pengalaman ini menurut saya sangat berharga…
suatu ketika Gl cepek kesayangan ngadat…setelah busi dibersihkan kok pedal stater gak balik ke posisi semula?? Karna masalah yang satu ini motor kesayangan babe..akhirnya masuk bengkel resmi…disana kepala mekanik berujar kalo mesin harus dibelah…walah….harga per stater cuma 20rebu…giliran total biaya belah mesin 120rebu….
seminggu berselang suara mesin mendadak dangdut kasar…iseng2 oli ditap sendiri…hum…tinggal beberapa sendok….padahal pas bongkar mesin oliepun diganti baru!! Karna gak terima kinerja bengkel resmi…motor diangkut pick-up dan dibawa ke bengkel…sampe disana silinder head dibongkar lagi…katanya dilakukan skir klep dan ganti seal-klep….olipun ditukar baru!! Akhirnya Pulang dengan perasaan “ayem”…..Tak berapa lama…kejadian serupa kembali terulang….”woh….aseeemmm…bengkel ra mbejaji…belah mesin kok gak iso mbalekke…” dengan nada geram akhirnya Gl cepek kesayanagn masuk ke bengkel motor2 eropa…disana bersandar DKW, Vespa juga Spartan 250cc…
Nama mekaniknya “Tego Pati”…pas saya SMP kira2 umur mekanik ini sudah 60tahun…sehari2 naik Triumph Twin 1000cc….”Mbah motorku kok olinya cepet habis yo?…padahal seal klep dah ganti baru…mesin juga baru turun …belom ada sebulan lho mbah…!!” oh…gampang itu..yo wis ngopi2 dulu saja….”buset!!” akhirnya begawan dan babeh cuma duduk2 sambil ngopi sampe sore….mekanik satu ini joss…kerja kalo malam hari..sedang disiang bolong cuma udud sambil ngopi…ngobrol2 kalo langganan datang….pokoknya edan…ora waras blas…”Kowe bali kesini besok aja ya…tak kasih tahu masalahnya….ojo lali bawa duit buat nebus spare-part!!
Dengan rada kesel akhirnya pulang juga….hari yang dinanti telah tiba…sesampe disana si embah tego baru selesai nurunin tangki GL-cepek…sejam kemudian head silinder telah turun dan boring sudah terlepas….”Mau tahu masalahnya gak??” lihat baik2…mekanik2 diler itu salah masang ring piston….kebalik masangnya!!” dah beli ring piston oper sise 0…sekalian gasket dan lem…bilang yang minta mbah tego!!….
akhirnya beli juga ke toko rujukan mbah tego…kebetulan babe kenal juga ama owner tokonya….gak cuma dapat harga spesial..barangnya juga spesial…begitu acara bongkar pasang selesai…jreng…jreng…..mesin kembali nyala dan masalah oli habis tidak terulang lagi….
Terakir kali begawan main ke bengkel “mbah tego” 12 tahun silam…sekarang beliaunya masih ada ato enggak yah…soalnya begawan tidak pernah mampir ke-kediamannya….yang pasti pemilik motor2 eropa seputaran klaten-jogja mempercayakan mesin tunggangannya di bengkel mbah yang satu ini….
so kalo oli habis jangan beranggapan kalo oli mudah menguap…sapa tahu posisi ring piston kebalik dan berakibat oli motor cepet habis….desain ring piston yang abal2 juga menyumbang peranan dalam habisnya oli mesin motor anda!! simak baik2 posisi ring piston ini!!
gimana mengenali ring piston dengan posisi tepet, apa ada tandanya di ring tersebut Mbah Begawan ?
wew…gambarnya kok gak ikut muncul…sik tak edit dulu artikele
wkwkwkkk….. sesuk langsung praktek! 😆
Nah..kebalike ki piye? Ngisor-ndhwure po piye
yen nganggo rong tak, ringe iso wolak walik ora mbah?
ilmu baru neh . . . . begawan memang mantep
keep brotherhood,
salam,
wew…mekanik motor lawas khasnya emang gitu…dulu pernah mampir dibengkel motor lawas kalo begawan lewat jalan solo jogja didaerah kartasura ada berbage body motor lawas (jepang-eropa) dipajang diatas bengkel…itu nyang punya juga kaya mbah tego pati…kalo ada tamu datang disambut dengan ngobrol plus ngrokok kretek bal-bul-bal-bul…malah kerjaan ditinggal…tapi emang ajib sih hasil kerjaannya.
hahaha…akeh DKW-ne
asekkkk ,,ngeriiiiiiiiii, alamat bengkele ngendi kang?
wah..info menarik mbah..mekanik lawas emang oke..
nitip nggih mbah…
http://boerhunt.wordpress.com/2011/08/09/sudah-ada-mudik-gratis-untuk-pengendara-motor-bro/
saya kemarin habis masang laher “konstir” sepeda yg atas kebalik alhasil setelah sepeda diajak sedikit jumping stang jadi berat, pas dibuka ambyarrrrrrrr laher-nya xiixixix OOT
klo ring pistonnya kebalik , olinya ketas, dan kebakar, makanya habis..?
klo gitu kan ketahuan dari asap knalpotnya, emang asep knalpotnya masih normal..? makanya ngak ketahuan gitu..?
oli sekarang banyakan sintetic/semi sintetic…jadi cenderung smookless….tahu2 habis…
Wah…sy kok gak pernah kebalik ya…hahaha..
Padahal asal aja kadang sesuai urutan di dalam dus ring..
wew mantap ilmunya :p
Ane dpt pasien vega zr.os 100,skir klep,ganti sil,dinyalain motor ngebul,pas di cek ada oli diruang bakar,kira2 knapa ya