Setelah Up-grade mesin tiger..kenapa Honda CB jadi panas banget??

Maaf sebelumnya…lama banget gak posting….komentar yang terjaring spam juga gak nongol…yang tanya juga jarang dibalas…….maklum lah pesenan mesin CB yang pengin jadi 200cc lumayan banyak…nggarapnya juga gak bisa buru2….

Untuk yang tanya via SMS ….jangan pake bahasa alay donk…saya termasuk generasi jadul..jadi gak ngerti bahasa alkay taupun tulisan pake angka…bikin puyeng…BBMan juga gak ngerti tahunya kirim mesage/pict. via e-mail…..
OK…segitu dulu inter-mezzo nya….lanjut ke bahasan saja….

Kenapa sih mesin yang diup-grade cepet panas?? padahal sudah aplikasi oli yang bagus….

Kira2 begini jawabanya….ketika mesin naik menjadi 200cc… maka pengapian juga di up-grade menjadi CDI….kebanyakan mekanik akan mematok titik api (pulser) pada 14 ato 15 derajat sebelum TMA..dan panjang pulser 15-20mm…..

sedangkan spek standart tiger pengapian dipatok 10 drajat sebelum TMA(untuk putaran langsam) dan 32 drajat sebelum TMA (untuk putaran menengah-tinggi)….

dengan memasang pengapian pada 15 derajat sebelum TMA…maka pengapian akan maju cukup banyak….jika tidak diimbangi dengan rasio kompresi yang tinggi dan kualitas BBM bagus…maka sebelum sampai titik api bensin akan self ignition (menyala sendiri)….akibatnya akan terjadi pembakaran ganda yang mengakibatkan mesin bergetar dan terjadinya rambatan panas yang cukup tinggi….efek inilah yang bisa dirasakan jika pengapian dimajukan cukup jauh…..

maka  derajat bukaan klep (durasi) vs posisi pulser yang diolah CDI harus klop….untuk lebih mudah , sebelum modif pengapian lihat dulu manual book dari mesin yang akan dicangkok…..

kira2 segitu dulu…..

**kabel pulser ada 2….yang satu untuk massa dan yang lain ke CDI…..

**pada magnet motor, kebanyakan diameter magnet 110mm…sehingga panjang sensor pada pulser untuk 1mm mewakili 1 drajat…

 

kira2 begitu jawaban atas pertanyaan yang sering banget di ajukan….semoga bisa menjadi masukan (2nd opinion) bagi yang mengalami masalah serupa

Iklan

38 thoughts on “Setelah Up-grade mesin tiger..kenapa Honda CB jadi panas banget??

  1. S.K.P

    Wuih… FXR ane kemarin imbang topspeednya sama CB-custom (enggak tahu berapa cc), tapi kelihatan CB lebih stabil larinya, sedangkan FXR ane yang udah minta ganti komsteernya lari kayak kuda binal.. harus dipegang erat-erat biar gak goyang kiri-kanan 😀

    Balas
  2. Triyanto Banyumasan

    tonggoku CB mania, wis upgrade mesin tiger megapro CBNE, malah dicangkok silnder kop sing dual out opo basa sing bener ? dadi bolongan knalpote double. kwi nganggo blok silnder apa Wan ? *mung penasaran tok

    Balas
  3. bynewmustkid

    saya sebagai penggemar setia / fans berat selalu menanti artikel yang jarang dan artikele berguna walau nulise apa adanya, tapi sayangnya sang begawan terlalu sibuk dengan ngampaki mesin dadi gak sempet postingan.
    jadi kali ini saya sempatkan bertanya tentang GL125 ku (my wife call DAPLUN) penampilan CB, saat ini udah tak upgrade nganggo piston macan yang lainya masih standaran, kepenginya sih gak kalah sama macan yang mudaan tapi dana cekak jadi stop dulu proyeknya.
    pertanyaanya adalah step selanjutnya kira kira apa yang cocok buat spekan si DAPLUN yah biar gak jadi macan galau yah ?
    1. upgrade full macan tapi takut kena tilang kalo jalan jauh (jatim-an)
    2. upgrade krug-as macan + klep macan

    berikutnya apakah primskun masih mumpuni ?

    matur suwun

    her/jokine daplun

    Balas
    1. martini Penulis Tulisan

      enaknya…kruk-as..blok pake ori tiger…kalo kop bisa pake produk tailand tapi noken as,klep,perklep dan templar pake ori honda…..prim-sek pake megapro minimal….biar gak kelabihan tenaga dan enak diajak lari

      Balas
      1. bynewmustkid

        La terus apa mesti setting pangapian meneh pak ? maksude dengan perubahan diatas apakah perlu setting ulang timing pengapian kalo tetep pake cdi bawaan GLMaxNT atau harus ganti pengapian set macan ? untuk menghindari panase pak
        satu lagi pak, kira kira dengan kondisi tersebut final gear-e piro pak ? supaya tenagane merata dan gak takut tanjakan, suwun pak

  4. Nyanx Kool

    Kang maaf saya mau tanya semoga dijawab….
    CB100 saya tahun 71 blok seher sama head pake tiger, crankcase bawaan CB, kruk as+stang seher GL100. Kompresi kurang padet sama tenaga kurang keluar. Kira2 harus diganti apa aja supaya tenaga dapet dan aman buat touring??? Hatur nuhun

    Balas
  5. tzoemiran

    pak lek… nek wes dstroke ngunu kuwi karbu ne wajib ganti kah? bingung ki megypet wes tak strokne nang nganjuk.. iki ditukokne karbu ne tiger opo cdi ne shogun disik?? pkoe ben mlayu ne tambah banter…!!

