halo bro…hari berlalu tahun berganti….hal ini juga diiringi dengan berubahnya kebijakan. kalo tahun 2014 pertamax tembus 10.300 perliternya…ditahun ini 2015, pertamax turun drastis ke 8.800….Nah seiring turunya harga pertamax para pemilik mobil mulai mikir logis….pertamax dengan ron 92 tanpa disubsidi seharga 8800….kemaren premium yang kualitas lebih buruk katanya disubsidi seharga 8500 dan setelah tidak disubsidi dibandrol 7600….hahahahaha… Orang idiot juga paham ini dagelan tidak lucu. Nah munculah pertanyaan dari orang2 cerdas yang masuk ke 5osial.com Bro kalo mobilku biasa pake premium beralih ke pertamax masalah tidak?? Apakah tangki akan kropos jika mobil diisi dengan pertamax??
Untuk peralihan bbm dari premium ke pertamax gak masalah bro. perbedaan ron dari 88 ke 92 tidak terlalu signifikan…halah istilah gampangnya tidak terpaut jauh. jadi tidak perlu ubah rasio kompresi. cukup memajukan timing pengapian. nah penjabaranya begini. bbm dengan ron lebih tinggi memiliki self ignition (titik nyala) lebih tinggi dibanding bbm ron rendah ketika bbm tersebut dikompresi. jadi bbm dengan ron lebih tinggi sulit terbakar…atau bisa terbakar pada tekanan kompresi mesin yang tinggi. jika kompresi mesin tetap, maka titik nyala busi dimajukan lagi timingnya….sebelum langkah kompresi sampai TMA. makanya muncul istilah memajukan timing pengapian (titik nyala busi) sebelum TMA. atau bisa juga mengurangi pasokan bbm yg di hisap piston jika pengapian tetap…..makanya beberapa orang merasa kalo bbm pake yang ron tinggi konsumsinya lebih ngirit. its true…hehehehe….nah menggesernya timing pengapian bagaimana dan berapa derajat?? serahkan saja pada mekanik. ingat ya…setiap engine tidak punya patokan yang sama…so kalo setting2 lihat manual book saja atau datang ke bengkel yang paham dan ngerti. nah dimanual book biasanya juga diberikan pilihan jenis busi sesuai medan yang dilalui dan tingkat panas yang dibutuhkan. Ganti saja dengan seri yang dingin…misal sekarang pake seri 20 atau 22…bisa ganti ke 24 atau 27 untuk merek denso. saya rasa itu sudah cukup
hmmm…kok panjang banget penjabaranya ya…kaya orang kuliahan saja…yo wes..lanjut besok lagi untuk masalah tangki…aman gak pake pertamax jika biasa di isi premium….woke semoga sharing kali ini bermanfaat…semoga tetap sehat diberi lancar rizqi keluarga bahagia…kesehatan juga berkah dalam setiap tindakan…amiiin…
Nek motor injeksi piye? Ganti ECU?
kan injeksi ono sensor knocking…oksigen…yang otomatis mengkalibrasi
Motor murah, apa ana knocking sensor? Sebelah ngendi ya?
Maaf mas, cuma mau diskusi aja
Apa teorinya itu gak kebalik,, setau saya sifat pertamax itu lebih tahan terhadap panas dibanding premium, yang artinya membutuhkan waktu sedikit lebih lama untuk membuat sebuah ledakan diruang bakar
Dengan kata lain harus memundurkan timing pengapian bukan malah “memajukan” selama variabel lain tidak berubah (kompresi, dll)
Dengan memundurkan timin pengapian maka piston mendapatkan waktu lebih lama untuk lebih mamadatkan (mengkompresi) kabut bbm sebelum akhirnya disambar bunga api busi
Mohon koreksinya kalo saya salah,,,
Dan lagi untuk mobil2 diatas tahun 2000 saya pikir tidak perlu merubah apapun untuk berganti ke pertamax,,
Salam kenal, nuhun
hihihi…patokan maju atau mundur itu TMA bro…siklusnya dimulai dari klep buang membuka dst….nah pas akhir langkah kompresi busi meletik….nah biar pas maka busi diletikkan beberapa derajat sebelum TMA…istilahnya maju waktunya..jadi pas 0TMA kok baru meletik itu telat…biar gak telat dimajukan…misal jadi 5drajat atau 10drajat sebelum TMA…so patokanya “TMA” dan istilah maju itu maksudnya diajukan sebelum TMA waktu meletiknya…