Kelompok Sosial & Organisasi Sosial

1. Kelompok Sosial

Pengertian : Kelompok sosial merupakan himpunan manusia yang hidup bersama dalam suatu perikatan sosial dan kultural

Sherif Musharif : Kelompok sosial adalah merupakan suatu kesatuan sosial yang terdiri atas dua kelompok atau individu yang telah mengadakan interaksi sosial dengan intensif, terdapat pembagian tugas, struktur dan norma norma tertentu yang khas bagi kesatuan sosial tersebut.

Jenis kelompok sosial

Charles H. Colley

A. Kelompok soial primer: ditandai adanya hubungan individual yang bersifat personal, mendalam dan intensif, tidak memperhitungkan masalah keuntungan finansial. Misalnya keluarga, paguyuban, RT dan sebagainya.

Apa peranan dan fungsi kelompok sosial primer?

  • Membentuk frame of personality
  • Mengembangkan kecakapan sosial dasar, kultural dan spiritual / religiusitas
  • Mentatalaksanakan kehidupan emosional, spiritual
  • Membentuk nilai nilai dasar human pilantropis.

B. Kelompok sosial sekunder

  • Pengertian : Himpunan manusia yang terangkum dalam suatu wadah formal berdasarkan kepentingan dan motivasi pribadi masing – masing individu
  • Kelompok sosial sekunder ini terbentuk karena adanya kesadaran dalam diri individu bahwa untuk mencapai suatu tujuan harus dikerjakan bersama orang lain
  • Peranan dan fungsi: Sebagai alat mencapai tujuan (bersama maupun individual), aktualisasi ide / gagasan, implementasi aktualisasi diri, hasrat sosial, kooperasi, kompetisi, dll

Out-Group dan In-group feeling

In group : suatu perasaan perikatan antara satu orang dengan orang lain dalam suatu kelompok sosial tertentu. Perasaan tersebut sangat kuat sehingga membentuk suatu perilaku – perilaku sosial tertentu seperti : Solidaritas, kesediaan berkorban, kerja sama, konformitas, obediance, dll.

Out group : Out-side feeling, seseorang merasa bukan bagian dari kehidupan kelompok. Out-group feeling selalu ditandai munculnya perilaku antogonistik dan antipati. Sehingga muncul gejala prejudiace, paranoid, etnocentristic, non koperatif, lalai, dan sebagainya.

Ciri ciri dinamika kelompok

  1. Interaksi : saling mempengaruhi (mutual influence) secara fisik maupun verbal, non verbal, emosional dsb
  2. Goal : personal goal dan commons goal
  3. Struktur : pembagian tugas, pembagian peranan
  4. Norm : Social norm dan legalistik norm
  5. Groupness : in group feeling, toleransi, solidaritas, konformitas, obedience
  6. Entitas
  7. Ethos, spirit de corp

Pembentukan Kelompok

  • Pembentukan kelompok diawali dengan adanya persepsi atau perasaan yang sama dalam memnuhi kebutuhan. Setelah itu akan timbul motivasi untuk memnuhinya, sehingga itu akan timbul motivasi untuk memenuhinya, sehingga ditentukanlah tujuan yang sama dan akhirnya interaksi yang terjai akan membentuk sebuah kelompok
  • Pembentukan kelompok dilakukan dengan menentukan kedudukan masing – msaing anggota (siap menjadi ketua atau anggota)
  • Interaksi yang terjadi suatu saat akan memunculkan konflik. Perpecahan yang terjadi biasanya bersifat sementara karena kesadaran arti pentingnya kelompok tersebut, sehingga anggota kelompok berusaha menyesuaikan diri demi kepentingan kelompok. Akhirnya setelah terjadi penyesuaian, perubahan dalam kelompok mudah terjadi.

2. Organisasi Sosial

a. Organisasi Normatif: Adalah pihak elit menjalankan organisasi/ mengawasi anggota lebih dominan menggunakan kekuasaan normatif (persuasif). Bentuk partisipasi anggota adalah dengan komitmen moral.

b. Organisasi Utilitarian: Adalah pihak elit mengawasi anggota dominan menggunakan kekuasaan utilitarian. Partisipasi anggota berdasarkan komitmen perhitungan yaitu pemikiran hubungan bisnis, sangat perhitungkan untung rugi.

c. Organisasi Koersi: Adalah pihak elit menggunakan kekuasaan koersi dalam mengawasi anggotanya. Koersi adalah segala jenis paksaan, ancaman, dan intimidasi yang digunakan untuk mempengaruhi perilaku orang lain.

3. Proses pembentukan Kelompok dan Organisasi Sosial

Pada dasarnya, pembentukan kelompok dan organisasi sosial dapat diawali dengan adanya persepsi, perasaan atau motivasi, dan tujuan yang sama dalam memenuhi kebutuhannya. Dalam proses selanjutnya didasarkan adanya hal-hal berikut:

  1. Persepsi: Pembagian kelompok didasarkan pada tingkat kemampuan intelegensi yang dilihat dari pencapaian akademis. Misalnya terdapat satu atau lebih punya kemampuan intelektual, atau yang lain memiliki kemampuan bahasa yang lebih baik. Dengan demikian diharapkan anggota yang memiliki kelebihan tertentu bisa menginduksi anggota lainnya.
  2. Motivasi: Pembagian kekuatan yang berimbang akan memotivasi anggota kelompok untuk berkompetisi secara sehat dalam mencapai tujuan kelompok. Perbedaan kemampuan yang ada pada setiap kelompok juga akan memicu kompetisi internal secara sehat. Dengan demikian dapat memicu anggota lain melalui transfer ilmu pengetahuan agar bisa memotivasi diri unuk maju.
  3. Tujuan: Terbentuknya kelompok karena memiliki tujuan untuk dapat menyelesaikan tugas-tugas kelompok atau individu.
  4. Organisasi: Pengorganisasian dilakukan untuk mempermudah koordinasi dan proses kegiatan kelompok. Dengan demikian masalah kelompok dapat diselesaikan secara lebih efesien dan efektif.
  5. Independensi: Kebebasan merupakan hal penting dalam dinamika kelompok. Kebebasan disini merupakan kebebasan setiap anggota untuk menyampaikan ide, pendapat, serta ekspresi selama kegiatan. Namun demikian kebebasan tetap berada dalam tata aturan yang disepakati kelompok.
  6. Interaksi: Interaksi merupakan syarat utama dalam dinamika kelompok, karena dengan interaksi akan ada proses transfer ilmu dapat berjalan secara horizontal yang didasarkan atas kebutuhan akan informasi tentang pengetahuan tersebut.

4. Dinamika Kelompok dan Organisasi Sosial

a.  dinamika kelompok: dinamika kelompok dengan pendekatan sosiologis dapat diamati dari unsur-unsur pokok sistem sosial sebagai alat analisis dinamika kelompok yaitu :

  • Tujuan : segala sesuatu yang ingin dicapai oleh kelompok
  • Keyakinan : aspek pengetahuan/kognitif yang dianggap benar
  • Norma : perilaku standar yang dapat diterima
  • Sanksi : sistem penghargaan dan hukuman terhadap perilaku anggota kelompok
  • Peranan kedudukan : hirarki hak dan kewajiban
  • Kewenangan ambil keputusan dan mengontrol orang lain
  • Jenjang sosial
  • Fasilitas yang menyangkut alat untuk mencapai tujuan kelompok

b.   dinamika organisasi sosial

Pencermatan dinamika organisasi dapat dilihat dari :

  • sistem organisasi : tujuan, struktur, lingkungan fisik, lingkungan sosial budaya
  • struktur organisasi : kewenangan, komunikasi, tugas;
  • proses organisasi : hubungan antar peranan, pengendalian, koordinasi, sosialisasi, dan supervisi.

