Hahaha…kok judule koyo artikel pemburu hits yo….hehehehe….
Sebenernya ini terkait artikel yg kemaren…memang bener tuh komentar salah satu pembaca…kalo mesin sudah distroke dan cc diatas 200cc…pompa oli std ora ngatasi!! Gae touring yo macet…apalagi banyak mekanik jadi2an melakukan malpraktik. Perpak blok diberi treebon sebanyak2nya…mau pompa oli diganti model canggih yo tetep jebol. Lha jalur olinya tertutup treebon . Sudah gitu baut sunduk sate kw punya diameter yg besar dan nutup hampir seluruh jalur oli…tambah ruwet!!
Akhirnya banyak pemakai cb balik ke mesin 156cc neotek/megapro!! Tapi memakai mesin 156cc tdk sekedar latah dong…ada alasan juga trik agar larinya tdk kalah dgn yg 200cc
- Mesin 156cc tdk butuh banyak biaya…tanpa ganti rasio tiger…kruk as tiger juga sunduk sate yg harganya makin hari makin tak terjangkau pemula seperti saya. Cukup ganti piston jenong megapro+ganti boring…cc mesin sudah 156cc
2.Mesin 156cc bisa menggunakan blok std cb/gl tanpa perlu ganjel paking…lebih aman dari razia polisi terutama utk kawasan jawa timur yg pak.polisinya sirik banget dgn mesin cb/gl - Mencari sensasi “tarikan mulur” dgn spare part sederhana. Yup…tren membuat cb dgn tarikan mulur…atau istilahnya napas panjang lagi hangat dibicarakan dibengkel….dgn rasio megaro…ronsel megapro…piston megapro…bandul/kruk as max neotek bisa dibilang racikan standar…nah noken as tks garapan sebagai kuncian pengail daya dipadukan dgn pemasok bbm karbu tirev memberikan celah yg cukup banyak dalam mengoplos final gear. Ini yg tiap hari di kutak kutik.
- Konsumsi bbm irit. Mesin 156cc dgn karbu tirev tentunya irit. Mesin lebih mudah disetel dan tenaga enak di handling. Buat peln enak…iritnya dapat. Buat touring napasnya mulur tanpa takut oli telat naik
- Mesin 156cc lebih awet!! Saat mesin 230cc kampas kopling cepat habis…kamrat kendor tensioner patah…bandul minta balans..duit lagi…duit lagi. Mekanik yg bongkar juga ngeluh…penyakitnya itu lagi…itu lagi…hehehehe…
Gimana, mau nyoba setting 156cc???
sekali njajal 180cc pulsar di bore up 240cc, jyan penuk tenan. Ngeblar empyukk
Nek ora kwi pulsare pala tx tipiwan nggo uji coba. 😀
Nunggu komposisi racikan pasnya oom…
terima kasih gan.
artikel yang sangat bermanfaat dan memberi pencerahan.
*kelingan koment jaman bahelak.
Cbku mesin 156(mp2005) arep tak ganti buring cb linere wes tiger, kiro” butoh plendes pirang mm lur?
Buring cb 100 panjang 68mm…buring mp panjang 70mm…dadi nek buring mp diganti cb butuh plendes 2mm…ganjel paking 3lmbr dadi koyone
mas kalo gl max jadi 156 komponen yg diganti selain blok set megapro apa lgi yah terimakasih
Permisi Gan mau Tanya nih, berpa ya harga paket noken as gl 100 yang udah di modif pake bearing/lakher+templarnya
Siang gan ,,,ate sering…motor ku gl cc 156,,,oper gear 1 sampek 4 enteng,tapi gear 4 d oper 5 kok malah mundur knp gan?
Mohon solusine gan.
Setting gir gak ketemu kuo
Mohon izin untuk minta masukan nya Mbah,, saya punya GL100,,,tapi nafas nya kok pendek ya,, gimana cara nya biar tarikan nafas motor GL 100 saya jadi panjang ?? mohon bimbingan nya. detail saran bisa dikiriman ke email : m.abdurrahman.syafii@gmail.com