jreng…jreng……lanjut ke pemasangan CDI versi pahe dengan Sensor….kenapa kok versi pahe..?? karna masih pake anchor spul dan magnet aslinya CB…jadi gak perlu ganti magnet dan spul…..lha sensor mau ditaruh mana??? ada banyak tempat dalam pemasangan sensor…
1. di kruk-as dengan proses yang ribet…
2. di magnet dengan kekurangan hasil kurang rapi dan performa kurang memuaskan
3. di cam bekas dudukan platina….jika rante mesin kendor pemasangan di cam/noken as menjadi tidak valid lagi…..
pake cara yang pertama saja ya….yaitu pemasangan di kruk-as….kenapa kok ribet, karna kruk-as harus dibongkar….trus pada daun kruk-asnya diberi tambahan besi yang dilas sebagai sensornya
sekarang siapkan pulser/pick-up coil…terserah mo pake pulser motor apa…yang penting pilih yang memang terndam oli dan dengan dimensi kecil

atur jarak tonjolan sensor dengan pulser...cukup 0,8mm...jangan lebih dari 1mm...magnet dipulser dah tidak mendeteksi lagi
jangan lupa spul harus digulung ulang menjadi 12volt ya…cdi pake grand saja..soalnya sensor cuma 15mm..kalo pake shogun harus lebih panjang lagi….dan kalo pake cdi shogun sumber listrik bukan dari spul, tapi dari aki…..
hasilnya CB terlihat klasik dan mesin sudah bengis….
trus bagaimana menentukan tempat pemasangan pulser dan sensornya?? wah…dilanjut di artikel berikutnya saja….woke…sekian dulu, smoga bermanfaat
***Gambar hanya ilustrasi saja…jadi gambar yang dipajang hasil googling….
MANTAP!!!
cobo pake cdi grand, magnet dan spul pake punya grand hasilnya dari luar juga ga kelihatan. malah ga pake acara las kruk as dan bobol calter tapi tutup magnet yang diakali agar spul grand bisa masuk.
pake spul+ magnet grand juga bisa om….tapi magnetnya yang naik tukang bubut….sama bikin dudukan spul di bak magnet bawaan cb….monggo milih ribet dimana?? mau ribet di kruk-as ato cover magnet
nice sharing masbro !!
kalo noken as di kasih bearing, tapi tetep pake platina, gimana mas? ribet yak…?
asal bubutnya presisi gak papa mas…tapi kalo miring ato kebablasan,biasanya bakal rembes oli mesinnya….yang udah2 sih begitu
meh takok dab, koil ninja gen1 dipasang di satria 120 langsung plug n play opo ono sing diowahi? suwun.
bisa….asal cdi lama dilepas dulu, trus kabel dari spull pengapian langsung tancep di koil ninja
nanya lagi mas… kalo mau gulung spool jadi 12V, full wave, mau pake CDI shogun, diameter kawatnya berapa? trus lilitan nya berapa kali… suwun…
full phase ato half phase sama saja mas (soalnya mau full ato gak itu kan sekedar mekanisme charging accu aja)….yang penting kalo pake cdi shogun gen 1 (model analog) suplai arus dari accu….jadi pastikan accu sehat!! nah kalo pake kawat email diameter berapa trus berapa lilitan sih soal selera….yang penting hambatan (R) dan tegangan (V) yang keluar dari spool harus woke…gulung ke tukang spul saja lebih praktis….jika tidak woke tinggal klaim saja…biaya nyepulke murah kok…rata2 sih 40rebu (di solo/jogja) untuk 6 anchor
hasilnya dibanding platina gimana bos, dari sisi performa.
soalnya gini, platina cb rada ajib, dia bisa maju/geser mengikuti rpm yang makin tinggi sehingga timing pengapian makin advance, napas super panjang, tenaga ngisi terus. lihat brosur cb100 yang tenaga max 11.5hp di 11500rpm dan top speed 115kmh. joossss…
setelah ganti jadi cdi gimana, yang kita tau cdi kan timing pengapiannya fixed.
kecuali pake cdi with microprocessor punya’e bajaj pulsar.
note: mesin sama2 standar baik piston, stroke, maupun karbu.
trims.
just info saja…tidak ada yang namanya pengapian itu fix (baik untuk cdi, platina, ato transistor)….soalnya ic prosesor didalamnya ditanamkan sebuah kurva pengapian yang mengikuti rpm (putaran mesin)….misal di 1500rpm posisi api meletik di 15 derajat sebelum tma….nah di rpm 4000 busi akan meletik di 27 derajat sebelum tma…sedangkan di rpm 8000 busi meletik di 34 derajat sebelum tma…..kalo cdi dibuat fix pengapiannya…maka pada rpm tertentu mesin akan ngelitik ato mbrebet…………
kalo situ tanya bagaimana performanya setelah ganti cdi?? itu tergantung seberapa gape sang mekanik mensetting sensor2 di cdi….kalo punya alat canggih model timing light…setting pengapian bisa mudah dilakukan…kalo cuma modal perasaan/felling ya susah…
mas mau nanya gue krang jlas cara pasang puser yang die kruk as…
gimana cara ny mas mohon die bantu
kurang jelasnya dimana gan??