Pertanyaan:

1. Setelah mempelajari materi diatas, apa alasan kalian mempelajari materi tersebut?!

2. Analisis jawaban kalian secara sosiologis?

About these ads

Perihal martini
5osial.wordpress

67 Responses to Kelompok Sosial & Organisasi Sosial

  1. ardy xi ips 2/02 mengatakan:

    blognya sudah bgus bu.
    menurut saya klmpok sosial dipelajari dlm sosiologi karena klompk sosial adlah himpunan manusia sehingga dlm klmpok sos trdapat intraksi antarindvidu shg dipelajari dlm sosiologi karena sosiologi mempelajari hubungan indvidu dg masy atau indvd dg indvdu

  2. bresiline andani mengatakan:

    .karena dg mmplajari artikel tsb,qt dpt mngtahui bhwa skumpuln mnusia yg mmlki prsmaan cri n mmlki pola intrksi yg trorgnsir scra brulang2.srta mmlki ksdrn brsma keanggota’anny.shga qt dpt lbh mngetahui ttg kel.sosial dan qt dpt mnerapknnya dlm khdpn brmsyrakat.ct:kel.saba.untk mmperoleh penddikan.yg dtrma dr brbgai sumber mll pross bljr dsaba. nama”bresiline andani XIips1.08

  3. Arum Anggareny P (07)/ XI ips 1 mengatakan:

    Saya mempelajari materi ini karena ingin menambah wawasan selain itu dengan mempelajari materi ini, bisa memudahkan kita dalam bergaul dg orang lain baik secara kelompok maupun organisasi..setiap manusia tdk bisa hidup sendiri,mereka berusaha utk memenuhi kebutuhannya dg cara berhubungan dg orang lain dan berkelompok..
    Untuk dapat berperan baik dalam kelompok,seseorang harus memahami kaidah2 dalam berkelompok/berorganisasi..salah satunya dg mmpelajari materi ini..

    Seseorang membentuk kelompok sosial pd umumnya karena mempunyai persamaan,baik prsamaan kepentingan,tujuan,maupun ide..
    Contohnya pada kelompok sosial di sekolah, siswa membentuk kelompok karena mempunyai kesamaan yaitu memperoleh pengetahuan..
    Organisasi osis di sekolah dibentuk utk mencapai tujuan bersama dg menyelenggarakan program2 sekolah..

  4. indri hermaini mengatakan:

    komentar saya..karena dg mempelajari materi tsb kita dpat mengetahui bhwa skumpulan manusia memiliki prsamaan ciri dan memiliki pola interaksi yg terorganisir scr brulang2 serta memiliki kesadaran bersama anggotanya.materi tsb dpat kita terapkan dlm kehidupan sehari2 di masyarakat untuk dapat melaksanakan peran tiap anggotanya dan untuk berinteraksi atau berkomunikasi diantara para anggotanya.misalnya di dalam kelompok SMA N 1 BANTUL.adanya SMA N 1 BANTUL karena untuk memenuhi kebutuhan pendidikan.

  5. reni andika suhapsari,28, 11 ips 1 mengatakan:

    menurut saya kelompok sosial perlu dipelajari. Sebab kita sendiri hidup tidak lepas dari kelompok sosial itu sendiri. Sebagai contoh kita hidup di dalam suatu RT. RT disini sudah bisa disebut kelompok sosial.kita masuk ke dalam kelompok sosial tentunya memiliki banyak sisi positifnya atau manfaatnya. Misalkan jika kita memiliki masalah, kita bisa meminta bantuan dr kelompok sosial tersebut. Sehingga dengan masuk dalm kelompok sosial kita bisa saling membantu. Dan bisa saling berbagi.

  6. rendra vembriyanto mengatakan:

    in my opinion…………………………………………
    alasan mengapa saya perlu menguasai alias belajar materi di atas sebagai berikut,
    1. mendapatakan ilmu pengetahuan mengenai kelompok sosial yang ada di dalam suatu masyarakat.
    2. nah dari ilmu tadi, saya dapat menerapkan dalam menyelami kehidupan masyarakat dalam wilayah saya atau desa saya.
    3. ingin mendapatakan nilai yang optimal ketika ujian s3mesteran tiba, karena hal ini begitu mempengaruhi perjuangan saya ke universitas.
    4. memperluas pengetahuan saya.

  7. Fransisca Devina Paramitasari XI IPS 1(18) mengatakan:

    1. Mampu menganalisa kel0mp0k s0sial dan organisasi sosial.
    2. Mampu merefleksikan kehidupan kel0mp0k s0sial pada kehidupan sehari – hari
    3. Mampu menganalisa fakt0r sebab – sebab terbentuknya kel0mp0k s0sial,

    dengan dhubungkan dgn sosiologis,
    kelompok sosial terbentuk karena persamaan dari kepentingan yg sama dgn dilengkapi individu yang mempunyai peran sendiri -sendiri.
    Sebagai contoh k0nkret adalah kel0mp0k pedagang pedagang diwilayah pasar Bantul,
    pasti mereka saling membentuk kel0mp0k s0sial dalam menentukan harga pasar agar terjadi persamaan harga. Sehingga tidak timbul k0nflik antar pedagang mengenai penetapan harga tapi mampu mempunyai kepentingan yg sama dalam bidang ek0n0mi untuk memenuhi kebutuhan hidup para pedagang itu sendiri.
    Sehingga kel0mp0k s0sial sangat erat dgn kehidupan sosiologis.

  8. Fahmi Arifudin 16 / XI S 1 mengatakan:

    Kelompok sosial dipeljri di sosoilogi karena setiap mnusia adl mklk sosial.. Dan tdk mnkn akan hdup sdri.. Mka dri itu hal ini d pljri d sosiolgi agar dpt mmbntu kta untuk dapt ber klmpk sos, to berklmpk..
    Contoh :
    1.Orang brklmpk krn ingin mndapat kekuasaan atas sesuatu. Mis : ikut parpol
    2. Org brklpk krn ingin mndpt kekyaan. Mis: ikt klmpk bisnis. Agar bisnisnya lncar
    3. Org brklmpk krn ingn mndpt ilmu pngthuan. Mis: seseorang berseklah t ikt orgnssi skolh..
    4. Orang brklpk krn ingn mndpt kehormtan. Mis : ikut takmir masjid, agar d hrmti olh msy skitar..

  9. Farid Ahmad XIS1/17 mengatakan:

    Klompok sosial dplajari dlm sosiologi karena
    1.dlm klompk sos trdpt kumpulan individu2 yg slg brintraksi & mmpnyai 7an brsma,
    Sdangkan ilmu sosiologi adlah ilmu yg mmplajari prtmnan / ilmu yg mmpljari hub dlm msyarakat.
    Utk itulah,klmpok sos diplajari dlm sosiologi..
    2. Krna mnsia tdk dpt hdup dg kekuatannya sndri, dg kta lain mnsia mmbtuhkan bntuan org lain.
    Slaen tu,krna mnusia ingin mndpt tman & mmbntuk klompok2 yg mmpnyai 7an yg sama..

    Sekian, dan trimakasih

  10. Alvin Fajrin Muniroh mengatakan:

    1. Alasan saya mempelajari materi di atas, yaitu karena saya sadar bahwa saya hidup di dunia ini adalah sebagai makhluk sosial yang hidup dalam masyarakat, dimana saya selalu membutuhkan bantuan orang lain dalam memenuhi kebutuhan hidup. Dari keadaan tersebut, sehingga saya mempunyai kecenderungan untuk hidup berkelompok dan mempunyai kecenderungan untuk ikut serta dalam organisasi sosial. Dalam hidup berkelompok maupun hidup berorganisasi, saya selalu melakukan interaksi-interaksi dengan masyarakat di sekitar saya. Dengan demikian, saya merasa perlu mempelajari materi tersebut, karena materi tersebut sangat erat kaitannya dengan kehidupan bermasyarakat, dan juga dapat mempermudah saya dalam berinteraksi.
    2. Analisis secara sosiologis, misalnya :
    Kelompok SMA N 1 Bantul : kelompok SMA N 1 Bantul termasuk dalam kelompok sosial, yang di dalamnya terdapat individu-individu yang saling berinteraksi dan dapat pula membentuk suatu organisasi. Dalam kelompok tersebut, terdapat Kepala Sekolah, guru-guru, dan siswa-siswa, yang masing-masing mempunyai peranan dan tugas tertentu. Seperti yang telah kita ketahui, kepala Sekolah mempunyai tugas dan harus bertanggung jawab mengayomi dan melindungi seluruh komponen yang ada dalam kelompok SMA N 1 Bantul tersebut. Sementara itu, guru mempunyai kewajiban untuk memberi pendidikan kepada para siswa, dan siswa itu sendiri mempunyai kewajiban untuk menghormati guru serta berhak mendapatkan pengajaran.

