KIAT-ESEMKA vs GUANGDONG-FODAY!! Yang Plagiat siapa nih….galau!!

Maaf2 kata sebelumnya ya…. pemberitaan tipi sekarang ini lebay mode on……dan sepertinya sudah jamak lumrah hal2 semacam ini menjadi sebuah komoditas tertentu bagi pihak2 tertentu pula………..

anak2 SMK sekarang ini canggih..bisa bikin mobil!! Hebat banget pokoknya deh, dari pak RT, tukang sapu, pengemis…semu bilang kalo anak2 Indonesia sekarang jempolan….saya sebagai masyarakat indonesia juga bangga….berarti orang indonesia pada melek teknologi…maklum, anggaran pendidikan cukuplah besar akhir2 ini secara jumlah….

hasilnya dapat dilihat pada gambar2 berikut

apik yo...

karya anak SMK

Indonesia memang TOP

Kata diberita mobil diatas adalah modifikasi sebuah Toyota Crown yang disulap anak2 sekolah SMK dan dijadikan sebuah SUV.

Tapi dibelahan dunia lain….sebuah Perusahaan otomotif  telah membuat hal yang serupa!! Dialah Guangdong-Foday…….sebuah mobil mereka juga memiliki wajah serupa!! cek this gan!!

ini bikinan cina KW 37

sudah ngglinding di negara 5osialis

emang cina negara penjiplak no 1...bahkan yang baru dibikin anak SMK dah ada disana

nah bagaimana tanggapan pembaca semua??? pokoknya bikin bingung…..galau….kok iso????

nah..karna artikel ini dah njelehi dan banyak pro-kontra : akhirnya ada yang penasaran wawancara dengan pak-dhe kiat!!

nih linknya…dikiranya aku ndak mendukung…mosok tonggo desa gak didukung……http://autos.okezone.com/read/2012/01/10/52/554584/kiat-esemka-memang-adopsi-desain-mobil-china…

wis ra sah padu….kono diteruske sing ndempul..

Iklan

110 thoughts on “KIAT-ESEMKA vs GUANGDONG-FODAY!! Yang Plagiat siapa nih….galau!!

      1. raymond

        utk semua pabrik mobil, utk distribusi seluruh dunia, pasti ada 2 varian setir kiri dan setir kanan.

    1. farhanfirmansyah

      yang ng’jiplak tuh CHINA 😦
      Kan china tuh udah ngejiplak beberapa mobil produk JEPANG dan mobil yang lainnya juga seperti mobil BMW sekarang apalagi dah jiplak mobil kiat esemka produk INDONESIA. Bahkan sekarang udah ada. sama lagi bumper depan, bumper belakang, Lampu depan dan belakang, desaign body, Lampu spion itu miripppppppp sekali ama produk CHINA.
      Jadi galau nh ;(

      Balas
      1. pengamat otomotive

        bego luh… pikir pake otak… foday itu perusahaan besar… itu mobil udh di import ke india segala… esemka yg cuma bisa rakit ulang aja ngakunya buat sendiri… dasar sampah

        kalo otak lu cukup besar… pikir… apa bisa esemka tanpa pabrik buat mobil kayak gitu? rakit 1 biji aja… ngaku2nya bikin mobil nasional…

        apa esemka yg impor itu mobil ke india?

        pake otak

  1. lekdjie

    tapi klo yg dipakai jokowi buat mobil dinas bukan yg itu lo pak.dari seragamnya,klo smk n2 surakarta jurusan otomotif werpaknya ijo,klo warga sepertinya agak2 coklat

    Balas
  2. lekdjie

    ini mobil yg dibuat siswa smk n2 surakarta dan smk warga plus kiat motor.

    mohon pemberitaannya juga imbang.yg dipakai adalah yg ini,yg namanya kiyat esemka.klo yg diatas itu,entahlah.

    Balas
  3. matinman

    yg pasti esemka sdh memberikan bukti nyata kn ms bro..bkn cuma komentar busuk yg bisanya menjatuhkan..harusnya didukung bukan didiskreditkan!mo dibilang plagiat ato apapun..yg pasti nyata sudah ada produk mobilnya.kenapa dari dulu mobnas tdk pernah bs terealisasi..krn terlalu banyak komentar busuk yg lbih negatif daripada bukti nyata utk membuat mobilnya..kalo emang mw jd penjilat produk orang asing..diam&pergi sana..biar orang Indonesia berkembang dgn kemampuan sendiri..gak ada plagiat disini..yg ada berusaha untuk berkembang..peace
    http://www.niwira.com

    Balas
    1. martini Penulis Tulisan

      beda pendapat monggo…..kalo anda merasa kecewa dibalik kebanggaan yang sempat muncul direlung hati…..nek saya malah merasa resah…….basa gaulnya galau?? jangan2 memang betul cuma import???

      Balas
      1. cbgs4498

        lhah semua mobil di indonesia itu import bukan,,,
        honda, toyota, dll… semua import khan???
        malah full import,,,, ,,,
        harusnya hasil karya anak bangsa kita dukung,,,,

      2. ridwan

        temen temen smk sedang belajar merakit mobil….bukan membuat mobil…..jadi spare part nya sdh siap tinggal rakit……beda antara merakit dengan membuat…..tahapannya juga jelas…mulai dari riset pasar kajian konsep ….sampai aspek produk series…..itu tidak sederhana……di china banyak yang jual kok…..murah….tinggal mau beli apanya…..