Benjolan fulser sama stang sker brapa mm mas?
trus gmna cara timeing nya??
mas mau nanya cara pasang puser yg die magnet mas…..
yang ditanya bagian mana??…pertama gulung sepul…jadiin 12 volt…trus ngelas sensor di daun kruk-as….baru pasang pulsernya dikalter….
mas kalo pasang pulser scorpio piye??kabelnya ada dua…cdi shogun soket pulser’e satu,,,,sambungane piye mas??suwon….
yang ijo ke ground…a.k.a massa…yang strip biru ke CDI….
mas bro,cara yg mudah untuk rubah pengapian agar pulser bisa di ganti tanpa harus belah mesin, apa ada cara lain….??kalau ada gambarnya tolong d tampilkan mas broooo…
makasih
lek martin…
aku gk sido beli primer/skunder gl pro ex,duite tk buat beli cb lg…Hrg 1,8jt plat smg hidup.murah to
pasang pulser di kruk as kayanya ribet banget,dan material kruk asnya juga berubah karena di las,jangan2 jadi tidak balance lagi,kenapa gak pakai cara 2 di pasang di bak magnet saja,kan lebih aman
kalo ngelasnya jago gak masalah…gak ada hubunganya daun kruk-as dilas ama balance tidaknya kruk-as
Permisi Bos… mau tanya pulser yang seperti digambar (gambar ke dua dari bawah) itu pulser bawaan motor apa?… terima kasih
Mantap broooo
Numpang tnya mas, untk nentuin posisi pulser dgn sensornya dmn mas?
Thx
bagaimana jarak antara pulser dan tonjolan bro???????
mamasa jauh dari kota bro…………………..
gmn cara menentukan karburator yang tepat untuk mesin gl100 yang sudah di modifikasi
mau tanya idealnya berapa ukuran pick pulsernya gimana ngitungnya..aku pake cdi shogun strukan tiger seher tiger …. mohon infonya
ada skema kabelnya ga ??? bingung masang kabel2nya…
gan, ane mo nanya motor ane shogun sudah full korek tinggal setting pengapian tok,. cdi ori shogun kebo kira2 perlu geser taming pengapian gak? berapa mili ukuran yang pas trus di geser kearah mana.. makasih infonya gan
gan mo tanya nih,klo gigi rasio gl max sama gl pro,sama tidak?cbku dah pake ronsel gl pro tapi rasio masih standar,gir depan 16,gir belakang 35,napas lumayan panjang.rencana rasionya mau ganti gl max.menurut agan gimana?tolong beri masukan.sebelumnya saya ucapin terima kasih
tujuan ganti buat apa mas?? kalo cuma buat turing mending dana dialokasikan buat up-grade CC ke 200….
permisi master..saya newbie, kalo bengkel buat rubah pengapian cb dari platina ke cdi yg oke dimana? maaf kalo salah kamar..
jossssssss tenan juragan bengkel satoe ini
http://pertamax7.wordpress.com/2012/04/11/diy-membersihkan-rem-tromol-sendiri/
Pak Lek nderek tangklet, untuk nentuin posisi pick up/ sensor pulser gmna? ak gk tau patokan 0 derajatnya dan efektifnya berapa derajat? thanks matur nuwun…
pasang di fulser di kopling lebih mudah bos
mas,mo tanya klo bikin pickup coil d kruk as cdi pake grand,itu pake berapa derajat sebelum TMA n cara ngitungnya dari ujung depn tonjolan apa belakang?
Ikut nimbrung kang , ,kalo pkek cdi sh0gun panjang t0njolan brapa ya ?
shogun yang mana? shogun 110 ato 125….yang model kebo ato yang model baru?
Pake cdi shogun kebo kang ? Trus spul pkek kwat ukuran brapa ?
mw tanya juga nih,knp cb`ku kok gigi 3 lebih panjang nafasnya dibanding gigi 4 ya ?
emang perbandingan giginya berapa??
bos klo yg pling kuat d pke jarak jauh pke puser app
perbandingan’nya gk gitu ngerti,ternyta yg jadi mslh ada di botolan/apa namanya,yg berupa alur buat perpindhan giginya & sdh beres.skrg yg jd mslh jika di gas mnddak,mesin cm teriak sprti ada yg nahan,kira2 itu knp ya?
Aq jg mau ganti rmh kopling megapro,ada penyesuaian lg gak biar tarikan enak?
pagi gan, lebih bagus pake cdi grand ato shogun kebo?? (afwan.., newbie)
Assalamualaikum Mas Bro.. ane dari Serang, ane numpang nanya neh.. kira2 pulser yg pas buat dipasang di kruk as Cb pake pulser apa yah,,, trus kalau diserahin ke tukang bubut kira2 dia ngerti gak ukuran-ukurannya,, matur nuhun Mas Bro..