    Nama : Alvin Fajrin Muniroh
    Nomor : 02
    Kelas ; XI IPS 1

  11. Gita Andriyani mengatakan:

    1. Saya mempelajari materi tersebut di atas karena materi tersebut sangat dekat dan erat sekali kaitannya dengan kehidupan saya sehari-hari sebagai makhluk sosial. Sehingga materi tersebut secara langsumg dapat kita terapkan dan sangat berguna dalam hidup bermasyarakat. Selain itu, materi tersebut juga akan membantu saya meniti masa depan. Karena materi tersebut juga muncul dalam ujian. Sehingga, secara langsung saya dituntut untuk mengatasi materi tersebut.

    2. Salah satu contoh kelompok sosial adalah OSIS. OSIS memiliki peran penting dalam sebuah sekolah. OSIS bertugas membuat acara-acara yang melibatkan siswa-siswa secara umum, yang ada hubungannya dengan pembelajaran. Baik langsung maupun tidak. OSIS mengumpulkan para siswa dalam suatu wadah dan memberikan persoalan untuk mereka selesaikan bersama. Sehingga secara tidak langsung mereka dapat mengenal satu sama lain, melatih kerjasama dan menyatukan mereka dalam interaksi sosial.

  12. Anisykurlillah ika Murtiana XI IPS 1 / 03 mengatakan:

    Alasan saya mempelajari materi tentang kelompok sosial adalah karena kelompok sosial ada dalam kehidupan bermasyarakat kita,,.
    selain itu,kita dapat menerapkan apa yang seharusnya kita lakukan dalam kelompok sosial tersebut.karena dalam kelompok sosial kita memiliki status dan peran,dimana kelangsungan hidup kelompok sosial tersebut,tergantung kesungguhan anggota kelompoknya dalam menjalani perannya.
    sebagai contoh..
    suatu sekolah dikatakan maju,apabila semua siswanya melakukan peranannya dengan baik,yaitu blejar dg sungguh2 sehingga dapat berprestasi.
    dengan kita mempelajari kelompok sosial,kita dapat mengetahui bahwa di dalam kelompok sosial terdapat suatu norma,sehingga kita akan senantiasa untuk menaatinya.
    kita pun dapat menjd anggota kelompok yg baik karna kita telah mempelajari tentang kelompok sosial tersebut

  13. Alasan saya mempelajari materi tersebut karena kelompok sosial adalah materi yang sedang dipelajari dan menyangkut dengan kehidupan bermasyarakat di sekitar kita.
    Di dalam kehidupan bermasyarakat tidak bisa dipisahkan dengan adanya kelompok sosial. Di mana di dalamnya mencakup suatu kumpulan dari individu yang saling berinteraksi sehingga menumbuhkan perasaan bersama,contohnya seperti keluarga,paguyuban, RT maupun kelompok-kelompok sosial lainnya yang dari semua itu hidup di dalam masyarakat. Sehingga sangat berguna bagi kita untuk mempelajarinya karena kita bisa lebih memahami kondisi dilingkungan kita dan dapat bertindak sebagaimana mestinya.

  14. comment:

    1. Sangat penting kita mempelajari kelompok sosial yang ada dimasyarakat. kita bisa saling berinteraksi dengan kelompok-kelompok lain. Dengan mengetahui kelompok sosial berarti kita tahu tentang adanya kelompok dalam masyarakat.

    2. Dalam keluarga pun kita bisa disebut dalam kelompok sosial. Karang taruna, muda-mudi, dll.masih banyak latar belakang sosiologis di sekitar kita.

  15. Cindy Tiffani/09/XI IPS1 mengatakan:

    1. Alasan saya mempelajari materi kelompok social karena dapat menambah ilmu dan mengetahui bahwa kelompok adalah suatu kehidupan bersama individu suatu ikatan bersama, yang memiliki cirri-ciri sebagai berikut: merupakan kesatuan yang nyata, memiliki struktur social, memiliki norma-norma, memiliki kepentingan bersama, serta ada interaksi dan komunikasi. Saya juga dapat mengetahui klasifikasi kelompok social, yang membantu mengetahui, saya masuk dalam kelompok social yang mana.
    2. Analisis sosiologis misalnya: seorang anggota suatu parpol yamg menjadi anggota DPR. DPR merupakan membership group baginya, tetapi jiwa dan pikirannya terikat pada partainya yang menjadi reference groub baginya

  16. Alasan saya mempelajari materi tentang kelompok sosial adalah karena materi tersebut membahas tentang kelompok sosial..di mana kelompok sosial itu sendiri berada dalam lingkup masyarakat sekitar kita,,,sedangkan apabila saya analisis secara sosiologis,kelompok sosial yang di dalamya terdapat interaksi antar individu sehingga menimbulkan perasaan bersama,setelah itu akan timbul motivasi untuk memnuhinya, sehingga itu akan timbul motivasi untuk memenuhinya, sehingga ditentukanlah tujuan yang sama dan akhirnya interaksi yang terjai akan membentuk sebuah kelompok
    Selain itu,kita juga dapat mempelajari kemampuan seseorang untuk menyesuaikan diri atau beradaptasi dengan lingkungan sosialnya.Dan juga kenyataan atau fakta sosial, tindakan sosial, khayalan sosiologis serta pengungkapan realitas sosial yang mana itu semua dapat kita pelajari dari kelompok sosial.Kita juga dapat mengambil contoh,seperti apa yang terjadi di keluarga kita.Di mana di dalamnya terdapt perasaan bersama dan saling berinteraksi.Mungkin itu sedikit komentar dari saya.

    • martini mengatakan:

      INFORMASI
      posting sekali saja, jangan dobel atau co-pas (langsung masuk kotak spam)
      daftar yang masuk spam dhaning 11, cindi 09, a.ika 03, vidya 33, fransisca 18 IPS 1

  17. dhaning cahya murti xi ips 1 / 11 mengatakan:

    Kelompok sosial ada dan diterapkan dalam kehidupan bermasyarakat kita. Dalam masyarakat kita, manusia merupakan makhluk soisal dan membutuhkan manusia lain untuk dapat memenuhi kebutuhan kita. Kelompok social itu sendiri dapat kita bedakan dari kelompok atau kesatuan manusia. Dalam kelompok social terdapat norma-norma yang mengatur diantara para anggota kelompok tersebut. Dalam kelompok social juga terdapat interaksi dan komunikasi antar anggota dan para anggota tersebut memiliki kepentingan yang sama sehingga membentuk suatu kelompok social. Individu-individu yang ada dalam kelompok tersebut memiliki peran dan status yang harus dilaksanakan guna mencapai tujuan bersama. Dengan kita mempelajari tentang kelompok sosial, kita dapat menerapkan apa yang kita ketahui mengenai kelompok social dalam masyarakat kita.

  18. galih harisma wibowo 19/xi ips 1 mengatakan:

    kelompok sosial masuk dalam materi sosiologi karena:
    1. karena manusia adalah individu-individu yang suka berkelompok.
    2. karena antar manusia sering melakukan interaksi dengan cara berkelompok.
    3. manusia ingin mencari teman dg cara berkelompok.

  19. Nur Andryan Febryanto/26/XI IPS 1 mengatakan:

    alasanya adalah
    agar dapat menguasai materi tersebut sehingga kita dapat mempraktekan dalam kehidupan bermasyarakat. Sehingga kita dituntut agar bisa berhubungan dengan masyarakat karena kita bukan makhluk individu sedangkan makhluk sosial.
    kelompok sosial adalah sekumpulanmanusia yang memiliki persamaan ciri dan memiliki pola interaksi yang terorganisir secara berulang-ulang.

    matur nuwun

  20. Riska Dwi Astuti/30/XI IPS1 mengatakan:

    1. Karena materi kelompok sosial merupakan salah satu bab semester 2 yang nantinya akan digunakan sebagai bahan ulangan harian dan ulangan semester akhir. Kemudian banyak manfaat yang dapat saya petik. Manfaat jangka pendek yaitu saya dapat mendeskripsikan dan menganalisis perkembangan berbagai kelompok sosial dalam masyarakat multicultural. Manfaat jangka panjang yaitu saya telah memiliki bekal tentang kelompok-kelompok sosial ketika saya terjun ke masyarakat.
    2. Salah satu contoh kelompok sosial dalam masyarakat yaitu keluarga.
    Keluarga merupakan kelompok sosial yang didalam nya terjalin satu kesatuan yang mempunyai tujuan bersama. Kelompok keluarga yang beranggotakan ayah, ibi, dan anak telah ada pembagian tugas sendiri-sendiri. Masing-masing memiliki fungsi yang berbeda.
    Ayah => mencari nafkah
    Ibu => membantu ayah
    Anak => belajar
    Anggota keluarga satu sama lain saling membutuhkan kasih saying. Sehingga satu sama lain saling mengisi. Maka terciptalah keluarga yang harmonis