  4. Ping balik: kiyat-esemka,dab « blogsemprul,dab!

  5. aria

    Jelsa import dr china,dengan versi setir kanan.. Trus di sini di rangkai,jadilah sebuah mobil.. Apa susahnya merangkai kalo sudah ada bahanya.. Trus kalo sudah jadi bilangnya ‘ mobnas’,weh2.. Seng bener seng ndi… Mirip kasus yang sudah2.. Tapi tidak apa2,setidaknya anak smk sudah sedikit tau cara membikin(merangkai) mobil.

    Balas
    1. martini Penulis Tulisan

      kalo yang ngrakit wong asembling TAM mesti yo gampang gan…nek sing mengerjakan anak2 sekolah…yakin deh….mumet!! kalo melihat desain sih…amerika…mirip2 daimler…tapi kalo lihat yang jual kok orang cina…semoga…Re-Branding Timor gak akan terulang!!! kan gak lucu..kalo prinsipal jepun rame2 ngadu ke WTO trus indonesia keok lagi!!

      Balas
  6. shembah

    ada kemungkinan itu mobil didatengin buat eduksi gak?lalu jadilah mobil seperti yg dipake jokowi..jd untuk pembelajaran gituh

    Balas
    1. martini Penulis Tulisan

      mungkin gan….dari pada praktek pake mobil jaman purbakala…kan milih yang begini…mobil baru dan murah…teknologi juga gak ketinggalan…tapi jangan dipolitisir buat mesin politik…kasian anak2 sekolah kalo dilibatkan politik…beban mental tho…cuma ngrakit di gembar-gemborkan bikin!!

      Balas
      1. sa469

        tul….ngrakit ya ngrakit…PKL ya tulis PKL…modif ya tulis modif… itu walikota juga yang bener kalo ngomong….maap seribu maap… siapa yang pertama gembar-gembor mobil itu??? –merenung mode: on–

  7. Ping balik: Plagiat atau CUma Perakitan ? Mobil Esemka Bikin Galau… « Triyanto Banyumasan Blogs

  8. jape methe

    ini komen dari temen fb :
    runtutan ceritane ngene ceritane awale itu sukiyat sama smk trucuk klaten yang crown itu..trus ada intervensi pemerintah di program SMK Bisa hingga jadi program nasional …pertama semua impor dari cina dirakit (yang mirip banget itu ya yang semua impor dari sono bukan yang modifikasi dari crown) ..kemudian selanjute modifikasi jadi mobil sek dinggo jokowi kuwi

    Balas
  9. putra angkasa

    Bagaimanapun kita harus mengapresiasi apa yang dilakukan anak anak esmka.Jepang pun gak simsalabim bagus seperti sekarang, perlu waktu dan proses. Yang paling penting kita dukung bersama karya anak bangsa, jangan hanya mencela tapi kitanya sendiri tidak berbuat sesuatu. Saatnya pemerintah dan dpr menfasilitasi serta membuat kebijakan yang mendukung adanya MOBNAS

    Balas
  10. MobNas Jilid Dua

    prinsip pak kiat: saya memiliki prinsip 3N yakni Nirokne, Niteni dan Nambahi. Lhaa….pantesan… PASSS BETUULL.. Tapi walau gitu, prinsipnya sendiri dilanggar. . Ini sih bukan NIROKNE.. tapi NGIMPORKE. weleeh pak KIAT… hati-hati di somasi! atau diketawain orang, atau masuk SEL karena membohongi presiden.

    #mobnas #mobnas #mobnas #mobnas #mobnas #mobnas #mobnas #mobnas #mobnas #mobnas #mobnas #mobnas #mobnas #mobnas #mobnas #mobnas #mobnas #mobnas

    Balas
  11. Luthfi Aziz

    fuday itu juga menjual mobilnya secara terurai, jadi konsumen tinggal ngerakit saja, Nah… bisa saja awalnya memang mobil yg dari fuday dibeli secara utuh per bagian kemudian dirakit anak2 SMK untuk dipelajari per komponennya, istilahnya motong kompas, dari pada beli mobil utuh terus dipereteli kemudian dirakit lagi, kan malah jadi ngak efisien, kemudian anak2 SMK ini mulai membuat komponen mobil tersebut yg mungkin bisa dibuat, pelan sampai bisa 80%, toh mobil yang Rajawali itu bentuknya sudah ngak sama kan dengan bikinan fuday….

