…Wuasem..artikel mo di publish…eh WP error…jadinya ilang!!! Padahal dah rapi…………….
Yo wis nulis lagi….. BBM jelek kayak apa sih?? apakah premium masuk BBM kualitas jelek….??? Bukan itu mangsut begawan kolor ijo….BBM kualitas jelek adalah BBM yang kandungan sulfurnya tinggi..mungkin kecampur Kerosene/minyak tanah………lha kok bisa kecampur??? Apa memang di sengaja ki??
Dari kilang pengolahan..BBM di setor/distribusi ke DePO via Jalur Pipa biar efisien, nah kalo jalur pipanya terbatas (cuma 1jalur) trus Produk yang di transfer banyak macamnya piye jal?? Misal shift 1 transfer minyak tanah dan shift 2 transfer pertamax……maka pada pergantian shift bola penyekat seukuran diameter pipa akan dimasukkan dalam pipa dan didorong oleh pertamax menggunakan pompa…trus pas awal2 pergantian berarti pertamax-nya kecampur minyak tanah dong????…. kira2 saja begitu….xixixixi……..
trus apa hubungane BBM jelek sama kualitas Olie….
Kadar sulphur yang tinggi menjadi penyebab keausan mesin..karena reaksi oksidasi sulfur dengan oksigen akan membentuk asam sulfat/air aki yang berbahaya bagi part2 mesin. nih reaksi kimianya………..
S + O2 g SO2 (gas) (1)
2SO2 + O2 g 2SO3 (gas) (2)
SO3 + H2O(embun) g H2SO4(cair) (3)
Asam sulfat yang dihasilkan bisa terbentuk didalam ruang pembakaran dan/atau diluar ruang bakar. Kalau proses (2) dan (3) berlangsung didalam crankcase, karena selama engine beroperasi selalu terjadi blow-by (kebocoran gas hasil pembakaran lewat piston ring), asam sulfat yang terbentuk akan mencemari oil.
Total Base Number (TBN)
Nilai TBN menunjukan sifat alkali (banyaknya unsur kandungan Basa) dari additive didalam oli. Angka TBN menyatakan jumlah basa yang diperlukan untuk menetralisir acid yang dimasukan dalam 1 gram oli, dan meng-konversikannya ke mg potassium hydroxide (KOH). Nilai ini dinyatakan dalam satuan mg.KOH/g. Nilai untuk oli baru pada umumnya adalah 6.0-13.0 mg.KOH/g. Bila angka TBN menjadi dibawah 2.0 kinerja penetral asam dari oli hilang dan dengan cepat meningkatkan korosif dan terjadi keausan.
so pastikan BBM ente bagus ….mungkin hasil “TAPA NGUPIL” begawan kolor ijo bisa memberikan manfaatbagi juragan2 sekalian…..
oo ngono to sebabe
kira2 begitu pak dhe………
Pernah nemu oli di bengkel yg berani nunjukin tbn? Mosok harus ke lab sendiri, mahal je.
makane mas joko…sama2 Grade SG tiap merek oli beda!!! Sama2 lulus..tapi yang satu cumlaude yang satu IPK 2.0…xixixixi……ono rego ono rupo lah……
mbuh ra mudeng ! wkwkwkwk
sing penting kenalpot shogun anyar…xixixi
Memastikan pom yg bagus, itu yg susah, hrs ke langganan ya? Btw met lebaran ki, maaf lahir bathin
sama2 juragan…jika begawan kolor ijo + ibu martini ada salah ato kurang berkenan mohon di sorry…..
weladalah…ternyata ngono tho teorinya…wis jan ra salah kalo sampean dadi tukang insinyur 😀
tukang ingsinyur??? kalo begawan lebih prefer dokter mesin…xixixi……..cita2 tak kesampean..jadinya buat istilah maksa banget
tukang ingsinyur??? kalo begawan lebih prefer dokter mesin…xixixi……..cita2 tak kesampean..jadinya buat istilah maksa banget
good article! nice inpo! like this! (opo meneh yo?…..)
hasil tapa ngupil