sekarang cerita masalah konsumsi BBM vartec non CBS….!!!
ketika unit datang posisi amper bensin di E paling bawah…dan setelah dibukak masih ada bengsinnya..tapi sedikit sekali, dari aromanya tercium kalo isinya cuma premium…suara mesin juga cukup berisik!! Malamnya nekat geber sampe POM Bengsin..beli pertamax, tapi cuma 10 rebu ajah..posisi amper bensin berada di strip tengah…hem lumayan lah..dari pada lu-manyun…hehehhehehe………
Nih motor emang langsung dipakai aktivitas seperti motor begawan yang lain. Hujan dipake…gak hujan juga dipake!! dan beban yang ditanggung pun cukup berat lah…anak semata wayang 17Kg…istri 56Kg dan saya sendiri 48 Kg (cukup imut dan seksi kalo gak mau dibilang kurus kering)…..

amper bengsin pas ditengah...setelah menempuh 58KM..sama seperti habis petama kali isi pertamax 10ewu
Untuk kecepatan juga gak jauh beda..jika dirasa aman dan sepi ya langsung ditembusin ke 80-90kpj…kalo di lampu merah ya brenti…pokoknya pemakaian normal lah….karena telah menipis motor di isi pertamax lagi 10rebu…kali ini nyampe hampir di strip ke -3….nah begitu sampe rumah kok amper bensin pas berada di strip tengah (seperti waktu habis ngisi pertamax yang pertama)…dan setelah dilihat speedo nunjuk angka 58Km….berarti kalo dipake rata2, 1 liter pertamax bisa menempuh 47 Km….
menurut begawan pribadi ini lumayan irit karna 1liter bisa nyampe 47 Km…tapi menurut ibu martini motor ini cukup boros…karna jika bisa minum premium 10 rebu bisa tembus 100KM (perkiraan kasar)….nah, gara2 konsumsinya direkomen pake pertamax cuma bisa jalan 47 Km ….hehehehe…yo wis ga papa lah mo gimana lagi lha mesin kompresinya 10.7:1 je…nekat pake premium suaranya brisik banget
pertamaxxx
vartecku kok g sampek segitu yo OM ,minum pertamax juga
tergantung amal dan perbuatan hehehhehehhe…..kan begitu nyampe langsung setting ulang mas bro…pake feeling..kagak pake aturan manual book!!!
wew… kok sama… vartech warna item tapi kok plat nya kok Jkt??
itungan teknis vs itungan 5osial ekonomi
orang 5osial lebih realistis yo pak dhe?
relisitis
ekonomis
ngiritis
penting iso mangan
bolos ah
wan hati2 vartec sudar pernah kejadian gas ngunci. motor meraung raung sulit dimatikan. ban belakang sampe burnout. untung kejadian dirumah.
harus rajin servis….
katanya diganti pake kabel kopling pespa ajah…xixixixixi
iritlah, ambe tigerku selisih 20 km ,shell
berat make pertamax oom 😦
wew motor baroe yaa kk.. keren eoey 😳
pertamax mahal om
oyi Ki, vario minumnya yo pertamax…yg harganya naik terus..untung vario ireng wes laku,,
wah bukan motor rakyat..pakai pertamax sih..xixiixixix
punyaku pertamaxx sepuluh ribu buat kerja bolak balek seminggu gak habis…
irit to…..
dengan kondisi jalan 20%mulus 30% pavlingblog 50%rusak pulu tanjakan… masih di tambah macet..
campoer ae kisanak…
2 : 1 pertamax ‘n bengsin premium
gak berpengaruh buruk kan?
kalah deh si Mio ku, pake pertamax malah endut2an
mio mah pake premium aja, kompresinya kan ga gede
kompresi miyoh cuma 8.8:1….kalo pake pertamax malah gak abis kebakar bengsinnya……….
xeonku di setting ulang donk 😀
maen ke jogjes dunk..ntar tak odel2 keongnya sampeyan…1liter buat 25km yak??? wekekeke
wew…..buat drag lakan
hati2 motor matic jangan dibikin terlalu irit takutnya malah cepat rusak. ukuran 1:40km saja sudah termasuk irit kok.
kenapa harus takut?? mumpung masih garansi tho??..lha mobil yang 2000cc 4 silinder ajah bisa nyampe 1liter untuk 10Km….ini cuma 110cc…..
hiyaaaa….nasib tenan si vartec ireng kuwi….tekan umahe begawan langsung “disikso” kikikiki
istilahe vertec kikikikikik
akur begawan.. Manteb vartech.. Nek ak ngrasakke vartech ku boros, asumsi tmpat krja ku n istri jarak sama isi pertamax full ,nek istri yg pakai bisa 5 hari, ak yg pakai 3 hari thok
mas Bro mo nanya, setelan anginnya di sebelah mana body karbu ya ?… Lo setelan langsam dah tau …
Tengkyu …
di samping!!
si Reva(vario mmc) cuma dapet jatah premium, maklum di daerah susah pertamax…
borosnya gak ketulungan, dibawa pelan atau kenceng podo ae… sampe akhirnya bisa irit ketika speed stabil di 40kpj…
ada tips buat settingan PJ/MJ gak? biar gak terlalu boros… sekarang untuk jarak ±30KM bisa habis 1/2 tank.
oiya jalanan di daerah saya turun-naik(kaki gunung salak-sukabumi).
makasih atas perhatiannya.
kalo medan naik turun yang diset bukan PJ/MJ nya mas….tapi roller ama per cvtnya…soalnya ituh mesin udah pake karbu yang PJ/MJnya kecil…setting klep sesuai medan cukup membantu….cari setting dengan torsi dibawah (rpm bawah)
irit irit irit
lum pernah pake vartec.. kalo pinky aye dulu mimik petromax bisa 1 : 49-an km kondisi boncengan…terakhir tak jual udah dibawah 40an kynya… km tembus 88ribu.
kyna vartec dikid lebih berat ya bodynya?
oya, masalah kabel gas ngunci, bisa dapat penggantian gratis di bengkel2 Ahass koq…lebih panjang dari bawaannya & kawatnya beda. kemarin motor saya sebelum tak jual ditawari gratis jg…padahal usia dah 3.5th
Bingung kan?
Mau IRIT n MURAH, tapi harus dibayar dengan ketidaknyamanan riding/berisik
Mau NYAMAN, harus MAHAL skaligus BOROS
Jadi SAMA SAJA donk dengan Si Matic Jadul yang tetap nyaman pake premium, tapi borosnya gak ketulungan itu … xixixixi…
beda sense ajah mas…..getaran mesin juga lain….soalnya dirumah ada miyoh,beat juga vartech
om,nanya..
Varioku kok geal.geol terus ya?
Jd sering jatuh waktu lagi nikung.
Apa komstirnya kena ya?
Cz dulu sering nerjang lubang ga sengaja.
Pdahal masih baru.
Sebelum lebaran datangnya.
Apa bisa dimintakan garansi?
ganti aja komstirnya, harga pny vario seinget saya gak nyampe 80rb…liat aja di price list AHM, rata2 dealer parts jual segitu
pake premium aja… Tapi CDI nya diganti yang programable… 😆
Ping balik: Pertamak vs Premium Dari Sisi Ekonomi, Abilitas, dan Durabilitas Mesin « Bonsai Biker
critanya gimana sih mas kok janggal ngisi 10 rb 2 kali kilo meter cuma dapat 58 artinya 1 liter untuk berapa km itu mas ? masak 1/47 ?????