    Balas
  12. zain

    yang namanya rakitan berarti udah ada yg design sebelumnya..donk, tp salut sama anak2 smk..dari pada kritik tok…sukses adik2 smk bermula dari meniru sehingga punya ide…

    Balas
  13. sa469

    wakakakakakak….mobnas kok dibuat dalam sekejap….mimpi….wani piro???
    puluhan tahun membangun brand dan bisnis…oleh orang2 yang ahli di bidangnya…lha ini para politisi dan pimpinan yang ngecap….
    bukan gak mendukung ya…tapi mbok yao yang jujur kalo ngomong…modifikasi bilang modifikasi…karoseri bilang karoseri… 😀 😀 😀
    orang juga maklum kok kalo misalnya disebut “mobil karoseri sebagai basis mobil nasional dengan melibatkan siswa sekolah SMK”…lha nek gini kan malah ngisin-isini….mobnas kok plagiat??mobil belum uji kelayakan kok sudah dijual???
    😀 😀 😀 😀

    Balas
    1. bedjomulyo

      sip setuju masbro…
      bukan ga nasionalis bla bla bla..
      tp klo gini caranya malah kasiahan adk2 kita di smk..
      korban politisasi pejabat ngawur

      Balas
    2. jono

      setuju bro.., ngrakit bukan mbuat, anak2 smk di ajari ngrakit komputer juga tapi kok nggak sekalian di klaim bisa bikin komputer ya.. aneh2 aja deh.., njiplak kok pamer

      Balas
  14. ipinupin

    Jangan buruk sangka dulu donk gan… Avanza & Xenia mirip, Chevrolet & Opel Blazer mirip, Mazda Familia & Ford Lynx mirip, Ronaldinho & Ronaldikin mirip, lagu Kebangsaan malingsial & Terang Bulan mirip, dll.. jadi sebenarnya ini hanya kebetulan saja, mari kita tetap positif thinking gan…. JAYALAH NEGERI INI JAYALAH NEGERI INI… miris & sedih 😦

    Balas
  15. bedjomulyo

    wkwkwkw…pd terguncang yah…
    lha wong sejarahnya kan emang esemka tuh rakitan..
    komponen2nya dr cina..
    jd bwt latian adik2 smk buat ngrakit mobil..
    lah ndilalah yg diambil ya komponen mobil yg diatas td wkwkwkw…gara2
    ..media yg lebai+ pejabat yg mempolitisasi..klop dhe..

    Balas
  16. RG550

    gak mw nge-judge dulu..
    yg rame di koran bukan bentuk yg diatas, baik yg model SUV maupun yg double cabin..
    kalo bentuk diatas mungkin bentuk pelajaran pertama merangkai mobil diambil basis mobil dr cina.. who knows lah..

    Balas
    1. Modar

      Memang betul, yang ramai di koran2 dan dipakai pak jokowi itu bukan mobil yang di atas itu, tetapi itu adalah jiplakan fooday explorer 3, coba search ajah di google memakai kata ‘fooday explorer 3’

      Balas
    1. STM

      Nah kalau yang ini baru valid. Martini mohon baca mungkin anda yang ngawur bikin berita. Terima kasih mas haihul atas infonya

      Balas
  17. pieser solo

    Goblok yg bikin treat ini!! Kiat esemka yg dipakai pak jokowi beda sama yg cina ini! Lihat aja di koran2 atau langsung lihat mobilnya langsung! Tampilannya jelas beda!! Itu yg digambar mungkin impor dari cina tp bukan kiat esemka solo yg lg ramai dibicarakan!!

    Balas
    1. martini Penulis Tulisan

      makane to le…sok dolan ning bengkel..ora mung sobo RRI karo Alkid wae…Kiat eSeMKa ki modelnya gak cuma satu….sak durunge JOKOWI pamer rajawali….pakdhe sukiyat wis modip toyota crown dadi jip Explorer 6….yo sing di elus2 kuwi……..

      Balas
  18. WEDUS BALAP RACING

    REKAYASA BELAKA…
    Paling hanya oknum tertentu yg mebuat Berita bohong nie semua, mungkin persaingan bisnis supaya mobil buatan anak” smk nie nggak laku….

    trick lama bos…
    santai kita siswa” smk nggak hanya bisa buat satu model mobil doang kok, masih banyak model” yg lain belum kita tunjukin…

    semua butuh proses sob… 🙂

    yg penting tetap optimis SMK BISA…

    Balas
    1. Bay-Ay

      “DEVELOP”… “MANUFACTURE”… “ASSEMBLY”
      itu 3 hal yang berbeda… namun saling berkesinambungan…

      develop… mengembangkan, benar2 dimulai dari konsep/scratch dengan riset dan penelitian yang mendalam baik di sisi teknis maupun non teknis…

      manufacture… berdasarkan blue-print atau konsep yang sudah di develop dalam segala aspeknya, kemudian dibuat/pabrikasi

      assembly… parts nya sudah selesai di manufaktur, tinggal dirakit, dipasang2….

      nah, kata “buat” yang di beritakan selama ini, tergolong yang mana nih???

      FYI, dan CMIIW, maaf seblumnya, mungkin klo diakui sebagai “develop”, untuk tingkatan SMK dan setaranya belum memiliki kapabilitas ini, mengingat ilmu yang dipelajari belum sampai ke tingkatan itu, bahkan tingkat perguruan tinggi pun masih sulit… 🙂

      piss…. 😀

      Balas
  19. pabuhalal

    kalo liat gambar yg dipakai JOKOwi walikota Solo beda sama yg diatas….gimana tuh…lagian kalo meniru bodi juga sah2 aja kalo udah kongsian kaya avanza sama xenia ato jialing sama honda..
    aku tetap dukung kiat esmeka…tapi siapa tahu emang cina yg suka tiru2 misal ada BB cina ada Iphone Cina mungkin sekarang ada Kiat esemka cina…bangga dums…

    Balas
  20. Priyagung Subekti

    podo tukang tembak,e gak entuk rame rame….! seng penting sido dadi mobnas rego murah, barang apik tur awet..! GITU SAJA KOK REPOT..

