Mio J Mogok…Jangan panik pencet elektrik stater terus ya!!!

Malam mas bro…Mio J…Mio J…Mio…Lagi-lagi Yamaha mio….itulah yang hampir tiap pagi terjadi..seorang ibu atau bapak..mungkin juga tante atau mbak2 sekolah SMA ndorong mio J lewat depan rumah…Yup…ketika tak tanyain kenapa mionya?? Jawab mereka simpel dan kesel Mioku mogok mas!!
image

Wow….apakah seburuk itukah kualitas yamaha mio sekarang ini?? wes embuh..buru2 saya pinggirkan embaknya mionya dan mereka nyerocos dari A sampe Z karna terlambat sekolah /bekerja atau ngantar anak sekolah!! Kata mereka kurang lebih seperti ini

Pagi2 distater mio j saya juga baik2 saja mas…dinaikin juga enak gak masalah…tapi gak tahu kenapa tiba2 mati dijalan. terus saya stater berkali-kali, mesin tidak mau hidup…lama-lama stater gak nyala. lalu saya engkol stater kakinya… tapi hasilnya sia-sia sedangkan bensin dalam keadaan full ditangki….

Trus solusinya bagaimana?? woke..akan saya paparkan solusi jika mbak2 atau mas2 mengalami hal serupa pada mio j yang tiba2 mogok

  1. Ketika mesin mio j anda tiba2 mati atau mogok, segera pinggirkan ke tepi jalan. tunggu beberapa menit dan coba stater 3-4kali…jika tidak berhasil coba pake standar tengah dan parkirkan mio j anda
  2. Jangan panik ya…pokoknya dilarang keras mencet stater berkali2, karna selain menyebabkan motor stater terbakar..hal ini juga membuat aki tekor…dan ketika aki tekor maka sistem injeksi pada mesin mio j anda 100% tidak berfungsi. ini fatal

  3. Coba anda gunakan stater kaki/engkolan pada samping mesin…jika diengkol terasa ringan coba anda ulang beberapa kali. Jika hasilnya nihil …bisa dipastikan mesin mio j anda mengalami loss compresi…atau kompresinya hilang.

  4. Sembari menunggu dingin ada baiknya anda ngopi2 dulu…hehehehe…atau melepas dek tengah…iya dek yang berada didepan mesin…cukup pakai obeng (+)…dan dek sudah bisa terlepas

  5. Buka busi mio j anda dan isikan sedikit oli ….ya kira2 5 cc oli melalui lubang busi kemudian engkol perlahan…sekiranya sudah merata pasang kembali busi mio J anda

  6. coba engkol mesin anda dalam kondisi busi terpasang dan cup busi juga sudah dipasang….walla….mesin mio j anda akan menyala lagi

  7. Jika terlanjur aki tekor ya terpaksa ndorong motor sampe bengkel terdekat ya….

Sebab2 atau kemungkinan mio j atau mio GT loss kompresi

beberapa sebab bisa membuat mio J mogok mendadak dijalan. salah satunya bengsin yang terlalu irit. mio j terkenal sangat irit. jika fuel pump dicek dan injektor diaktifkan yang disemprotkan oleh injektor hanya udara dan sedikit sekali bensin.  hal ini sangat tidak bagus buat kesehatan dinding silinder juga ring piston. jika posisi campuran bbm sangat lean/miskin…silinder akan memuai terlalu berlebihan dan ring piston tidak akan mampu mengkover pemuaian tersebut..ujung2nya kompresinya ngeblong….PPOOOOHHHH……udara yang dihisap dan dikompresi bablas ke ruang kruk as…sampeyan bongkar head sekalipun yang terlihat hanyalah piston dan klep berwarna putih tanpa adanya kerak…oli yang dimasukkan ke dalam ruang bakar ini berfungsi mendinginkan silinder sehingga balik ke ukuran normal dan ring piston bisa bekerja kembali.

