Membuat jalur kabel/kelistrikan pada Honda CB dan GL tanpa Aki pada sistem pengapian DC

malam bos…bro…sista…gimana kabarnya?? semoga malam jumat ini semua dalam keadaan baik…amieen

langsung to the point ya…Membuat jalur kabel/kelistrikan tanpa Aki pada sistem pengapian DC!! Yup…Emang bisa?? tentu saja bisa…Saya sendiri bukanlah biker yang punya kendaraan standar pabrik…lebih senang oprek sana sini. Nah..Jika selama ini pabrikan mendoktrin bahwa sistem pengapian DC itu harus dan wajib mengandalkan aki…kali ini doktrin itu saya pupus…mosok kalo DC wajib pake aki…hehehehe…

PRINSIP KERJA PENGAPIAN DC

bahasan kali ini diulas secara mendasar saja ya..biar pada faham!! Contoh pengapian CDI sistem DC adalah pengapian Shogun kebo 110cc. CDI shogun kebo adalah CDI DC dan cukup legendaris…pakem yang umum…CDI ini mengambil arus dari aki…karna aki adalah sumber arus DC..dan jika akinya sowak…motornya ikutan mogok dan gak mau hidup. Bagaimana jika arus suplai CDI diambil dari Spull/magneto?? Bisa nyala gak mesinnya??

CDI shogun kebo dan kiprok CBR 150R...siap dirangkai

CDI shogun kebo dan kiprok CBR 150R…siap dirangkai

Arus yang dihasilkan oleh Spull-Magnet merupakan arus bolak balik/AC…jika dilewatkan ociloscope akan keluar grafik sinusoidal/sinus…dimana arus akan naik turun (+/-) membentuk gelombang sinus…. Nah arus dari spull ini bisa kita manfaatkan untuk mensuplai kebutuhan CDI DC dengan cara memutus gelombang sinus menjadi 1/2 sinus sehingga gelombang yang ada berbentuk 1/2 lingkaran. dalam ilmu elektronika pemutusan gelombang dikenal sebagai rangkaian penyearah…bisa 1/2 phase atau 1phase penuh….jika sudah disearahkan..maka arus yang keluar dari rangkaian ini berupa arus DC…. Nah alat penyearah ini bisa berupa dioda bridge atau dalam otomotif dikenal sebagai KIPROK. Jadi jika arus dari spull dilewatkan kiprok…maka setelah keluar arus yang dihasilkan berupa DC (direct current)….

kiprok honda CBR 150R

kiprok honda CBR 150R

Lanjut…..Pada Motor CB dan GL atau Honda Umumnya..kabel spull biasanya terdiri dari beberapa warna yang berupa kabel

Kabel PUTIH  sebagai jalur pengisian

Kabel KUNING sebagai jalur lampu

Kabel Hijau Sebagai Massa/Ground

Kabel Merah-Hitam sebagai jalur spull (untuk pengapian AC)

kabel spull dan kiprok disambung...tidak pakai aki tidak apa2

kabel spull dan kiprok disambung…tidak pakai aki tidak apa2

jika kita memakai CDI DC jalur kabel merah-hitam dipotong dan di nonaktifkan. cukup 3kabel saja yang dipakai…kuning…putih dan hijau. dari spull kabel kuning masuk kiprok disambung kabel kuning juga. kabel putih masuk kiprok disambung dengan kabel putih juga. kabel hijau kiprok dan spul dijadiin satu lalu dibaut ke rangka sebagai massa. Nah pada kiprok akan tersisa 1kabel yaitu kabel merah. Nah kabel inilah yang disambung ke (+12v) pada CDI….dengan disambungnya kabel ini..otomatis CDI DC tidak perlu lagi memakai AKI…dan cerita touring nyetep motor yang mogok gara2 aki soak tidak akan terjadi.

woke mas bro..semoga sharing ini bisa membantu dikala darurat…amieen…

 

23 thoughts on “Membuat jalur kabel/kelistrikan pada Honda CB dan GL tanpa Aki pada sistem pengapian DC

      1. martini a.k.a Gora emon Penulis Tulisan

        kabel kontak sebagai pemutus arus sistem kerjanya cuma nge-groundkan CDI…kabel koil ya tinggal lihat pin pada cdi yang dipakai. kabel lampu utama bisa diambil dari kabel kuning spull yang telah masuk kiprok

      2. martini a.k.a Gora emon Penulis Tulisan

        kabel kontak sebagai pemutus arus sistem kerjanya cuma nge-groundkan CDI…kabel koil ya tinggal lihat pin pada cdi yang dipakai. kabel lampu utama bisa diambil dari kabel kuning spull yang telah masuk kiprok

    1. martini a.k.a Gora emon Penulis Tulisan

      Lho diakhir tulisan rak wes tak sebut kalo buat darurat….misal ada yg pake same tahunan yo gpp…barang elektronik gak bisa ditebak umurnya…beli tivi aja bisa sebulan rusak tapi ada yg puluhan thn msh awet….yg jelas listrik dari kiprok sudah pasti murni dc…kalo tidak dc akinya meleduk mas….

      Balas
  1. warsito

    Maaf mas mau nanya untuk untuk pengapian honda gl100 memakai cdi sogun untuk kiprok selain memakai kiprok cbr150 apa ada yang bisa.

    Balas
  2. ifan

    Maaf gan mau nnya nih motor saya kan honda win tpi pngapian dari koil gak ada trus di cek cdi pengapian nya gede udh ganti koil dri yg baru sampe pnya temen masih gak ada api nya di koil tolong solusi nya gan..

    Balas
  3. Tegas wp

    Permisi mas, mau tanya kabel spull cb 100 keluar nya ada 4 kabel ya? Terus yg ada setrum nya ada brp kabel mas? Sama minta jalur kabel nya ya mas dari spul naik keatas. Terimakasih

    Balas
    1. martini a.k.a Gora emon Penulis Tulisan

      Kabel ijo negatif—body
      Kabel putih (ada2)—> masuk ke dioda bridge (dulu blm ada kiprok)
      Kabel —-> ke lampu utama
      Nanti jalur keluar dioda masuk ke aki yaa….dari aki langsung kontak yg terhubung dengan platina

      Balas

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.