    Balas
  21. riobest

    HE JANGAN NGAWUR YA.. ITU JELAS BEDA.. … ITU YANG MOBIL ESEMKA DOUBLE KABIN.. BELAKANGNYA ADA BAK-NYA. YANG KELIATAN SAMA HANYA DEPANNYA AJA…

    SEDANGKAN YANG DIPAKE PAK JOKOWI JELAS BEDA….

    Balas
  22. mas to

    mbok do meneng to yoo.. kalau ndak mau beli ndak usah komentar… sing mau beli boleh mengkritik…nek do mau niru juga boleh.. sing penting ra nyolong… sing ditiru kan perkara yang baik… ikut prihatin

    Balas
    1. soni

      emang situ org mana?malaysia?gk usah ikut2an… lg’an meniru jg gk masalah, proton exora ja niru grandis, perodua myvi niru sirion.. trus mw diapain?mobil mitsu lancer/galant fortis ja di malaysia ditiru sampe2 jd mobnas mreka “proton INSPIRA” INSPIRANSI untuk malon… wkwk…

      tp klo situ asli indo, dukunglah… n gk usah koment seperti itu, klo bgtu situ pun tertipu…

      Balas
  23. tyo

    untuk foto yg terakhir itu sepertinya baru tahap desain 3d.
    saya baru percaya kalo udah ada penumpangnya, sopirnya, dl. di jalan.
    kaya foto sebelumnya (yg versi indonesia)

    #mencoba berfikir jernih

    Balas
  24. tukang ngorok

    BUKAN KAH CHINA ITU JUGA BANGSA PLAGIAT..???
    APA SIH YANG GA ADA VERSI PLAGIAT CHINA.????

    KITA MULAI DARI YANG MUDAH DULU… KITA PLAGIAT DULU, FABRIKASI YANG LABIH SUULIT.
    KALO CUMA MENCACI MAKI… KE NERAKA AJA LO SEMUA!!!!!!!!!!!

    Balas
  25. mico

    halah halah, blog wordpress iki seng nulis yo antek2 dealere motor import… takut disaingi Esemka ya hahahaha. mau tau kenapa mirif? jawab: Proyek mobil esemka dimulai thn 2007 dan design itu dari SMKN Singosari Malang tahun 2008 dan prototipe selesai 2009, trus Foday ajak kerjasama SMKN Singosari Malang (orang cina foday datang langsung ke sekolah SMK di singosari malang utk pelajari prototipenya) tahun 2010… dan beberapa bulan kemudian tiba2 foday keluarkan seri yang mirip 99% karya anak SMK. Pihak Esemka tidak bisa menuntut karena bukan pabrik mobil…

    Balas
  26. admin

    penulis blog ini bener iri-dengki yang akut amat sangat sehingga, saya yakin komen saya ini hapus/tdk dipublis.
    halah halah, blog wordpress iki seng nulis yo antek2 dealere motor import… takut disaingi Esemka ya hahahaha. mau tau kenapa mirif? jawab: Proyek mobil esemka dimulai thn 2007 dan design itu dari SMKN Singosari Malang tahun 2008 dan prototipe selesai 2009, trus Foday ajak kerjasama SMKN Singosari Malang (orang cina foday datang langsung ke sekolah SMK di singosari malang utk pelajari prototipenya) tahun 2010… dan beberapa bulan kemudian tiba2 foday keluarkan seri yang mirip 99% karya anak SMK. Pihak Esemka tidak bisa menuntut karena bukan pabrik mobil…

    Balas
    1. adinegoro

      LIKE THIS……..SETUJU BUANGET…..jangan asal ngomong ya pakdhe2….apa sih yang gag bisa ditiru cina????? pendapat yang berdasar bgt…ayook kita ramaikan prodak2 dalam negeri…kasian indonesia selesai dijajah rakyatnya eh gantian EKONOMI nya dijajah jugak….astajim….

      Balas
  27. adjokasep

    @mas mico/mas admin/ klonengannya

    boleh dishare model esemka mana yang dijiplak foday? tolong share picture prototipe unya esemka dan picture model foday yang katanya jiplak? biar kami faham tentunya…

    dan hukum di dunia maya tentu saja masih berlaku nopic = hoax

    Balas
  28. unta besi

    Maju terus, saatnya karya anak bangsa bangkit, selayaknya pemerintah, dpr dan seluruh komponen bangsa (termasuk bogger) mendukung semangat swadesi, semangat menggunakan produk karya anak bangsa sendiri. Jangan hanya bisa mencela tetapi tidak berbuat apa apa. Kalo ketemu oportunis, antek antek ATPM, juga blogger + komentator yg hanya bisa menjatuhkan tetapi tidak berbuat untuk kemandirian otomotif indonesia pingin rasane ngaploki cangkeme.