  21. Vidya N, 33 , XI IPS 1 mengatakan:

    Kelompok sosial dipelajari di dalam sosiologi karena di dalam suatu masyarakat terdapat banyak kelompok kelompok sosial dimana kita juga bias memilih kelompok sosial tersebut yang sekiranya bermanfaat bagi kita, seperti untuk memenuhi kebutuhan. Contoh : Mengikuti OSIS, Partai politik, juga Kelompok pedagang ^^
    OSIS, salah satu kelompok sosial yang membantu kita agar lebih bisa berorganisasi. sedangkan Pedagang, membantu kita untuk memenuhi kebutuhan

  22. elis purwanti mengatakan:

    menurut saya dengan artikel tersebut kita dapat mengetahui pengertian dan ciri-ciri kelompok sosial, dasar-dasar pembentukan kelompok sosial, dan klasifikasi kelompok sosial. Dengan begitu kita dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari…seperti kel;ompok pertemanan, karang taruna, parpol, dll.

    elis purwanti XI IPS 1 / 14

  23. Anita Tri Widyantari/04/XI IPS 1 ! mengatakan:

    Alasan mengapa kita harus mempelajari materi tersebut karena kita akan memperoleh banyak manfaat,seperti:
    1. Meningkatkan daya atau kemampuan manusia dalam menyesuaikan diri dengan lingkungan hidupnya.
    2. Mengembangkan pengetahuan yang objektif mengenai gejala-gejala kemasyarakatan yang dapat dimanfaatkan secara efektif untuk memecahkan masalah-masalah sosial.
    3. Ikut membantu “memperbaiki” intelektuilisme kita dan masyarakat kita demi masyarakat yg “lebih baik”.
    4. Membangkitkan pengertian/pemahaman yg benar dan kokoh dalam diri seseorang / masyarakat supaya bertindak/berpikir lebih intelektuil (kita sudah terbukti adalah bangsa dgn intelijensia tinggi – baik negatif maupun positif).
    5. Kita dapat menerapkan dalam kehidupan sehari-hari.
    6.Agar kita memperoleh nilai yang baik jika menghadapi ulangan harian maupun semester.

    Sedangkan dalam analisis sosiologis kita dapat mengandaikan kelompok sosial itu sebagai keluarga, sekolah, organisasi, dll. Setelah kita dapat mempelajari materi dengan baik maka kita dapat menerapkan dengan semua kelompok dimana kita menjadi anggotanya serta dapat memberikan pengarahan bagi orang lain agar terjalin hubungan yang baik.
    Sebagai contoh, saya mengikuti kelompok DT ( Dewan Tonti) yang merupakan kelompok sosial yang mengharapkan segala tujuan yang di cita-citakan dapat terpenuhi dengan baik.

  24. Dewi Fitri Ayuningtyas / 10 / XI IPS 1 mengatakan:

    1. alasan saya mempelajari materi tersebut karena setiap individu pasti melakukan interaksi untuk memenuhi kebutuhannya. kemudian dengan memiliki persamaan ciri dan tujuan dari individu-individu tersebut,mereka lantas membentuk suatu kelompok sosial. tiap-tiap jenis kelompok sosial memiliki ciri masing-masing, dasar pembentukan masing-masing,dan diklasifikasikan pada berbagai macam jenis. untuk mengetahui hal itulah maka saya mempelajari kelompok sosial.
    2. analisis secara sosiologis, misal :kelompok belajar.
    didalam kelompok belajar, mereka memiliki tujuan yang sama,yaitu ingin memperdalam ilmu dengan diskusi bersama atau tanya jawab. didalam kelompok belajar biasanya ada salah satu yang jadi leader, dan ada pembagian tugas masing-masing.

  25. Ratih Permatasari/31/XIS2 mengatakan:

    1. Alasan saya mempelajari kelompok sosial adalah agar mengetahui lebih jauh tentang adanya kelompok sosial di masyarakat. bagaimanapun juga kita adalah makhluk sosial yang membutuhkan makhluk lain untuk bertahan hidup dan memenuhi kebutuhan kita. Selain itu kita dapat mengetahui jenis-jenis kelompok sosial yang akan membuat kita mengerti ketika kita akan membuat sebuah kelompok sosial (pengelompokan jenisnya)
    2. Contoh kelompok sosial: keluarga, organisasi, RT. Penggambarannya: keluarga. Dalam keluarga ayah mempunyai peranan untuk melindungi, mengayomi,menafkahi keluarga. Ibu berperan mengurus keluarga. Anak: membantu dan patuh pada orangtua. Dalam keluarga akan saling membutuhkan dan saling berbagi kasih sayang.

  26. nur latifah / 29 / XIS2 mengatakan:

    komentar saya,,kelompok sosial merupakan bab yang harus dipelajari dalam semeste rdua ini,,selain itu siswa setelah mempelajari bab kelompok sosial akan mengerti apa itu sesungguhnya kelompok sosial,,kelompok sosial adalah sekumpulan manusia yang memiliki persamaan ciri dan pola interaksi yang terorganisir secara berulang ulang, serta memiliki kesadaran bersama akan keanggotaannya,,sebagai makhluk sosial manusia selalu membutuhkan manusia lain untuk memenuhi kebutuhan hidupnya,,maka dari itu manusia hidup berkelompok..

  27. Riski Nurabra / XI IPS 2 / 32 mengatakan:

    Jawaban saya..

    1. Saya mempelajari materi Kelompok Sosial ini, karena bab ini merupakan salah satu bab yang ada pada KD dan akan digunakan untuk ujian semester. Tanpa ada tugas dari guru pun saya wajib mempelajari tentang Kelompok Sosial ini. Karena hal ini erat kaitannya dengan kehidupan kita sebagai makhluk sosial.

    2. Secara sosiologis, manusia merupakan makhluk sosial. Dia tidak akan dapat bertahan hidup tanpa adanya peran dari orang lain. Manusia membutuhkan interaksi satu dengan yang lain demi terwujudnya harapan bersama. Dari interaksi-interaksi yang terjadi, tentu saja akan ada sebuah ikatan perasaan yang lebih dengan yang lain. Satu paham, satu gagasan, dan satu tujuan. Dari sinilah akan terbentuk kelompok2 sosial. Misalnya saja kelompok pecinta alam. Mereka mempunyai hoby yang sama. Maka ketika mereka saling berinteraksi, tentu saja apa yang mereka bicarakan akan sejalan (nyambung). Tidak sekedar kegemaran yang sama, tetapi tentu saja mereka mempunyai aturan2 atau kesepakatan bersama.

    Maka dari itu, kita perlu belajar tentang kelompok sosial. Dari situ kita akan dapat menganalisa mulai proses terbentuknya, jenis2nya, hingga manfaat apa yang kita peroleh dari adanya kelompok sosial tersebut. Sehingga kita dapat bersikap lebih bijaksana terhadap terbentuknya suatu kelompok sosial.

    Sekian & terima kasih :)

  28. Ayu Lestari (05) XI IPS 2 mengatakan:

    Menurut saya,
    Kelompok sosial dan organisasi sosial merupakan suatu contoh wujud dari kehidupan sosial di masyarakat. Sebagai makhluk sosial, sudah seharusnya kita ikut berpartisipasi terjun dalam kehidupan sosial masyarakat tersebut.
    Dengan mempelajari materi di atas, kita dapat lebih memahami apa itu serta pentingnya kelompok sosial dan organisasi sosial sehingga dapat menambah kesadaran kita untuk masuk ke dalamnya. Selain itu, setelah kita lebih paham tentang kelompok sosial dan organisasi sosial, kita dapat menjadikannya sebagai pembelajaran dan panduan dalam menjalani kehidupan sosial di masyarakat kita.

