Memasang lampu led langsung dari spull tanpa aki! Iya LAMPU LED

Pagi broo….sehat?? Kali ini bang 5OS akan memasang lampu led untuk motor tanpa aki! Iyes….lampu led sudah booming sejak 2014…tapi selalusaja butuh aki+driver led…. jika driver jebol selesai juga lampu lednya.

Banyak juga yang coba2 DIY….tapi hasilnya ngenes….jauh dari harapan….gak terang babar-blas….Nah sekarang ini sudah era canggih…led high power dengan watt tinggi banyak dipake pada headlamp motor atau mobil. Tapi tetep…selalu butuh aki. Trus kalo motor yg gak pake aki bisa gak pasang lampu led?? Jawabnya tentu saja bisa. ​
Saya akan mendesain sebuah regulator yang nanti bisa dicolok lampu led langsung dari spull. Kebetulan motor cb saya pake spull tiger kw dimana pengapian masih ac dan spull pengisian model full wave. Karna cb saya gak pake aki….dibuatlah regulator….

Skemanya spull pengisian (full wave)—->regulator—>lampu led! Atau dengan kata lain dari Ac—-> Dc—->limiter arus—->lampu led. Lampu led yg beredar ditoko listrik rata2 memakai 12volt dc dengan arus berkisar 700-900ma! 

Spull full wave itu Ac…..biar jadi Dc tinggal dikasih dioda bridge/dioda sisir….ini otomatis sudah dc….tapi jika dicek dengan AVO voltase yg keluar dari dioda berkisar 20-60volt DC …saat langsam 20volt dan akan naik jadi 60volt ketika rpm 6ribuan. Jika led dihubungkan…wes jelas putus! 

Untuk mengontrol voltase butuh dioda zener. Cukup memakai dioda 12volt….sehingga ketika dilewati listrik voltase yg keluar dari zener 11.6volt. Ini cukup aman untuk lampu led.

Zener bekerja pada arus antara 15-30mA…agar zener tidak jebol butuh resistor sebagai kopling arus! Yup arus dari spull ditahan resistor yg dihubung seri. Jika arus zener dikondisikan pada 20-22mA…..dan voltase input dianggap 60volt dc….maka butuh resistor dengan nilai 2200 ohm dengan rating 2watt….

Arus 22mA tentu saja tidak bisa menghidupkan lampu led meskipun voltasenya 12volt….untuk itu butuh transistor daya agar arus naik jadi 900-1000mA. Butuh transistor 2n3055 yang berdaya 40-70x….


Setelah hitung2an didapat tinggal ke toko elektro dan blanja komponen….dioda sisir 4A….resistor 2k2 2watt zener 12volt 0.5watt transistor 2n3055 juga elco 1000μf/25volt sebagai penstabil tegangan biar led tidak berkedip. Jika ditotal blanja begituan cukup 20ribu! Maenkan soldernya!!​​


Setelah beres sambungkan spull ke rangkaian dan hubungkan dengan led! Yiihaaaaa…..led bersinar benderang tanpa kedip meski dibleyer tak masalah….yang penting tidak butuh aki! Rangkaian ini meski sederhana sudah di hitung ukuran2ya….bukan hasil copas….kira2 ato sekedar coba2….selama komponen regulator kondisi joss dan bukan barang abal2 cina….dijamin awet….ingat….ukur dulu komponen sebelum dipasang….dan pastikan colektor pada transistor benar2 tdk terhubung ke masa! Selamat mencoba

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.