    Balas
  6. santoso

    pakde tolong pencerahannya.. Motorku neo tech body CB. 0ulu sebelum aku upgrade kalo diselah abot n selahe iso jepat nganti sikile mlecet, tapi stelah aku ganti blok tiger, bandul di stroke podo tiger. Pengapian full tiger. Kok skarang selahe dadi enteng tor ora gelem njepat.. Kira kira apa masalahe de? Suwun

    Balas
    1. martini Penulis Tulisan

      timing pengapian beda bos…pengapian tiger model ac dan lebih mundur….setting langsamnya 10drajat sebelum tma…sedang gl lebih maju lagi dikisaran 14drajat sebelum tma (mohon koreksi kal salah)….piston juga lain…tiger model flat sedang neotech model doom….

      Balas
  7. santoso

    berarti masalahnya tetap di pengapian ya pakde? Padahal magnet spul cdi n coil pake tiger ori. Cuma bandulnya masih pake neotech stroke up.. Apa mungkin drajat lubang spi magnet tiger n neotech gk sama?

    Balas
  8. dodiromako

    pakde tolong pencerahannya.. Motorku Cb 100 pengapian dah ganti pake ful GL pro cdi (magent,spul+pulser) CDI Gpro neo rencana mau tak upgrade kebetulan dah dapat Head Tiger tapi Blok+seher pake Neotech krukas bawaan cb 100 kira-kira mesin bakalan panas ga pakde masalahe head tiger tapi pengapian gl pro njaluk petunjuke pakde? matus suwun

    Balas
  9. david iriyanto

    Pak bro motor saya megapro udah body cb..as kruk naik 8,5 seher sama noken as udah tiger…kan harus menggeser pengapianya…itu harus di mundurin ..kalo pake cdi standart mundurin harus berapa derajat dan kalo pake cdi shogun kebo berapa…?
    Mohon pencerahanya..terima kasih..

    Balas
  10. priyatno

    Maaf ni kalo menerva udah modif tiger juga getaran mesin parah ,stater engkol susah hidup ,seher tiger oversize 50, cdi digital bawaan,appa mungkin deraja pengapian tellalu maju?tolong pencerahannya trimksh

    Balas
  11. agus

    kang motor ku gl100 thn95 mesin model series pake kruk’as tiger seker tiger magnet standart spul standart CDI shogun… kok puanas banget kang mesin nya?
    blok ane pake mp, kop standart gl100 rubahan klep tiger, noken as tiger….
    mohon pencerahan nya kang…..

    Balas
  12. Santoso

    Gl pro saya pake double stater punya tiger,pengapian tiger,kenapa cepat panas,trs tanjakan kurang gesit,kira2 hrs seting apanya mas mhon pencerahanya

    Balas
    1. martini Penulis Tulisan

      setting timing pengapian tiger dan gl pro beda bos….tiger pas posisi langsam kurang maju timingnya…pas rpm tinggi terlalu maju timingnya

      Balas
  13. will

    Maaf gan ,Bagaimana caranya untuk menentukan derajat pengapian pada putaran atas dan bawah, misal putaran bawah di patok 15 derjt, putaran atas 32 derjt . Terimakasih

    Balas
  14. zack45

    pak tanya sambil cari solusi motor ane Gl 100 platina saya pengin upgrade jadi kruk ass tiger ma blok tiger tapi sama temen saya di buat pengapian cdi pake pengapian Gl pro seris tapi Cdi Supra menurut pak admin alangkah baik nya bagaimna …makasih mohon penverahan siapa tau bisa ngerubah semua sebelum telanjur hihihi

    Balas
  15. Fajar Annawa

    mas motor saya gl series, silinder udh pke tiger, head nya ori cuma udh robahan klep tiger, cdi tiger, koil nya spin. tpi gentakan pertama tetep kurang jos. dan mesin cepet panas. harus gmna ya mas mohon pencerahannya

    Balas
  16. Reyciee NakVespa

    mas kalo motor udah masuk RPM tinggi atau udah gas notok knp tiba-tiba motor itu mati secara otomatis dan mengalami trobel , setelah mati baru bisa jalan lagi , tapi saat RPM tinggi lagie motor itu mati lagi
    tolong kasih solusi . thanks

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.