lanjut ke tulisan gendeng………..kalo kemarin sudah mengupas sedikit perihal eff.volumetrik..dimana mesin dipaksa nyedot sebanyak2nya…nah di eff.termal…bisakah semua BBM yang disedot itu dibakar dan sebisa mungkin menghasilkan panas yang semuanya diubah jadi energi gerak……………jawabnya GAK MUNGKIN…
nah munculah ide untuk meningkatkan kinerja pembakaran……kalo kemaren sampe bikin mesin DOHC ato membesarkan porting..bahkan mengubah durasi cam…nah di eff.termal tekniknya lebih rumit..soalnya pake hukum thermodinamika. dimana suatu mesin itu dirancang pada kondisi ideal…sementara aktual dilapangan parameter desain gak ada yang ideal…wkwkwkw..mumet ndase..pokoke..bahkan tukang ingsinyur sekaliber tuner GP gak sanggup mencetak eff.thermal ideal yang dikisaran 78-an%…..motor yang beredar rata2 memiliki eff.termal 0.26 ~0.34…tuh kan kebayang tho 1literbensin + beberapa liter oksigen yang dijadikan tenaga cuma sepertiganya…selebihnya dibuang menjadi panas……
trus ben eff.thermal naik gimana yak??? prof kolor ijo kagak bakal ngerti yang ginian….dia kan bukan ahlinya thermodinamika…..hehehehe…….nanya ama albert.sinting ajah…ben mudeng…….tuh dikasih grafik yang gak jelas
wooo..yo jelas gak bisa kalo eff.thermal itu 100% dari rumusnya eff. termal bagus kalo Q2=0..itu artinya T4 dan T1 suhunya sama..berarti kalo mau naikin eff.termal T1 (suhu saat BBM masuk mesin) harus sama dengan T4 (suhu gas sisa pembakaran dibaung)…….lha carane ben eff.termal naik gimana??
disambung lain kali saja ah…….biar tulisannya mudah dingertiin……….moga2 bermanfaat!!!
➡ roaming, ramudeng, bingung, panganan opo kui????? ❓ ❓ ❓ ❓
😯 hagh? suma 30% saja yang jadi tenaga? busyet, yang laen ke mana tuuh…
bro, gimana kondisi ideal dimana hampir 90% efisien, bisa ditemukan di mana neh?
B
BI
BIN
BING
BINGU
BINGUNG
BINGU
BING
BIN
BI
B
di temukan di akhirat…wkwkwkw……..itu kan teori..jika kondisi udara ideal (seperti mau kita) tapi kita nggak bisa kasih perintah ama udara..beda ama nabi sulaiman yang paling pinter didunia…..kalo ente bisa kasih perintah pada udara untuk nyamain suhu ketika diisep dari karbu dan pas dibuang lewat knalpot..nah baru deh 100% efisiensinya..getoo bro
😯 pelajaran teknik mesin + kimia marai mumet!

opo iki??….rak dong….kasih gmbr yg seger2 dong gen iso mudeng..xixiix
komentar anda masuk moderasi… (halah)
hiks…teknik mesin banget yak??? do ra mudeng karo istilahnya…..sing arep njelaske malah bingung……….
… cara kerja noz itu seperti melesakkan oksigen murni dan nitrogen secara bersamaan ke dalam ruang bakar- karena sifat oksigen itu membantu pembakaran dan nitrogen yang mendinginkan maka terciptalah suatu keadaan yang dinamakan….
nah butul itu…aplikasi termo-kimia yang instan untuk mesin!!! abis itu njebluk…dor…owos–owos…
entar di sesi lebih lanjut dibahas..tentang pemampatan/compressed..gas pada suhu yang dingin…ben mesin jos……….salah satu contohnya ya inject nitrous…ben molekul oksigen labih padat!!! soale molekul gas akan merenggang saat suhu naik..kalo dikompresi ngempos..kagak bertenaga…maka jaga pemasukan BBM tetep dingin dan cepat……
dulu pas ngerjain tesis dibimbing sama prof kolor ijo pok ya
hihihihi mangtabbb tambah bingung… xixixixi
http://barudakgudang.wordpress.com/2010/06/22/piala-dunia-2010-spanyol-gilas-honduras-2-0-villa-borong-gol/
kalo dalam pemaksimalan efisiensi thermal biasanya dilakukan penghalusan pada portingan yang semula bermotif kulit jeruk jadi kincilng, selain itu juga pengubahan desain ruang dengan sedikit membuat sudut2 tertentu (squeeze). tujuannya biar aliran campuran bbm dan udara jadi makin lancar 😀
Di jogja sendiri udah pernah diterapin pada 5 pulsar dan hasilnya wow. rata2 kenaikan tenaga sampai 5 hp.
@diposedicigp8
bisa d kasi tau parameternya bos?
menghaluskan porting biasanya untuk meningkatkan kualitas efisiemsi volumetrik
naaah bentuk ruang bakar yg gimana bos yg d maksut
efisiensi thermal ala Mas Londo ? kabarnya fokusnya pada pemanfaatan detonasi yang dibuat pas saatnya sehingga menjadi energi pembakaran yg luarbiasa..
Tapi prinsip kerja intercooler justru mendinginkan udara yg mau masuk, piye ki?
@ joko : baca postingan selanjutnya brooooooo………udah tak jelasin disitu……….