    Balas
  29. angga

    ya ampun ternyata ga cuma itu saja, yg double cabin dan pickupnya juga sama persis plek luar dalam, asem aku diapusi tok karo pak kiat penipu sejati, ternyata 100% cuma impor mobcin rakit di sini toh, jan isin tenan aku saiki

    Balas
  30. Ahmad

    udah pasti Esemka itu rakitan, aslinya tuh produk Cina walaupun mereka juga mengambil contoh produk2 eropa… Tapi klo memang itu bisa diproduksi disini, kan lebih bagus.. harga bisa lebih murah karna tidak ada lagi pajak PPNBm nya. yang nikmati kita2 juga

    Balas
  31. Herman (@PecanduDugem)

    Gue denger2 emang body-nya punya foday, tapi mesin dan segala macem buatan kita. Yah semacam mempreteli dan merakit balik lah. Gue juga heran siapa tuh yang ngerancang body esemka? Gak ada engineer yang mengaku tuh. Buat body mobil itu susah. Harus di mold, cat, dsb yang notabene harus dilakukan di pabrik besar. Sementara kiat? Pabrik kecil sob…
    Jadi gue simpulkan ya esemka bukan murni buatan kita. Jiplakan. Bangga? Tanya kepada diri masing2 aja. Gue mah realistis aja….

    Balas
  32. ardan syahir

    g usah pada bingung…………lo punya uang tinggal pesen aja gt kok repot
    hargai orang punya karya……tu buat pake tenaga dan pikiran…..
    lo pada coment g pake tenaga ma pikiran….
    gue banggga ma tuh mobil…….
    pokokke jaya terus….buat kiat esemka….

    Balas
  33. kotak

    cintailah hasil karya anak bangsa..
    jangan lah engkau menghina karya anak bangsa ..

    tetap semangat siswa siswi smk jangan lah hiraukan mereka
    tetaplah jaya smk buatlah karya2 barumu yang bisa mengharumkan bangsa kita…

    Balas
  34. Kaskuser

    ESEMKA cuman taktik bisnis produsen cina. Sudah tidak asing lg banyak pabrikan cina yg melakukan REBRANDING ketika memasuki pasar suatu negara. Contohnya aja merek Handphone, di indo ada NEXIAN, di Malaysia ada CSL, di India ada Micromax, semua diproduksi oleh pabrik yg sama di CINA. Indonesia tuh pangsa pasar yg besar. Di India, mobil asal kota Guangdong ini mereknya diganti menjadi ” FORCE “.

    Balas
  35. tata

    namanya desain mobil mirip yaw gk masalah,liat aja avanza ama xenia mirip bgt bahkan wktu awal2 kluar gw agk bgung wktu membedakannya,mobil sedan dmana2 mbil sdan jg bntuknya gthu2 aja dan gk jd perdebatan,knapa stiap produk luar yg sama gk dsbut plagiat bahkan banyak org yg suka bahkan rela inden buat memilikinya sdangkan klau produk dlam negri sndiri mrip dkit aja ama produk luar org2 pd rame2 triak2 plagiat,skrng gw jd tau knapa bnyak org pnter di ngra ini yg ahkirnya lari keluar negri buat mengabdikan kepinterannya buat negara orang,masyarakat qta kurang bsa menghargai hasil karya saudaranya sendiri.”MENYEDIHKAN” tetp semangat buat adik2 smk sgala sesuatu yg booming psti ada pro kontra yg pting bktikan kalian bisa.

    Balas
    1. setan jeep

      gw cm mo numpang komen sm yg komen di atas:
      avanza mirip ama xenia lantaran emang cetakannya sammaaaaaaaa otak udang, sama2 dibikin sama daihatsu…ente ngarti rebadging atw badge engineering nggak sih?

      at least google dulu kek kalo mo komen, biar kagak ketauan ndeso atw guobbblookkknya….

      Balas
  36. edhy

    inilah strategi china untuk kmbali memasukan produk2otomotif mereka, kedalam negri kita stelahn beberapa, waktu yg lalu pasaran mocin merka jeblok,dan salah satu kbodohan kita didalam era “PERANG” ekonomi modern,cm bangsa kt sj yg tidak sadar.didalam perakitan industri modern tdk cukup bermodal obeng dan palu,smua sdah komputerice robotik,sy tgasken bahwa pengecoran blok mobil yg katanya dkerjakan diceper,stahu sy jg blm berhasil,perlu gerakan revolusi menyadarkan orang2 politik negri ini, yg hanya menghambur hamburkan duit rakyat,hanya u, kpentingan mereka,andai sj uang miliaran tersbut dgunkan untuk kpentingan riset teknologi sy yakin indonesia tidak akan kalah bersaing dengan negara2 lain,sadrlah bahwa bangsa kita sedang dalam penjajahan ekonomi modern, cinta idonesia jayalah negriku!

    Balas
  37. eSBeYe

    Seharusnya pihak sekolah melakukan claim bahwa anak SMK di sekolah mereka juga bisa merakit mobil dengan bimbingan pihak guru.
    Soal bahan bakunya, jujur saja asal – usulnya.
    Disainnya juga jujur saja, kreasi sendiri atau ambil dari mobil lain.
    Jadi yang dikedepankan adalah proses pembelajarannya.
    Bukannya menggembar-gemborkan bahwa anak SMK juga bisa bikin mobnas.