  29. Khusnawati Nur Utami mengatakan:

    Kelmpok sosial dan Organisasi sosial….

    kegiatan yang nyata ad disekitar kita namun belum tentu mengetahui apa kegiatan itu bagaimana kegiatan berkelompk itu…
    Sebuah materi mengenai kehidupan berkelompok dan berorganisasi dalam masyarakat….
    dari materi tersebut saya dapat mengetahui lebih lanjut banyak hal mengenai kelompok sosial dan juga organisasi sosial baik pengertian ciri2 dan lain sebagainya..
    pengetahuan lebih banyak mengenai keadaan dan analisis dari sikap sifat dan juga kegiatan masyarakat di dalam suatu kelmpok…

    kelompok sosial dan juga organisasi sosial tidak dapat lepas dari kehidupan kita…
    sejak kita membuka mata di pagi hari kita sudah dihadapkan didalam suatu kelompok dan juga organisasi yaitu keluarga kita sendiri,dimana didalam keluarga itu terdapat tujuan misi dan juga latar belakang yang sama..
    ketika kita di sekolah kita juga ada didalam sebuah kelompok lingkup sekolah…
    dan juga ketika kita ada didalam sebuah forum kelompok dalam lingkup desa maupun agama..

    NAMA : KHUSNAWATI NUR UTAMI
    NO : 22
    KELAS : XI S2

  30. Arief Agus Dwi Putra XI s2/ 03 mengatakan:

    lok menurutku yah bu,…
    Sebagai makhluk sosial, manusia senantiasa hidup secara kelompok. Sikap hidup untuk berkelompok bukan karena insting semata melainkan atas dasar kebutuhan bersama. Kita memandang hidup berkelompok jauh lebih menguntungkan dibandingkan hidup menyendiri. Dan kelompok sosial semata-mata terbentuk atas tingkah laku seseorang yang bersifat otomatis.
    Dan dalam materi Kelompok Sosial, kelompok sosial juga mempelajari hub antara invidu dg masyarakat atau individu dengan indvdu sehingga kita sebagai anak ips wajib mempelajarinya,…

  31. Lolita Lanesi mengatakan:

    Pertama alasan saya mempelajari materi ini karena materi ini memang menjadi materi pada semester 2 ini, dan mau tidak mau untuk mencapai nilai yang baik sya harus mempelajari materi ini. Kalau semester 2 ini tidak ada materi ini, mungkin saya tidak akan mempelajari secara khusus materi ini, dan mungkin hanya sedikit tau dari kehidupan sehari hari saja mengenai kelompok sosial.
    Tapi dengan mempelajari materi ini saya menjadi tau lebih banyak tentang kelompok sosial dan sangat membantu saya untuk bermasyarakat ataupun berteman dengan lebih baik.

    Dan materi ini lumayan penting karena kita hidup pasti berkelompok, tidak bisa sendiri sendiri karena manusia selalu membutuhkan manusia lain untuk hidupnya.,,,misalnya saja untuk lingkup yang paling kecil yaitu keluarga.

    misalnya saja, tentu saja kita mempunyai kelompok bermain yang mungkin bisa terdiri dari 4 orang atau lebih,,nah itu bisa dikatakan kelompok sosial ,,,dalam pertemanan tersebut pastiu ada kesamaa, mungkin cara berfikir, tujuan, walaupun kadang mungkin terjadi perselisihan.

    klau organisasi sosial misalnya karang taruna,,kumpulan remaja2 tersebut lebih terorganisir. mulai dari tujuan yang hendak dicapai, apa saja yang harus dilakukan . berbeda dengan kelompok sosial, yang misalnya saja tadi pada hubungan pertemanan. dalam hal itu tisdak berorganisir,,,lebih mengikuti apa yang akan terjadi saja,tidak harus direncanakan dan terorganisir,..

    sekian ya bu,.,,maaf klo agx bingung,,hhee..

    Nama:Lolita Lanesi
    Kelas:XI IPS 2
    No:24

  32. Fernanda Aditama Putra XI.S2/13 mengatakan:

    Kita perlu mempelajari kelompok sosial karena itu merupakan hal yang realita dalam kehidupan manusia di era sekarang ini.Setiap manusia yang hidup di bumi selalu berusaha memenuhi kebutuhannya, dan salah satu usaha dari manusia itu adalah hidup berkelompok.Dengan hidup berkelompok maka kebutuhan dari tiap individu akan dapat tercapai dengan baik.Apabila kebutuhan mereka terpenuhi maka akan tercipta sebuah kesejahteraan.Maka suatu hal yang logis bila kita mempelajari materi kelompok sosial.

  33. Annisa Lestari mengatakan:

    1.saya mempelajari bab tersebut karena menurut saya sebagai seorang murid saya harus belajar tentang kelompok sosial, macam, ciri dan manfaat dalam mempelajari bab tersebut. Selain dipelajari juga harus bisa mengaplikasikan segala yang sudah dipelajari agar dapat menjadi seorang pemuda yang berguna untuk bangsa dan negara. dalam kehidupan bemasyarakat juga harus dapat menempatkan hal-hal yang baik dari mempelajari bab tersebut. manfaat yang sudah saya rasakan dalam bermasyarakat dan berorganisasi dapat meningkatkan interaksi dan komunikasi antarpemuda, antarwarga dan juga antar desa.
    contohnya : Organisasi pemuda di desa – desa. kerupakan suatu wadah dimana para pemuda dan pemudi dari desanya dapat berkumpul untuk merundingkan bagaimana cara untuk dapat menciptakan kehidupan warga desa dan pemudanya baik yang tua atau yang muda dapat berjalan selaras, tanpa ada perbedaan pendapat yang mengakibatkan perpecahan antar generasi.dalam organisasi pemuda terdapat seorang
    ketua yang mengatur anak buahnya untuk menjalankan setiap rencana kerja dengan baik. sebagai seorang ketua juga harus mempunyai kebijaksanaan untuk mengambil keputusan yang tepat dalam setiap masalah yang kompleks.
    dibawahnya ada pengurus yang lain, para pengurus biasanya juga harus menghormati keputusan yang sudah ditetapkan secara musyawarah. memberi masukan dan kritikan juga perlu dalam menjalankan pekerjaan agar berhasil mencapai segala tujuan.

    Annisa Lestari
    06
    XI IPS 1

  34. Indah mengatakan:

    Agar kita dapat mendeskripsikan, memahami dan mengetahui berbagai kel. Sosial & organisasi sosial di dlm masyarkat.

    Setelah kita mempelajari berbagai kel sosial & organisasi sosial di dalam masyarakat kita dapat mengetahui arti kel.sosial & organisasi sosial, mcam2 kel.sosial dan orgnisasi sosial, alasan manusia hdup berkelompok dan berorganisasi.
    Selain itu kita dapat mengetahui alasan mengapa terdapat kelompok sosial & organisasi sosial.

    Indah nugraini (XI S2 / 17)

  35. Nila Kusuma mengatakan:

    Saya merasa perlu mempelajari materi ini karena kelompok sosial begitu dekat dengan kehidupan saya sehari-hari, yakni di dalam kehidupan bermasyarakat. Dimana dalam kehidupan bermasyarakat tersebut selalu terjalin interaksi satu sama lain, karena seperti yang diketahui bahwa manusia itu sebagai mahluk sosial yang akan membutuhkan orang lain untuk memenuhi kebutuhannya. Dengan demikian, saya akan cenderung berinteraksi dalam sebuah kelompok baik itu dilingkungan masyarakat atau pun dilingkungan sekolah.
    Misalnya saja di dalam masyarakat terdapat kelompok remaja (Karangtaruna) yang merupakan sebuah kelompok sosial yg bersetruktur, di dalamnya juga terdapat individu yang saling mengadakan interaksi serta komunikasi satu sama lain karena memiliki kepentingan bersama, dan dapat pula menjadi sebuah organisasi. Di dalam kelompok tersebut juga terdapat individu-individu yang memiliki peran dan tugas untuk menentukan kelangsungan kelompok tersebut.

