Arsip Tag: mutasi motor

SYARAT2 KETIKA MAU MUTASI MOTOR…..

[https://5osial.wordpress.com] Menindak lanjuti tulisan sebelumnya……ah bahasanya terlalu formal banget..kayak dirapat2…ahihihihi…lanjot tentang syarat2 mutasi motor gan!!!

HAL2 APA SAJA sih yang perlu di siapin  supaya proses Mutasi Lancar???

1. Motor , tapi motornya yang jelas asal-usulnya…diketaui dari nomor rangka dan nomor mesin yang tembus dengan surat resmi saat cek fisik dilakukan

2. Surat pengajuan/permohonan mutasi dari polres yang baru + BPKB & STNK ASLI

3. surat keterangan kendaraan (dipakai) saat motor dibawa jalan saja

4. KTP pemohon

5. Faktur pembelian + kuitansi jual beli (disertai materai)

Setelah Komplit semua syarat2 dibawa ke polres lama (dalam kasus supra fit begawan kolor ijo) adalah Polres tangerang, Langsung menuju samsat pusat bro, kalo tangerang yang letaknya di selatan BSD JUNCTION……..

disana langsung menuju loket mutasi, beli formulir seharga 350 ribu………(motor supra fit)

trus biaya registrasi 25 ribu………….

ketika proses tersebut selesai, STNK dan BPKB asli di tinggal…sebulan setelahnya baru diambil….prosesnya memang lama karena kalo mutasi antar propinsi harus mengurus FISKAL segala, nah urusan itu juga ditangani samsat!!

disini bro fungsinya surat keterangan kendaraan, selama proses pengurusan FISKAL surat keterangan itu sebagai bukti kalo STNK asli dalam proses!!

setelah FISKAL selesai diproses, ente datang lagi ke samsat lama…mbayar lagi 35ribu….Nah berarti acara cabut berkas lama sudah beres…tinggal memasukkan berkas ke samsat yang baru!!!

dah gitu dulu..dilanjot lain waktu….semoga bermanfaat, jika proses yang bro alami berbeda mungkin kasusnya lain…soalny ketika begwan cabut berkas (mutasi) dari sragen ke klaten prosesnya berbeda….!!!

KETIKA MOTOR dalam Proses MUTASI, MASALAH STNK Bagaimana???

Bagi sebagian biker, proses mutasi (pindah berkas antar kota antar propinsi) tentunya bukan hal yang sulit. Tetapi bagi begawan Kolor Ijo..proses yang melibatkan birokrasi terasa membingungkan dan sangat menyiksa…bagaimana dengan juragan2 sekalian??

Suatu hari begawan pengen mindah berkas/ mutasi Supra- Fit kesayangan dari Tangerang kota ke Bantul. Tapi gak ngerti caranya, dari pada memikirkan proses yang berbelit-belit akhirnya begawan Kolor Ijo minta bantuan Ibu Martini (Owner 5osial.wordpress.com) untuk mengurusnya…wew…Begawan parah!!!! Secara dia PR (Public Relation) di Instansinya..jadi begawan pikir pasti ngerti lah…

Akhirnya Motor yang sudah berada di bantul itu dibawa ke Polres untuk Numpang gesek (Cek Fisik), Setelah no.rangka dan no. mesin tembus (kayak istilah bandar togel singapura)  dengan BPKB dan STNK, diserahkan lah semua berkas tersebut (termasuk KTP pemohon) ke loket Mutasi. Setelah ditunggu beberapa saat Surat Pengantar Permohonan Mutasi dari Polres yang Baru selesai dibuat, dan siap dikirim ke Polres yang lama!!!

Trus masalah STNK selama Proses Mutasi Gimana?? secara STNK asli juga dilampirkan dalam surat pengantar Mutasi tersebut…….

Untuk menghindari hal2 yang diinginkan tidak diinginkan. Polres Mengeluarkan SURAT KETERANGAN KENDARAAN, surat ini menerangkan spek/identitas  kendaraan dan menerangkan bahwa STNK asli sedang dalam Proses!! Surat ini juga ditandatangani oleh Kasatlantas Polres Setempat. Jangan lupa, bahwa surat ini hanya berlaku 1 bulan, kalau dalam 1bulan proses mutasi belum clear, harus minta perpanjangan kembali…..ternyata demikian bro proses2nya…kalau diurus oleh orang yang berkompeten macam Ibu Martini Cuma butuh waktu 20 menit (yang bikin heran, antrian panjang kok lewat aja yak??)……..xixixixi……agar lebih jelas cekibrot penampakannya bro…!!!!

surat keterangan kendaraan

hanya berlaku 1 bulan coy....

Bukan pengganti STNK dan Wajib di tandatangani Kasatlantas di Polres bersangkutan!!!