    Namanya SMK dan sekolah yang lainnya, di negara manapun tidak akan ada yang bisa membuat mobil utuh yang bisa diperjual belikan, artinya sudah menjadi industri.
    Untuk membuat body & chassis, emang gampang melakukan bending plat logam dengan menggunakan peralatan seadanya?
    Emang gampang melakukan die casting engine?
    Satu unit mobil butuh berapa bulan tuh?
    Belum lagi after sales service-nya.
    Emang konsumen mau beli produk tanpa ada jaminan spare part?

    Pihak Esemka & media massa seharusnya jujur bahwa dalam proses produksi mobil, Esemka bekerja sama dengan beberapa industri lokal & nasional yang mana saja.
    Ini memang issue sensitif karena menyinggung rasa kebangsaan & nasionalisme.
    Tapi seharusnya kejujuran tetap nomor satu.
    Kalau dari awal jujur, kita tetap bangga kok.
    Pendidikan kita sudah demikian maju, bisa membimbing anak-anak SMK merakit mobil.
    Sehingga pihak produsen mobil yang ada di Indonesia tidak ragu lagi memakai tenaga kerja lulusan SMK.
    Karena mereka sudah paham proses perakitan mobil dari part-part yang jumlahnya ribuan menjadi satu unit mobil yang utuh dan dapat berfungsi baik.

    Soal mobnas, itu soal lain.
    Kalau sekadar membuat mobil yang bisa berfungsi dengan baik, banyak hasil karya anak bangsa selain esemka.
    Sebut saja: Maleo, Kalla Motor, Kancil, Gang car, Arina, Tawon, Komodo, GEA, Nuri, Wakaba, Texmaco Perkasa, Texmaco Macan.
    Itu semua produk asli anak bangsa.
    Ada yang murni teknologi sendiri, ada yang membeli lisense teknologi dari luar.
    Tapi soal disain dan part, mereka membuat sendiri.

    Persoalannya untuk menjadi skala industri, jauh lebih sulit daripada merancang bangun sebuah mobil.
    Karena ada persoalan scale of economics di dalamnya.
    Apalagi di era globalisasi sekarang ini.
    Kalau jaman baheula, membeli sebuah mobil tidak semudah sekarang yang tinggal nyebrang rumah atau kantor sudah ada showroom mobil & penjualan spare part-nya.
    Jaman dulu harus mencari importir dan indent sekian lama.
    Kalau ada kerusakan ya sabar saja partnya datang kapan.
    Itulah sebabnya mobil-mobil jaman dulu dibuat dengan part yang super kuat.
    Diharapkan tidak perlu penggantian spare part, artinya garansi seumur hidup.
    Tidak heran, mobil-mobil Eropa yang masih ada di tanah air masih bisa berfungsi sampai sekarang.
    Padahal perawatannya bisa dibilang nol, paling ngelap bodi-nya doang tiap pagi…

    Tapi sejak era industrialisasi massal yang dimulai oleh Henry Ford dan dipertajam oleh pabrikan Jepang, stigma tersebut berubah total.
    Konsumen ditawarkan oleh produk yang lebih murah, part yang mudah diperoleh, layanan service yang memanjakan (kalau perlu dijemput di rumah).
    Soal daya tahan, cukup 20-an tahun saja sudah sangat baik.
    Bahkan rata-rata sekarang trennya menuju 10-an tahun saja daya tahannya.
    Karena produsen juga makin sering melakukan update model & upgrade teknologi yang ditawarkan dengan harga yang makin kompetitif.
    Akhirnya kebutuhan akan umur yang panjang juga menjadi tidak penting lagi, toh dalam beberapa tahun akan diganti lagi oleh pemiliknya.
    Pelan tapi pasti, produsen Eropa & Amerika juga mengikuti pola ini.

    Kalau kondisinya sudah seperti ini, terbayangkan bagaimana susahnya menjual mobil dengan brand baru?
    Mau bersaing harga? Bagaimana dengan kualitas, kemudahan spare part, pelayanan bengkel, sistem kreditnya, dll?
    Celah mana lagi yang bisa kita ambil untuk mewujudkan mobnas?
    Soal teknologi, bisa saja kita menggandeng produsen luar, memperkuat riset dan manufacturing.
    Ini pun susahnya setengah mati (dana dan determinasi maksudnya).
    Tapi bagaimana mengolahnya dalam skala industri & marketing di era modern?
    Kalau mental konsumerisme rakyat Indonesia masih seperti sekarang ini, kalau rasa nasionalisme masih seperti sekarang ini, kalau teladan dan political will pemerinta masih seperti sekarang ini, mobnas adalah sesuatu kemustahilan.