    Kurang lebih seperti itu Bu, makasi Bu..hehe

    Nama : Nila Kusuma
    Kelas : XI IPS 2
    Nomor : 28

  36. Luh Fita Meitasari/25/XI IPS 2 mengatakan:

    Alasan saya mempelajari kelompok sosial, yng pertama mnambh wawasn dlm brmsyarkt. Selanjtnya agar paham dan bsa mendpat nilai y bgus dlam ulngan. Selain itu jg agar bisa membntuk tingkh lku yg baik dan sling menghormati agr diterima dlm suatu klmpk. Krn mnusia tak dpt hdup sndiri maka klmpk sos sngt pnting bgi mnusia. Ex.Dlam pershbtan pstinya akn membntuk klmpk trsndri yg puna ksaman tjuan, klo kt sdah tdk mempunyai tjuan yg sama ato mlkan suatu kslhn mk dg trpaksa kita bsa dikeluar dri klompok itu.,.

  37. Irfa Ummul Chasanah/18/XIs2 mengatakan:

    buk, blogNa bages deh!! :D
    langsung aja ya buk…

    alasan saya mempelajari kelompok sosial dan organisasi sosial karena merupakan salah satu materi kelas XI semester 2 ne, dan supaya mendapatkan nilai yang memuasakan. Selain hal itu, sebagai “zoon politicon” artinya makhluk yang hidup secara berkelompok maka manusia akan merasa penting berorganisasi demi pergaulan maupun memenuhi kebutuhannya dan melalui organisasi kita dapat melakukan 3 hal yang tidak mungkin kita lakukan sendiri yaitu dapat memperbesar kemampuan, dapat menghemat waktu yang diperlukan untuk mencapai suatu sasaran melalui bantuan sebuah organisasi, serta dapat menarik manfaat dari pengetahuan generasi-generasi sebelumnya yang telah dihimpun..
    sekian ya buk..
    makasih…

    nama : Irfa ummul chasanah
    no : 18
    kelas :XIs2

  38. Siti Rokhana/32/XI IPS 1 mengatakan:

    Menurut saya kita harus mempelajari kelompok sosial karena:
    1. Dalam hidup bermasyarakat kita tidak terlepas dari orang lain. Dalam rangka memenuhi kebutuhan kita pasti membutuhkan orang lain.
    2. Dengan mempelajari kelompok sosial kita dapat mengetahui dasar-dasar pembentukan kelompok sosial dan dapat mengklasifikasikan berbagai macam kelompok sosial dalam masyarakat sekitar.
    3. Dengan mempelajari materi kelompok sosial kita dapat mengerti pentingnya kelompok sosial dan menerapkannya sehingga kita dapat diterima di dalam masyarakat.

    sekian……
    terimakasih………..

  39. Irma Mulyaningsih, xi ips 2, 19 mengatakan:

    Blog.na uda bagus BU.

    Jawaban saya :
    manusia adalah makhluk sosial yang slalu membutuhkan bantuan orang lain.untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Mereka slalu berinteraksi dan hidup berkelompok. Mereka hidup bersama dalam suatu masyarakat. Dengan berkelompok maka kebutuhan mereka akan terpenuhi. Misalnya saya di UKKT PERMIKA di dusun saya.. Di sana saya banyak mendapat hal-hal baru. Saya bisa mempererat hubungan dengan teman2, sebagai sarana untuk berlatih berpendapat, belajar tanggung jawab dan kebersamaan, berkumpul, menambah kesenagan, serta kerja sama dengan orang lain. Di sana juga ada beberapa kegiatan misalnya tour dan cyvling,yang sangat saya gemari, sehingga saya dapat memenuhi kinginan dan kebutuhan sayayang mungkin tidak bisa tercapai bila diusahakan sendiri. Di saat keluarga saya sedang mempunyai hajat, mereka bersedia untuk membantunya, dan keluarga saya tidak mungki menngerjakannya sendiri, misalnya untuk nyinom.

    Jadi, hidup berkelompok sangat penting, karena dengan berkelompok maka kebutuhan dan keiginan kita akan terpenuhi.

    Sekian Bu, bingung ew Bu.

  40. Esti Widyhastuti mengatakan:

    Kita semua dilahirkan dalam sebuah kelompok,yaitu keluarga. semakin kita bertambah usia semakin banyak kelompok yang kita masuki, masyarakat, kelompok pertemanan,dsb.kita tidak punya cukup akal maupun “okol” untuk hidup sendiri. dengan mempelajari kelompok sosial, minimal “perasaan bersama” dalam kelompok semakin kuat. kelompok sosial mempermudah kita memperoleh banyak data terutama yang berkaitan dengan masalah statistik. dg belajar kelompk sosial, kita akan tahu bahwa kelompok sosial membantu kita meemecahkan persoalan bersama, meningkatkan pengetahuan. semua itu dapat kita aplikasikan dalam hidup sahari-hari karena kita tidak bisa lepas dari kelompok.
    analisa secara sosiologis, misalnya kelompok pertemanan dimana disitu ada individu-individu yang saling berinteraksi, punya perasaan bersama, dan juga punya peran masing-masing.
    Esti Widyhastuti, 15, XI IPS 1

  41. fandhi yusuf mengatakan:

    Asssalamu’alaikum wr. wb.
    mnrut saya, karena selain itu bhn untuk semester 2, juga untuki di terapkan dikehidupan sehari-hari dalam bermasyarakat.

    fandhi yusuf
    XI S.2
    12

  42. Mulafi Janatin XI.S2 mengatakan:

    Menurut saya, kita perlu mempelajari kelompok sosial karena:

    1. Pada hakekatnya kita sebagai makhluk sosial senantiasa membutuhkan orang lain, dan tidak dapat hidup sendiri untuk memenuhi kebutuhan kita sehingga antar anggota mayarakat harus saling bekerjasama dan berinteraksi untuk mencapai tujuan bersama.

    2. Dengan mempelajari kelompok sosial, kita dapat mengetahui peran, fungsi, tujuan, bentuk kelompok sosial itu sendiri sehingga dengan demikian kita dapat mengetahui bagaimana kita harus mengaplikasikan hal tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini sesuai dengan tujuan sosiologi sendiri, yakni mempelajari kehidupan dalam masyarakat beserta penerapannya.

    Contoh:
    Karang Taruna.
    Karang Taruna dapat dikategorikan ke dalam kelompok sosial karena di dalamnya terdapat interaksi antar anggota & saling bekerjasama demi mencapai tujuan bersama.

    Demikian pendapat saya,,,

    Terima kasih Bukk,,,,,

    Nama: Mulafi Janatin
    Absen: 27
    Kelas: XI.S2

  43. Menurut saya perlu mempelajari klompok sosial karena kita sebagai manusia pasti tidak lepas dari itu !

  44. my response :

    Sebagai makhluk sosial, tentu kita membutuhkan orang lain, mau atau tidak. Dari rasa membutuhkan tersebut kemudian muncullah naluri untuk membentuk atau bergabung dengan orang yang memiliki kebutuhan yang sama. Inilah yang dimaksud dengan kelompok sosial. Contohnya : Kelompok Indonesia di Malaysia. Kelompok ini terbentuk atas kesamaan daerah. Mereka merasa memiliki budaya yang sama, bahasa yang sama, dan cara berpikir serta memiliki pola kerja yang sama, akhirnya individu-indinidu tersebut membentuk kelompok sosial.

    Kenapa harus dipelajari?

    Selain karena ini merupakan salah satu materi yang wajib dipelajari di semt 2 kelas XI, kelompok sosial merupakan fenomena masyarakat yang erat hubungannya dengan kelangsungan hidup, tanpa bisa dipisahkan.

  45. Diajeng Lissa mengatakan:

    ibukkkk….ni lissaaaaa….

    emph..yang pertama saya mempelajari tentang kelompok sosial karena saya merasa saya bagian dari itu buk…kitakan manusia buk..nah manusia itu secara kodratnya adalah makluk sosialkan..jadi kita itu tidak bisa hidup tanpa orang lain..dengan adanya kodrat ini mengharuskan kita untuk menjalin interaksi dengan orang lain..berarti adanya hal ini membentuk suatu kelompok sosial…ya kan buk???
    yang ke2….kelompok sosialkan bagian materi semster dua kelas XIS…nah mau tak mau harus tetep mempelajarikan buk…biar dapet nilai bagusss…
    yang ke 3….dengan mempelajarin kelompok sosial kita bisa lebih memahami bagaimana sih kelompok sosial itu…kita bisa mendapatkan gambaran tentang kelompok sosial…dan tentunya akan lebih mudah membangun suatu kelompok sosial….

    udah ya buk…lisa bingung…

    nama : nurul marlisa
    no : 30
    kelas : XIS2

  46. janata jati wijaya / 20 / XI S2 mengatakan:

    1. why i’m learning about this stuff…..because this i think this is so important for my school education…and…it is important for my life too…this make me know about social group (hahaha…gak ada kamus je bu….).
    kelompok sosial sangat erat kaitannya dengan kehidupan bermasyarakat sehingga kita dituntut untuk mempelajari dan bisa mengerti mengenai kelompok sosial.
    2. analisis dalam kehidupan sehari-hari misalnya :
    a. Contoh kelompok sosial: keluarga.
    Penggambarannya : Dalam keluarga ayah berperan untuk mengayomi dan menafkahi keluarga.
    Ibu mengurusi kebutuhan keluarga. Anak: membantu dan patuh pada orangtua.
    Dalam keluarga akan saling membutuhkan.

    begitulah pendapat saya…meskipun tugas sebagai anak yang saya lakukan belum seperti apa yang saya tulis…
    tapi saya mohon dengan sangat untuk menerima pendapat saya.

