Hampir Setahun bersama Sutar (Starlet SE 1.3 89)….Berapa sih biaya perawatanya??

Bulan 3 tahun ini begawan telah menderek sebuah rongsokan bernama starlet 1.3 tahun 89 (seri face-lift)….di jepangnya sendiri varian ini memiliki seri Si dan Ri….dengan mesin turbo tentunya…sementara di indonesia cuma muncul varian 1E dan 2E….

Dengan kondisi lumayan mobil ini sampe digarasi….sudah pasang power-steering dan ganti pelek+ban bawaan honda jazz gen 1….maharnya juga tidak begitu mahal untuk pasaran starlet bekas….dibawah 40juta lah…meski gak jauh2 dari angka itu…dan selama dipake kilometer yang ditempuh telah mencapai hampir 10ribu KM…dan sekarang ini odometer telah menunjuk KM 270ribu…..wew…dah banyak banget!!

nah diusia senja dan pemakaian 10ribu terakhir ini, apa saja sih yang telah dibelanjakan untuk starlet?? Kita itung satu-satu

untuk service/perbaikan

karna pintu ada yang penyok (meski sekarang ada penyokan baru) akhirnya masuk tukang cat….bugdet yang keluar 600rebu

untuk service…tune-up 2kali @50ribu = 100ribu

service kelistrikan 40 ribu

service hand-brake (termasuk jasa bubut tromol karna dah gak rata) 50ribu

Untuk penggantian spare part

waktu pertama datang…tanggal 5/3/2011 Head unit yang langsung diganti…..500rebu

Timing belt+jasa 450ribu

2kali ganti laher roda depan+jasa @ 185ribu = 370ribu

ganti 2 seal roda @45ribu = 90 ribu

Ganti 1set busi denso = 45ribu

ganti oli 2kali @115ribu= 230 ribu

oli transmisi rored 90 = 75rebu

Platina = 50rebu

kabel platina = 10rebu

Oring delco +packing delco =35 ribu

Lampu head lamp osram 2biji @55ribu = 110ribu

soket head lamp keramik = 35 ribu

lampu panel philips = 15ribu

filter oli = 65 ribu

filter bensin = 40ribu

ganti shift-knop = 50ribu

pasang oil catch-tank (dari filter bensin vitara sgp)= 50ribu

nah begitulah kira2 biaya perawatan selama 9bulan terkhir….rata2 sebulan menempuh 1000an KM dengan konsumsi BBM 1: 10 (kombinasi), jika 50ribu rupiah bisa menempuh 100KM….mobil ini telah menghabiskan bensin sebanyak 5juta……wew banyak juga ternyata…

benar adanya jika sepeda motor lebih ngirit….tapi jika anda telah berkeluarga…bepergian mengajak sikecil dan istri tercinta…motor bukanlah option safe!! biaya yang murah tidak sebanding dengan keselamatan…..apalagi jika melihat bandrol 1set pen platina yang harganya diatas 17juta….wah gak kebayang kalo anak tercinta ato istri terkasih sampe cedera dan harus dipen….

ternyata penggantian part tidaklah sebanyak dan sehoror…seperti apa yang diberitakan orang selama ini…..

 

32 thoughts on “Hampir Setahun bersama Sutar (Starlet SE 1.3 89)….Berapa sih biaya perawatanya??

  1. NickNkzt

    Kenapa ga ganti timor aja gan…?
    Harga sekitar segitu dapet taon yang muda 96-98
    CC lebih gede..bensin lebih irit 1-10 an dalam kota (semarang)
    :O
    heheeee
    cuman saran, nukan ngiklan…
    🙂

    Balas
    1. martini Penulis Tulisan

      seneng sing manual mas….macet2 isih iso diakali…kalo injeksi versi jaman bahela….engine check nyala….langsung senam jantung…xixixixi

      Balas
  2. dnugros

    Sebenernya juga ngiler ma Daihatsu Charade CS Turbo, model wis persis sama starlet kotak, tapi masih belum berani ragat bulanane.

    Balas
  3. gerlin

    mau tannya/share nih..
    ane punya starlet kapsul 94
    dari beli tgn kedua
    ganti timing belt
    filter oli
    oli
    filter bensin
    busi denso standar
    tune up

    tapi ane hitung konsumsi BBM hanya 1:7
    apabila mobil dipanaskan tidak susah dan masih keluar air dari knalpot
    sudah di seting oleh mekanik jg cm dapet segitu
    apa yang salah dgn ni mbl?
    memang mobil ini tdk pernah rewel

    Balas
    1. martini Penulis Tulisan

      kampas kopling mas?? ato kalo bawa kaki kiri suka nginjek pedal kopling…soale saya punya kebiasaan seperti itu..selalu nginjak kopling meski jalan 120kpj

      Balas
  4. oxladeTshirt

    Hanya sekedar sharing….. (ato lebihx curhat)

    Belum genap 6 bulan saya punya ni gerobak, twincam corolla 88, udah banyak part yg harus diganti. Berhubung…tempat tinggal ada di daerah yg jarang ada toko spare part lengkap, walhasil harus bolak balik surabaya tuk nyari spare partx. Ganti shock breaker belakang kayaba, betulin radiator, ganti seal delco sampe apesx ni si montir trxta kurang pengalaman. Pen as delco dipatahin. Pusing deh. Mau gak mau harus ganti delco satu set.
    Kesimpulanx……..eng ing eng….. punya gerobak roda empat g sepenuhx solusi. Apalagi klo di daerahx sulit menjangkau toko spare part. Kayak sy ni sdh abis lebih dr 5 jt tuk reparasi ni gerobak twincam tanpa sempat menikmati. Bahkan buat mudik pun belum sempat. Khawatir ntar mogok di jalan tmbah berabe. gak kebayang deh mlihara mobil
    Bekas capekx seperti ini.

    Balas

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.