Tlg dijawab secepatnya,
bro saya mau tanya bengkel yang bagus untuk menganti platina ke cdi di jogja tepat nya dimana ya ?
mas bro sya pnya honda CB bli seken sdah dibongkar n dicat ulg,dr sno pulser nya sudah diubah ditempel ditutup mesin,,yg sya bngung gmn cara masang nya kmbali jalur2 kabel nya..
mhon msukan nya,,jika ad gmbar jalur2 kabel nya mhon ditampilkan…trima kasih….
kabel pulser yang biru ke cdi..yang ijo ke massa/ground….untuk kabel spul…yang kuning ke lampu…yang putih ke kiprok…yang item strip merah ke cdi, yang ijo ke massa/ground
Masbro,,, saya pernah coba pasang pulser di kruk as Motor CB 100 saya, pake magnet dan spul GL 82, hasilnya lumayan memuaskan,, dan sekarang saya lagi pasang pulser di motor CB 125 saya,, pake magnet dan spul bawaan, pas dicoba, api dari spul jalannya ada, tapi pas disambung ke koil, koilnya gak nyala,, kira2 apa yang salah dan harus diganti,, thanx masbro.. salam Blaarrrrr blaarrrrrrrr…
kalo dari spul ada…keluar ke koil gak ada..ya cdinya yang bermasalah
Terima Kasih atas balasannya MasBro.. Numpang nanya lagi,,, masih pertanyaan tentang yang lalu… sepul bawaan CB udah digulung ulang, kata tukang gulungnya pake kawat 0,12 mm, saya minta dibikin 12 V, pas dipasang api yang keluar kecil.. disambung ke CDI juga gak keluar apinya,, padahal CDI itu Ori masih bagus(belum rusak), kira2 apanya itu Masbro yang harus diganti.. Matur Nuhun..
ada yang korslet/short gak antara spul dan negatifnya…itu yang biasanya bikin api gak meletik….tapi kalo lama yo wis kebakar
Oowh,,, tapi kayaknya gak ada yang korslet,, kalau jumlah gulungan itu sedikit/banyak berpengaruh gak keuar api besar/kecilnya,,,?? terus kalau misalkan pemasangan Spul pada dudukan crankase kebalik depan/belakangnya tapi posisi spul tetep semula, itu bisa mempengaruhi gak..???? matur nuhun…
kan tinggal colok pake AVO/multitester untuk mengetahui arus besar ato kecil…gulungan short ato tidak….
Maaf mas Bro banyak nanya… kalau ukuran spull pake Avo itu yang bagus brapa ukurannya.. saya kurang faham… sampe skarang motor saya belum nyala,, rencana mau pake Magnet+spul grand,, mudah2an berhasil… matur nuhun…
Terima Kasih atas balasannya MasBro.. Numpang nanya lagi,,, masih pertanyaan tentang yang lalu… sepul bawaan CB udah digulung ulang, kata tukang gulungnya pake kawat 0,12 mm, saya minta dibikin 12 V, pas dipasang api yang keluar kecil.. disambung ke CDI juga gak keluar apinya,, padahal CDI itu Ori masih bagus(belum rusak), kira2 apanya itu Masbro yang harus diganti.. Matur Nuhun..
Mas Br0.. Maaf saya mau tanya lagi,,,
Kalau Motor Cb pake spul dan magnet punya Grand itu cara posisi F penempatan spul jalannya ada di derajat berapa,, saya udah coba susahnya minta ampun.. dari spul jalannya api gede, pas disambungin ke CDI api yang keluar kecil, terus pulser jupitr Z itu kalau dites kalbel + Positifnya ditempelin ke body itu mengeluarkan prrcikan api gak,, Tolong bantu saya mas bro, saya udah capek ngakalin pengapian CB,,Matur nuhun MAs Bro,,
gan cbq dah upgrade 200cc,blok kop+kruk as tgr.tp klo jln agak jauh mesin jd ngerek,apa itu detonasi,gmn solusinya,tlng pencerahannya,mtur thankyu
gan cbq dah upgrade 200cc,tp buat jln agak jauh mesinnya jd ngerek,apakah itu detonasi,trs gmn slusinya,tlong pencerahannya.swon mas.
gan ,.numpang nanya …gimana skema kaabel tuk cb 100 k.2 . spul+pulser pake gl pro ,cdi yamaha yg 4 kabel …? tlg pncrhnx..,mtur nhun..
mas nanya sedikit, CB 100 ’73 saya udah pake sistem sensor di kruk as ini. kalo pulser rusak kayanya repot juga ya. kalo mau ganti pengapian set GL pro ada yang harus diubah lagi ngga ya?
Trims.