  47. erina candra dewi mengatakan:

    Assalamualaikum…. :)

    jujur saa ya bu, baru kali ini saya dapat tugas pembelajaran lewat blog (kecuali pas MOS dulu, :p ). According to me, pembelaaran lewat blog ini sangatlah cocok bagi siswa SMA 1 Bantul yang melek teknologi. Jadi, pembelajarannya nggak membosankan dan up-to-date.

    hmm…. alasan saya mempelajari tentang kelompok sosial:
    1. karena wajib bagi anak ips buat mempelajari itu, kalau nggak belaar, ketinggalan kereta dunk (bel sekolah.nya saja sudah seperti kereta) :p
    2. kelompok sosial ada di dalam lingkungan kita, jadi kalau kita mempelajarinya, sama dengan kita mempelajari lingkungan kita. jadi kita bisa lebih mengerti dan gampang beradaptasi dengan lingkungan sosial yang kita diami.

    hanya sedikit yang bisa saya sampaikan, namun banyak sekali manfaatnya yang dapat kita ambilbut, so far saya senang dengan pembelajaran sperti ini.. :D

    makasih ya bu, :)

    nama:erina cd
    no:09
    kelas: XI IPS 2

    Wassalamualaikum…

  48. Ervina Novianti/10/XI2 mengatakan:

    emh,blog na uadah bagus bu’,saya suka dengan cara pembelajaran ibu’…
    lansung aja ea buk…

    kelompok sosial it adalah,suatu kelompok manusa/pergaulan hidup manusia bukanlah suatu penjumlahan/himpunan orang2 yg bebas satu dg yang lainnya,mempunyai ciri,pola interaksi,dan kesadaran yang sama.

    jadi,alasan saya mengapa kita harus mempelajari tentang kelompok sosia karena.manusia adalah makhluk sosial.jadi,kita sebagai manusia akan membutuhkan dan bahkan selalu membutuhkan adanya orang lain di sekitar kita.adanya kelomppok sosial agar kita dapat berinteraksi dengan manusia lain.dan tidak dapat aipungkiri kalau kelompok sosial adalah salah satu m,ateri yang harus dipelajari di kelas XI sem2 ini.dan bahan untuk materi ulangan harian sampai besok kelas3.

    analisis saya dapat diumpamakan seperti keluarga,organisasi,sekolah dan yg lainnya.

    contoh konkritnya seperti saya sendiri,yaitu saya mengikuti beberapa kelompok sosial diantaranya seperti yang ada dalam sekolah,yaitu DT(Dewan Tonti) dan PMR.Dan saya juga mengikuti organisai yang ada dalam masyarakat,seperti karang taruna.Dan saya pikir kegiatan it adalah kelompok sosial yang membuat kita dapat berinteraksi dengan orang yang ada disekitar kita.dan mempunyi tujun yang sama.

    kurang lebih seperti itu bu’ dari saya.ada salah n’ banyak kurang na di maapin ya buk…
    makasih bu’…

    ervina novianti
    xi/10

  49. Anjar Kumayasari, XI IPS 1, 05 mengatakan:

    alasan saya mempelajari meteri ini, yang pertama karena saya ingin menambah pengetahuan saya dalam materi ini. yang kedua karena kita sebagai makhluk sosial yang memiliki hubungan timbal-balik yang saling berpengaruh dan tolong-menolong, agar memiliki kesadaran untuk bersama akan keanggotaan dan saling berinteraksi antar sesama anggota.

    sekian, terimakasi bu ..
    .. maaf kalau kata”saya membingungkan ,

  50. Fitri Mares Efendi/ 14/XI S 2 mengatakan:

    alasan kenapa saya mempelajari materi ini adalah karena dari awal saya dilahirkan saya sudah berinteraksi dengan orang lain. Sekarangpun saya hidup dalam suatu kelompok sosial baik di sekolah, rumah, ataupun masyarakat, karena itu materi ini saya perlukan untuk mempelajari pola pola interaksi dalam suatu masyarakat dan mengklasifikasikan kelompok kelompok sosial yaang ada disekitar saya sesuai dengan dasar dsar pembentukan klasifikasi yang sudah ada,,
    setelah saya mempelajari materi ini maka saya tahu bahwa ini bukan sekedar materi tetapi merupakaan sesuatu yang benar benar nyata dan ada dalam masyarakat sehingga saya dapat menerapkan apa yang saya pelajari di kehidupan nyata dan menyadari betapa pentingnya semua itu,,
    Dalam kehidupan bermasyarakat, mengingat saya bukan lagi anak kecil, saya tahu bahwa saya harus terjun dalam suatu kelompok sosial untuk melakukan sosialisasi,,dari sinilah saya menerapkan kaidah kaidah kelompok sosial,, saya tidak mungkin meninggalkan kelompok sosial dalam masyarakat tersebut karena saat ini mereka membutuhkan saya dan suatu saat saya akan membutuhkan mereka(contohnya:jika ada hajatan maka saya tak mungkin mengurusi semuanya sendiri tanpa bantuan teman2 di desa saya),, inilah interaksi menurut versi saya,,

    alasan terakhir kenapa saya harus mempelajari materi ini adalah(alsan erakhir sebenarnya sangattidak penting dan tidak perlu dibaca) karena materi ini merupakan syarat agar saya bisa menyelesaikan soal2 unas besok pada waktunya yang nantinya menjadi jaminan masuk ke universits favorit,,

    sekian komentar saya(sebelumnya maafkan kata2 saya yang amburadul)
    Terimakasih

  51. yuventi amanda.xi ips 2. no 34 mengatakan:

    agar memahami isi materi dan lebih mengerti mengapa bab kelompok sosial perlu dipelajari. dan salah satu bab dalam ulangan umum jadi ya perlu dipelajari dan dimengerti.
    seperti teman- teman juga agar mendapatkan nilai yang bagus dalam ulangan umum semester dua, ya kan buk???buk agak terlambat gak papa ya???

  52. kurnia fatma mengatakan:

    1. saya mempelajari materi ini karena dengan mempelajari materi ini saya bisa tahu bermacam-macam kelompok sosial yang ada di masyarakat. selain itu karena materi ini wajib dipelajari di semester 2 ini
    2. secara sosiologis sebagai manusia kita tentunya hidup dalam suatu kelompok sosial sehingga dengan mempelajari materi ini kita bisa tahu bagaimana cara menempatkan diri di suatu kelompok sosial tertentu karena di sini kita mempelajari berbagai macam kelompok sosial dan cirinya.
    terimakasih….

    Nama : Kurnia fatma saputri
    No: 23
    Kls: XIs2

  53. RULY ANITA SARI, XI IPS I, 31 mengatakan:

    Alasan saya mempelajari materi tentang kelompok sosial karena kelompok itu ada di dalam masyarakat. Sehingga saya dapat mengaplikasikan materi ini di dalam masyarakat.
    Dengan kita masuk dalam kelompok sosial maka kita bisa mendapatkan sebuah kekuasaan. Misalnya: kita masuk dalam sebuah partai politik, maka kita dapat mendapatkan kekuasaan sebagai ketua di partai tersebut.

  54. delinda widyastuti mengatakan:

    1. a) Soalnya di kelas XI IPS ada materi kelompok sosial
    b) Untuk lebih memahami kehipuran dalam masyarakat serta interaksi di antara mereka.