    Bahkan di negara maju di Amerika, Eropa, dan Jepang sekalipun, sulit sebuah produsen otomotif baru memasarkan produknya.
    Yang bertahan di USA hanya the big three (GM, Ford, Chyrsler) yang memang sudah ada sejak dulu.
    Di Canada, sampai sekarang tidak ada produsen mobil maupun motor.
    Eropa? Kondisinya sama saja.
    Bahkan di Jepang sekalipun, beberapa produsen mobil melakukan merger agar bisa bertahan dan bersaing.
    Beruntung Korea dengan cepat mengembangkan mobil nasional sejak era 70-an, sebelum era globalisasi sekarang. Sehingga mereka punya pondasi yang kokoh di dalam negeri sebelum ekspansi ke luar.
    Beruntung China punya pasar yang gemuk di negeri sendiri dan pemerintah yang cerdik dan punya visi yang baik, memproteksi pasar dalam negeri. Tidak peduli dengan kecaman dan pengucilan dari dunia luar.
    Beruntung India punya rasa nasionalisme yang kuat.
    Beruntung Malaysia punya pemerintah yang gigih dan punya visi yang hebat.
    Indonesia???? Kursi DPR saja import 24jt dari Italia, air minum buat rapat pemerintah & DPR saja import, kedelai untuk tempe saja import,…mobnas? Mending produk import saja deh…yang penting pemilik modal untung!!! Titik!

    Balas
  38. andy wark

    Foday, selain jual mobil utuh juga jual parts nya saja. Jadi kiat beli bodinya dan dipasang mesin sendiri yg hasil kopian mesin korea. Yg difoto itu aslinya bermesin disel, tapi oleh kiat diganti mesin 1500 cc gasolin.

    Balas
  39. apakah benar

    ini hanya opini murni dr pemikiran yg terbatas akan panca indera:
    menurut saya memang kemungkinan ada system dagang cina yg memasarkan produknya ke negara-negara berkembang khususnya Indonesia dengan cara menyediakan part dan desain dan boleh dijual dengan merk sendiri, seperti yg saya jalani, saya memproduksi baju-baju desain saya untuk dijual ke distributor-distributor saya dengan merk mereka sendiri, berkembangnya waktu kadang mereka sendiri yg mendesain sendiri dan kami yg memproduksi.
    Apapun jika ini bisa menjadi batu loncatan untuk kita bisa mandiri dalam hal Industri khususnya industri mobil nasional, harus kita dukung, langkah awal untuk tujuan yang bagus harus didukung penuh, jangan hentikan langkah awal ini, tanpa melangkah kita akan tetap jalan ditempat… Indonesia Please Ayo Maju…. I lope u full….

    Balas
    1. martini Penulis Tulisan

      jenenge golek upo (cari sesuap nasi)…apapun itu asal tidak kriminal ya sok aja…gak ada masalah….itu kiat SMK mau ganti stiker doang ato sekedar modip juga gak masalah…asal konsumen juga tau saja…

      Balas
  40. Begawan Kemukus

    Itu sebenarnya asli mobil china. emang impor, beli dari foday. trus diedit bodi ma lampunya ma Kiat, baik yang varian SUV ma doule cabin (yg double cabin and mini truck ada yg belum sempat di kenteng, liat aja di Solo tecno park, plek sama buatan foday). enginenya sisa punya timor. Ingat, perakitan pertama dilakukkan di PT AIK Cikampek, ni punyanya timor dulu. tur head bloknya dicor/cetak ga tau dmana, mungkin ceper, dibuatkan tulisan esemka. mau bukti? cek dg teliti masih ada tulisan KIA nya, warna blok juga lain. jadi intinya itu adalah mobil china yang dimodifikasi. kenapa saya bisa bicara gini? karena saya tahu persis proyek ini sejak tahun 2009. SMK di Solo memodifikasi bodynya aja dipentung kiat, antara 95-145 juta per unit. kalau kiat ngomong ini usaha dia untuk memajukan SMK BOHONG BESAR!! Dia lintah yg menghisap SMK dan cari populer aja. Silahkan cek transmisi, gardan, frame, interior, suspensi, ampe velg, itu semua belum diganti, masih aseli china.

    Balas
  41. Begawan Kemukus

    Anak2 SMK yang rakit pada fase pertama th 2009 (di PT AIK, waktu itu masih merakit mobil china) udah pada lulus om, yg fase kedua, pas didempulin ma kiat cuman disuruh ngamplas dempul, ga tau teman2 di SMK Singosari Malang dan SMK Muhammadiyah Borobudur Magelang. Terus yg sekarang, di Solo Tecno Park, itu ya cuman bongkar pasang aja, anaknya juga gonta ganti. biasanya yg dirakit-bongkar-rakti lagi (gitu terus soalnya stok terbatas sih, hehe) model minitruck atau dikasih nama sangsurya esemka. Tu ada 2 versi, yg dirakit di Solo kayaknya dari Jinbei, kalo yg dirakit SMK di Jatim kayak di SMK Patua Sby, itu yg nyuplai foday. Bentuknya hampir mirip. Semua yg berbau china biasanya dah dganti. stikernya dilepas, ada cor-coran tulisan cina digerinda, ada tulisan china di suspensi n rangka ditutup cat, ban yg dr cina diganti gajah tunggal, cuman mesinnya belum bisa diganti.
    Untuk yg kemarin uji emisi memang bodi dikentengkan, lampu depan asli punya CRV, tapi diubah dikit, biar keliatan beda, yg belakang punyanya panther.

