tidak ada suara menggelitik sedikitpun, banyak orang ngiri dengan halusnya mesin CBku.
kalo dibiarkan effectnya apa y, fatal g? suwun…
knalpotnya dikasih oli gak?…kadang kalo knalpot dikasih oli awal dinyalain juga ngebul…kalo ngebul efeknya gak fatal…tapi kalo sampe oli sering berkurang isinya …nah yang ini baru fatal
mas broo numpang tanya nii..
mator ku gl 100 head std klep. pkek pnya tiger noken neotech ..
templar std ..
tpi knpa ya kok setingan klep gk pas tngah yg klep in..
tpi yg ex nya pas tengah…
dan setinganya sring berubah2..
tolong pencerahanya mass..
maturr suwunn>>>
itu pas rubah sudut klep asal jadi kayaknya…yang digeser yang in saja..sedang yang ex gak dirubah jadinya ya gitu…harusnya 2-2nya digeser jadi bisa pas ditengah
suwun mas bro ats pncrahane.
Mesin kmelitik tros gk iso alus.
Solusine piye lak ngno iku Mas bro?
Mas, aq puxa gl 100. Uda setahun sejak d over size (25).
Tpi kmaren pas d starter kok blong, kompresinya hilang total. Kira2 permasalahannya d mana n tolong solusi nya…!
itu klep terganjal arang….skir klep aja pasti beres
Klep tidak mentok piston ya mas modif gitu,
ass,,, mohon pencerahannya ya mengenai masalah di gl 100 ane, motor gl 100 thn 80 sudah di rubah cdi dan diboreup menggunakan piston tiger tp head masih pakek standar gl,carburator saya pakein rx-king ori nah yg menjadi masalah ketika mesin baru dihidupkan sering terdengar suara nyit,,,nyit,,, di mesin bagian blok piston dan kenapa klo dibuat ngebut tarikannye molor alias ngayun harus diurut baru bisa kenceng,,, mohon pencerahan dari suhu” skalian terima kasih,,,,ass
Suara nyit2…biasanya oli gak naik ke pelatuk….terlalu boros yg menjadikan tarikan motor gak spontan….
Waduh duit maning iki iso”,bise bahaye dong klo oli kaga naik bise jebol pistonnye dan part lainnye,mohon recomendasi bengkel dijkt bro soalnye susah cari bengkel yg jujur dan biase pegang motor” lawas, matur suwon yo bro martini,,,salam blar,,,blar,,,
motor saya GLPRO BE. saya mau pasang blok seher + kop + bandul nya si tiger.. mau tanya :
1. kalo semua terpasang, gigi timing dan karet tensioner nya pake punya apa ?
2. stelan timing nya di rubah ke automatis / bisa si stel dengan model manual ?
2. trus magnet spul nya apa harus di rubah ? ato masih aman pake pengapian standar ?
Tolong pencerahan nya mas…
permisi mas, saya baru beli motor mesin gl100 dimodif cb, tapi loyo mas, gimana biar larinya cepet dan kalo dibawak touring gak mogok ??? dan kenapa motor saya itu kalo dibawak ngebut atau pelan suka tersendat-sendat mas, dan kalo mau dipake mesti dipanasin dulu padahl baru dimatiin mas motornya, tolong bantuanya mas, maap saya buta bnget tentang motor
assalamualaikum mas. setelah baca tulisan ini saya ikutan up grade mesin cb ke 200cc. seperti di sebutkan di atas kekurangan modif ini motor tenaganya liar dan larinya ga lepas. mengatasi lari gak lepas tadi, berapa rasio final gear yang pas mas?? soalnya motor saya gigi primer sama sekundernya masih standar gl belum ganti. terima kasih sebelunmya mas.
berapa biayanya dan lama pengerjaannya kalau sekarang? di jakarta timur bengkel yang bisa upgrade dimana? thanks
mas e nyuwun terawangane, motorku gl 100, sekere di dongkrak nganggo macan sak klep klep e yo ngetutke, nah saiki rencana ngoyakke ambegane ben rodo dowo. aku duwe panemu arep ngracik rasione 1 2 nganggo gl 100, 3 4 nganggo megapro, 5 ne nganggo macan, primer sekunder karo gir pompo oli nganggo macan. kiro kiro dadi ora yo mas? nyuwun tulung dikoreksi. maturnuwun.
Mas e minta terawangannya. GL 100 saya sudah bore up piston tiger, klepnya ngikutin. Blok, kop, bandul masih stndart GL 100, karbu pake Neotec. Nah rencana mau ngasih napas panjang. Punya pandangan ngasih rasionya 1 2 pake GL 100, 3 4 pake megapro, 5 nya pake tiger, primer sekunder set pake tiger. Kira kira jadi ga ya, sama lubang masuk dari karbu & buangan ke knalpot perlu di besarin ga? mohon koreksinya. Terimakasih.
1. mesin akan terdengar kasar karna noken/cam masih belum dirubah (dilaker bagian kanan)…sehingga akan terdengar berisik…apalagi kalo mesin sudah panas dan oli yang dipake jenis sintetic….bikin kuping geli
2. tenaga motor akan liar dan laju kendaraan kurang kentjang…..soalnya reduksi gigi primer-sekunder masih mengandalkan bawaan….motor punya tenaga lebih tapi larinya kalem….
Mengatasine piye mas?
1. simpelnya ganti kop/head…penyakit pasti ilang…brisik banyak faktornya..dari as temlar aus, noken kena, temlar kemakan, oli naik gak lancar, bos klep aus, sitting klep bocor, klep sedikit bengkok….part tua semua yang disebutin tersebut wajib dicek satu-satu
2. primer sekunder idealnya ganti yang berat…
Om kalo GL nya pake seher o.v. STD trus kruk as sama klep out diganti tiger naik nya berapa ya?
gan numpang tanya, saya punya gl 100, terus saya pake blok gl pro, tapi headnya masih standar. suaranya kasar, terus ga lama kemudian jebol dah tu motor, mentok piston klep, padahal udah ganjal paking. mohon pencerahan nya om.