    2. Dalam sebuah masyarakat pasti ada berbagai kelompok sosial, seperti persatuan guru, trah suatu keluarga, peguyuban, dll. Oleh karena itu, untuk lebih memahami berbagai karakter dan interaksi di antara manusia dengan perbedaan-perbedaan serta karakteristik tertentu setiap kelompok sosial. Kelompok sosial juga mempunyai ciri tertentu, mempunyai tujuan yang sama tiap anggotanya, ciri yang sama pula. serta setiap anggotanya mempunyai peran dan status masing-masing untuk menjalankan kelompok sosial tersebut. terima kasih

    NAMA : delinda w.
    Kelas : XI IPS 2
    NO : 06

  55. Erik Satria Prabowo, XI IPS 2 No 8 mengatakan:

    Assalamu’alaikum Wr. Wb.

    Sebelumnya saya minta maaf bu karena terlambat akibat lupa. Maklum bu, manusia tiada yang sempurna.

    Menurut saya bu, kenapa kita harus mempelajari materi ini karena materi ini erat kaitannya dengan kehidupan manusia.

    Manusia adalah homo sosialis yaitu makhluk sosial yang tidak dapat berdiri sandiri dan senantiasa saling memerlukan satu sama lain. Sedangkan dalam materi kelompok sosial dan organisasi sosial telah dijelaskan mengenai manusia yang saling mengelompok yang membentuk semacam ikatan.

    Jadi, karena kita merupakan homo sosialis maka perlulah materi ini sebagai bahan untuk pegangan dalam menginjak kehidupan sosial yang sesungguhnya.

    Demikian bu yang dapat saya sampaikan. Kurang lebihnya mohon maaf.

    Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

  56. deg hesty.... mengatakan:

    mlm buk…

    alsn yg pling mndasar dan utama sy mpelajari ttg klompok sosial karena bab tsbut adl mteri smester 2 kls XI ini, kalo gak bljar ndak bsa dong buk… (hehe)

    ehm,
    mnurut sy konsep klompok sosial selalu menyatu dg khdupan kita hingga akhir hayat kita. mengapa bs dmikian???
    yupp, tidak lain dan tdk bukan, diantaranya…
    1. karena kita mengarahkan bagian terbesar dari hidup kita kpda kelompok2 sosial, mulai dri yg sederhana (misalnya keluarga) hingga yg kompleks..
    2. karena kita selalu mengalami keinginan untuk menjadi bagian dri suatu kelompok sosial dimana kita bisa diterima dan diakui..
    3. karena di dlm suatu klompok sosial kita dpat memenuhi sbagian kbutuhan hdup kita, termasuk kebutuhan untuk disetujui, diterima, perlindungan, dll.

    >Setiap masyarakat pasti terbentuk dri banyak kelompk2 sosial, yg mrupakan wadah berlangsungnya interaksi sosial sehari-hari.
    >Kita mencari kelompok sosial untuk membangun persahabatan, memenuhi sjumlah tujuan dan memenuhi peran sosial yg telah kita terima..
    (misalnya saja seluruh warga SMA 1 BTL, KITA ADLH suatu kelompok sosial yg terikat pada norma2 tertentu dan mempunyai tujuan yg sama yaitu memajukan SABA dg upaya yg kita bisa, selain itu SMA 1 BTL jg mrupakan wadah untuk membangun persahabatan,dll)
    >Pada kenyataannya, dapat kita simpulkan bahwa kehidupan sosial selalu berpusat pada kelompok2 sosial yg ada dan dengan memahami cara kerja suatu kelompok kita dapat lebih memahami pengalaman2 dan perilaku kita sebagai aktor/partisipan dlm kehidupan kelompok. Kita juga dapat memahami bagaimana sifat2 suatu kelompok sosial berdampak pd kesejahteraan masyarakat..
    >Selain hal2 di atas, kelompok sosial memainkan bagian terpenting dalam struktur sosial, kebanyakan interaksi sosial yang kita lakukan terjadi dalam kelompok sosial dan dipengaruhi oleh norma2 dan sanksi2 yg dibangun oleh kelompok….

    mungkin ini yg dpat sy smpaikan.. kurang lbihnya sy mhon mf…
    “pd intinya kita hdup dlm suatu kelompk sosial dan ini membuktikan kita tdk bs hdup tanpa berinteraksi dg org lain”

    (ini kata2 sy pkirkan 2 hri 2 mlm buk.. demi sosiologi lo buk…)

  57. sunarti77 mengatakan:

    Kalo ditanya seperti itu, jawbnya ya pastilah pada silabusnya kan bu. ada di indikator kompetensi dasar. tapi yang jelas tujuannya adalah siswa mengetahui ada dan pentingya kelompok sosial guna mempersiapkan diri di dalam bermasyarakat.

    Arkhan Xi IPS 2

  58. Herdi Prasetya/15/XI S 2 mengatakan:

    Menurut saya agar kita lebih mengetahui pengetahui pengetahuan tentang kelompok sosial serta agar bisa mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari.

  59. Dita Yogia I XI S2 mengatakan:

    menurut pendapat saya, saya mempelajari materi ini karena materi ini sangat reat hakekatnya dengan kehidupan kita. pada dasarnya manusia dilahirkan untuk menjadi bagian dari kebulatan masyarakat. kita dapat mewujudkannya dengan berorganisasi dan berkelompok. Dalam materi ini juga bermanfaat, diantaranya:
    1. kita dapat mengerti serta memahami tentang kelompok sosial
    2. kita bisa menerapkan materi ini di dalam masyarakat.
    Misalnya:dengan kita bergabung dalam kelompok OSIS di sekolah, maka kita dapat memperoleh pelajaran serta dapat memenuhi kebutuhan belajar.
    Maaf Bu terlambat,,lupa’e Bu..???hehehe..

  60. ALFIAN P.J(XI IPS 2) mengatakan:

    menurut saya,saya ingin mempelajari tentang kelompok sosial karena kelompok sosial dan organisasi sosial merupakan salah satu komponen penting dalam masyarakat.Dan kita hidup dalam suatu masyarakat.Jadi,sangatlah bagi kita untuk mempelajari tentang kelompok sosial dan organisasi sosial.

  61. Estu Safaat XI S2/11 mengatakan:

    Asskum….

    Maaf bu telat komennya, maklum lupa.. hehe…

    Oke langsung saja, menurut saya mengapa saya harus mempelajari materi tentang kelompok sosial a.l. :
    1. Besok ulangan sosiologi materinya bab ini, jadi biar tidak remidi dan dapet nilai bagus kita harus belajar materi ini…
    2. Dengan mempelajari materi ini diharapkan kita dapat saling menghormati dan menghargai antara kelompok – kelompok yang berbeda – beda sehingga tidak terjadi pertikaian…

    Dan itulah sedikit kata – kata dari saya, bila ada salah tulis harap dimaklumi.. terimakasih…

    Wassalam…

  62. menurut saya kelompok sosial perlu dipelajari. Sebab kita sendiri hidup tidak bisa hidup lepas dari kelompok sosial yang lain. Sebagai contoh kita hidup di tengah hutan..apakah ada yang saling tolong menolong atau membantu???pastinya tidak..bila kita hidup di tengah masyarakat kita pasti saling tolong menolong dan itulah pedoman bagi masyarakat kita yang biasa di katakan “tidak bisa hidup tanpa bantuan orang / kelompok lain”. maka dari itu kita harus masuk ke dalam kelompok sosial.

  63. mustika mengatakan:

    menurut sya klompok sosial di plajari di sosiologi kren dengan kita mempelajarinya kta bsa lbih brinteraksi antar stu dg yang lain atau bertukal pendapat shinga kta bisa menghargai orang lain dan slalu krja sama untuk mmbela kebenaran

  64. bambang hadi mengatakan:

    soaiologi munkun sangat melekat dalam khidupan sehari hari terutama interaksi sosial …..yg tdk kita sadari kita melakukanya tiap hari…..kadang saat orang menemukan suatu permasalahan orang tsb tidak bsa mnanggapinya scara kritis…..

  65. Yoko mengatakan:

    apakah perlu surat izin dari DINAS SOSIAL untuK pembentukan organisasi sosial ini kak ?

  66. Kim Min Septy Yua mengatakan:

    kurang lgkap tow …
    shrus na d tmbhin ciri” na + cntoh dri “In-group & Out-group”

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 193 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: