5osial.com
Test…test..satu dua dicoba…woke…action!!!
beberapa waktu yang lalu saya dapat email dari pembaca tentang motor NVL..iya yamaha new vixion….hehehehe…kenapa kok aki yamaha new vixion tekor??? gak salah mas bro..tanya2 masalah nvl ke blog yg membahas honda tua berkarat??? ngoahahaha…becanda kok…saya gak fanatik merek..apalagi sampe jadi sales berani mati…..nyiaahahahahaha……woke markibas…mari kita bahas brother!! diurut satu persatu ya….
- Aki original yamaha NVL (new vixion) adalah 12volt 3.5Ah…artinya daya dari aki itu 42watt…nah sedangkan pengisian dari aki sendiri adalah berkisar 20% -30% dari kapasitas dari aki itu sendiri…jadi berkisar 700mA-1000mA…kira2 seperti itu
-
Sistem lampu dari yamaha NVL atau new vixion adalah sistem AC…jadi arus dari spull dilewatkan kiprok/regulator sehingga menjadi arus DC dan baru dipake untuk lampu utama.
3.Sistem dari bahan bakar sendiri adalah NVL menganut sistem injeksi dimana aki berperan sebagai pemberi daya pada pompa injector yang bertekanan tinggi.
dari sini bisa dicermati bahwa aki yang cuma 3.5AH itu fungsinya untuk memasok listrik ke pompa injeksi dan elektrik stater!! iya catat baek2 ya….gimana kalo kita pake bell keong atau pake sirine…wew…daya dari aki bisa kesedot habis ya mas/mbak bro….Makanya akinya tekor……
PASANG HID pada Yamaha NVL (Yamaha New Vixion Lightning)….berakibat aki NVL tekor
dalam pemasangan lampu HID mutlak diperlukan adanya ballast…fungsi ballast sendiri untuk menaikkan tegangan dari 12volt ke 12ribu volt. hal ini dimaksudkan agar busur cahaya filamen dari wolfram bisa ditembakkan ke gas xenon dengan temperatur yang rendah.
meskipun HID cuma membutuhkan daya 35watt, tapi daya yang dibutuhkan adalah 35watt DC dari aki… Masalahnya, Saat pertama kali ballast mengangkat tegangan dari 12volt ke 12ribu volt, butuh arus yang cukup gede…bisa 2-3kali . karena saat pertama nyala daya yang dibutuhkan besar…cara gampangnya seperti tivi kita dirumah lah…tivi dengan daya 60watt kok listrik 450watt langsung anjlok…nah kasusnya sama!!
bisa di hitungkan listrik yang cuma 42watt dari aki 3.5ah tadi langsung drop!! Pantes gak kalo motor NVL langsung mogok karna pompa injeksi tidak terpasok daya?? ya pantes gak pantes…sudah bisa dipastikan situ yg punya motor ndorong motor!!
Solusi Agar NVL tidak mogok/aki tidak tekor setelah pasang lampu HID
Trus gimana biar tidak ndorong melulu setelah pasang lampu HID?? pake aja aki mobil iya nggak??? ngoahahahaha…becanda ya bro!! woke, setelah Lampu HID terpasang..ini hal yang perlu dilakukan
** jangan lupa aki diganti punya Honda tiger yang 10AH…nah daya aki ini cukup mumpuni karna punya listrik 120watt..jika aki dalam kondisi sehat!!
**Pengisian aki juga dinaikkan…jika tadi pengisian cuma 1000mA..nah sekarang bisa dinaikkan menjadi 2000-2500mA, yaitu dengan mengganti kiprok/regulator dari spull. misalkan ganti kiprok tiger yang legendaris…..pastikan juga spull mumpuni memasok arus 2500mA secara konstan. bisa pake model fullwave atau spull digulung ulang
**Ballast jangan ngambil listrik langsung dari aki, tapi lewatkan relay dulu. fungsi relay sendiri mencegah short atau korsleting…jadi kabel awet dan tidak gampang terbakar..begitu juga switch atau saklar pada holder motor akan aman
**Jika ke 3 langkah diatas kok dirasa berat ya balik lagi aja pake lampu biasa..gak perlu kebanyakan gaya kalo ujung2nya ndorong dan capek
…woke ya mas bro…jangan tersinggung kalo dibecandain…kira2 begitu masalah…dasar pemikiran juga langkah antisipasinya….siapkan dompet dan semoga nggak ndorong motor lagi!!!
Weleh jare tiger killer kok pakai part tiger yo aneh now kang, mending dorong aja wkwkwkw
Tiger kiler kan kata dilernya…kalo pemakenya ya ndorong beneran mas…kasus mulai banyak nih…motor injeksi maen dorong sampe bengkel
itu biayanya berapa total? aki tiger, kiprok dll??