Bulan 3 tahun ini begawan telah menderek sebuah rongsokan bernama starlet 1.3 tahun 89 (seri face-lift)….di jepangnya sendiri varian ini memiliki seri Si dan Ri….dengan mesin turbo tentunya…sementara di indonesia cuma muncul varian 1E dan 2E….
Dengan kondisi lumayan mobil ini sampe digarasi….sudah pasang power-steering dan ganti pelek+ban bawaan honda jazz gen 1….maharnya juga tidak begitu mahal untuk pasaran starlet bekas….dibawah 40juta lah…meski gak jauh2 dari angka itu…dan selama dipake kilometer yang ditempuh telah mencapai hampir 10ribu KM…dan sekarang ini odometer telah menunjuk KM 270ribu…..wew…dah banyak banget!!
nah diusia senja dan pemakaian 10ribu terakhir ini, apa saja sih yang telah dibelanjakan untuk starlet?? Kita itung satu-satu
untuk service/perbaikan
karna pintu ada yang penyok (meski sekarang ada penyokan baru) akhirnya masuk tukang cat….bugdet yang keluar 600rebu
untuk service…tune-up 2kali @50ribu = 100ribu
service kelistrikan 40 ribu
service hand-brake (termasuk jasa bubut tromol karna dah gak rata) 50ribu
Untuk penggantian spare part
waktu pertama datang…tanggal 5/3/2011 Head unit yang langsung diganti…..500rebu
Timing belt+jasa 450ribu
2kali ganti laher roda depan+jasa @ 185ribu = 370ribu
ganti 2 seal roda @45ribu = 90 ribu
Ganti 1set busi denso = 45ribu
ganti oli 2kali @115ribu= 230 ribu
oli transmisi rored 90 = 75rebu
Platina = 50rebu
kabel platina = 10rebu
Oring delco +packing delco =35 ribu
Lampu head lamp osram 2biji @55ribu = 110ribu
soket head lamp keramik = 35 ribu
lampu panel philips = 15ribu
filter oli = 65 ribu
filter bensin = 40ribu
ganti shift-knop = 50ribu
pasang oil catch-tank (dari filter bensin vitara sgp)= 50ribu
nah begitulah kira2 biaya perawatan selama 9bulan terkhir….rata2 sebulan menempuh 1000an KM dengan konsumsi BBM 1: 10 (kombinasi), jika 50ribu rupiah bisa menempuh 100KM….mobil ini telah menghabiskan bensin sebanyak 5juta……wew banyak juga ternyata…
benar adanya jika sepeda motor lebih ngirit….tapi jika anda telah berkeluarga…bepergian mengajak sikecil dan istri tercinta…motor bukanlah option safe!! biaya yang murah tidak sebanding dengan keselamatan…..apalagi jika melihat bandrol 1set pen platina yang harganya diatas 17juta….wah gak kebayang kalo anak tercinta ato istri terkasih sampe cedera dan harus dipen….
ternyata penggantian part tidaklah sebanyak dan sehoror…seperti apa yang diberitakan orang selama ini…..
Sip
semoga ketularan
amin……….
hmmmmmmmmmmmmmm..masih jauh dari jangkauan tuh roda empat
ini pondasi empat buat teras rumah aja belum
sedekah sing uakeh sisan 😀
Head unitnya pake apa pak guru?
pake skeleton abal-abal….
kapan iso tuku montor
starlet masih jadi rebutan Wan…
jek ono sing “numpang” turu nang njero mobilmu ora wan?
Wow, mantap.. semua pengeluaran terdokumetasikan dengan baik 🙂
Berguna banget jadi referensi buat saya,, thankss
boros jua ya
1300cc konsumsinya 1:10 ya. hampir sama dengan 2000cc tahun muda. hehe..
masih banyak juga yang nyari ini… selain charade… 🙂
Kenapa ga ganti timor aja gan…?
Harga sekitar segitu dapet taon yang muda 96-98
CC lebih gede..bensin lebih irit 1-10 an dalam kota (semarang)
:O
heheeee
cuman saran, nukan ngiklan…
🙂
maklum gan kenangan jaman masih SMP….tahun segitu kalo lihat starlet/nouva bikin ngiler
koyone nek ndue rejeki meneh bakal dilego ganti yang lebih muda iki
versi turbo look memang menggoda…mas
greatco ae
seneng sing manual mas….macet2 isih iso diakali…kalo injeksi versi jaman bahela….engine check nyala….langsung senam jantung…xixixixi
Starlet emang everlasting, lebih baik punya mobil yang keluaran lama, dibanding motor keluaran baru…..tapi ada tapinya, kalo udah berkeluarga
Sebenernya juga ngiler ma Daihatsu Charade CS Turbo, model wis persis sama starlet kotak, tapi masih belum berani ragat bulanane.
Konsumsi BBM masih bisa lebih tuh… paling nggak 1:12 (kombinasi). Ayo diutak atik lagi mesinnya biar irit 🙂
iya suhu….sing perlu diutak-atik kakinya…lom sekolah soalnya
starlet turbo nang jogja pasarane piro mas?
kalo versi turbo gak edar di indonesia…kalo turbo-look (kap gembung) tahun 96 sekitar 65-70juta mas
nuwun mas, inponya…brati yo beti karo nang jakarta, malah bisa di bilang murah di jogja yen ngono…
mau tannya/share nih..
ane punya starlet kapsul 94
dari beli tgn kedua
ganti timing belt
filter oli
oli
filter bensin
busi denso standar
tune up
tapi ane hitung konsumsi BBM hanya 1:7
apabila mobil dipanaskan tidak susah dan masih keluar air dari knalpot
sudah di seting oleh mekanik jg cm dapet segitu
apa yang salah dgn ni mbl?
memang mobil ini tdk pernah rewel
kampas kopling mas?? ato kalo bawa kaki kiri suka nginjek pedal kopling…soale saya punya kebiasaan seperti itu..selalu nginjak kopling meski jalan 120kpj
teknik bawa mobil juga berpengaruh ama konsumsi BBM mas???
mantab mas, semoga bisa ketularan, kebetulan baru punya keluarga kecil, dan sedang menabung untuk mencari angkutan yang layak buat anak istri hehehe…
Hanya sekedar sharing….. (ato lebihx curhat)
Belum genap 6 bulan saya punya ni gerobak, twincam corolla 88, udah banyak part yg harus diganti. Berhubung…tempat tinggal ada di daerah yg jarang ada toko spare part lengkap, walhasil harus bolak balik surabaya tuk nyari spare partx. Ganti shock breaker belakang kayaba, betulin radiator, ganti seal delco sampe apesx ni si montir trxta kurang pengalaman. Pen as delco dipatahin. Pusing deh. Mau gak mau harus ganti delco satu set.
Kesimpulanx……..eng ing eng….. punya gerobak roda empat g sepenuhx solusi. Apalagi klo di daerahx sulit menjangkau toko spare part. Kayak sy ni sdh abis lebih dr 5 jt tuk reparasi ni gerobak twincam tanpa sempat menikmati. Bahkan buat mudik pun belum sempat. Khawatir ntar mogok di jalan tmbah berabe. gak kebayang deh mlihara mobil
Bekas capekx seperti ini.