Pagi bro…gimana kabarnya??? Sehat kan?? Sori banget ya…lama sekali tdk nulis artikel….lebaran cukup menyita energi…ditambah kerjaan di workshoop 5osial.com yg menumpuk….piye ora numpuk…semua modifikasi dikerjakan sendiri….hehehe…
Back to artikel….Nah…dah lihat iklan supra gtr 150 cc kan…spek diatas kertas sudah banyak ditulis media baik online…bodrek maupun media cetak….saya gak bakal nulis yg begituan….tapi akan menuliskan tentang pengalaman “dolan” dengan supra gtr 150cc…
Pertama kali kita siapkan riding gear…gak perlu mahal…yg penting nyaman dipake….lalu cek ricek kondisi motor…expektasi saya supra ini mestinya ok dan jos….tapi yo entah….nanti kita jajal di jalan yg joss!! Rutenya cukup jogja-salaman-sapuran-kertek wonosobo-banjarnegara-klampok-banyumas….rute yg kira2 180an km!! Tikungan tajam…naik turun tajam di jalan sempit dan banyak lubang tentunya.
Untuk performa maxi bbm dikasih pertamax…meski kompresi cuma 11:1 tak apalah….
Motor di setater gas dihentak…heh…malah standing motornya. Coba digas lagi masuk gigi 2 sambung gigi 3….ketemu lampu merah otomatis gas di lorot/tutup….badan seperti dilempar kedepan….kagok…udah barang tentu…soalnya saya terbiasa pake cc 200 blar2 yg engine brakenya gak terlalu karna rasio gigi yg kasar…tdk serapat ini.
Setelah 15km…ato masuk area magelang feeling ngegas sudah didapat. Dijln datar cukup gigi 3…4…ato 5…performa motor yg responsif ditrack kota yang penuh kemacetan week end. Buat selap selip lincah dan mesinya cukupan.
Track salaman-sapuran-kertek(magelang-wonosobo)… karakter jalan yg mulus..sempit dan rapat penuh kendaraan r4 kumplit sudah dgn hiasan tikungan tajam naik turun! Gigi 6 hampir tak terpakai ditrack ini. Mengandalkan gigi 2…3..4…cukup sante melahap tanjakan dan turunan. Ketika rem di injak mendadak karna kaget ada lubang yg cukup gede…motor langsung sliding kayak tontonan moto jipi di tivi. Meski begitu motor tetep dalam kontrol…ini yg cukup berbeda dari seri supra sebelumnya. Maklum dirumah dari supra 100 dan supra 125 sudah saya rasakan untuk berkendara harian. Posisi ban mengunci tapi motor masih stabil. Jika di supra x 125 saya pernah ngerem sampe ngunci dan saya terpelanting jatuh bersama motor…motor ini tdk menunjukan gejala begitu….karna tahu enak dipakai…akhirnya kalo ketemu tikungan yaah…rem blkg di injak keras biar sliding…sambil nurunin gir presnel….dan ketika gas diputer motor sudah melesat…
Untuk jalur kertek-klampok-banyumas yang berjarak 80an km saya rasakan jalan cukup banyak lubang…beberapa track cukup lurus datar dan aspal yg lumayan ok!!…saatnya lihat power motor ini..gigi 1.2.3.4 saya rasa cukup biasa…..lebih menonjolkan torsi sehingga digas langsung “mangkat”…tanpa ada lag ato jeda….ini yg saya suka dari awal…meraih speed 70-80kpj cukup mudah…tdk perlu meraung tinggi suara mesinya….begitu masuk gigi 5…badan serasa dilempar ke brlakang…tak terasa 90kpj lebih…dan begitu masuk gigi 6…gejala nglepeh…ato overdrive tdk muncul….dgn cepat speed sudah tembus 115kpj..weeewww….ini motor baru …blm di “reyen”…tapi bisa melesat dgn cukup baik tanpa ada gejala nge-lag diputaran tengah dan nglepeh diputaran atas!!..
