malam bos…bro…sista…gimana kabarnya?? semoga malam jumat ini semua dalam keadaan baik…amieen
langsung to the point ya…Membuat jalur kabel/kelistrikan tanpa Aki pada sistem pengapian DC!! Yup…Emang bisa?? tentu saja bisa…Saya sendiri bukanlah biker yang punya kendaraan standar pabrik…lebih senang oprek sana sini. Nah..Jika selama ini pabrikan mendoktrin bahwa sistem pengapian DC itu harus dan wajib mengandalkan aki…kali ini doktrin itu saya pupus…mosok kalo DC wajib pake aki…hehehehe…
PRINSIP KERJA PENGAPIAN DC
bahasan kali ini diulas secara mendasar saja ya..biar pada faham!! Contoh pengapian CDI sistem DC adalah pengapian Shogun kebo 110cc. CDI shogun kebo adalah CDI DC dan cukup legendaris…pakem yang umum…CDI ini mengambil arus dari aki…karna aki adalah sumber arus DC..dan jika akinya sowak…motornya ikutan mogok dan gak mau hidup. Bagaimana jika arus suplai CDI diambil dari Spull/magneto?? Bisa nyala gak mesinnya??
Arus yang dihasilkan oleh Spull-Magnet merupakan arus bolak balik/AC…jika dilewatkan ociloscope akan keluar grafik sinusoidal/sinus…dimana arus akan naik turun (+/-) membentuk gelombang sinus…. Nah arus dari spull ini bisa kita manfaatkan untuk mensuplai kebutuhan CDI DC dengan cara memutus gelombang sinus menjadi 1/2 sinus sehingga gelombang yang ada berbentuk 1/2 lingkaran. dalam ilmu elektronika pemutusan gelombang dikenal sebagai rangkaian penyearah…bisa 1/2 phase atau 1phase penuh….jika sudah disearahkan..maka arus yang keluar dari rangkaian ini berupa arus DC…. Nah alat penyearah ini bisa berupa dioda bridge atau dalam otomotif dikenal sebagai KIPROK. Jadi jika arus dari spull dilewatkan kiprok…maka setelah keluar arus yang dihasilkan berupa DC (direct current)….
Lanjut…..Pada Motor CB dan GL atau Honda Umumnya..kabel spull biasanya terdiri dari beberapa warna yang berupa kabel
Kabel PUTIH sebagai jalur pengisian
Kabel KUNING sebagai jalur lampu
Kabel Hijau Sebagai Massa/Ground
Kabel Merah-Hitam sebagai jalur spull (untuk pengapian AC)
jika kita memakai CDI DC jalur kabel merah-hitam dipotong dan di nonaktifkan. cukup 3kabel saja yang dipakai…kuning…putih dan hijau. dari spull kabel kuning masuk kiprok disambung kabel kuning juga. kabel putih masuk kiprok disambung dengan kabel putih juga. kabel hijau kiprok dan spul dijadiin satu lalu dibaut ke rangka sebagai massa. Nah pada kiprok akan tersisa 1kabel yaitu kabel merah. Nah kabel inilah yang disambung ke (+12v) pada CDI….dengan disambungnya kabel ini..otomatis CDI DC tidak perlu lagi memakai AKI…dan cerita touring nyetep motor yang mogok gara2 aki soak tidak akan terjadi.
woke mas bro..semoga sharing ini bisa membantu dikala darurat…amieen…
hati2 juga.
Kalo kiprok nya nggak ada limiter tegangannya, atau nggak di pasang.
CDI bisa jebol…
bisa dicek kok…tegangan max yang keluar 14.8 volt atau 15 volt….lewat dari itu ya berdoa saja…kalo cdinya abal2…rangkaian penyearah dan pembatas tegangan tdk ada…dan duarrrr….
mlm broo .. mau
nanya nch.. kabel yg ke koil lampu dan kunci kontak gimn broo..
kabel kontak sebagai pemutus arus sistem kerjanya cuma nge-groundkan CDI…kabel koil ya tinggal lihat pin pada cdi yang dipakai. kabel lampu utama bisa diambil dari kabel kuning spull yang telah masuk kiprok
kabel kontak sebagai pemutus arus sistem kerjanya cuma nge-groundkan CDI…kabel koil ya tinggal lihat pin pada cdi yang dipakai. kabel lampu utama bisa diambil dari kabel kuning spull yang telah masuk kiprok
ada gambar skemanya broo… maaf nch.. baru belajar…
kabel yg ke kunci kontak..lampu dan koil sambungya gimn broo…
pinten regine kiprok cb karobelah mbah?terus nek cdi abal abal pitiungpuluhan ewu kae nopo unlimiter?tengkyu
harga kiprok cbr 150r brapaan y gan??
n soketnya ad brpa kaki tuh??
kiprok cbr kisaran 180an ribu..soket sama dengan honda grand
maaf nih om cb ane blm pake CDI tp bukan plati juga ane kurang tau nama nya itu gimn om kira2 bisa dirangkai pake kiprok ga ya
kabel yg merah yg ada di kiprok disambungkan ke cdi kabel nya yg mana
Kabel merah itu menuju aki…kalo langsung disalurkan ke cdi (tanpa pake aki)…cari yg kabel merah-hitam..
itu darurat mas, buat harian lama2 cdi nya yg mati, listrik yg keluar dr kiprok gak pure DC
Lho diakhir tulisan rak wes tak sebut kalo buat darurat….misal ada yg pake same tahunan yo gpp…barang elektronik gak bisa ditebak umurnya…beli tivi aja bisa sebulan rusak tapi ada yg puluhan thn msh awet….yg jelas listrik dari kiprok sudah pasti murni dc…kalo tidak dc akinya meleduk mas….
Maaf mas mau nanya untuk untuk pengapian honda gl100 memakai cdi sogun untuk kiprok selain memakai kiprok cbr150 apa ada yang bisa.
kala kabel massa dri cdi sma pulser nya lari nya kmana kang
ya ke body
Maaf gan mau nnya nih motor saya kan honda win tpi pngapian dari koil gak ada trus di cek cdi pengapian nya gede udh ganti koil dri yg baru sampe pnya temen masih gak ada api nya di koil tolong solusi nya gan..
Koilnya udah di groundkan?? Cop busi sehat??
Permisi mas, mau tanya kabel spull cb 100 keluar nya ada 4 kabel ya? Terus yg ada setrum nya ada brp kabel mas? Sama minta jalur kabel nya ya mas dari spul naik keatas. Terimakasih
Kabel ijo negatif—body
Kabel putih (ada2)—> masuk ke dioda bridge (dulu blm ada kiprok)
Kabel —-> ke lampu utama
Nanti jalur keluar dioda masuk ke aki yaa….dari aki langsung kontak yg terhubung dengan platina
Generasi Platina tidak cdi apakah bisa buat pengapian dc om / ada gejala nya ?
https://polldaddy.com/js/rating/rating.js