Pagi gaes….sehat?? Ngopi dulu sanah…
Oh ya…kali ini kita bahas rante kamrat ya…atau rante keteng…ini merupakan part vital kendaraan anda…nah kalo aus…kendor dan mulur pasti bikin masalah…kira2 ciri2nya gimana?? Trus kalo memang perlu ganti gimana sih cara mbenerinya??
Pernah denger suara mesin motor anda berisik…tidak halus meski baru ganti oli…coba geber2 motor…jika saat digeber terdengar suara srek..srek dan saat langsam suara itu hilang itu pertanda kamrat sudah mulur….logikanya begini…saat langsam kamrat yg kendor akan memutar biasa…tapi begitu gas digeber2 maka putaran mesin naik turun…artinya rante tertarik secara tdk beraturan…akibatnya rante menggesek blok yang ada disamping rante….meskipun rante ada rel dan tensionernya tapi part tersebut punya setelan maximal…begitu rante bunyi dan brisik berarti panjang rante yg mulur sudah melebihi batas max dari kemampuan tensioner menegangkan rante
Efek rante kamrat mulur sangat bahaya! jika kamrat sudah mulur segera ganti ya gaes…karna kamrat yg mulur akan menyebabkan banyak kerusakan
- Blok dikanan kiri akan habis terkikis
- Suara brisik dan tidak nyaman
- Tensioner dan rel bekerja cukup keras
- Gigi timing dan gigi sentrig pada kruk as cepat aus dan lancip2
- Kalo rante sampe loncat….totalan turun mesin
Nah yg terakhir itu yg bikin pusing…ketika rante loncat…tabrakan piston dan klep pasti terjadi…stang piston bakal bengkok dan mlengkung…siap2 duit jutaan keluar…
Berapa sih harga rante kamrat?? Harga rante bervariasi dari yg kw berharga 30ribuan sampe yg ori japan 400ribuan! Rante kw sekalipun tetap lebih bagus daripada original yg aus….karna rante yg dijual dipasaran mengacu standar JIS yg cukup ketat…
Untuk tips ngepasin panjang rante dibahas next time saja yaa