    Balas
  42. Begawan Kemukus

    buat bodi tuh susah, coba maen ke bengkel kiat, mesin tekuknya segede apa. disana pembuatan masih manual, antara mobil esemka rajawali satu dg lainnya punya dimensi yg beda, saya tidak sinis terhadap semangat dan kerja keras siswa SMK, tapi kalo dah ditunggangi kepentingan politik??? Kasihan anak2, lagian barang impor, dimodif trus ganti merk disebut mobnas??? benar2 memalukan, coba anda beli toyota avanza, anda modif lalu kasih merk martini, apakah itu bisa disebut mobnas??

    Balas
    1. dyan

      hmmmm…
      smk baru membuat mobil itu sekitar tahun 2011 tapi bisa dilihat disini http://www.fdqc.com/en/index.asp Foday sudah membuat mobil tersebut sejak tahun 2008
      memang benar china sudah ngejiplak banyak mobil jepang dan eropa, tapi untuk yang satu ini saya malah lebih yakin china yang lebih dulu
      yang mungkin adalah anak2 mungkin membeli part2 nya dr china lalu tinggal dirakit disini
      karena untuk body mobil yang seperti itu dibutuhkan mesin press yang beratnya sampai 500 ton dan tentu saja barang satu mesin cetak pun smk belum punya, padahal di pameran, esemka sudah mengeluarkan berbagai jenis model yang tentu saja mesin press nya pun berbeda2
      untuk bagian interior mobil, dibutuhkan alat molding plastik dan lain sebagainya lagi yang, tentu saja, smk juga belum punya
      jadi mungkin mereka hanya merakit part2 yang dibeli dr china, bukannya membuat
      tapi ko disebut dikoran dan tv 80% mobil itu buatan nasional yaa???
      bukannya mendiskreditkan bangsa sendiri
      tapi ya sebaiknya jangan jadi kebohongan publik saja

      Balas
    2. martini Penulis Tulisan

      bhuahahahaha……merek martini sudah jadi merek dagang minuman keras….tidak bisa dipake buat mobil…bisa kena pasal tentang HAKI

      Balas
  43. Jajang Kanjut

    Wahai rakyat ku cobalah lihat web ini: http://www.fdqc.com/en/p2.asp… saya sudah pesan body SUV (Komplit), untuk bahan praktek di SMK tempat saya mengajar. Kemungkinan 1 minggu lagi semua komponen-nya akan datang. Untuk Mesin (diesel) dan Sasis saya pakai yg ada di pasaran Indonesia saja…. Do’a kan ya semoga berhasil…. Saya sangat kecewa sekali terhadap berita yg selama ini di media masa yg sarat dengan muatan politik…. terutama sekali terhadap POLITIK YANG MEMBODOHI MASYARAKAT…. , Terus terang kemampuan kita hanya bisa MERAKIT…. aduh jakowi, jakowi…. mau niat jadi gubenur DKI, trus jadi president aja sekalian….

    Balas
    1. sutur

      saya setuju boy kanjut hahaha,(bcnd) memangnya gampang & muirah bikin body mobil mesin sendiri, udah goblok digoblokin pula,

      Balas
  44. line

    seharusnya kita bisa kalau hanya produksi mobil saja, seperti malaysia mesin dan teknologi lotus, mereka cuma beli saham lotus saja. kalau seperti itu saja sih kita bisa dan bahkan kita bisa punya pabrikan sendiri dengan bekerja sama dengan pabrikan lain, tapi sayang saat ini mobil buatan RI secara design masih mengadopsi dari model lain seperti esemka dan secara estetika tidak menarik mata kerena ukurannya kecil (tawon). jadi untuk punya pabrikan sendiri butuh proses yg panjang dan untuk next mobnas harus min seperti Proton atau Tata.1rvineline

    Balas
  45. Herman Prakash

    MEMBUAT MOBIL TIDAK BISA HANYA DIKETOK SEPERTI TUKANG KAROSERI. BAGAIMANA MEMBUAT CRAKSHAFT, GEAR, BODY DLL . HARUS PAKAI MESIN PRESS DENGAN DIES YANG MAHAL HARGANYA. KARENA ITU TIDAK MUNGKIN TERCAPAI KALAU HANYA MEMBUAT 1000 bh. HARUS DIATAS 50.000 BARU KEMBALI MODAL DAN ADA KEUNTUNGAN. KARENA ITU MEMBUAT MOBIL ESEMKA YANG HANYA BEBERAPA BUAH, TENTU BUKAN PRODUK MANUFAKTUR, TETAPI ASSEMBLING.
    MOBNAS HANYA TINGGAL IMPIAN KARENA PEJABAT DI INDONESIA LEBIH SUKA MEMBERI IDZIN BARU KETIMBANG MOBNAS. INGAT UUDDDDDD !

    Balas
  46. sutur

    hati2 termakan pitnah hehehe, lha wong dicina tingal pilih bodynya mau seperti apa, mesinnya?. memangnya esemka sudah mampu bikin cetakan body sendiri. atau jangan2 itu yang dibeli esemka dari cina hahahaa, ngaku2 desain aseli esemka.

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.