Dari sini saya bisa memberikan gambaran…jika di supra 125 motor lemot ditanjakan…baru bisa lari di gigi 3 dan 4…nah di mesin 150cc dohc ini karakternya berbeda….power full ditanjakan…dan mesin bisa mengisi dari putaran bawah sampe atas disetiap gigi nya…
Yang saya ingat…ini motor di gigi 6 dengan putaran 6000 rpm motor melaju 82km/j…dan di rpm 7500an rpm…kecepatan motor sudah diatas 110km/j. Dari sini bisa di jadikan pertimbangan…nih motor powerfull di rpm menengah….bandingkan dgn cbr 150 yg perlu 12ribu rpm untuk tembus 140kpj….so…dgn ngegas sante motor sudah melesat meski gak sekenceng tipe sport!! Dengan begitu jika turing dlm jarak tempuh yg jauh badan tdk capek…sampe tujuan masih seger…. mirip sekali dgn karakter mesin cb blar2 yg buat touring anak2 klub..cukup 7rb rpm utk lari 80 di gigi 5 begitu masuk gigi 6 sudah tembus hampir 100kpj…
Eit….meski ok ada dong kekurangan…bohong kalo suatu produk gak ada kurangnya!! Jok tipis sudah menjadi cirikas motor2 yg diproduksi sekarang ini. Efeknya ya cukup terasa jika jarak tempuh diatas 60km…bokong terasa panas dan pedes!! Pas lah untuk rehat sembari mencicipi kuliner kas wonosobo yaitu mi ongklok!! Mie dgn campuran kubis dan tahu…dgn sause kanji dan toping sate….rasanya…dah pasti enak…bokong pedes ilang perut kenyang…stamina pulih kembali.
#catatan pribadi saya dgn motor supra gtr 150cc!!
Ini mesin dohc tipe square…57×57 berpendingin air yang tdk demam atau over heat digeber dalam trek yg cukup sulit…tdk berkurang performanya meski melibas jarak yg cukup jauh dan tdk muncul gejala “lampu indikator suhu berkedip-kedip” yg bikin perasaan was2 dan turing dlm pikiran kacau…karna takut terjdi hal2 yg tdk di inginkan!!!
Jika motor anda ngelag di rpm menengah…ngempos kepanasan buat jalan jauh. Indikator suhu kedip2 kepanasan…dan top speed susah didapat…njajalo supra gtr 150!! Mesine model gas mangkat khas medin touring!!
Bagaimana dgn konsumsi bbm?? Masih mikir2 ya utk konsumsi bbm…tentu lah…dusta ya broo make motor gak ngomongin motor irit ato tidak…motor ini kapasitas tangkinya 4.5liter…dan masih sisa digas sejauh 170an km…anggep saja seliter bbm buat 40an km…sekali rute anggap saja 30ribu…ato 60ribu pp utk rute 350an km…masih jauh lebih irit dibanding saya ngeblar pake cb th 70an yg sudah jadi 200cc…rute sejauh itu bisa mintak jatah bengsin 200ribu sendiri hehehehe…
Bisa disimpulkan…dgn performa yg sama mesin dohc 150cc ini jauh lebih irit daripada mesin blar2 saya dirumah….yg nota bene masih sohc….
Bro…kok bandingin dgn motor yg dirumah???lha iya….saya terbiasa pake mesin 200cc sohc dgn suara ngeblar dan tenaga powerfull dari bawah sampe atas….meski dirumah juga punya motor 125cc yg irit sangat senyap suaranya dan cukup kecang bisa melesat diatas 100kpj tapi kurang ok buat tanjakan.
Next time akan saya review nih motor utk jalan tanah berbatu…ok gak…tapi nunggu dikasih pinjem dulu…lha kemaren juga cuma dipinjemin….
Nah semoga perjalanan saya kali ini ngegas honda supra gtr 150 bisa memberikan gambaran….dohc itu tdk harus rpm tinggi agar tenaga keluar….dohc tdk selalu ovet heat ketemu tanjakan….dohc itu tdk melulu boros konsumsi bbmnya…
duowo repiewne pakde, tur lengkapppp
Piye pak andi…kiro2 tulisane mbulet ae po ora???
Mboten pakde, malah nek tuture piyantun jogja, user friendly 😆
Boten kaku manut eyd
Samarku koyo cerpen anak sma sing lagi kecantol rondo anak 2 je pak
wakakakakaa…mastah rondo
#eeeh
bodrek jare.. wkwkwk
tapi lek.. gtr ki ra supra banget.. supra ki khas e nyaman, simpel tarikan lemot.. lha iki jok uatos, bentuk ra sederhana tapi tarikan galak.. 🙄
karo sonic galak ndi lek? posisi mlaku adoh ning tangan ro awak pegel gak?
Getaran minim khas supra…mesin tetep kleset2 podo supra lawas….awak tetep penak….ming bokong pedes ae…sonik rung tau njajal….nek karo cb 150 lawas galak cbne….tapi nek tenogo ngisi iki….blas raono tenogo kosong…diputer yo bablas….
jare mesin square gak iso maxi tenogone…pye lek….bongkaaar….ndang…tak ndelok…