sebelumnya….kami selaku penulis 5osial.wp mengucapkan turut berduka cita atas meninggalnya ibunda bonsai (warung motuba) dan di susul ayahanda yang menemani kepergian ibunda tercinta……semoga amal ibadah ayahanda dan ibunda diterima disisi allah…amiiiin……..
back to topik………
kebetulan dirumah ada vario tekno yang inden desember 2010….meski baru diantar maret 2011 dengan acara ngomel2 segala…..wekekkekekeke…nah selama (hampir) 2tahun pemakaian ini….apa saja sih yang telah diganti dan kira2 berapa biayanya???!!
1. waktu datang selang bensin langsung dipotong ditengah dan di sumpal dengan filter bensin….maklum..motor bawaan gak ada filter bengsinya
2. ganti oli di KM 450…dan penggantian waktu setelahnya setelah interval 2000KM (jarak tempuh)
3. ganti busi di KM 6000…bukan karna mati…cuma pengen ganti busi yang laen saja
4. bongkar roda, rem dan cvt setelah menempuh jalur jogja-candi cetho PP…dengan kondisi hujan deras dan jalan naik turun ekstrim sekitar 60 derajat (selepas karang pandan-candi cetho)…kondisi ban belakang kempes..motor di gledek sampe jogja…(dalam kondisi dingin gak tau kalo motor habis anginya)…parah bgt yang punya…wkwkwkwkwkwkw
5. Ganti ban dalam 2kali (bagian belakang semuah)
6. KM sekarang sampai di 14.600…dengan konsumsi BBM bengsin eceran pinggir jalan …rata2 konsumsi BBM 1liter untuk 50KM perjalanan…..
karena vario ini motor baru…sampe sekarang belum pernah masuk bengkel untuk servis rutin…..mbuh didalem mesin ato karburatornya udah kotor ato belum yo gak tahu….kalo dikendarai juga normal2 saja dan bisa jalan sampi 90kpj (dari baru segitu2 aja gak nambah…wkwkwkwk)
dan sampe sekarang juga gak kepikiran kalo garansi hangus nanti gimana…hehehehehe…soalnya gak ngarep adanya garansi….soalnya garansi itu mirip fenomena fatamorgana….kalo dari kejauhan ada…giliran di dekati menguap entah kemana………..
so….pengeluran selama 2tahun pake vario techno adalah
1. beli filter bensin 5ribu
2.beli busi 34ribu
3. biaya bongkar roda,rem dan cvt karna rasanya geal-geol setelah di geladak…35 ribu
4. ban dalam +jasa (2kali)….@ 35 ribu…jadinya 70 ribu
5. beli bensin dan oli lupa…soalnya gak ngitung…misal bensin 1liter menempuh 50 KM…maka di KM 14.600 dah habis bensin 292 liter ato 1.4600.000 (1liter 5ribu di bengsin eceran) untuk oli dah ganti oli 8kali…1kali gratisan dan 7kali biaya sendiri ….jika 2 kali pake castrol matic seharga 35ribu…dan 5kali pake pertaminah enduro racing yang sebotol seharga 40 ribu…maka untuk oli habis..270 ribu……….
sehingga pengeluaran buat perawatan vario selama 2tahun…..1.87juta….(diluar pajak kendaraan)…………
so…menurut saya masih terhitung irit….dan wajar…
berapakah pengeluaran unutk motormu???
wajar untuk pemakaian seperti itu sih
1 liter 50 km
siul2
aku biasa ke godean…trip sekali jaln sekitar 24KM…kalo pas keluar rumah vario kosong..alias ndorong dan tak isi 1botol topi miring….ketika sampe rumah…48KM…motor masih bisa tak pake ke angkringan palbapang 2kali PP…asline yo luwih dari 50KM seliternya…lha kalo jual bensin eceran gak pas 1liter kok satu botolnya
koq malih irit ya 😀 siul2
wow
seirit grand
irit tenan.. 🙄
kemaren dari rumah juga kosong…dorong sampe sebelah rumah yang jual bengsin…tak isi 2 botol….ternyata cukup buat ke pasar godean 2kali PP….(dari palbapang bantul) ditambah palbapang-bugisan ( pom bengsin)….itung dewe via google map…jaraknya berapa KM…..
weehhh… koq ngirit mas…
nek ku ngarani yo boros mas…lha aku sering ndorong gara2 kehabisan bengsin kok….jik ngirit supra pit…..ato cb jadul….hehehehhee
walaahhh…. 😀
Ealah, kok motor injeksi malah dipasang filter bensin kawe toh? Yakin filter bensin ala Honda Jadul itu efektif? Apalagi yang kawe cuman lima rebuan (harga aselinya 70 ribuan keatas lho). Pernah ada filter bensin Supra 100 lama diganti baru karena yang lama warnanya udah butek. Penasaran di intip2, kok ndak nampak busa filternya seperti penggantinya yang baru? Akhirnya dibelahlah filter ori bawaan motor tersebut. Buset, dalamnya mulus gak ada busa filter sekerat pun. Ternyata busa filternya hancur bersama bensin masuk ke dalam karburator, sukses bikin kerak. Kebayang kan gimana kalau serpihan busa itu masuk ke sistem injeksi? Jadi mikir dua kali mau masang filter bensin model gitu. Makanya motor2 baru sekarang udah gak make filter model jadul itu, lantaran filternya berada didalam tangki di lubang menuju ke selang bensin. Kalau gak percaya kalau udah ada filternya, lihat aja di katalog, atau preteli langsung selang bensinnya di bagian tangki.
ra mudeng po ra mudeng, emange vartech wis injeksi yo……?
ya..elah….vario masih karburator bos…..lagian yang penting fungsinya bukan harganya….mungkin ada orang yang membangga2kan merk A,B…misal T*R ato K*C…..itu cuma label…. pas impor harganya murah banget…..yang bikin mahal p;astik kemasanya…..hehehehe…..
tak wenehi bintang 1 nggo kepekokan mu mas……asli jan pekok temenan……wkwkwkwkwkwk
mendingan utek mu di ganti ECU ae lah mas ben pinter titik….wkwkwkwkwkwkwk