4Tak perlu porting??? Cb njebluk gara2 porting!


Pagi brohhh…sehat kah? Semoga kita semua dlm lindungan allah swt…begitu juga dgn iman dan keyakinan kita….meski akhir2 ini umat baru diacak2 masalah faham yg cenderung resisten….kita mainan mesin saja….

Pernah dong baca tulisan….motor x setelah porting polish naik 5hp…bener gak?? Hahaha….saya dulu pernah ngalamin kejadian gak enak seperti yg sekarang menimpa pasien saya….saya pernah order mesin 200cc ke tukang bengkel yg ngakunya kondang dijagat fesbuk…mesin saya dikorok mata tuner bagian intake manifol dan exhaust port…sampe mirip terowongan…noken as juga dibubut habis2an…dan apa yang terjadi??….saat mesin dinyalakan bensin nyembur dari knalpot …..mungkin saking lancarnya pasokan bbm ke mesin..jadi bbm gak sempat kebakar langsung disemburkan ke knalpot……wkwkwk!!

Tanpa babibu mesin yang saya order mahal2 dgn biaya jutaan….tak buwang ke tempat sampah!! We…lah…minggu ini ada pasien dateng kok dengan kasus serupa….beda bengkel saja…mesin 160cc naik dari gl seris….dengan lubang inlet guwedeee…..ketika masuk gigi 1 digas mumbul motornya….tapi dirpm 6ribuan mesin menggantung rpmnya….gak bisa melesat…mirip kampas kopling habis…..awalnya juga gak tahu mesin diporting….setelah mesin turun….saya ketawa-tawa sendiri….

Terkena doktrin

Semuwa orang percaya dgn porting mesin naik tenaganya…..bahkan sekedar ganti oli dan ganti busi saja orang pede sesumbar top speed motornya naik 30kpj dari kondisi std….wkwk….

Lantas apa gunanya stroke up….piston dome over bore juga noken as high lift kalo porting menyelesaikan segalanya…..?? Kenyataan yg ada mesin di dongkrak dgn biaya puluhan juta (utk road race) saja mesin sering rewel….gagal finish bos…..naik 10hp pun percuma kalo mesin meleduk….

Nah…buat yg mbangun mesin utk harian dan touring….cb/gl naik ke tiger sudah cukup bos….kalo masih kurang pede naik ke crf sepaket dgn blok dan piston 65mm….itu lebih aman dari pada sekedar “kira2” yg berujung mesin turun 3x dlm sebulan….yang ada sampeyan ribut dgn orang rumah….bisa itu istri atau orang tua gara2 duit buat motor lagi…motor lagi….

Saran saja…buat yg memang gatel dan nggratil tanganya poles sampe kinclong sah2 saja…asal tdk merubah sudut2 pakem yg dibuat pabrik…toh pede dgn kondisi mesin itu perlu…setelah jadi naik dino test ya monggo jika penasaran hasilnya….tapi begitu anda merubah sudut port asli pabrik…karakter mesin akan berubah…apalagi ketika mekanik cuma modal kira2….ditanya pun mbulet gak jelas dgn alasan tdk rasional dan solusi yg ada cuma membuang uang didompet dgn hasil yg tidak jelas….akhirnya pertemanan rusak gara2 hal konyol….ganti bengkel juga bikin pusing….karna duit pasti keluar banyak!!

Begitu dulu kira2 bos….ini sekedar sharing….saya yakin kok banyak kasus spt ini terjadi….karna kecepatan mesin itu tergantung kecepatan piston bertranslasi (naik turun)….selama perubahan gerak naik turun menjadi gerak berputar tdk maksimal larinya segitu2 saja…..

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.