Cara simpel sedikit memboroskan pasokan bensin MIO J

woke mas bro ..kita bahas tuntas sekalian ya…saya sebagai mekanik yang bukan dari pabrikan..alias mekanik iso2an punya tips simpel agar bbm mio j sedikit boros!! Mio j merupakan generasi injeksi matik yamaha. jika pasokan udara diperbesar..ECU pada sistem elektronik akan memerintahkan pompa injektor untuk menyemprotkan BBM lebih banyak..karna dalam chip sudah ada patokan untuk udara 14 maka BBM 1 atau (14:1)…jika sensor udara di tipu/rekayasa maka otomatis bbm akan berbeda pasokanya!! cara simpel dan mudahnya sobek saja filter kertasnya…jangan dibolong lho ya..cukup di sobek/dikekrek pake cutter..bisa 2 atau 3 kekrekan sudah cukup…dan lihat hasilnya setelah anda pakai muter komplek. warna busi yang semula putih pucat akan sedikit coklat. BBM yang agak banyak pasokannya bisa berfungsi sebagai tambahan tenaga dan bisa sebagai pendingin ruang bakar mesin…

Woke mas bro….kira2 segitu dulu ya. Mau debat yo silakan..mau nambahi yo karepmu..saya akan sharing sebisa saya dan berdasarkan pengalaman yang saya lalui….pesan saya untuk motor injeksi 1. jangan lupa bensin dalam kondisi full. 2.aki motor matik cuma 3AH…iritlah dalam pemakaian lampu..karna injeksi mutlak butuh pasokan listrik dari aki. 3. servislah sesuai aturan karna ini motor tidak tangguh baik apapun merek motornya….sekian dulu ya…………..

 

 

 

Iklan

22 thoughts on “Mio J Mogok…Jangan panik pencet elektrik stater terus ya!!!

    1. martini a.k.a Gora emon Penulis Tulisan

      Kemaren putus kabel spido…ganti dewe beres…iya vario tekno saya dari baru bongkar karbu sekali…cek cvt 2kali…itupun baute okeh sing ilang…baut taruh didek…pas dicoba baute pada jatuh didalam….mogoknya karna bensin habis

      Balas
  1. Boy

    Mio temen (karbu) juga pernah kek gitu,masalahnya klep terganjal kerak jadi mangap terus,ama bengkel juga cuma dikasih minum oli gitu 🙂

    Balas
  2. suhandi

    sangat super sekali bro
    thanks you bro
    kebetulan motor mio injection saya super dengan masalah mesin
    mana bagus mio j dengan honda beat bro.??

    Balas
  3. fuja

    gan mohon pencerahannya, motor saya mio sporty 2010, saya ada sedikit kesulitan disaat mau menyalakan motor ini,
    setiap saya pasang filter pada karbu lalu motor sangat sulit menyala padahal starter masih aktif aki full dan kick starter ga masalah
    tp kalo filter itu saya lepas, motor mudah menyala
    nah mohon solusinya gan hehe
    sekian terima kasih

    Balas
  4. rahmad hidayat

    Mas motor saya mio soul gt..dr kemaren mogok..di starter kaki bs hidup tp abis itu mati lg ga nyampe 2 menit..apa ya kira2penyebabnya..mohon d bantu..biar tambah wawasan saya

    Balas
  5. budiono

    Emang betul mas cara itu sangat,……tokcer,heran kenap penyakitnya kaya gitu ya mio j….mas kalo motor injeksi apa emang begitu penyakitnya? Kalo motor honda injeksi jika mati mendadak begitu apa cara mengatasinya sama dengan mio j.?matur nuhun,hatur nuhun

    Balas
  6. dicky

    udah 2 kali mas mio j saya mogok kaya begitu,yg pertama kali saya bawa ke bengkel,dan yg kedua kali bisa dinyalain sama temen saya mas

    makasih infonya

    Balas
  7. saimo

    jika kick starter tetep berat, maka cek semua socket yg berkaitan dgn injeksi/ecu. Jika kotor bersihkan….
    tested di 2 mio gt

    Balas
  8. rudi

    mas,mau nanya,kmaren saya service injektor motor mio j saya dibengkel yg org nya hebat dalam motor injeksi kata temen saya,habis di service ehh gas nya gak rata,malah bisa2 motor itu jalan sendiri tanpa di gas,sebelumnya motor saya ini tidak ada kendala apapun,cuman saya mau service karna udah 10000 KM. kira2 apa yg kena dan apa yg harus diperbaiki mas.trimakasih.

    Balas
  9. ajie

    saya juga punya mio j 2013 gan,tiap kali bepergian jauh sangu aja oli dibotol castrol gardan sama selang aki. tiap kali ngerasa down tenaganya langsung doping oli di lubang busi alhasil gk jadi mogok. trik nyobek filter kertas juga udah dijalanin gan, mantap busi jadi coklat bata

    Balas
  10. rimoy

    Suee bgt mlm2 mogok jam 1 di cilandak . Tiba2 maati mesin sma sprti habis bensin . Artikel ini bermanfaat sya ksh oli lngsng nyala pke sela kaki . Nyesel dah dulu beli motor yamaha . Kualitasnya sueee

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.